Integritas Adalah : Pengertian, Ciri, Manfaat dan Contohnya

Dalam keseharian, arti integritas memang tidak sering digunakan. Hal ini dikarenakan pengertian integritas masih belum banyak dipahami oleh beberapa kalangan.

Nah, apabila kamu juga merasa masih belum terlalu familiar dengan istilah ini, berikut akan ada penjelasan yang mengupas pengertian integritas dari sudut pandang para ahli hingga ciri, manfaat dan contoh integritas itu sendiri.

Pengertian Integritas Menurut Para Ahli

Apa itu Integritas? Pengertian Integritas adalah sesuatu yang sangat penting yang harus dimiliki oleh setiap individu, apalagi jika individu tersebut adalah seorang pemimpin.

Secara sederhana, pengertian integritas adalah konsistensi tindakan dan prinsip seorang individu. Biasanya, seorang yang mempunyai integritas yang kuat akan tercermin dalam karakternya yang jujur.

Asal usul kata integritas sebenarnya diambil dari bahasa Latin “integer” yang artinya adalah suatu sikap berpegang teguh pada prinsip, kemampuan untuk menunjukkan wibawa dan kejujuran, serta menjadi sebuah karakter yang melekat pada diri setiap individu sebagai bagian dari nilai-nilai moral yang dianut.

Dari pengertian secara harfiah tersebut, integritas tidak hanya sesuatu yang berakhir diucapan saja, melainkan sesuatu yang harus dilakukan dalam tindakan juga. disamping itu, seseorang yang mempunyai integritas kuat akan berpihak dengan kebenaran dan akan mengatakan seseuatu yang memang dirasa tidak sesuai dengan prinsipnya.

Selain penjelasan singkat dari kata “integer”, masih ada penjelasan mengenai integritas yang diutarakan oleh para ahli. Penjelasan tersebut bisa dilihat sebagai berikut.

Dr. Kenneth Boa

Dr. Kenneth Boa mengatakan jika integritas adalah suatu sikap yang berlawanan dengan kemunafikan. Setiap individu harus mempunyai sifat ini baik dia itu seorang pemimpin maupun orang yang dipimpin. Pemimpin butuh mempunyai integritas karena hal ini akan menjadi tolak ukur yang bisa dipercayai oleh para pengikutnya.

Tanpa adanya integritas, seorang pemimpin akan kehilangan kredibilitas. Integritas ini terlihat dari bagaimana para pemimpin ini berbicara dan bertindak. Seorang pemimpin yang punya integritas kuat pastinya akan melakukan suatu tindakan yang sama dengan ucapannya atau janji-janjinya kepada para pengikut.

Sebaliknya, pemimpin jua membutuhkan para pengikut yang kuat dalam hal integritasnya. Sehingga, pemimpin akan dengan mudah mengarahkan kemana arah dan tujuan kelompok atau organisasi yang dipimpin.

Ippho Santoso

Dilihat dari asal usul kata integritas, Ippho Santoso berpendapat kalau integritas merupakan tindakan berucap yang penuh makna.

Lebih dalam lagi, Ippho Santoso menambahkan jika integritas ditandai dengan kesesuaian pemikiran, perkataan, dan perbuatan dengan tujuan untuk memberikan rasa percaya orang lain.

Andreas Harefa

Tidak berbeda jauh dengan pengertian yang diutarakan oleh Ippho Santoso, integritas menurut Andreas Harefa meliputi tiga hal yaitu kejujuran, komitmen, dan konsistensi. Tiga hal ini tidak bisa dilepaskan satu sama lain dan saling berhubungan.

Apabila tiga hal ini mampu dimiliki oleh setiap orang, tentu individu tersebut akan tergolong sebagai individu yang berintegritas tinggi.

Stephen R. Covey

Di sisi yang lain, Stephen R. Covey mencoba membedakan antara kejujuran dan integritas. Mengingat kedua hal ini jika disandingkan akan mempunyai banyak kemiripan.

