Tips Blogging : 10 Kesalahan Blogger Pemula Yang Berakibat Fatal

Blogging memang menjadi kegiatan menyenangkan terutama bagi yang hobi menulis.

Semakin menyenangkannya lagi, kegiatan blogging bisa mendatangkan pundi-pundi sehingga banyak orang yang mulai menjadikan blogging sebagai bagian dari pekerjaan.

Meskipun di satu sisi blogging bisa mendatangkan uang, tetapi banyak hal yang harus perlu disiapkan dan dilakukan.

Tak jarang, karena kurangnya persiapan, para blogger pemula melakukan kesalahan-kesalahan yang membuat kegiatan blogging mereka jadi tidak maksimal.

Untuk itu, jika kamu saat ini sedang merencanakan untuk terjun ke dunia blogging secara serius, mari simak beberapa tips blogging bagi pemula yang disertai pula dengan kesalahan blogger pemula yang wajib dihindari berikut.

Tips Blogging untuk Pemula

Setiap melakukan sesuatu, pastinya tahapan memulai adalah tahapan yang paling susah, begitu juga dengan blogging.

Tips berikut akan membantu para blogger pemula untuk memulai menyiapkan langkah dalam memulai blogging. Simak selengkapnya berikut.

1. Tulis Topik yang Familiar dan disukai

Hal pertama yang harus dipikirkan oleh blogger pemula adalah tulisan apa yang akan ditulis untuk mengisi blog.

Untuk mempermudah kegiatan blogging, para blogger bisa memilih topik yang familiar dalam artian benar-benar dikuasai, maupun topik yang disukai.

Untuk mendapatkan manfaat yang pasti dari aktivitas blogging, maka aktivitas ini harus dikerjakan secara terus menerus.

Oleh karenanya, ketika memilih topik yang  tidak dikuasai dan disukai, pastinya akan semakin mempersulit langkah para blogger.

Jadi, pikirkan dulu dengan baik kira-kira topik apa yang benar-benar kamu kuasai dan kamu sangat suka untuk membahasnya.

Baca Juga : Pengertian Blog Micro Niche

2. Buat Nama Blog yang Mudah diingat

Dalam memilih nama blog, penting untuk blogger pemula supaya menggunakan nama yang tidak sulit dan mudah diingat oleh para pembaca.

Disamping itu, ketika kamu menggunakan nama yang tidak rumit, pembaca kamu akan lebih mudah mengakses blog yang kamu punya.

Nama yang mudah diingat pun biasanya akan lebih mudah cepat untuk mendapat impresi dari para pembaca.

3. Buat Konten yang Menarik dan Berbeda

Selain menulis konten yang disukai, konten yang berbeda juga menjadi satu hal yang harus diperhatikan oleh blogger pemula.

Tipikal konten yang sudah umum ditulis biasanya akan sulit untuk dilirik oleh pembaca. Pembaca cenderung akan mencari bacaan yang fresh dan baru.

Meski menulis konten yang menarik dan berbeda adalah sesuatu yang perlu dilakukan oleh blogger pemula, tetapi jangan sampai konten tersebut juga tidak berkualitas.

Dengan topik yang menarik tapi isinya tetap tidak berkualitas pun sama saja dan pastinya akan ditinggalkan oleh pembaca.

Seperti yang kebanyakan dikatakan oleh para blogger, konten adalah kunci utama. Maka, pembuatan konten pun harus disiapkan dengan matang, menarik, berbeda, dan berkualitas.

Baca Juga : Cara Membuat Konten Viral Untuk Meningkatkan Traffic Blog

Kesalahan Blogger Pemula Yang Berakibat Fatal

Kesalahan Blogger Pemula Yang Berakibat Fatal
Kesalahan Blogger Pemula Yang Berakibat Fatal

Setelah menyimak beberapa tips blogging bagi para blogger pemula, berikutnya ada beberapa blogger pemula.

Kesalahan memang wajar terjadi terutama bagi blogger yang memang baru terjun ke dunian blogging.

Namun, kesalahan-kesalahan Kesalahan Blogger Pemula ini bisa dijadikan pelajaran untuk kedapannya pula. Kira-kira apa saja kesalahan tersebut? Berikut ulasan selengkapnya.

1. Tidak Konsisten Menulis

Lebih dari 60% kegiatan blogging adalah mencakup kegiatan menulis. Bila kegiatan ini tidak dilakukan secara konsisten, sudah dipastikan blog akan menganggur dan trafficnya pun tidak akan bagus. Kesalahan ini sering kali dilakukan oleh para blogger pemula, karena merasa kalau sekali hingga dua kali menulis saja sudah cukup.

