15 Istilah Startup Yang Wajib Anda Pelajari

Mungkin anda pernah mendengar dengan sebutan Startup, dimana startup menjadi istilah yang biasanya digunakan pada perusahaan rintisan yang sedang berkembang pesat serta memanfaatkan teknologi pada proses bisnisnya.

Sudah banyak perusahaan startup yang sukses dari Indonesia, misalnya Blibli, Bukalapak, Traveloka, Ruang Guru, GO-JEK dan lain sebagainya.

Banyak sekali orang yang ingin menjadi sukses di bidang startup setelah melihat beberapa perusahaan yang telah berhasil atau sukses.

Baca Juga : Apa itu Startup

Istilah Startup Yang Wajib Anda Pelajari

Nah, jika and ingin memulai bisnis startup, maka alangkah baiknya anda mencari tahu tentang istilah-istilahnya terlebih dahulu.

Hal ini bertujuan agar anda menjadi lebih profesional dalam membisnis startup, berikut dibawah inilah yang menjadi istilah-istilah yang harus dipelajari oleh anda.

1. Incubator

Incubator adalah tempat startup dimana startup tersebut merupakan startup yang termasuk baru berjalan atau dirintis buat di inkubasi.

Pada umumnya incubator akan menyediakan koneksi terhadap mentor startup apabila startup tersebut sudah menjadi lebih baik.

Hal baiknya, dalam beberapa incubator telah menyediakan pendanaan bagi startup itu sendiri. Proses inkubasi sebuah startup biasanya mencapai 1 hingga sampai dengan 3 bulan lamanya.

2. Co-Working Space

Co-Working Space merupakan ruang perkantoran bagi pekerja mandiri serta startup.

Co-Working Space bisa digunakan atau ditempati secara bersama-sama untuk para penggunanya dalam bekerja.

Disertai dengan biaya sewa yang terjangkau sehingga bisa menghemat uang operasional buat tempat bekerja.

3. Akselerator

Jika anda telah memahami dengan incubator, maka pasti anda telah mengetahui dengan fungsi akselerator.

Dimana fungsi ynag yang dimiliki olehnya hampir sama dengan fungsi dari incubator.

Namun yang membuatnya berbeda, yakni akselerator lebih terfokus pada perusahaan startup yang telah siap untuk dikembangkan.

Akselerator dapat membantu startup tersebut dalam meningkatkan pertumbuhan bisnisnya.

4. Activation

Activation merupakan nama yang berasal dari bahasa Inggris dan dapat diartikan kedalam bahasa Indonesia sebagai aktivasi.

Hal ini merupakan pengukuran terhadap tingkat kompresi dan berasal dari calon pengunjung yang menjadi sebagai pengguna aktif di situs web anda sendiri.

5. Acqui Hire

Acqui Hire merupakan salah satu strategi agar bisa mendapatkan potensi ketika sebuah perusahaan mengakusisi dan membeli sebuah perusahaan yang lain dan berguna untuk menciptakan tim yang dimilikinya.

Secara umum, istilah ini akan muncul apabila sebuah perusahaan mempunyai gagasan yang tidak bagus, namun hanya memiliki suatu tim yang berkualitas ataupun bagus.

6. Venture Capitalist

Untuk istilah tentang startup yang selanjutnya adalah suatu sistem yang dapat melakukan investasi disebuah Venture Capital.

Dalam hal ini, investasi dapat diberikan pada startup yang berpotensial.

7. Venture Capital

Venture Capital yang biasanya dikenal sebagai VC merupakan sebuah perusahaan investasi yang bertujuan untuk mengumpulkan dan mendapatkan perusahaan pendanaan konglomerat serta institusi yang dimaksud sebagai pemberian dan penyertaan modal startup.

8. Seed Funding

Seed atau bisa diartikan sebagai benih didalam bahasa Indonesia.

Seed Funding adalah pendanaan dari awal tahap yang didapatkan oleh sebuah perusahaan startup.

Secara umum, Seed Funding digunakan untuk dijadikan sebagai bukti terhadap ide bisnis startup yang sedang berjalan sebelum mencari pendanaan dan mendapatkan pendanaan ditahap yang akan datang.

9. Seri A, B, C dan Seterusnya Funding

Jika anda telah melewati tahap dari seed Funding, maka selanjutnya anda akan mengikuti pendanaan dari Seri A, B, C dan seterusnya.

Pada tahap yang seperti apa ini, perusahaan dari startup telah siap mendapatkan dan menerima Funding yang berasal dari Venture Capital atau VC.

Tentu saja pendanaan terhadap nominal akan menjadi lebih besar jika dibandingkan dengan seet funding.

Nah, pada tahap ini juga perusahaan startup bisa menawarkan saham dalam timbal balik untuk usaha yang sudah diterima dari VC atau Venture Capital.

10. Pivot

Untuk istilah yang berikutnya adalah Pivot. Dimana istilah ini digunakan pada startup yang sedang mengalami perubahan terhadap rencana bisnisnya.

Hal ini dikarenakan ide atau tujuan yang akan dituju tidak bisa tersampaikan dan tidak bisa diterima dengan baik di pasar.

Namun, perubahan tersebut masih sama dengan perusahaan startup yang menetapkan ide tersebut pada tahapan awal sebelum mengubahnya terlebih dahulu.

11. Valuasi

Valuasi menjadi sebuah istilah yang berasal dari nilai ekonomi startup yang ditetapkan atas persetujuan investor ataupun founder.

12. Unicorn

Unicorn merupakan istilah yang menggambarkan tentang startup yang telah memiliki valuasi lebih dari $1 miliar Amerika Serikat.

Hal ini juga biasanya dijuluki sebagai Kuda Mitologi yang dapat diartikan sebagai mustahil atau langkah.

13. Decacorn

Decacorn merupakan salah satu istilah yang dapat disebut apabila valuasi telah mencapai 10 dolar Amerika Serikat keatas.

14. Hectocorn

Hectocorn merupakan istilah yang bisa disebut sebagai perusahaan rintisan atau biasanya startup yang memiliki nila valuasi sekitaran USD 100 miliar. Sebagai contoh adalah Microsoft, Google, Facebook, dan Apple.

15. Traction

Traction merupakan salah satu istilah yang menggambarkan bahwa bukti seseorang yang ingin membeli produk dari bisnis startup anda.

Leave a Comment