Syarat Dan Ketentuan Dalam Pengajuan KPR

Tahukah Anda mengenai Syarat Dan Ketentuan Dalam Pengajuan KPR? KPR atau bisa disebut Kredit Pemilikan Rumah merupakan kredit yang digunakan dalam membeli sebuah rumah atau untuk kebutuhan konsumtif lainnya dengan jaminan atau agunan berupa Rumah.

Semua orang pasti juga ingin mempunyai rumah pribadi. Akan tetapi pasti akan ada yang mengalami permasalahan, karena tidak semua orang mempunyai kesempatan untuk membeli rumah secara tunai.

Permasalahan utama biasanya karena dana belum mencukupi. Maka dari itu, Kredit Pemilikan Rumah (KPR) bisa menjadi solusi yang tepat.

Seperti sudah kita ketahui bersama KPR adalah fasilitas yang diberikan oleh pihak perbankan kepada nasabah untuk membeli rumah.

Maka biaya pembelian rumah akan difasilitasi oleh pihak perbankan diluar down payment (DP) atau uang muka yang menjadi tanggungan si pembeli.

Ada keuntungan pada saat membeli rumah melalui KPR yaitu nasabah tidak harus menyediakan dana secara tunai untuk membeli rumah.

Tetapi nasabah cukup menyediakan uang muka saja. Bank Indonesia (BI) saat ini pun meringankan kebijakan uang muka KPR. Yang sebelumnya dari 30%, kini yang harus ditanggung oleh konsumen menjadi hanya 20% saja.

Syarat Dan Ketentuan Dalam Pengajuan KPR

Dalam mengajukan KPR ada beberapa syarat dan ketentuan yang harus kalian penuhi. Beberapa syarat dalam pengajuan KPR adalah :

1. Siapkan data pribadi seperti :

  • Fotokopi KTP suami/istri
  • Akta nikah/cerai
  • Fotokopi kartu keluarga (KK)
  • Surat keterangan belum memiliki rumah (untuk beberapa daerah saja)
  • Pas foto suami/istri 3×4

2. Dokumen tambahan untuk karyawan :

  • Slip gaji asli (berstempel perusahaan)
  • Nomor Pokok Wajib Pajak  (NPWP)
  • Buku rekening tabungan selama 3 bulan terakhir

3. Dokumen tambahan untuk wiraswasta

  • Fotokopi SIUP
  • NPWP (Baca : Cara Membuat NPWP Pribadi)
  • Catatan Rekening Bank
  • Surat Izin Praktek (untuk profesional)
  • Slip transaksi perusahaan

Hal Hal Yang Perlu Diperhatikan Dalam Pengajuan KPR

Syarat Dan Ketentuan Dalam Pengajuan KPR
Syarat Dan Ketentuan Dalam Pengajuan KPR

Agar pengajuan KPR kalian dapat diterima, maka ada hal-hal yang perlu kalian perhatikan diantaranya yaitu :

1. Usia Pemohon

Saat akan mengajukan KPR usia juga menjadi salah satu syarat agar bisa mengajukan KPR. Lalu usia berapakah yang ideal untuk mengajukan KPR?

Karena usia pemohon kredit sangat menentukan maksimum jangka waktu KPR yang akan diajukan. Usia minimum mengajukan KPR yaitu 21 tahun atau sudah menikah.

2. Pekerjaan dan Gaji

Pemohon KPR wajib memberikan informasi mengenai pekerjaan yang menyangkut masa kerja dan jenis pekerjaan tetap atau tidak.

Dalam mengajukan KPR, masa kerja yang diperbolehkan yaitu minimal 2 tahun dan sudah melewati masa percobaan atau sudah menjadi karyawan tetap.

Gaji yang dimiliki oleh seorang pemohon KPR digunakan pihak bank sebagai perhitungan kredit atau kemampuan membayar kredit.

