5 Jenis CMS Blog Paling Terkenal : Kelebihan dan Kekurangannya

Beberapa jenis CMS blog merupakan perangkat yang dibutuhkan dalam dunia blogging. Dengan unsur ini, aktivitas manajemen website menjadi mudah.

Contohnya adalah posting artikel, setting interface, atur widget dan yang selainnya. Jenis CMS cukup banyak. Namun, bagi pemula terkadang bingung memilihnya.

Fungsi inti CMS adalah melakukan setting situs. Untuk mempermudahnya, perangkat siap dengan dua unsur yaitu CMA dan CDA. Keduanya berjalan dengan dua kategori Front End dipadu dengan Back end.

Jenis CMS blog Beserta kelebihan dan kekurangannya

Berikut kami rilis jenis-jenis CMS. Baik yang dibuat di dalam negeri maupun manca negara. Selanjutnya terserah blogger mau memiliki jenis CMS yang mana.

Saran kami, pilihlah yang sesuai dengan kemampuan anda. Baik cara aktivasi maupun biaya pembuatan dan yang selainnya.

CMS berikut tergolong populer dan banyak digunakan. Sebagian besar tergolong open source yang mudah diaplikasikan dan murah bahkan ada yang tidak berbayar (free). Silakan disimak!

1. WordPress

WordPress merupakan CMS paling diminati di dunia. Bahkan total downloader mencapai ratusan juta kali. CMS ini rutin update sistem security. Fungsinya untuk mencegah peretasan dan hacking berbahaya.

Dalam membangun Web, WordPress mengikutsertakan dua elemen yaitu .com dan .org. Dahsyatnya, dua elemen inilah yang membuat situs ramai dikunjungi viewer.

  • Kelebihan

Kelebihan WordPress selain mudah digunakan, CMS juga ramah SEO. Selain itu jenisnya oper source dan cara memodifikasi web tidak sulit.

  • Kekurangan

Kekurangannya adalah untuk mendapatkan CMS WordPress maksimal, blogger harus membayar domain. Karena CMS ini membutuhkan alamat domain plus server. Selain itu CMS agak rentan dari serangan.

2. Joomla

Jomla merupakan CMS teraman nomor 2 dengan limit minimal hanya 638. Di CMS ini jarang ditemukan kasus hacker dan pencurian data. Maka dari itu, orang lebih memilih Joomla dibandingkan WordPress.

  • Kelebihan

Perbaikan CMS ini dilakukan terus menerus. Bahkan, admin-nya membuat komunitas sharing khusus Joomla.

Kelebihan selanjutnya adalah fitur plugin Joomla lebih lengkap dibandingkan wordpress. (Baca : Kelebihan dan Kekurangan WordPress Self Hosting)

  • Kekurangan

Penggunaan masih lebih nyaman wordpress. Karena struktur Joomla tidak fleksibel dan terpisah satu sama lain. Akibatnya integrasi menjadi lambat yang efeknya blog sulit berkembang.

3. Drupal

CMS Drupal dibuat pada tahun 2001. Sistem ini diadopsi dari rancangan Dries Bytaert. Program ini diluncurkan perpaket dengan konsep yang berbeda-beda. Maka dari itu, penggunaannya lebih mudah.

  • Kelebihan

Pasca mendapatkan lisensi GNI, CMS ini bisa digunakan juga untuk CMF. Bahkan di dalamnya diselipkan aplikasi alih bahasa. Termasuk alih terhadap bahasa jawa.

  • Kekurangan

Kekurangannya hanya terdapat pada pengaturan hak akses yang terlalu detil. Selain itu basis datanya cukup banyak dan menyatu. Sehingga CMS ini akan membingungkan blogger pemula.

4. Textpattern

CMS Textpattern muncul di tahun 2004. Pengembangnya berasal dari luar negeri bernama Dean Allen, sang pendiri Textism.com. Karena ia ingin membangun sistem tidak untuk blog saja, maka lahirlah CMS ini.

  • Kelebihan

Beberapa kelebihannya adalah Mudah dalam penulisan, Lebih Mudah Melihat laman pra tayang, Menggunakan kode terbuka HTML, Mekanisme template menggunakan tag, Sistem manajemen cukup lengkap, Keamanan anti spam komentar, CSS editor sudah terpasang, Adanya link, image dan file management.

  • Kekurangan

Kekurangan CMS ini, plugin kurang lengkap. Bahkan fitur untuk pingback dan trackback tidak tersedia. Sehingga blogger menggunakan cara alternatif yang membingungkan.

Kekurangan yang kedua adalah blog dari CMS ini agak lemot dan tidak responsif. Kalau diakali dengan template minimalis, blogger harus memiliki kode asli CMS-nya.

5. Aura

Kumpulan CMS populer yang terakhir adalah CMS Aura. CMS ini buatan Indonesia.

Walaupun begitu, kompetensinya tidak kalah dengan system bikinan orang luar. Bahkan, CMS ini tergolong sistem website terbaik skala nasional.

  • Kelebihan

Kelebihan CMS ini ialah sudah menggunakan MySQl dan PHP4. Sedangkan lisensi sudah mengaktifkan GPL.

Untuk rilisnya saja, CMS muncul di tahun 2003. Di mana kala itu, persaingan sistem teknologi mulai membesar.

  • Kekurangan

Kekurangan CMS Aura adalah kinerjanya tidak begitu handal. Bahkan kalah dengan CMS nasional yang sempat muncul sebelumnya.

Sedangkan untuk mengetahui kekurangan yang lebih detil, silakan unduh sistemnya.

Itulah pembahasan tentang jenis-jenis CMS blog luar maupun dalam negeri. Silakan jatuhkan pilihan anda sesuai kebutuhan.

Semua ada kelebihan dan kekurangan. Maka pilihlah yang mudah dan keuntungannya lebih menonjol dibandingkan kekurangannya.

Demikian semoga ada manfaatnya untuk kita semua. Semoga pula blog yang telah anda buat bisa memberikan keuntungan yang luar biasa sehingga kerja keras dan biaya yang dikeluarkan tidak sia-sia.

Baca Juga : Pengertian Sitelink Adalah

Leave a Comment