5+ Tips Memasang Iklan di Instagram Story

Instagram adalah salah satu sosial media terpopuler di Indonesia, bahkan dunia. Pertama kali diluncurkan pada 2010, instagram berkembang menjadi platform dengan ratusan juta pengguna aktifnya.

Dengan angka tersebut, tak heran bila Instagram menciptakan fitur iklan yang dapat digunakan oleh para penggunanya untuk mempromosikan barang dagangannya.

Pengguna Instagram di Indonesia adalah yang terbanyak ke empat di dunia. Hingga saat ini, ada lebih dari 80 juta pengguna Instagram di Indonesia.

Pengguna terbanyak berasal dari kalangan 18 sampai 34 tahun dengan di dominasi oleh pria sebanyak 50.5%.

Menurut Tech Crunch, kini Instagram memiliki 1 juta pengguna aktif yang memasang iklan disetiap bulannya. Pengguna iklan mengalami peningkatan per tahunnya.

Hal ini dipengaruhi oleh semakin meningkatnya pengguna Instagram dan tersedianya fitur Instagram for Business yang dapat digunakan untuk mempercepat dan mempermudah pembuatan jasa iklan di Instagram.

Keuntungan Memasang Iklan di Instagram Story

Keuntungan Memasang Iklan di Instagram Story

Ada beberapa keuntungan yang anda dapatkan bila memasang iklan di Instagram Story, antara lain :

1. Meningkatkan Brand Awareness

Upaya dalam meningkatkan brand awareness dapat dilakukan melalui Instagram Story. Iklan yang anda tayangkan harus mempunyai impact untuk mempengaruhi orang agar melirik produk yang anda tawarkan.

Anda juga dapat memakai jasa influencer untuk mempromosikan produk anda. Dengan menggunakan jasa influencer biasanya akan mendapatkan efek yang berkali kali lipat.

2. Memperoleh Informasi Pengguna Instagram Secara Spesifik

Sebagai penjual, anda harus lebih mengenal siapa market anda. Dengan memasang iklan di Instagram, Instaragam mampu memberikan anda informasi mengenai data yang melihat akun profil bisnis anda.

Informasi yang didapat bisa berupa jenis kelamin, minat, usia hingga lokasi pengguna. Data data tersebut dapat anda gunakan sebagai strategi memasang iklan.

Anda dapat menganalisa data dan menentukan target pasar yang cocok dengan produk yang anda pasarkan. Dengan begitu, iklan yang anda pasang akan bekerja secara maksimal.

3. Mengarahkan Pengunjung Untuk Mengunjungi Website Kalian

Selain menunjukan profil Instagram anda, anda dapat mengarahkan calon pembeli langsung ke toko atau website bisnis anda.

Instagram menyediakan fitur untuk memasukan link ke dalam iklan anda. Sehingga para calon pembeli ketika mengklik link tersebut akan langsung diarahkan ke website toko anda.

Tech In Asia juga melaporkan bahwa 45% pengguna di Indonesia mengaku sering membeli produk yang mereka lihat di Instagram.

Instagram Story menjadu salah satu fasilitas yang dapat digunakan untuk menampilkan iklan di Instagram. Instagram story akan muncul diatas feed Instagram pengguna dan tampil hanya selama 24 jam.

Beriklan di Instagram ads memang bisa sangat membantu perkembangan bisnis anda.

Fakta menarik, meskipun durasi Instagram Story relatif pendek, 52 % pengguna Instagram mengaku lebih tertarik pada merek merek yang mereka lihat di Instagram Stories.

Baca Juga : Cara Memanfaatkan Instagram Reels Untuk Bisnis

Tips Memasang Iklan di Instagram Story

Tips Memasang Iklan di Instagram Story

Berikut kami berikan tips tips dalam memaksimalkan iklan anda di Instagram Story :

1. Tentukan Objektif Atau Target Iklan / Campaign Anda

Tujuan dari anda beriklan adalah faktor yang sanget penting yang akan menentukan pembelian dan traffic penjualan anda.

Dengan sudah menentukan tujuan dari iklan anda, anda dapat menyesuaikan nya kedalam desain, slogan dan konten dari iklan anda sendiri.