Rata-rata bank menilai besar angsuran yaitu 30% dari total gaji. Gaji bersih adalah gaji yang diperhitungkan (take home pay) dan itu bersifat rutin.

3. Rekening Koran

Rekening koran atau bisa disebut buku tabungan juga diperlukan oleh pihak bank untuk mengecek kebenaran dari slip gaji.

Dan juga digunakan sebagai pengecekan terhadap transaksi-transaksi. Meskipun saldo tabungan Rp 100 ribu, tetapi apabila data transaksinya cocok maka akan dianggap bagus oleh pihak bank.

Tetapi sebaliknya, jika terdapat saldo Rp 100 juta tetapi transaksi di rekening koran tidak sesuai, bank akan menolak.

4. Besarnya plafon kredit

Sebelum menentukan pengajuan KPR yang harus diperhatikan adalah besar limit pinjaman yang bisa di terima oleh sebuah bank.

Tidak semua bank bisa menerima KPR dalam jumlah yang sangat besar. Setiap bank memiliki limit tersendiri, Jadi pastikan jumlah pinjaman KPR tersebut bisa di terima oleh pihak bank.

5. Perhitungan suku bunga

Kebanyakan masyarakat pasti memiliki suku bunga yang rendah, Nah jangan terkecoh. Pastikan Anda mengetahui cara perhitungan suku bunga sebelum memutuskan untuk pengajuan KPR. apakah suku bunga tersebut flat, annuity atau effective.

Mintalah pada bank simulasi cicilan yang akan Anda bayarkan setiap bulannya dengan sistem suku bunga yang ada di bank tersebut.

Ingat, jangan langsung tergoda memilih suku bunga yang rendah. Pastikan Anda mengetahui cara perhitungan suku bunga

Hanya sekedar saran saja, alangka hbaiknya memilih suku bunga efektif agar beban kreditmu kedepannya akan semakin ringan.

6. Informasi Pinjaman Lain

Dalam mengajukan KPR, kalian harus benar-benar jujur mengenai pinjaman atau kredit yang sedang kalian jalankan.

Misalnya seperti kartu kredit, cicilan mobil atau motor, dan yang lainnya. Karena, rekam jejak pembayaran kredit kalian akan sangat berpengaruh terhadap penilaian bank.

Jika kalian memberikan informasi yang tidak sesuai dengan kenyataan, maka kalian harus menerima segala konsekuensinya.

Kesimpulan

KPR atau Kredit Pemilikan Rumah merupakan salah satu cara yang bisa di tempuh oleh masyarakat menengah kebawah untuk mendapatkan rumah idaman.

Namun ada beberapa hal yang harus diperhatikan sebelum mengajukan KPR seperti kesanggupan kita dalam membayar tagihan bulanan.

Tentunya ini menjadi hal yang sangat penting, karena banyak orang yang telah diterima oleh bank pengajuan KPRnya  namun ditengah jalan kredit macet sehingga rumah disita oleh pihak bank.

Semoga dengan adanya KPR bisa mewujudkan kepemilikan rumah idaman, Itulah beberapa syarat dan ketentuan dalam pengajuan KPR.

Baca Juga : Alasan Pinjaman Di Tolak Oleh Bank

37 thoughts on “Syarat Dan Ketentuan Dalam Pengajuan KPR”

    • Tergantung gaji kita kak, setelah dipotong cicilan tersebut masih cukup tidak membayar KPR. Biasanya harus tersisa 30% dari gaji, baru KPR bisa di terima.

      Reply
      • Pak bagaimana jika NPWP yang saya punyai telah saya buat diusia saya dulu 19 tahun dan sekarang di usia saya yang berusia 23 tahun, apakah NPWP yang saya punya masih berlaku?

        Reply
  1. Semoga dengan adanya KPR bisa mewujudkan kepemilikan rumah idaman, Itulah beberapa syarat dan ketentuan dalam pengajuan KPR.Tentunya ini menjadi hal yang sangat penting.