Kejujuran dalam hal ini adalah suatu sikap yang menyampaikan sesuatu yang benar, atau dalam kata lain ucapannya benar sesuai dengan kenyataannya.

Sedangkan, integritas adalah sikap membuktikan jika tindakannya benar-benar sesuai dengan ucapan yang dikatakan.

Butler dan Cantrell

Butler dan Cantrell menjelaskan jika integritas adalah sesuatu sikap yang dapat dipercaya dan hal ini berhubungan dengan konteks organisasi atau kepemimpinan.

Jacobs

Pengertian lainnya dari integritas dijabarkan oleh Jacobs yang mengatakan jika integritas berhubungan dengan keutuhan karakter seseorang, konsisten moral, dan kejujuran.

Dari beberapa penjelasan dari para ahli di atas, terlihat jika definisi di atas memang mirip satu sama lain.

Dengan begitu, dapat disimpulkan jika integritas adalah sikap yang menunjukkan konsistensi dalam hal tindakan dengan prinsip serta nilai-nilai yang dipercayai.

Ciri Integritas

Ciri Integritas
Ciri Integritas

Wujud dari integritas dalam diri seseorang tercermin dalam beberapa perilaku dan karakternya.

Secara umum, orang-orang yang mempunyai integritas tinggi akan terlihat dari ciri-ciri berikut ini.

Mempunyai Sifat Jujur

Apabila seseorang mempunyai sifat jujur, pastinya banyak orang yang akan menghargainya. Sikap jujur pada diri seseorang akan terlihat saat apa yang diucapkan pada kebenaran yang ada.

Disamping itu, dalam hal pekerjaan, orang-orang yang mempunyai sifat jujur akan melakukan pekerjaannya sesuai dengan benar, tidak melakukan hal manipulatif, dan mendahulukan hal-hal yang menurutnya benar sesuai dengan prinsipnya.

Adil dan Tidak Diskriminatif

Orang-orang yang mempunyai integritas yang kuat akan terlihat dari karakternya yang adil dan memperlakukan setiap orang tanpa memandang secara diskriminatif.

Orang-orang dengan sifat seperti ini biasanya tidak akan memandang orang lain rendah dan menjadi salah satu sifat pemimpin yang sangat diimpikan oleh pengikutnya.

Mempunyai Empati yang Tinggi

Integritas bukan hanya masalah kejujuran semata, orang-orang yang mempunyai integritas tinggi biasanya terlihat juga dari empati dan kepedulian mereka pada banyak hal. Salah satunya empati dalam hal kemanusiaan.

Apalagi jika seseorang pemimpin mempunyai empati yang tinggi, secara tidak langsung masyarakat yang menjadi pengikutnya akan mulai merasa percaya dengan pemimpinnya tersebut.

Disiplin dan Mandiri

Ciri lainnya dari integritas terlihat pada kedisiplinan dan kemandirian seseorang. Jika seseorang tersebut punya integritas yang kuat, dia akan taat dengan peraturan yang ada, sehingga kedisiplinan akan terpupuk dalam dirinya.

Kemudian, dalam hal kemandirian, seorang individu yang punya integritas akan terbiasa memutuskan banyak hal secara mandiri, sesuai dengan nilai-nilai yang dianut oleh dirinya. Selain itu, mereka juga tak akan mudah terpengaruh oleh intervensi dari orang lain.

Mempunyai Rasa Tanggung Jawab

Mempunyai rasa tanggung jawab adalah salah satu kriteria bagi seorang pemimpin yang baik karena akan menunjukkan tanggung jawabnya dengan tugas-tugas yang diberikan.

Orang dengan rasa tanggung jawab yang tinggi juga termasuk dalam orang yang punya integritas tinggi.

Dengan demikian, jika seorang pemimpin mempunyai rasa tanggung jawab yang besar, bisa dikatakan jika pemimpin tersebut adalah pemimpin yang berintegritas.

