7 Jenis Tabungan Bank Yang Bisa Kamu Miliki

Tahukah Anda tentang Jjenis-jenis tabungan bank yang bisa dimiliki? Pada umumnya, bank adalah suatu badan usaha yang memiliki wewenang dan fungsi untuk menghimpun sejumlah dana dari masyarakat segala lapisan dalam bentuk simpanan dan menyalurkannya kembali kepada masyarakat lain dalam bentuk kredit dan atau bentuk-bentuk lainnya dalam rangka meningkatkan taraf hidup rakyat banyak atau masing-masing keluarga dalam skala kecil.

Jenis Tabungan Bank

Sebelum anda memutuskan untuk menyimpan sebagian penghasilan anda pada bank pilihan, perlu diketahui informasi tentang jenis – jenis tabungan bank sehingga anda tidak salah pilih menginvestasikan uang :

Tabungan Konvensional

Tabungan konvensional adalah jenis tabungan yang sifatnya sangat umum.

Semua orang pasti memiliki tabungan jenis ini, karena memang ditujukan untuk semua masyarakat segala lapisan.

Ciri utama dari tabungan konvensional adalah nasabah akan memiliki kontrol penuh terhadap tabungannya. Pengambilan uang dapat dilakukan kapan saja dan tidak memiliki batas waktu setoran.

Semuanya berada di bawah kendali si pemilik tabungan melalui bantuan sebuah kartu sederhana yang namanya kartu ATM. Juga, biasanya bank akan memberikan buku tabungan kepada pemilik tabungan konvensional.

Dengan memilih tabungan konvensional maka anda akan mendapatkan bunga bulanan dengan besaran suku bunganya berkisar antara 0.5% – 2% dan pada umumnya ada biaya administrasi yang dikenakan terhadap nasabah per bulannya.

Masing – masing bank mempunyai besaran biaya administrasi yang berbeda – beda tergantung pada kebijakan bank.

Di samping itu, uang yang anda tabungkan pada bank bersangkutan tidak akan mudah hilang karena dijamin oleh Lembaga Penjamin Simpanan (LPS) apabila bank tersebut bangkrut. (Baca : Cara Bangkit Daari Bangkrut)

Jadi, keunggulan dari tabungan ini adalah andalah memegang kendali penuh atas keamanan uang anda.

Tabungan Berjangka

Jenis tabungan yang kedua adalah ditujukan buat anda yang ingin menabung untuk masa depan.

Pada dasarnya dengan memilih tabungan berjangka, anda akan dipaksa untuk disiplin dalam menabung, dimana proses menabung bisa dilakukan dengan cara auto – debet oleh pihak bank ke rekening pribadi anda.

Tabungan ini memiliki system yang menyerupai deposito, yakni uang yang anda tabungkan tidak akan bisa diambil sebelum masa jatuh tempo, tapi perbedaannya terletak pada jumlah uang yang bisa anda masukkan.

Jumlah setoran yang ditentukan oleh bank untuk membuka tabungan berjangka adalah lebih rendah daripada deposito. Selain itu, dalam tabungan berjangka, setiap bulannya bank akan memindahkan uang anda ke tabungan berjangka sesuai kemauan anda pada awal pembuatan.

Suku bunga yang diberikan oleh tabungan berjangka jumlahnya lebih besar daripada tabungan konvensional, maka dari itu jenis tabungan ini memang didesain khusus untuk anda yang bisa disiplin menabung dengan tujuan memperoleh keuntungan. Sama halnya dengan tabungan konvensional, keamanan uang anda terjamin oleh Lembaga Penjamin Simpanan (LPS).

Tabungan jenis ini memiliki beberapa jenis yaitu tabungan berjangka pendidikan, dimana dana yang anda tabungkan memang akan ditujukan untuk keperluan pendidikan anda atau anak – anak anda dalam usia sekolah.

Keunggulan dari tabungan berjangka adalah menabung menjadi lebih mudah, suku bunganya lebih besar, dan uang anda terjamin aman.

Tabungan Haji

Tabungan naik haji diperuntukkan bagi nasabah Muslim yang berniat untuk melaksanakan umroh. Pada umumnya tabungan ini memang diperuntukkan untuk sekelompok orang yang ingin kepergiannya untuk umroh aman dan terjamin.

Dengan memakai tabungan haji, dapat dipastikan anda mendapat kuota untuk umroh, jadi tabungan ini hanya digunakan untuk menabung dana untuk biaya ongkos naik haji saja.

Biaya ini jumlahnya berbeda – beda setiap tahunnya tergantung dari hasil pemikiran pejabat dari Departemen Agama Republik Indonesia.

Jika anda adalah nasabah tabungan haji, maka setiap bulannya anda wajib menyetorkan sejumlah uang.

Besaran setoran bulanannya sudah diatur oleh anda sendiri ketika pertama kali membuka rekening tabungan, dimana semakin cepat anda mencapai biaya ongkos haji tahunan yang sudah ditentukan oleh bank pilihan, maka akan semakin cepat juga anda akan pergi umroh.