    Reply
  2. Terima kasih jokowarinoblog atas informasi tentang KPR dapat menambah wawasan kepada saya semoga semakin maju dan sukses untuk perkembangan blog ini

    Reply
  3. Beberapa jenis pekerjaan yang mempunyai Penghasilan yang tidak teratur/rutin seperti misalnya Trader saham, forex, atau crypto, agak sulit untuk mengajukan KPR

    Reply
  4. Ternyata syarat nya gampang ya, saya kira bakalan ribet untuk pengajuan KPR. Untuk pekerja yang penghasilan nya tidak menentu apakah bisa untuk pengajuan KPR?

    Reply
  5. Sebenarnya kalau di lihat, persyaratan mengajukan KPR tuh tidak sulit. Selama berkas yang di butuhkan sudah disiapkan. Bisa segera mengajukan ke pihak bank. Bismillah, semoga niatan pengen punya rumah baru di kota baru, bisa terwujud.

    Reply
  6. Semangat buat pencari rumah idaman, ketentuan sudah admin jelaskan cukup detail tinggal lengkapin dokumen, kerja keras & disiplin nabung… Sedikit saran, kalau bisa ambil tenor jangan terlalu panjang, kebanyakan bunga KPR yang flat cuma beberapa tahun & sisanya anuitas.. Mohon koreksi kalau salah

    Reply
  7. Wah ternyata harus memperhatikan suku bunganya juga ya , baru tau saya kirain bunga flat yang terbaik ternyata ada pilihan lainnya yaitu efektif , KPR emang murah tapi ya harus usahain beli yang lunas aja .

    Reply
  8. kalau saya sih lebih milih nabung aja deh buat usaha dulu dari pada harus ngambil KPR soalnya , selisihnya jauh banget kalau dihitung -hitung lumayan buat di investasi aja .

    Reply
  9. info nya menarik dan berguna banget biar tau hak kita sesuai ketentuan saat mengurus kpr karena pembelian kpr ini jangka waktunya panjang salah pilih sistemnya bisa jadi banyak akumulasi salahnya .

    Reply
  10. menarik, cukup memberikan pencerahan, terlebih untuk generasi muda yang akan membeli rumah baru, bisa menjadi bahan pertimbangan serta menjadi bahan diskusi

    Reply
  11. sangat informatif, terlebih lagi bagi para generasi muda yang sedang berburu hunian untuk keluarga kecil mereka, bisa menjadi pertimbangan mereka sebagai landasan diskusi dalam membeli rumah

    Reply
  12. bacaan yang menarik, bisa menjadi pertimbangan dalam membeli rumah baru, sekedar saran dari kami agar jarak spasi antar bait lebih diperhatikan lagi agar lebih nyaman saat dibaca

    Reply
  13. tulisan yang informatif, alangkah baiknya tidak hanya menulis di blog, namun juga membuat konten di basis sosial media lain agar dapat menjangkau pembaca secara luas

    Reply
  14. Ternyata ngurus KPR ga terlalu sulit ya. Insyaallah kalo saya sudah berumah tangga saya mau ngurus KPR dan pengen beli rumah baru di lokasi yg saya suka. Mumpung belum berumah tangga nih saya harus nabung dulu buat beli rumah walau ga tunai hehe

    Reply
  15. Secara umum persyaratan dan ketentuan yang diperlakukan oleh bank untuk nasabah yang akan mengambil KPR relatif sama. Baik dari sisi administrasi maupun dari sisi penentuan kreditnya.

    Reply
  16. dengan melihat Syarat Dan Ketentuan Dalam Pengajuan KPR ini sebenarnya tidak sulit dan tidak membingungkan, mungkin ini bisa menjadi referensi pembuka sebelum pengajuan KPR. silakan dibaca dan dipahami dahulu sebelum pengajuan KPR, biar prosesnya tidak belat belit begitu.

