9 Keuntungan Dan Kekurangan Menggunakan Domain Id

Domain situs banyak macamnya. Sedangkan yang paling banyak digunakan adalah domain id. Hal ini disebabkan adannya keuntungan-keuntungan jika menggunakan domain ini. Sekalipun tidak dimungkiri kekurangannya juga tetap ada.

Nah, di bawah ini akan dijelaskan tentang kelebihan dan kekurangan menggunakan domain id. Penjelasan yang bisa dijadikan pedoman blogger ketika akan menentukan domain. (Baca : Pengertian Domain)

Ini dia penjelasan lengkapnya:

Keuntungan Menggunakan Domain Id

Menggunakan domain Id banyak keuntungannya. Ini dia keuntungan-keuntungan yang dimaksud:

1. Identitas Pemilik Situs Lebih Jelas

Keuntungan menggunakan domain Id yang pertama adalah identitas pemilik situs lebih jelas. Sehingga pengunjung lebih mudah mengetahui siapa pemilik website tersebut.

Hal ini disebabkan blogger harus menyertakan berkas terkait dengan biodata diri seperti KTP dan KK pada saat registrasi. Bahkan nama perusahaan serta berkas yang lainnya juga dilaporkan.

Sekalipun ini merepotkan tetapi bagi blogger tentu sangat menguntungkan. Karena pengunjung lebih percaya sehingga lebih sering lagi mengunjungi situs.

2. Situs Lebih Memiliki Kredibilitas

Keuntungan yang kedua adalah situs lebih memiliki kredibilitas. Bahkan situs dengan domain semacam ini lebih legal dibandingkan situs dengan domain lain.

Atas dasar itu, jika ingin membangun situs branding baik individu maupun perusahaan, lebih baik menggunakan domain Id. Karena masyarakat lebih percaya yang berefek pada meningkatnya keinginan mereka untuk mengunjungi situs dengan rutin.

3. Akses Situs Lebih Cepat

Situs yang menggunakan domain Id akses pengunjung ke situs jauh lebih cepat. Karena server data yang digunakan memiliki desain teknologi yang lebih canggih.

Tidak hanya akses yang mudah, loading situs juga secepat kilat. Ini yang membuat viewer lebih puas yang efeknya traffic situs juga meningkat.

4. Harga Bersaing

Keuntungan yang selanjutnya adalah harga domain bersaing bahkan kompetitif. Jika domain luar negeri harganya mencapai jutaan rupiah, domain Id justru harganya lebih murah. Blogger tinggal membayar puluhan hingga ratusan ribu rupiah saja.

Atas dasar itu, dari segi ini lebih baik blogger menggunakan domain Id saja. Itupun jika tidak ingin dompetnya jebol.

5. Lebih Aman dan Nyaman bagi Pengguna

Situs yang menggunakan domain Id lebih aman dan nyaman diakses oleh pengguna. Karena tidak mungkin artikel di dalamnya melawan aturan kode etik cyber. Karena jika terbukti melakukan pelanggaran, tentu si pemilik akan dipidana.

Ini yang menjadi alasan pengunjung lebih tertarik mengunjungi situs berdomain Id dibandingkan yang lainnya. Karena bagi mereka aktivitas browsing lebih aman.

Kekurangan Menggunakan Domain Id

Domain Id boleh digunakan untuk situs. Sekalipun demikian, diperlukan kajian terlebih dahulu sebelum memilihnya. Sebab, penggunaan domain Id juga memiliki kekurangan-kekurangan. Ini dia kekurangan yang dimaksud:

1. Penggunaan Domain Tidak Bisa Langsung (instan)

Kekurangan yang pertama adalah penggunaan domain tidak bisa langsung. Karena pemilik situs harus mendaftar terlebih dahulu dengan menyertakan biodata diri yang lengkap. Bahkan copy KTP dan KK pun harus disertakan.

Karena alasan inilah bisa dikatakan penggunaan domain Id lebih ribet dibandingkan domain yang lain. Ini yang membuat para pemilik situs enggan untuk menggunakannya

2. Kesulitan Mendapatkan Rating Tinggi Google

Kelemahan yang kedua ialah kesulitan untuk mendapatkan rating tinggi dari Google. Sehingga diperlukan usaha pemilik blog untuk menaikkan traffic pengunjung situs dengan cara rajin menulis artikel berkualitas di website.

Jika ini tidak dilakukan tentu situs akan kalah bersaing dengan situs berdomain sama yang pemiliknya rajin memposting artikel-artikel bermutu.

Bukan tidak mungkin, situs yang sudah dibangun dengan susah payah malah terdampar di page paling buntut karena tidak ada viewer yang mengunjunginya.

Maka dari itu, domain Id hanya layak digunakan oleh pemilik situs yang memang serius mengelola websitenya. Jika tidak serius lebih baik pakai domain lain atau pakai yang gratisan saja.

3. Pembelian Domain Sangat Ribet

Kekurangan menggunakan domain Id yang selanjutnya adalah pembelian domain sangat ribet. Selain harus menyertakan data-data pribadi, Anda juga harus mengirimkan verifikasi kepada pihak penyedia.

Itu artinya, pemilik situs tidak bisa langsung menggunakan domain tersebut. Tetapi menunggu beberapa waktu sampai verifikasi diterima oleh si penyedia domain. Tentu ini sangat ribet sekalipun dilakukan demi kenyamanan dan keamanan.

4. Domain Masih Belum Populer

Domain Id masih belum populer. Bahkan kalah jauh dibandingkan popularitas domain net, org apalagi com. Maka dari itu, masih banyak pengunjung yang ragu untuk memasuki situs berdomain Id.

Dengan adanya kekurangan ini, situs berdomain Id tidak akan dikunjungi viewer awam atau pemula. Karena bagi mereka situs yang legal dan kredibel adalah situs yang menggunakan domain .com.

Demikian penjelasan tentang keuntungan dan kekurangan menggunakan domain Id. Silakan dipilih yang menurut Anda paling terbaik.

Baca Juga : Pengertian Top Level Domain (TLD)

Leave a Comment


Notice: Undefined index: popup_cookie_glcbi in /home/jokowari/public_html/wp-content/plugins/cardoza-facebook-like-box/cardoza_facebook_like_box.php on line 924