Pengertian, Jenis dan Contoh Kelangkaan Ekonomi

Tahukah Anda tentang Pengertian, Jenis dan Contoh Kelangkaan Ekonomi? Apabila suatu negara tidak dapat memenuhi kebutuhan warga negaranya maka dapat dikatakan bahwa negara tersebut sedang mengalami kelangkaan ekonomi.

Kelangkaan ekonomi biasanya terjadi pada negara berkembang. Apa itu kelangkaan ekonomi? Berikut ini adalah penjelasan lebih rinci mengenai kelangkaan ekonomi.

Pengertian Kelangkaan Ekonomi

Kelangkaan dapat terjadi karena sumber daya alam yang terbatas sedangkan permintaan semakin meningkat.

Sumber daya alam ada 2 macam yaitu sumber daya alam yang dapat diperbarui misalnya air, tanah dan sebagainya serta sumber daya alam yang tidak dapat diperbarui misalnya batu bara, emas dan lain sebagainya.

Jika sumber daya alam tidak dikelola dengan baik maka karena pemakaian yang terus menerus akan mengakibatkan terjadinya kelangkaan.

Dalam ilmu ekonomi, kelangkaan ekonomi diartikan sebagai salah satu prinsip dalam ilmu ekonomi dimana persediaan barang yang terbatas dan permintaan yang tinggi untuk barang tersebut, menghasilkan ketidaksesuaian antara penawaran dengan permintaan keseimbangan yang diinginkan.

Pada teori harga, prinsip kelangkaan adalah harga untuk barang langka harus naik sampai keseimbangan antara penawaran dan permintaan tercapai.

Penyebab Kelangkaan Ekonomi

Kelangkaan ekonomi terjadi karena sumber daya alam yang terbatas, namun ada beberapa penyebab lainnya yang mengakibatkan terjadinya yakni sebagai berikut:

Bencana Alam

Salah satu faktor penyebab terjadinya kelangkaan yaitu karena terjadi bencana alam.

Jika terjadi bencana alam maka akan berpengaruh terhadap jumlah sumber daya yang ada sehingga menganggu pemenuhan segala kebutuhan masyarakat.

Kebijakan Pemerintah

Apabila pemerintah tidak tepat dalam menentukan kebijakan pemerintahan maka dapat menyebabkan terjadinya masalah salah satunya adalah kelangkaan ekonomi.

Kurangnya Sumber Daya Manusia

Sumber daya manusia atau bisa juga disebut sebagai tenaga ahli, sangat menentukan kelangsungan hidup ekonomi dalam suatu negara.

Untuk itu, diperlukan sumber daya manusia yang berkualitas atau memiliki keahlian yang memadai agar terhindar dari kelangkaan ini.

Perbedaan Letak Geografis

Kelangkaan ekonomi dapat terjadi karena perbedaan letak geografis. Faktor perbedaan letak geografis suatu daerah menjadi faktor terjadinya kelangkaan sumber daya alam.

Supaya dapat memperoleh sumber daya untuk memenuhi kebutuhan diperlukan usaha yang lebih besar untuk mendapatkan sumber daya yang tidak dimiliki daerah tertentu.

Pertumbuhan Penduduk

Dapat terjadi akibat pertumbuhan penduduk yang lebih cepat jika dibandingkan dengan pertumbuhan produksi barang.

Pada saat ini pertumbuhan penduduk lebih cepat dibandingkan dengan tingkat pertumbuhan produksi barang atau jasa oleh produsen.

Semakin banyak penduduk maka semakin banyak juga kebutuhan yang harus dipenuhi.

Oleh karena ini menjadi menyebabkan terjadinya kesenjangan antara kebutuhan masyarakat dengan produksi barang atau jasa yang berujung pada kelangkaan ekonomi.

Jenis Kelangkaan Ekonomi

Kelangkaan ekonomi terdiri dari beberapa jenis yang akan dijelaskan di bawah ini.

Kelangkaan Sumber Daya Alam

Pemanfaatan sumber daya alam yang dilakukan secara terus menerus akan mengakibatkan sumber daya alam tersebut terancam menjadi habis dan memicu terjadinya kelangkaan.

Kelangkaan Sumber Daya Modal

Sumber daya modal merupakan sumber daya yang asalnya dari individu dengan tujuan mempermudah terlaksananya proses produksi.

Kelangkaan sumber daya modal terjadi karena kemauan dan kemampuan yang dimiliki oleh setiap individu karena setiap individu memiliki kemampuan untuk membuat sumber daya modal itu sendiri.

Agar tidak terjadi kelangkaan sumber daya modal maka harus ada kemauan yang kuat untuk bekerja keras.

Kelangkaan Sumber Daya Manusia yang Berkualitas

Sumber daya manusia diangkap langka karena tidak semua sumber daya manusia berkualitas.