Nasabah yang bisa pergi umroh adalah nasabah yang sudah melunasi atau mencapai biaya ongkos haji yang telah ditentukan. Jadi kesimpulannya adalah semakin besar setoran bulanannya, maka semakin cepat anda akan berangkat umroh.

Tabungan anak

Menabung sejak dini adalah hal paling penting untuk dilakukan oleh anda, maka dari itu jadikanlah menabung sebagai prilaku baik di dalam rumah anda beserta anggota keluarga.

Oleh karena itulah jenis tabungan anak sangat tepat untuk anda pilih guna merancang masa depan mereka agar menjadi lebih cerah.

Seperti namanya, tabungan anak hanya diperuntukkan bagi anak – anak usia sekolah hingga kuliah. Kebiasaan menabung yang dilakukan oleh anak kecil pada jaman dahulu adalah memasukkan koin ke dalam celengan pemberian dari orang tua.

Dengan membuka tabungan anak di bank, maka sang anak akan belajar menjadi pribadi lebih mandiri dan mudah diajak untuk menabung dalam jumlah besar saat mereka mendapat rejeki.

Diketahui, tabungan anak memiliki beberapa keringanan dalam hal pembiayaan. Bank memberikan peraturan yaitu setoran awal lebih ringan, setoran minimum bulanan yang kecil, dan potongan biaya administrasi yang sedikit.

Keringanan tersebut diberikan untuk meningkatkan minat sang anak agar gemar menabung dan melihat keuntungan dari menabung. Juga, terdapat bank yang memberikan kartu ATM atas nama anak agar mereka bangga terhadap diri sendiri sehingga menjadi lebih giat menabung.

Jenis tabungan ini cocok untuk anda yang ingin mengajarkan kepada anak – anak tentang pentingnya menabung untuk masa depan.

Tabungan bisnis

Tabungan bisnis diperuntukkan khusus untuk anda yang suka menekuni bisnis. Dengan memiliki tabungan jenis ini, maka diharapkan anda akan menikmati berbagai keuntungan yang memudahkan perusahaan anda meraup kesuksesan dalam jumlah besar, yaitu suku bunga yang diberikan relatif lebih besar daripada tabungan biasa dan jumlah uang yang bisa anda transfer juga jumlahnya lebih besar dari tabungan biasa.

Untuk memaksimalkan keuntungan, anda harus memenuhi beberapa persyaratan, yaitu setoran awal yang besar dan minimum setoran bulanan yang juga besar. Jadi, buat Anda yang membuka bisnis atau memiliki usaha sendiri, tabungan ini sangat dapat Anda manfaatkan.

Tabungan pegawai

Jenis tabungan yang satu ini memiliki fitur yang hampir sama dengan tabungan biasa. Perbedaannya adalah terletak pada siapa yang membuka tabungan.

Biasanya tabungan ini ditujukan buat perusahaan kepada pegawainya untuk memudahkan mereka melalui proses payroll gaji bulanan.

Dalam memberikan fasilitas ini, perusahaan yang bersangkutan harus bekerjasama dengan bank tertentu yang menjadi pilihan mereka.

Ada beberapa keuntungan yang bisa anda manfaatkan dengan membuka tabungan ini, yaitu anda sebagai pegawai tidak perlu repot – repot lagi pergi ke bank untuk membuka tabungan karena prosesnya dilakukan oleh perusahaan dimana pimpinan perusahaan memenuhi peraturan membuka tabungan pegawai (seperti biasa) sehingga pihak bank memiliki data informasi yang jelas tentang anda dari perusahaan.

Tabungan mahasiswa

Hampir sama dengan tabungan pegawai, tabungan mahasiswa dapat menjadi pilihan anda yang masih kuliah ( mahasiswa/wi) dari suatu universitas yang bekerjasama dengan bank pilihan.

Kegunaan dari tabungan mahasiswa/wi adalah untuk memudahkan anda dalam proses pembayaran biaya – biaya kuliah. Jadi anda tidak perlu lagi melakukan transfer ke bank untuk membayar keperluan kuliah karena biasanya akan dilakukan secara auto – debet.

7 jenis tabungan bank tersebut di atas di Indonesia bisa dijadikan salah satu pilihan bagi anda pada saat akan berencana ke bank untuk membuka tabungan sehingga anda tidak perlu bingung ketika sampai di bank tujuan.

Sebelum membuka tabungan, jangan lupa buatlah rencana tentang apa tujuan anda membuka tabungan tersebut.

Apabila anda hanya berencana untuk menaruh sejumlah uang sebagai media untuk pemenuhan kebutuhan sehari – hari, maka tabungan konvensional adalah pilihan tepat, tapi jika anda memiliki rencana khusus di masa depan, maka cermati berbagai jenis tabungan di atas beserta persyaratan dan keuntungannya.

Setelah mengetahui dan mengerti, saatnya untuk menjatuhkan pilihan yang tepat sehingga rencana anda terlaksana dengan sukses.

Leave a Comment