5 Jenis Internet Marketing Untuk Bisnis Anda

Jenis Internet Marketing – Bisa dikatakan bahwa internet merupakan fondasi dari era modern yang kita rasakan pada saat ini.

Internet adalah sebuah jaringan yang memungkinkan kita untuk terhubung satu dengan lainnya.

Berbagai manfaat dapat kita rasakan dengan adanya jaringan yang memunculkan banyak gagasan dan teknologi baru ini.

Internet tidak hanya sebagai alat komunikasi saja, namun sudah menjadi gaya hidup masyarakat di dunia, yap di dunia bukan di Indonesia saja.

Internet pada saat ini sudah digunakan sebagai media belajar, hiburan, berbelanja dan masih banyak lagi yang sudah kita ketahui dan mungkin sudah kita gunakan.

Salah satu manfaat dari internet yang sangat sayang untuk tidak digunakan pada saat ini adalah sebuah gagasan yang disebut sebagai internet marketing.

Peluang yang tercipta akibat munculnya internet sangatlah massif, dimana semakin hari pengguna internet semakin meningkat.

Indonesia sendiri dianggap sebagai salah satu pasar online yang potensial sehingga dapat mendatangkan investor seperti Alibaba untuk melakukan investasi kepada salah satu e-commerce andalan Indonesia, yaitu Tokopedia.

Internet marketing dapat membantu para pemilik bisnis dan marketer (pemasar) untuk dapat menjangkau para konsumen dan pelanggan yang memang mereka targetkan, sehingga layanan dan produk yang mereka miliki dapat dirasakan oleh para konsumennya dengan harga yang relative lebih murah dibandingkan melakukan pemasaran secara offline atau tradisional.

Internet marketing sendiri merupakan gambaran secara utuh terkait dengan semua aktivitas pemasaran atau marketing yang dilakukan secara online.

Jenis Internet Marketing

Ada berbagai jenis internet marketing yang perlu diketahui oleh para pemilik bisnis dan pemasar, maka dari itu berikut adalah beberapa diantaranya.

1. Content Marketing

Pemasaran yang pertama ini adalah salah satu pemasaran yang menurut saya paling penting, karena setiap aktivitas pemasaran secara offline maupun online membutuhkan sebuah konten untuk dapat menarik perhatian para calon pembeli.

Content marketing sendiri merupakan sebuah proses menciptakan, mendistribusikan, dan mempromosikan materi online yang relevan secara konsisten untuk dapat menarik, melibatkan dan mengkonversi target konsumen yang diinginkan.

Terdapat beberapa jenis konten yang dapat digunakan untuk menarik perhatian para calon konsumen tersebut, yaitu bisa postingan blog, video, infografis, e-book, podcast, studi kasus, email, webinar.

Setiap konten yang dibuat oleh para pemasar dan pemilik bisnis memiliki kemungkinan yang cukup besar untuk dapat berhasil asalkan dapat ditempatkan ditempat yang tepat, seperti social media, e-mail maupun blog (sesuai dengan karakteristik konten tersebut).

Kunci sukses lainnya dari content marketing adalah “memberi sesuatu untuk mendapatkan sesuatu”.

2. SEM (Search Engine Marketing)

Bagi para penggiat internet marketing mungkin SEM bukanlah istilah yang asing, karena SEM merupakan salah satu bentuk internet marketing yang cukup popular karena efektifias dan efesiensi yang ditawarkannya cukup menggiurkan.

SEM merupakan salah satu cara untuk mempromosikan halaman yang dimiliki oleh pemasar dan pemilik bisnis yang bertujuan untuk meningkatkan visibilitas pada halaman hasil mesin pencari.

SEM dapat meningkatkan jumlah kunjungan (traffic) suatu website atau yang sering disebut sebagai (SERPs) yang kemudian tidak menutup kemungkin akan terjadi pembelian atau transaksi dari kunjungan para visitors yang datang ke website terkait.

Baca Juga : Perbedaan SEO dan SEM

3. SEO (Search Engine Optimization)

SEO juga hamir mirip degan SEM, bedanya SEO ini merupakan sebuah proses yang dilakukan oleh pemasar atau pemilik bisnis dengan menata halaman website yang mereka miliki sedemikian rupa agar dapat meningkatkan visibiltas situs dan dapat menjadi peringkat teratas pada hasil pencarian mesin pencari seperti Google.

Artikel Terkait :

SEO dilakukan dengan pemilihan nama domain, konten website, dan penggunaan kata kunci.

Mesin pencari menggunakan sesuatu yang disebut sebagai crawler bots untuk menjelajah internet dan membangun indeks konten yang tersedia secara online.

Setelah melakukan penjelajahan maka konten yang dimiliki seseorang akan masuk kedalam database mereka dan setiap kali seseorang mencari sebuah kata kunci maka mesin pencari akan mencoba memberikan hasil yang paling berguna dan relevan.

4. E-Mail Marketing

Mungkin ada segelintir orang yang akan meremehkan salah satu internet marketing satu ini, karena terlihat tidak millennials sekali ketika memasarkan produk atau jasa yang kita miliki melalui e-mail.

Pada kenyataanya, pemasaaran melalui e-mail mempunyai kekuatan yang luar biasa untuk dapat mencapai yang namanya retensi pelanggan.

5. Social Media Marketing

Apakah kamu salah satu orang yang setiap lima menit sekali pasti membuka Instagram, Twitter, Facebook atau LinkedIn?

Nah ini adalah salah satu pemasaran online atau salah satu bentuk internet marketing yang paling popular pada saat ini.

Social media marketing ini memanfaatkan traffic yang tersedia pada social media untuk dapat menjangkau para target konsumen yang diinginkan oleh para pemasar dan pemilik bisnis.

Baca Juga : Kesalahan dalam Social Media Marketing

Mungkin sekian dulu terkait dengan artikel jenis – jenis internet marketing, semoga dapat bermanfaat.

Leave a Comment