Di Indonesia sendiri sumber daya manusianya banyak namun yang berkualitas tinggi jumlahnya lebih sedikit dibandingkan dengan kebutuhan di pasar tenaga kerja.

Tak heran jika perusahaan di Indonesia memilih merekrut sumber data manusia dari luar negeri.

Kelangkaan Sumber Daya Kewirausahaan

Sumber daya kewirausahaan dapat menjadi langka karena tidak semua orang dapat menjadi seorang pengusaha atau pedagang.

Untuk menjadi pengusaha, seseorang membutuhkan modal yang tidak sedikit serta keahlian khusus.

Contoh Kelangkaan Ekonomi

Ada beberapa contoh dari kelangkaan ekonomi yang akan dijabarkan di bawah ini.

Kelangkaan Minyak Bumi

Peningkatan penggunaan bahan bakar untuk kebutuhan sehari-hari dapat menyebabkan kelangkaan minyak bumi.

Oleh karena itu, agar minyak bumi tidak mengalami kelangkaan maka memanfaatkan sumber daya alam lainnya untuk bahan bakar mesin misalnya adalah minyak yang berasal dari tumbuhan jarak.

Tentu hal ini membutuhkan inovasi dan penelitian lebih lanjut agar fungsi minyak bumi dapat digantikan oleh jenis minyak lainnya.

Kelangkaan Lapangan Pekerjaan

Contoh kelangkaan ekonomi lainnya adalah kelangkaan lapangan pekerjaan karena sumber daya manusia yang tersedia tidak dapat menyesuaikan dengan arus modernisasi dan banyaknya kompetisi di lingkungan kerja.

Cara mengatasi kelangkaan lapangan pekerjaan adalah sering mengikuti pelatihan-pelatihan yang disediakan oleh Balai Pelatihan Ketenagakerjaan agar dapat bersaing di lingkungan pekerjaan.

Kurangnya Kesadaran Masyarakat akan Pentingnya Pendidikan

Contoh lainnya adalah kesadaran masyarakat terhadap pentingnya pendidikan masih kurang.

Oleh karena itu, untuk mengatasinya perlu untuk mengadakan program beasiswa tepat guna bagi masyarakat yang kurang mampu agar dapat tetap mementingkan pendidikan.

Kelangkaan Sumber Daya Laut

Kelangkaan ekonomi selanjutnya adalah kelangkaan sumber daya laut yang disebabkan karena penangkapan ikan dan seafood seperti kepiting, lobster dan lain-lain secara berlebihan.

Agar tidak terjadi kelangkaan sumber daya laut maka pemerintah harus membentuk aturan tegas mengenai pembatasan penangkapan ikan atau seafood serta melakukan pembudidayaan benih-benih ikan dan lain-lain agar keberadaannya tidak punah.

Krisis Air Bersih

Kelangkaan air bersih dapat disebabkan oleh beberapa hal diantaranya karena musim kemaran, ketidakmerataan aliran sumber air bersih, pencemaran air dan lain sebagainya.

Agar krisis air bersih tidak terjadi maka solusinya adalah membangun sebuah penampungan air agar bisa memenuhi pasokan air bersih kepada masyarakat ketika musim kemarau dan menjaga lingkungan agar sumber air tidak tercemar.

Kelangkaan Bahan Pokok Makanan

Kelangkaan bahan pokok makanan yang terjadi di daerah terpencil merupakan contoh kelangkaan ekonomi berikutnya.

Agar hal ini tidak terjadi maka pemerintah harus membangun infrastruktur yang memadai agar proses pendistribusian bahan pokok makanan ke daerah terpencil tidak terganggu.

Kelangkaan Hewan

Kelangkaan hewan terjadi akibat masyarakat yang memburu hewan tertentu secara berlebihan.

Untuk mengatasi hal ini perlu dibentuk aturan yang tegas yang mengatur pembatasan terhadap pemburuan hewan jenis tertentu yang sudah langka contohnya komodo adalah hewan langka yang habitatnya hanya ada di Indonesia oleh karena itu komodo tidak boleh diburu dan harus dilestarikan agar tidak langka.

Kelangkaan Hasil Pertanian

Kelangkaan hasil pertanian dapat menyebabkan harga jualnya menjadi semakin meningkat. Jenis kelangkaan hasil pertanian bisa terjadi salah satunya karena gagal panen.

Solusi untuk mengatasi kelangkaan hasil pertanian yaitu dengan import atau dengan mengganti hasil pertanian yang langka tersebut dengan hasil pertanian lainnya misalnya jika cabai langka maka menggantikan cabai dengan merica.

Demikian informasi tentang Pengertian, Jenis dan Contoh Kelangkaan Ekonomi dari kami, semoga bisa bermanfaat.

Leave a Comment