    Reply
  17. Gimana kalau kerja nya bukan kantoran, petani umpamanya apa gak bisa mengajukan Kredit KPR karna Syarat Dan Ketentuan Dalam Pengajuan KPR tidak bisa si penuhi. Apa memang hanya untuk golongan orang-orang yang memiliki penghasilan lebih?

    Reply
    • Bisa menggunakan slip gaji dari toke kak.. atau akalu penya rekening bisa menyertakannya setidaknya mutasi 3 bulan terakhir.

      Reply
  18. Untuk memiliki rumah idaman yang kita inginkan, sekarang kita tidak perlu pusing, karna jawabnnya adalah KPR. Melalui KPR kita tidak perlu menyediakan dana secara tunai untuk membeli rumah. Jika syarat dan ketentuan dalam mengajukan KPR kita disetujui oleh pihak KPR, mak kita sudah bisa memiliki rumah idaman. Pihak KPR juga akan membantu untuk menentukan suku bunga yang rendah dan lamanya pengambilan KPR seauai kemampuan kita

    Reply
  19. Yuk yang mau mencari rumah idaman, syarat dan ketentuan sudah dijelaskan dengan detail, cukup lengkapi dokumen dokumen yang dibutuhkan saja, silahkan di baca dan dipahami dulu untuk yang ingin mengajukan KPR.

    Reply
  20. Ada baiknya mempertimbangkan sebelum membeli rumah adalah lokasinya, kelengkapan fasilitas,selain itu track record dari pengembang juga menjadi pertimbangan yang umum diambil sebelum membeli rumah.selanjutnya adalah memutuskan untuk membeli secara tunai atau KPR.

    Reply
  21. Setelah membaca persyaratan-persyaratan yang ada ternyata syarat tersebut tidaklah sulit. Hal ini mendorong kita untuk dapat memahami bagian demi bagian dan dapat segera mengeksekusi pengajuan KPR nya serta memilih lokasi yang tepat sesuai dengan kebutuhan perumahaan kita.

    Reply
  22. Ternyata tidak terlalu sulit buat mengurus KPR. Apalagi sekarang Bank Indonesia meringankan kebijakan uang muka, yang tadinya 30% sekarang 20%. Tapi tetep sih kita harus paham mekanismenya, soalnya banyak yang terkecoh di suku bunga yang rendah.

    Reply
  23. untuk kepengurusan KPR itu sebenernya tidak sulit-sulit amat,yang penting persaratan yang di perlukan pihak pank dilengkapi dan harus jujur tentunya,tinggal menunggu dari analist bank aja KPR disetujui atau tidaknya.
    tentunya untuk mengambil KPR harus mengukur kemampuan kita sendiri.

    Reply
  24. Pengajuan untuk KPR gampang-gampang susah, terkadang pengembang memberikan promo-promo yang menarik agar konsumen dapat tertarik untuk mengajukan KPR. Tetapi pelaksanaannya tidak sedikit pula pengembang melakukan persyaratan yang bagi saya lumayan ribet karena sebagai jaminan yang pasti untuk kedepannya agar kredit tidak macet.
    Ada yang mudah tapi pengembangnya tidak bertanggung jawab setelah kita akad.
    Jadi intinya selektif dalam menentukan KPR itu perlu dipertimbangkan, jangan sampai tertipu oleh oknum yang tidak bertanggung jawab.

    Reply
  25. Pengin banget sih punya rumah idaman. Tapi masih takut untuk pake sistem KPR karena masih ada beberapa point atau Syarat yang belum bisa aku penuhi. Dan setuju juga mengenai pengambilan bunga harus hati hati dan jangan terkecoh.

    Reply
  26. Informasi yang sangat berguna karena tidak dikira mengambil perumahan KPR itu tidaklah cukup susah jika kalau syarat yang kita miliki memenuhi dan akad yang mudah akan mempermudah proses untuk kita para masyarakat memiliki rumah KPR, hindarilah iknum-oknum yang meresahkan catatan untuk kita sendiri.

    Reply

Leave a Comment