Syarat Dan Ketentuan Dalam Mengajukan KPR

Syarat Dan Ketentuan Dalam Mengajukan KPR – KPR atau bisa disebut Kredit Pemilikan Rumah merupakan kredit yang digunakan dalam membeli sebuah rumah atau untuk kebutuhan konsumtif lainnya dengan jaminan atau agunan berupa Rumah.

Semua orang pasti juga ingin mempunyai rumah pribadi. Akan tetapi pasti akan ada yang mengalami permasalahan, karena tidak semua orang mempunyai kesempatan untuk membeli rumah secara tunai.

Permasalahan utama biasanya karena dana belum mencukupi. Maka dari itu, Kredit Pemilikan Rumah (KPR) bisa menjadi solusi yang tepat.

Seperti sudah kita ketahui bersama KPR adalah fasilitas yang diberikan oleh pihak perbankan kepada nasabah untuk membeli rumah.

Maka biaya pembelian rumah akan difasilitasi oleh pihak perbankan diluar down payment (DP) atau uang muka yang menjadi tanggungan si pembeli.

Ada keuntungan pada saat membeli rumah melalui KPR yaitu nasabah tidak harus menyediakan dana secara tunai untuk membeli rumah.

Tetapi nasabah cukup menyediakan uang muka saja. Bank Indonesia (BI) saat ini pun meringankan kebijakan uang muka KPR. Yang sebelumnya dari 30%, kini yang harus ditanggung oleh konsumen menjadi hanya 20% saja.

Syarat Dan Ketentuan Dalam Mengajukan KPR

Dalam mengajukan KPR ada beberapa syarat dan ketentuan yang harus kalian penuhi. Beberapa syarat dalam pengajuan KPR adalah :

1. Siapkan data pribadi seperti :

  • Fotokopi KTP suami/istri
  • Akta nikah/cerai
  • Fotokopi kartu keluarga (KK)
  • Surat keterangan belum memiliki rumah (untuk beberapa daerah saja)
  • Pas foto suami/istri 3×4

2. Dokumen tambahan untuk karyawan :

  • Slip gaji asli (berstempel perusahaan)
  • Nomor Pokok Wajib Pajak  (NPWP)
  • Buku rekening tabungan selama 3 bulan terakhir

3. Dokumen tambahan untuk wiraswasta

  • Fotokopi SIUP
  • NPWP
  • Catatan Rekening Bank
  • Surat Izin Praktek (untuk profesional)
  • Slip transaksi perusahaan

Hal Hal Yang Perlu Diperhatikan

Agar pengajuan KPR kalian dapat diterima, maka ada hal-hal yang perlu kalian perhatikan diantaranya yaitu :

  1. Usia Pemohon

Saat akan mengajukan KPR usia juga menjadi salah satu syarat agar bisa mengajukan KPR. Lalu usia berapakah yang ideal untuk mengajukan KPR?

Karena usia pemohon kredit sangat menentukan maksimum jangka waktu KPR yang akan diajukan. Usia minimum mengajukan KPR yaitu 21 tahun atau sudah menikah.

  1. Pekerjaan dan Gaji

Pemohon KPR wajib memberikan informasi mengenai pekerjaan yang menyangkut masa kerja dan jenis pekerjaan tetap atau tidak.

Dalam mengajukan KPR, masa kerja yang diperbolehkan yaitu minimal 2 tahun dan sudah melewati masa percobaan atau sudah menjadi karyawan tetap.

Gaji yang dimiliki oleh seorang pemohon KPR digunakan pihak bank sebagai perhitungan kredit atau kemampuan membayar kredit.

Rata-rata bank menilai besar angsuran yaitu 30% dari total gaji. Gaji bersih adalah gaji yang diperhitungkan (take home pay) dan itu bersifat rutin.

  1. Rekening Koran

Rekening koran atau bisa disebut buku tabungan juga diperlukan oleh pihak bank untuk mengecek kebenaran dari slip gaji.

Dan juga digunakan sebagai pengecekan terhadap transaksi-transaksi. Meskipun saldo tabungan Rp 100 ribu, tetapi apabila data transaksinya cocok maka akan dianggap bagus oleh pihak bank.

Tetapi sebaliknya, jika terdapat saldo Rp 100 juta tetapi transaksi di rekening koran tidak sesuai, bank akan menolak.

  1. Informasi Pinjaman Lain

Dalam mengajukan KPR, kalian harus benar-benar jujur mengenai pinjaman atau kredit yang sedang kalian jalankan.

Misalnya seperti kartu kredit, cicilan mobil atau motor, dan yang lainnya. Karena, rekam jejak pembayaran kredit kalian akan sangat berpengaruh terhadap penilaian bank.

Jika kalian memberikan informasi yang tidak sesuai dengan kenyataan, maka kalian harus menerima segala konsekuensinya.

Itulah beberapa syarat dan ketentuan dalam mengajukan KPR.

Leave a Comment