Padahal, blogging adalah kegiatan yang membutuhkan konsistensi. Jika sebagai blogger, kamu merasa kesulitan untuk konsisten menulis, cobalah untuk membuat jadwal rutin, misalnya dalam dua hari sekali kamu menulis satu topik tertentu.

Dari jadwal rutin itu, kamu harus memberikan konsekuensi kepada dirimu sendiri jika tidak melakukannya. Dengan begitu, sedikit demi sedikit konsistensi kamu untuk menulis akan mulai terbentuk.

2. Tidak Tahu Target Audiencenya

Sibuk menulis terus menerus tanpa mengetahui kepada siapa tulisan tersebut ditujukan, tentu juga tidak baik. Ini juga menjadi kesalahan yang cukup sering dilakukan oleh blogger pemula. Untuk menghindari hal ini, terlebih dulu ketahui siapa target audience dari tulisanmu.

Kemudian, lakukan riset kira-kira topik apa yang paling banyak dicari oleh pembaca tersebut.Dengan begitu, nantinya kamu bisa mendatangkan traffic lebih banyak ketika tahu siapa target audience kamu dan topik apa yang paling dicari oleh mereka.

Misalkan saja, topik yang kamu sukai dan ingin kamu tulis adalah tentang bisnis, maka kamu bisa mencoba melakukan riset terlebih dulu tentang target audience kamu.

Apakah pebisnis, mahasiswa yang kuliah di bisnis atau lainnya, setelahnya kamu juga perlu riset tentang tulisan apa yang paling dicari oleh mereka.

Nah, jika cara ini sudah kamu lakukan, bisa dipastikan kamu akan lebih mengenal target audience dan tulisan apa yang akan meraih lebih banyak audience tersebut.

3. Fokus Topik Terlalu Banyak

Kesalahan lain yang juga biasanya dilakukan oleh blogger pemula adalah fokus topik yang dibahas terlalu banyak.

Para blogger yang melakukan hal ini mungkin merasa kalau semakin banyak topik yang dibahas, maka akan semakin banyak audience yang datang.

Sebenarnya sah-sah saja melakukan hal tersebut, tetapi ketika blogger terlalu membahas topik yang terlalu banyak, lingkup blog jadi semakin tidak jelas dan meluas.

Jadi, untuk memperluas topik yang dibahas, sebaiknya tetap sesuai dengan topik umum yang selama ini dibahas dalam blog.

4. Terlalu Fokus dengan Kuantitas

Dikarenakan ingin lebih cepat mendapatkan adsense, bukan berarti blogger harus menulis sebanyak-banyaknya tanpa memperhatikan kualitas tulisan.

Suatu blog yang dikunjungi oleh banyak audience sebenarnya bukan hanya karena ada ada tulisan baru di setiap saat. Tetapi, blog dengan tulisan yang berkualitaslah yang akan didatangi oleh lebih banyak audience.

Kesalahan ini lumrah terjadi pada blogger pemula yang ingin cepat meraih adsense sebanyak-banyaknya, sehingga memutuskan untuk menulis sebanyak-banyaknya pula.

Sebenarnya, semangat menulis dengan kuantitas banyak tidak dipermasalahkan. Hanya saja, jika kualitas tulisan asal-asalan, pembaca pun rasanya malas untuk membacanya.

5. Tulisan Asal-Asalan

Dalam membuat blog, tulisan yang berkualitas adalah satu kunci kenapa suatu blog banyak dikunjungi oleh pembaca.

Para blogger pemula yang mungkin terlalu fokus mengejar adsense bisa jadi melupakan pentingnya hasil tulisan yang berkualitas. Hal ini memang menjadi kesalahan yang perlu diperhatikan.

Penting untuk para blogger pemula untuk terus belajar bagaimana teknik penulisan yang bagus dan bagaimana menghasilkan tulisan yang bagus pula. memang menulis sebagai sebuah hobi adalah hal yang menyenangkan, tetapi juga harus dibarengi dengan peningkatan skill supaya tulisan semakin berisi dan menarik.

Hindari untuk langsung mengunggah sebuah tulisan tanpa melakukan editing ulang. Tulisan yang baru saja ditulis bisa jadi memiliki beberapa kesalahan penulisan atau typo, kesalahan tanda baca, maupun kesalahan lain.

Jadi, usahakan untuk mengambil jeda sebelum membaca ulang dan mengeditnya.

Lalu, ketika stagnan menulis di suatu topik, para blogger bisa mensiasatinya dengan istirahat menulis dan mulai membaca buku atau referensi lain.

Hal seperti ini umum terjadi karena terlalu jenuh dengan aktivitas yang dilakukan berulang-ulang.