Keberanian dalam Mengambil Tindakan

Seorang yang punya integritas pastinya juga mempunyai rasa keberanian dalam dirinya saat akan mengambil tindakan yang sesuai dengan kebenaran dan prinsipnya.

Apabila seoang tersebut hanya mempunyai sifat kejujuran tanpa adanya rasa keberanian untuk melakukan hal yang benar, bisa jadi seseorang tersebut integritasnya tidak cukup kuat. Sehingga, sifat jujurnya bisa saja goyah oleh dalam kondisi yang membuatnya terdesak.

Punya Komitmen dan Konsistensi Tinggi

Ciri dari integritas yang paling penting lainnya adalah adanya komitmen dan konsistensi yang tinggi dalam melakukan suatu hal. Komitmen biasanya akan terlihat dari ucapan seorang individu pada perbuatannya.

Lalu, konsistensi yang tinggi juga terlihat dari kesungguhan orang tersebut dalam melakukan hal yang baik secara terus menerus.

Manfaat Integritas

Mempunyai integritas ternyata juga memberikan dampak yang baik bagi individu tersebut.

Manfaat ini dapat dirasakan dari berbagai sisi mulai dari sisi sosial, sisi spiritual, sisi emosional, dan sisi intelektual. Semua manfaat integritas tersebut akan dijelaskan di bawah ini.

Manfaat Integritas dari Sisi Sosial

Dalam sisi sosial, seseorang yang mempunyai integritas akan cenderung lebih mudah dalam bekerja sama dengan sekolompok orang.

Manfaat Integritas dari Sisi Sosial
Manfaat Integritas dari Sisi Sosial

Begitu juga orang-orang akan memandang seseorang dengan integritas sebagai orang yang mampu membuat sekolompok orang merasa percaya dengan dirinya.

Manfaat Integritas dari Sisi Spiritual

Dari segi spiritual, integritas yang dimiliki seseorang juga memberikan dampak yang baik bagi individu tersebut.

Misalnya, saat menghadapi sesuatu kondisi atau keadaan yang sulit, orang tersebut akan cenderung lebih bijak dalam menyikapinya.

Sehingga, dia juga akan lebih mudah mengontrol emosi dan menentukan langkah yang baik untuk jalan keluar dari kondisi yang sulit tersebut.

Selain itu, orang-orang yang mempunyai integritas juga akan lebih positif dalam menyikapi kejadian di masa lalunya.

Mereka lebih mudah merelakan sesuatu yang memang tidak baik yang sudah terjadi di masa lampau dan lebih siap dalam menghadapi apapun di masa depan.

Manfaat Integritas dari Sisi Emosional

Manfaat yang akan dirasakan bila seorang individu mempunyai integritas ada pada sisi emosionalnya yang lebih terkontrol.

Individu berintegritas akan mempunyai motivasi yang tinggi, rasa empati, dan solidaritas yang kuat saat melakukan suatu pekerjaan, terutama pekerjaan yang menuntut kerja sama tim.

Manfaat Integritas dari Sisi Intelektual

Selanjutnya, manfaat integritas dari sisi intelektual akan terlihat dari cara pandang dan pemikiran seseorang. Integritas akan membuat seorang individu untuk bisa berpikir kritis dan rasional dalam memutuskan tentang suatu hal.

Selain itu, dalam mencari solusi akan suatu masalah, orang dengan integritas biasanya akan mengambil keputusan yang baik bagi masyarakat di sekitarnya.

Contoh Integritas

Setelah banyak menyimak mengenai integritas dari segi teori, mungkin kamu juga penasaran dengan contoh nyata integritas dalam diri seseorang.

Nah, berikut ada beberapa contoh yang memang didasarkan dengan sifat-sifat seorang individu yang punya integritas.

Tepat Waktu dan Disiplin

Contoh pertama dari seseorang yang punya integritas ada pada kedisiplinannya dalam mentaati peraturan. Contohnya lagi, dalam dunia kerja, seseorang yang berintegritas akan masuk kerja sesuai dengan waktu yang ditentukan.

