Cara Memanfaatkan Instagram Reels Untuk Bisnis

Cara memanfaatkan Instagram Reels untuk bisnis sangat mudah. Yang terpenting, Anda memang benar-benar ingin memakai fitur IG ini dengan serius dan ada keinginan untuk memposting story bisnis secara konsisten.

Nah, sebelum saya menjelaskan cara memanfaatkan IR, maka tidak ada salahnya saya paparkan terlebih dahulu apa itu IR atau Instagram Reels. Untuk itu, silakan disimak ini ulasannya:

Apa Itu Instagram Reels?

Instagram Reels adalah fitur di Instagram yang bisa digunakan oleh selebgram untuk memposting video pendek dalam bentuk story.

Durasi video ini maksimal hanya 15 detik tetapi lebih dari cukup untuk membuat penonton terhibur. Sedangkan kalau fitur dipakai untuk bisnis, maka potensi masyarakat membeli produk itu juga sangat besar.

IR tidak sama dengan fitur pengunggah video yang lain, tetapi sebuah fitur yang mampu menghasilkan story elegan dan artistik.

Sebab, selebgram bisa mengedit video tersebut seperti memasukkan musik, teks maupun stiker yang lucu dan menarik. Maka dari itu, banyak pebisnis yang berjualan di IG dengan memanfaatkan fitur ini.

Cara Memanfaatkan Fitur Instagram Reels

Jika Anda ingin menggunakan fitur Instagram Reels untuk bisnis, maka ada cara-cara tertentu yang harus dilakukan secara bertahap.

Pastikan tidak ada cara memanfaatkan Instagram Reels yang terlewat, atau Anda harus mengulang cara dari awal. Nah, kalau sudah tertarik dengan fitur, maka silakan lakukan cara-cara berikut ini:

1. Silakan Buka Akun Instagram

Karena IR merupakan fitur di Instagram, tentu pebisnis harus membuka akun IG terlebih dahulu. Jika di ponsel masih belum ada, silakan di-download lalu instal agar terpasang di perangkat.

Setelah itu, silakan daftar untuk mendapatkan user name dan password. Setelah selesai maka masuk dan lakukan langkah berikutnya.

2. Pilih Fitur Screen Stories

Jika Anda sudah berada di dalam akun IG, maka silakan pilih fitur Screen Stories yang berada di bagian atas.

Klik saja fitur tersebut lalu lihat di bagian bawah pasti di sana muncul tool yang bisa digeser, silakan geser ke arah Reels yang posisinya tepat berada di bawah tool Screen.

3. Lakukan Editing Stories

Langkah berikutnya, silakan lakukan Editing Stories. Fiturnya sudah tersedia, seperti fitur Music, Speed, Effect dan Timer. Silakan tentukan semua elemen story tersebut sesuai keinginan dan se-kreatif mungkin.

Sebab, semua pengaturan itulah yang akan ditampilkan bersama video bisnis.

4. Mulai Melakukan Recording

Jika semua pengaturan sudah selesai dilakukan, maka langkah selanjutnya silakan mulai melakukan recording. Caranya mudah, pebisnis tinggal klik tombol ikon kamera atau video dan pastikan tidak dilepas sampai proses perekaman selesai. Kalau sudah selesai, lepaskan tombol lalu klik Review untuk melihat hasil rekaman.

5. Percantik Story

Jangan lupakan untuk mempercantik video story bisnis Anda dengan memasukkan teks, striker maupun drawing.

Caranya kembali ke video yang sudah tersimpan, lalu lihat di bagian atas yang terdapat menu bar.

Itu adalah menu editing, silakan klik untuk memasukkan ornamen-ornamen yang diinginkan.

6. Mulai Posting Story di IG

Langkah terakhir adalah mulai memposting Story yang sudah dibuat ke Instagram. Caranya cukup mudah, yaitu pebisnis tinggal klik tombol Next saja, lalu tunggu prosesnya. Setelah itu, masuk ke dashboard IG lalu periksa apakah video sudah masuk atau masih belum. Biasanya waktu yang dibutuhkan hanya 1 menit saja tergantung kecepatan internet.

Cara Memanfaatkan Instagram Reels untuk Bisnis

Ada beberapa tips kalau pebisnis ingin menjadikan IR sebagai alat promosi bisnis. Nah, di bawah ini akan dijelaskan terkait tips dan kiat tersebut. Jadi, silakan disimak ini ulasannya:

1. Buat Konten Tutorial

Tips yang pertama silakan buat konten jenis tutorial. Ini merupakan konten story yang sangat disukai oleh masyarakat.

Namun, pastikan tutorial tersebut ada kaitannya dengan bisnis sehingga pebisnis bisa sekaligus menawarkan produk di dalamnya.

2. Memposting Story Tips dan Trik

Setiap orang suka menonton tips dan trik karena ini sebuah jalur termudah untuk menyelesaikan masalah yang rumit.

Nah, pebisnis bisa memanfaatkan ini untuk mengajak masyarakat menonton story. Maka dari itu, silakan survey tips seperti apa yang dibutuhkan lalu jadikan story yang real.

3. Unggah Review Produk

Kalau mengunggah produk dalam bentuk teks, terkadang masyarakat enggan untuk membacanya. Maka dari itu, coba unggah review produk dalam bentuk video pendek.

Pasti masyarakat lebih tertarik karena kesannya lebih real dan profesional. Potensi mendapatkan banyak pelanggan juga terbuka lebar.

4. Pilih Story Telling

Anda juga bisa menjelaskan perusahaan secara proporsional di dalam IR. Sampaikan secara detail dan jujur, supaya masyarakat semakin tahu seperti apa bisnis yang dijalankan.

Kalau perlu sampaikan juga visi dan misi perusahaan beserta legalitas dan testimoni yang ada.

Bagaimana? Sudah jelaskan tentang cara memanfaatkan Instagram Reels untuk bisnis? Jadi, silakan terapkan teknik di atas sekarang juga, kalau Anda ingin mendapatkan manfaat dari IG sebagai platform yang bagus untuk marketing bisnis.

Baca Juga : Rekomendasi Aplikasi Chat Pengganti WhatsApp Terbaik

Leave a Comment