6. Sering Copy Paste Tulisan Lain

Untuk menciptakan tulisan yang bagus, blogger dilarang untuk copy paste atau menyalin tulisan orang lain. Copy paste tulisan orang lain sama dengan melakukan plagiasi dan sama dengan mencuri hasil karya orang lain.

Tidak sedikit para blogger pemula yang ingin mengisi blognya dengan banyak tulisan, malah memilih untuk copy paste dari tulisan orang lain.

Bahkan, biasanya tulisan yang disalin adalah tulisan yang muncul di halaman pertama Google. Dengan melakukan copy paste, tak lantas membuat tulisan blogger tersebut akan masuk di halaman pertama Google juga.

Artikel terkait :

Pembaca pun sekarang ini sudah semakin cerdik, ketika tulisan yang dibaca ternyata sama dari sumber lain, pembaca pasti akan berpendapat kalau tulisan tersebut berkualitas buruk dan tak akan melanjutkan untuk membaca.

Untuk hasil yang maksimal, pastikan untuk menjaga keaslian tulisan dan tetap belajar untuk membuat tulisan yang menarik.

7. Hanya Mengandalkan Template Blog Bawaan

Bagi para blogger yang ingin serius terjun ke dunia blogging dan mendapatkan audience dengan jumlah besar, maka mengandalkan template blog bawaan tanpa mengaturnya lebih lanjut tentu tidak disarankan.

Sayangnya, memang banyak blogger pemula yang melakukan hal ini karena tidak mau terlalu repot.

Padahal, dengan menata ulang template bawaan yang ada di Blogspot maupun WordPress setidaknya akan memberikan kesan professional pada pemilik blog.

Disamping itu, audience pastinya akan lebih betah berlama-lama menjelajah isi blog kalau tampilan blognya juga menyenangkan.

8. Tidak Menyiapkan Logo, Struktur Blog, dan Tagline

Selain konten dan template pada blog, logo, struktur blog, dan tagline pun harus disiapkan oleh blogger pemula. Biasanya hal ini sering dilupakan oleh para blogger karena terlalu fokus memikirkan konten.

Dengan memberika logo, tentunya blog akan punya kesan yang lebih profesional. Selain itu, logo punya fungsi sebagai bentuk ciri khas dari suatu blog. Sementara itu, tagline juga tak kalah penting dari logo sebagai ciri khas untuk blog.

Lalu, struktur blog yang benar juga akan membuat audience yang berkunjung ke blog menjadi lebih senang karena kontennya lebih terstruktur.

Jadi, sangat memudahkan para audience yang baru pertama kali mengunjungi blog tersebut dan melihat-lihat pengelompokan isi blog seperti apa.

9. Inginkan Hasil Instan

Dalam menjalani suatu proses, tidak jarang setiap orang ingin cepat sampai ke hasil yang besar. Di dunia blogging, blogger pastinya juga menginginkan hal yang sama yaitu bekerja dengan hasil yang cepat dan besar. Ini termasuk kesalahan anggapan yang biasanya ada pada blogger pemula.

Padahal, blogger yang sukses dengan penghasilan besar pun bisa jadi berangkat dari nol.

Selain itu, para blogger sukses pun biasanya tidak hanya punya satu blog saja, melainkan bisa lebih dari dua atau tiga. Sehingga, dibutuhkan effort atau usaha yang besar untuk hasil yang besar pula.

10. Tidak Belajar dan Terlalu Banyak Belajar SEO

SEO menjadi satu hal penting dalam dunia blogging. Tentunya untuk bisa memahami SEO, blogger diharuskan meluangkan waktunya untuk belajar lebih dalam.

Sayangnya, tidak sedikit blogger yang malas untuk belajar tentang SEO karena rumit. Sebenarnya, SEO pun tidak akan terasa rumit kalau ada kemauan kuat untuk mempelajarinya.

Tetapi, di sisi lain, ada juga kesalahan pada blogger pemula yang lebih banyak belajar belajar SEO tanpa mempraktekkannya.

Belajar, belajar, dan belajar memang bukan hal yang salah. Hanya saja, ketika ilmu yang sudah dipelajari tidak dipraktekkan, maka hal itu hanya sia-sia saja. Oleh karenanya, jangan lupa untuk belajar sedikit demi sedikit dan mempraktekkannya pula.

Jadi, itulah beberapa tips sekaligus kesalahan-kesalahan yang pernah dilakukan oleh blogger pemula.

Kesalahan Blogger Pemula tersebut memang bisa jadi wajar untuk dilakukan oleh seorang pemula, namun untuk kedepannya tentu harus diperhatikan dan jangan sampai terulang lagi. Semangat blogging untuk para blogger pemula!

Baca Juga : Kesalahan Optimasi SEO Blogger Pemula

Leave a Comment