Bukan hanya ketepatan waktu saat masuk kerja, mereka juga cenderung tepat waktu dalam urusan lain. Ketepatan waktu ini menunjukkan komitmennya yang kuat dalam suatu hal.

Menyampaikan Sesuatu yang Tidak Tepat dengan Prinspinya

Ketika berhadapan dengan masalah atau kondisi yang menurutnya salah, seorang dengan integritas  pastinya tidak akan sungkan-sungkan menyatakan pendapatnya yang menurutnya benar.

Apalagi jika hal tersebut memang benar-benar pemasalahan yang krusial yang jika dibiarkan, justru akan memberikan dampak yang buruk bagi banyak orang.

Contoh seperti ini membuktikan jika seseorang yang berintegritas tadi merefleksikan sikap jujur dan berani dalam menghadapi hal yang tidak sesuai prinspinya. Dalam kata lain, orang tersebut juga tergolong orang yang sangat berpegang teguh terhadap prinsip yang dia pegang.

Bertanggung Jawab dengan Tugas yang Diberikan

Contoh nyata lainnya dari integritas adalah saat seseorang yang ditunjuk menjadi pemimpin mampu bertanggung jawab menialankan tugas yang diberikan.

Orang seperti ini juga tidak akan melakukan korupsi atau tindakan buruk lainnya yang dapat merugikan dirinya dan kelompok yang dipimpin.

Fokus mereka senantiasa berhubungan dengan tugas dan keamanan serta ketenteraman kelompok masyarakat yang dipimpin.

Mempunyai Rasa Solidaritas yang Tinggi

Berikutnya, contoh orang yang mempunyai integritas akan terlihat dari rasa solidaritas yang tinggi dengan orang lain, termasuk orang dalam kelompoknya.

Mempunyai Rasa Solidaritas yang Tinggi
Mempunyai Rasa Solidaritas yang Tinggi

Sikap solidaritas ini bisa dilihat dari caranya peduli, suka menolong, dan empatinya terhadap orang atau sekelompok orang.

Jika sifat seperti ini dimiliki oleh seorang pemimpin, maka pemimpin tersebut pastinya akan begitu mengayomi masyarakatnya.

Mengapa Integritas Penting Untuk Perusahaan?

Tidak dipungkiri bahwa integritas memiliki peran yang sangat penting di dalam sebuah perusahaan. Nah kali ini kita akan membahas mengenai mengapa integritas sangat penting didalam perusahaan :

Menciptakan Reputasi yang Baik

Dalam mengoperasikan bisnis dengan integrasi para pemimpin akan merasakan reputasi yang baik pada perusahaan yang dipegangnya di industri dan komunitas bisnis tertentu.

Reputasi yang baik tentunya sangat penting untuk bisa didapatkan apalagi perusahaan tersebut memproduksi barang dalam jangka yang panjang, berulang atau penyediaan produk business to business (B2B).

Menciptakan Budaya Perusahaan yang Baik

Dengan adanya integritas didalam sebuah perusahaan akan menjadikan budaya kerja yang baik antara pimpinan dan bawahan begitu juga sebaliknya.

Pemimpin yang memiliki integritas tentunya akan memberikan contoh yang baik kepada bawahannya sehingga karyawan menyukai sosok pemimpin tersebut.

Selain itu, dengan adanya sikap seperti ini akan membentuk dan meningkatkan rasa kepercayaan antar karyawan, hal ini mengakibatkan akan timbul kekompakan dalam bekerja sehingga hasil yang akan didapat akan maksimal.

Memiliki Pelanggan Setia

Integritas itu penting! Ketikan konsumen telah mempercayai sebuah perusahaan, maka bisnis yang dijalankan perusahaan tersebut akan memiliki umur yang panjang.

