9 Kelebihan dan Kekurangan Facebook Ads Untuk Promosi Bisnis

Kelebihan dan Kekurangan Facebook Ads – Seperti yang sudah kita ketahui, branding adalah salah satu langkah awal untuk berbisnis.

Jika kita tidak mempromosikan barang atau jasa yang kita tawarkan. Barang atau jasa kita sulit dikenal oleh masyarakat luas.

Untuk aktivitas branding ini seiring perkembangan zaman kita semakin mudah untuk menawarkan produk yang kita sediakan. Kita bisa branding dengan memilih alternatif yang cukup efisien melalui media online.

Sebelumnya ada dua lahan branding yang bisa dipilih oleh kita pelaku bisnis dunia maya, yaitu Facebook dan Google Adwords. Keduanya merupakan perusahaan besar yang menyediakan beriklan secara efisien.

Beriklan lewat Facebook dapat menjadi cara yang brilian untuk produk Anda lebih dikenal di luar sana untuk orang yang berminat melihatnya.

Facebook adalah media sosial yang paling terkenal di dunia dan jumlah pengguna yang sangat banyak, maka dari itu banyak peluang yang bisa kita dapatkan dengan mengiklankan produk kita di Facebook.

Beriklan di Facebook memberikan kita dua opsi pembayaran, yaitu membayar per klik (pay per click) dan membayar sesuai dengan masa tayang.

Namun apakah beriklan di Facebook adalah pilihan yang tepat? Maka dari itu sekarang kita akan membahas kelebihan dan kekurangan beriklan di Facebook.

Kelebihan Facebook Ads Untuk Promosi Bisnis

1. Dapat membuat sendiri target pemasaran

Pastikan anda memilih demografis yang luas, Dengan menyesuaikan iklan disetiap segmen dengan strategi memilih gambar yang berbeda & kategori untuk pengguna tua atau muda, misalnya, atau untuk laki-laki atau perempuan.

Jika Anda memiliki target pasar yang lebih kecil, Anda juga dapat memfokuskan upaya Anda dalam segmen tertentu dari pengguna Facebook. Ini memudahkan anda untuk mengincar target pasar yang sesuai dengan produk kita.

2. Pemasaran yang terfokus dan terarah

Seperti yang kita bahas di atas kita bisa memilih target pemasaran yang kita mau. Dengan adanya hal seperti ini branding menjadi hal yang efektif dan efisien.

Karena kita bisa mempromisikan barang kita sesuai dengan keinginan kita, misalnya kita memliki usaha di Jakarta, kita bisa menargetkan iklan dengan orang yang tinggal di daerah Jakarta atau di sekitarnya.

3. Gambar dapat dicantumkan

Jika isi iklan tersebut hanyalah tulisan tanpa gambar, iklan tersebut menjadi terlihat membosankan.

Nah di Facebook ini kita bisa mencantumkan gambar yang kreatif untuk mendukung produk anda.

Asalkan gambar tersebut sesuai dengan apa yang anda tawarkan dan tidak menyalahi aturan.

4. Pesan berantai

Jika ada satu orang yang mengklik like iklan Anda, iklan itu akan muncul di halaman beranda akun orang tersebut, dan iklan tersebut bisa muncul di feed berita Facebook teman-teman mereka. Jadi iklan kita semakin banyak dilihat orang.

5. Dapat melihat jangkauan potensial

Ketika Anda sedang merancang iklan, Facebook memungkinkan Anda tahu berapa banyak orang yang cenderung melihat itu.

Ini bagus untuk mengetahui penargetan apa yang layak dan apa yang tidak. Maka dari itu memudahkan anda untuk mengkira-kira calon pelanggan anda. (Baca : Cara Mendapatkan Pelanggan Setia)

Kekurangan Facebook Ads Untuk Promosi Bisnis

Selain terdapat kelebihan yang sangat memudahkan kita, beriklan di Facebook juga memiliki beberapa kekurangan yang akan kita bahas berikut ini.

1. Iklan tidak relefan

Beberapa iklan ada yang tidak ditarget kan sama sekali. Itu dapat membuat Anda terganggu dan merugikan Anda, karena tidak sesuai dengan target pasar anda.

2. Sulit untuk mendapat perhatian dari orang-orang

Ketahuilah bahwa kebanyakan orang sibuk dengan urusannya masing-masing di Facebook dan mtidak memperhatikan iklan yang ada difacebook mereka. Biasanya Mereka jauh lebih tertarik melakukan chat ke teman mereka, tulis status, mengomentari dan juga bermain game online di facebook.

Maka dari itu anda harus memutar otak kembali bagaimana iklan yang anda buat bisa menarik perhatian orang-orang.

Anda dapat mengemas iklan anda di dalam vidio dan foto yang unik sehingga dapat menarik perhatian calon konsumen anda.

3. Klik dan tingkat konversi yang rendah

Jika anda telah memakai Google AdWords untuk melakukan promosi, Anda harus melihat rasio klik tayangan sebesar 2% pada iklan Anda tersebut.

Hal yang sama untuk tingkat konversi. Dengan Facebook, keduanya jauh lebih rendah, yang kadang dapat membuat kecewa pengiklan. Apalagi jika Anda pemula.

Anda harus ekstra bersabar untuk memulai iklan di Facebook.

4. Banyak gangguan

Gangguan yang dimaksudkan disini adalah masalah yang timbul dari ketidak teraturan iklan. Ada banyak sekali iklan yang muncul dengan kategori yang campur aduk.

Contohnya ketika anda melakukan periklanan dengan kategori A, lalu iklan anda akan muncul bersama iklan lain yang tidak dikategorikan. Dan ini sangat sering terjadi.

Seperti itulah kelebihan dan kekurangan beriklan di Facebook, apakah Anda berminat mengiklankan produk and di Facebook atau anda sudah memulai mengiklankan produk Anda di Facebook.

Ayo semangat pengusaha muda, jangan pantang menyerah mempromosikan produk kamu.

Baca Juga : Penyebab Iklan Facebook Di Tolak

Leave a Comment