Tentunya desain dan konten yang sesuai dengan tujuan iklan anda akan membantu memaksimalkan iklan yang anda buat.

2. Tentukan Target Audience

Setelah anda menentukan tujuan iklan anda, anda dapat mulai untuk menganalisa siapakah target audience anda.

Dengan mengetahui dengan baik target audience anda, akan sangat membantu anda dalam membangun iklan anda.

Mulai dari jam tayang, konten dll. Mengetahui dan mengenal target market anda adalah kunci keberhasilan iklan anda.

3. Buat Perencanaan Desain Yang Matang

Setelah mengetahui tujuan dan target audience dari iklan anda, anda dapat mulai membuat perencanaan desain yang di sesuaikan dengan tujuan dan target market anda.

Sebagai contoh, bila target audience anda adalah perempuan, desain dapat menyesuaikan dengan yang lebih bertema perempuan. Sebaliknya bila target audience anda adalah laki laki, desain pun akan menyesuaikan dengan laki laki.

Desain dari iklan anda adalah hal pertama yang akan dilihat oleh dari calon pembeli anda.

Pastikan desain yang anda punya dapat menggiring pengguna untuk mengetahui bahwa desain yang anda hadirkan adalah desain yang unik dan menggambarkan identitas produk anda.

Anda dapat merancang sendiri desain iklan anda dengan mengunduh aplikasi desain online atau menyewa tenaga ahli atau jasa desainer yang sesuai dengan budget anda.

4. Buat Perencanaan Konten

Setelah mendapatkan desain yang sesuai dengan tujuan dan target audience anda, anda dapat mulai fokus terhadap konten yang akan anda buat di iklan anda.

Usahakan konsep konten yang unik untuk dibagikan kepada para pengguna. Konten konten yang anda bagikan dapat berupa grafis kutipan, gif menarik, video, meme dan lain lain.

Terdapat 2 jenis konten yang dapat dibuat untuk media sosial, yaitu :

  • Konten Mengedukasi

Konten yang mengedukasi yaitu konten yang berisi tentang informasi guna memberikan pengetahuan kepada pembaca mengenai suatu hal yang baru, dalam hal ini produk anda.

Sebagai contoh apabila produk anda berupa makanan, anda dapat memberikan konten mengenai manfaat dari mengkonsumsi produk anda.

Apakah produk anda mengandung vitamin, atau menfaat yang diberikan bila mengkonsumsinya, dan lain sebagainya.

  • Konten Menghibur

Hampir semua orang menyukai konten yang menghibur. Konten yang menghibur akan dapat lebih diingat oleh orang yang membacanya.

Konten yang menghibur juga berpotensi untuk dibagikan secara luas oleh para pengguna instagram. Atau bahasa jaman now nya, konten viral.

Anda dapat membuat konten yang menghibur dalam bentuk mem, gif, video, foto maupun teks. Perencanaan konsep konten menjadi hal yang sangat penting dalam merancang sebuah iklan, karena iklan yang baik dapat mencerminkan identitas asli pemilik produk tersebut.

5. Gunakan Foto Berkualitas Tinggi

Agar hasil yang ditampilkan maksimal, anda memerlukan foto atau gambar dengan kualitas tinggi. Kami merekomendasikan anda untuk memasang foto dengan ukuran setidaknya 1080 x 1920.

Jika anda akan menampilkan video, pastikan video yang akan anda upload memiliki format .mov, .mp4, dan .gif dengan durasi 15 detik.

Hadirkan gambar, foto atau video yang dapat menarik perhatian pengguna. Kualitas foto atau video anda akan mencerminkan budget produk anda, yang secara tidak langsung akan mencerminkan kualitas produk anda.

Demikianlah tips tips yang kami berikan untuk anda memasang iklan di Instagram story. Dengan mengikuti tips tips yang kami berikan, besar harapan bahwa iklan yang anda pasang akan bekerja secara maksimal.

Pada akhirnya semua akan tergantung dari produk yang anda jual. Pastikan produk yang anda jual adalah produk yang berkualitas dan dapat berguna bagi banyak orang. Beriklan hanyalah cara untuk membantu produk anda dikenal oleh masyarakat, selanjutnya akan ditentukan oleh kualitas produk anda.

Baca Juga : Apa itu Shadowban Instagram?

Leave a Comment