Tidak ada satu konsumen pun yang ingin membeli suatu produk di sebuah perusahaan yang memiliki reputasi yang tidak baik, terjebak dalam kebohongan atau terdapat tindakan yang melanggar hukum didalam perusahaan tersebut.

Artikel Terkait : 6 Cara Mengukur Indikator Kepuasan Pelanggan

Dengan memiliki integritas ini tentunya dapat mempertahankan konsumen yang telah ada dan tentunya bisa meningkatkan potensi mengajak konsumen lainnya untuk membeli produk di perusahaan tersebut melalui promosi dari mulut ke mulut.

Memiliki Karyawan dengan Etika Baik

Para pekerja atau karyawan akan jauh lebih tertarik kepada perusahaan yang memiliki reputasi yang baik (Integritas tinggi).

Karyawan yang memiliki etika yang baik dan jenis bisnis yang sama maka akan lebih cendrung memilih perusahaan yang baik dan berprestasi.

Artikel Terkait : 7 Ciri Karyawan yang Layak Naik Jabatan, Apakah Termasuk Anda?

Tentunya dengan adanya hal ini akan bisa mempertahankan karyawan dengan memiliki talenta terbaik untuk tetap diperusahaan.

Hal ini dikarenakan karyaan yakin dan percaya perusahaan tersebut tidak akan melakukan tindakan penipuan atau menyesatkan para konsumen dan yakin akan diberlakukan secara adil dan baik oleh perusahaan.

Kebanyakan perusahaan yang memiliki integritas akan jauh lebih sedikit dalam proses pengurangan dan perganian karyawan dalam upaya meningkatkan tenaga kerja yang berkualitas.

Potensi Penghasilan Meningkat

Salah satu jutuan utama dalam menjalankan bisnis adalah untuk mendapatkan penghasilan yang besar. Nah dengan adanya itegritas ini tentunya penghasilkan secara otomatis berpotensi meningkat.

Perusahaan yang jujur akan lebih dipilih oleh konsumen dan mendapatkan penghormatan yang tinggi dari indutri sebidang tentunya hal ini akan meraih pasar yang jauh lebih besar.

Sebaliknya perusahaan yang banyak berbohong dan menimbulkan kontroversi dipastikan akan kehilangan pelanggan atau konsumen dan bahkan untuk menarik karyawanpun akan sulit.

Perusahaan yang memiliki reputasi baik tentunya akan jauh lebih mudah untuk mendapatkan investor.

Cara Menunjukan Integritas di Perusahaan

Cara Menunjukan Integritas di Perusahaan
Cara Menunjukan Integritas di Perusahaan

Setelah kita mengetahui integritas sangat penting untuk perusahaan. Lalu pertanyaan muncul bagaimana cara menunjukan integritas di perusahaan? Simak ulasannya berikut ini :

Selalu Siap Bekerja

Karyawan yang memiliki integritas yang baik tidak ragu untuk mengatur jadwal diluar pekerjaan mereka untuk membantu karyawan yang lain dalam mengatasi masalah yang ada jika situasi membutuhkannya.

Namun ada kalanya karyawan yang enggan ikut campur dengan urusan lain selain pekerjaannya walaupun terhubung satu dengan yang lain.

Mengikuti Kebijakan Perusahaan

Peraturan dan kebijakan yang telah dibuat perusahaan memiliki tujuan untuk mengatur gerak dan aktivitas karyawan.

Dengan mengikuti perintah kebijakan tersebut, para karyawan telah menerapkan dan menunjukan integritas berdasarkan nilai, informasi dan tujuan bisnis yang telah disepakati.

Menghargai Pendapat

Dalam berdiskusi tentunya banyak sekali perdebatan yang terjadi, tentunya hal tersebut sangat wajar. Namun yang harus dilakukan adalah mendengarkan, mnghargai dan menerima pendapat orang lain jauh lebih penting.

Jika ada yang tidak setuju dengan pendapat karyawan lain, tentunya bisa mengungkapkan pendapatnya yang dianggap benar. Kemudian menunggu keputusan pemimpin dan menghormati apapun keputusan yang diambil.

