7 Kelebihan dan Kekurangan WordPress Self Hosting

Joko Warino

7 Kelebihan dan Kekurangan Wordpress Self Hosting

Tahukah Anda tentang Kelebihan dan Kekurangan WordPress Self Hosting? Memiliki website merupakan sebuah nilai tambah tersendiri di dunia professional.

Dan seperti yang kita ketahui bersama, di dunia website sendiri terdapat berbagai macam platform yang tersedia dan dapat dimanfaatkan, seperti WordPress yang amat populer dikalangan web master.

Selanjutnya, WordPress sendiri juga dikenal terbagi atas versi gratis dan versi self hosting. Keduanya tentu memiliki kelebihan dan kekurangan nya tersendiri.

Dan kali ini, kami akan membahas tentang beberapa kelebihan dan kekurangan WordPress Self Hosting.

Penasaran? Simak terus artikel kami yang satu ini yuk! Selamat menyimak!

Kelebihan WordPress Self Hosting

1. WordPress Self Hosting Terbilang Lebih Sempurna

Berbeda dengan versi gratisnya, dengan versi ini Anda dapat memiliki control penuh terhadap website yang sedang Anda kelola.

Disamping itu, Anda tidak akan terlalu terikat dengan serentetan peraturan dari pihak WordPress, yang dapat melakukan penghapusan terhadap website Anda sewaktu-waktu.

Kemudian, Anda juga bebas menambahkan fitur apapun yang bisa Anda temukan di platform Blogger dan WordPress versi gratis itu sendiri.

Kurang puas?

Masih ada berbagai plugin mantap semisal Yoast SEO yang dapat Anda install loh! Dijamin, pekerjaan Anda di dunia Blogging akan lebih terasa termudahkan!

Baca Juga : Cara Meningkatkan SEO Pada Website WordPress

2. Terlihat Lebih Professional

Dengan berbagai macam kostumisasi yang Anda lakukan, Anda akan menjadikan web WordPress yang Anda kelola menjadi semakin terlihat unik dan berbeda.

Hal ini tentu akan mendapatkan apresiasi tersendiri dimata para pelanggan dan akan membuat bisnis Anda lebih terlihat professional.

Tentu amat jauh berbeda ceritanya bila Anda hanya mengandalkan versi gratis dari WordPress ataupun Blogger yang umumnya memiliki segudang keterbatasan disana-sini.

3. Dapat Didaftarkan Ke Google Adsense, Dan Bebas Dipasangi Iklan

Anda seorang web master yang ingin mendapatkan penghasilan dari web yang dikelola dengan lebih professional? Pakai WordPress Self Hosting Saja!

Dengan versi ini, Anda dapat mendaftar ke Adsense, dan mendapatkan monetasi dari website pribadi Anda.

4. Bebas Memilih Domain Dan Hosting Sesuai Perencanaan Pribadi

Sesuai namanya, WordPress Self Hosting mengharuskan Anda untuk mencari hosting dan domain pribadi.

Namun, ini justru peluang untuk membuat serangkaian penyesuaian terhadap apa yang Anda butuhkan dengan pengeluaran biaya yang lebih efisien.

Kekurangan WordPress Self Hosting

1. Rentan Diserang Oleh Hacker

Bukan rahasia bila akun WordPress Self Hosting sering dijadikan target sasaran tembak oleh para hacker.

Meskipun begitu, Anda bisa meminimalisir peluang terjadinya pembobolan kok!

Salah satu caranya adalah dengan tidak menginstall plugin secara sembarangan agar tidak ada peluang bagi hacker untuk melakukan inject.

2. Harus Berani Beresiko Dengan Masalah Server

Dikarenakan Anda menyewa Hosting dari pihak ketiga, Anda tentu akan dihadapkan dengan resiko atas performa server yang dapat down sewaktu-waktu.

Untuk itu perhatikanlah dengan cermat tingakat kehandalan pengelola server Anda sebelum menjalin kerjasama dengan mereka.

3. Memiliki Tingkat Kerumitan Yang Cukup Pelik Bagi Pemula

Meskipun dapat dipasangi banyak hal, justru hal ini terasa agak kurang praktis bagi web master yang masih pemula.

Banyak langkah yang harus dijalani oleh administrator semisal installing wordpress, create database, costumizing, maintenece, dan lain sebagainya agar performa website tetap terjaga.

Tapi, sekarang ini banyak kok tutorial untuk belajar wordpress di Internet. Anda yang masih merasa kurang tinggal sempatkan waktu untuk browsing, dan praktik agar cepat menguasai platform yang satu ini.

Oke, itulah tadi artikel singkat kami tentng kelebihan dan kekurangan wordpress self hosting.

Semoga Anda dapat memperoleh manfaat dari artikel singkat ini, dan jangan lupa untuh share ke teman-teman Anda yang juga sedang mencari info tentang WordPress ya! Terimakasih, sampai jumpa lagi!

Baca Juga : 10 Hal Yang Harus Dilakukan Setelah Instalasi Blog WordPress

Also Read

Leave a Comment