Menjaga Barang Orang Lain

cara menunjukan integritas selanjutnya adalah bisa menjaga barang milik teman karyawan yang lain salah satunya juga menjaga barang perusahaan.

Kepercayaan akan timbul apabila An da bisa menjaga dengan baik barang milik orang lain. Namun sebaliknya bila Kamu menghilangkan atau merusak tentu tingkat kepercayaan terhadap Anda akan menurun.

Memenuhi Janji

Ketikan Anda membuat janji terutama yang berada di lingkungan kerja atau perusahaan (kepada tema kerja, bos ataupun kelompok kerja), Pastikan untuk selalu mematuhi dan menepati janji tersebut.

Dengan menepati janji tersebut maka Anda dapat dipegam ucapan dan komitmen dengan baik. tentunya ini akan berdampak baik bagi karir Anda diperusahaan tersebut.

Motivasi Tim Mengemukakan Pendapat

Untuk kinerja agar tetap baik, efektif dan kreatif, ketua tim harus memberikan ruang untuk anggota agar bisa mengungkapkan pendapatnya.

Tidak semua pendapat bisa diterima odan menjadi kesimpulan dalam tim kerja, namun dengan adanya diskusi yang tentunya jujur dan kritis akan mendapatkan hasil yang maksimal tentunya.

Ketua tim dalam memberikan ruang diskusi harus bersikap adil dan bijaksana agar tidak ada satu karyawan atau anggota tim yang merasa dikecilkan hal ini bertujuan untuk membangun tim dan menciptakan hasil yang jauh lebih baik.

Bertanggung Jawab Bila Berbuat Salah

Bila terjadi kesalahan yang dilakukan harusnya berani untuk mengakuinya dan bertanggung jawab atas kesalahan tersebut, itu adalah salah satu cara untuk menunjukan integritas.

Ingat! tidak perlu takut untuk mengakui sebuah kesalahan, karena pada dasarnya tidak ada manusia yang suci pastinya pernah berbuat kesalahan.

Bertanggung jawab atas kesalahan tersebut tentunya menunjukan bahwa Anda memiliki sikap yang jujur dan sangat terbuka terhadap masukan pihak lainnya, hal ini tentunya bertujuan untuk pembangunan. Sifat bertanggung jawab hanya dimiliki oleh orang yang mempunyai integritas kerja yang tinggi.

Meningkatkan Etos Kerja

Dalam bekerja disebuah perusahaan yang terpenting adalah kita mampu meningkatkan produksi kerja yaitu dengan mampu menyelesaikan semua pekerjaan yang telah menjadi kewajiban kita sebelum waktu yang ditentukan habis.

Dengan demikian akan menjadikan Anda sebagai salah satu karyawan yang memiliki etos kerja yang biak dan bisa menjadi contoh untuk karyawan yang lainnya.

Pimpinan Memberikan Contoh Yang Baik

Bila dalam perusahaan Anda adalah seorang pemimpin, pastikan Anda memberikan contoh yang baik kepada karyawan dibawah Anda, Karena sikap tersebut adalah salah satu integritas.

Sikap yang baik akan menjadi dasar yang kuat untuk karyawan mencontoh danmengikutinya. Pastikan memilih standar kerja yang tinggi dan profesional agar kinerja karyawan dan tim akan semakin baik.

Dari penjelasan di atas, kini kamu sudah paham bukan mengenai integritas? Integritas ini dinilai sangat penting bagi semua individu, terlebih individu yang menjadi pemimpin. Tentunya, integritas ini juga bisa dibentuk dengan dukungan dari lingkungan dan karakter yang kuat dari setiap individu.

Leave a Comment


Notice: Undefined index: popup_cookie_glcbi in /home/jokowari/public_html/wp-content/plugins/cardoza-facebook-like-box/cardoza_facebook_like_box.php on line 924