Keuntungan dan Kerugian Mengganti Domain

Domain merupakan nama dari blog. Tanpa domain, dijamin tidak akan ada yang kenal dengan web.

Bahkan website atau situs mungkin juga tidak ada. Maka dari itu, nama ini cukup penting dan vital.

Mengubahnya juga tidak boleh asal. Karena orang yang sudah sering akses akan kebingungan.

Walaupun begitu, mengubah domain tetap ada untung ruginya. Bahkan, dampak positifnya adalah web mudah dikenali dan gampang diketik di kolom pencarian.

Sedangkan sisi negatifnya adalah untuk mengubah domain, blogger harus membayar.

Keuntungan dan Kerugian Mengganti Domain

Pada artikel berikut ini, kami akan menjelaskan keuntungan dan kerugian mengubah domain. Diharapkan dengan narasi ini, blogger bisa menentukan sikap terbaiknya.

Apakah mau mengubah atau menggunakan domain yang lama. Ini dia penjelasannya yaitu:

Keuntungan Mengganti Domain

1. Lebih Keren

Mengubah domain dari blogspot ke TLD memiliki keuntungan dari segi keseriusan pengelolaan website. Sehingga pengunjung lebih percaya dan tertarik berselancar di dalamnya.

Artinya, jika blogger ingin tampilan website lebih profesional dan resmi, mengubah domain adalah langkah tepat.

Bahkan, jika konten-nya juga berkualitas, Google juga tertarik untuk menaikkan rating-nya di search engine.

2. Lebih Mudah di ingat Orang

Keuntungan mengubah domain selanjutnya adalah alamat website lebih mudah diingat. Karena pada urutan namanya tidak ditambahkan embel-embel tertentu seperti blogspot, wordpress dan yang selainnya. Tetapi hanya ada nama web dan domain-nya saja.

Selain itu, dengan mengubah domain, pengunjung lebih mudah mengakses website. Karena alamat yang diketik di address bar tidak terlalu panjang. Tentu ini berdampak pada rating di Google traffic.

3. Lebih Mudah Bersaing di SERP

Mengubah domain gratisan dengan domain jenis TLD, bisa meningkatkan rating blog di SERP. Sehingga laman blogger mampu bersaing memperebutkan posisi teratas.

Ini adalah fakta. Karena Google lebih suka melakukan pencarian blog yang nama domain-nya premium dibandingkan yang free.

Sebagian besar website yang ada di halaman pertama search engine merupakan situs yang name address-nya pendek. Tentu alamat semacam ini memerlukan biaya untuk membeli domain.

Namun, uang tidak masalah, karena nantinya, blog akan memiliki ranking tinggi dan dikenal orang.

4. Kemungkinan Meningkatkan Pengunjung

Mengubah domain bisa meningkatkan viewer. Karena pengunjung dipermudah ketika mengakses situs tersebut. Jika konten situs mengadopsi teknik SEO, pengunjung jauh lebih banyak.

Tentu, semakin banyak viewer, keuntungan blogger juga semakin besar. Bahkan, situs akan diminati pengiklan untuk promosi produk di sana dan pemilik akan mendapatkan fee yang lumayan.

Kerugian Mengganti Domain

1. Harus Membayar

Mengubah domain ada dampak negatifnya, yang pertama adalah harus mengeluarkan biaya dengan jumlah tertentu. Bagi blogger membeli domain adalah keterpaksaan.

Karena domain TDL gratisan tidak bisa mengangkat rating blog akibat pengunjung yang minim.

Walaupun begitu, blogger harus mengeluarkan biaya yang cukup besar untuk tetap menggunakan domain premium tersebut.

Termasuk biaya pembuatan dan biaya perpanjangan hosting. Masa perpanjangan tergantung blogger. Bisa perbulan bisa juga pertahun.

Jika blogger tidak membayar, maka domain akan hangus. Situs tidak bisa diakses karena yang muncul notifikasi kalau domain harus di-update. Nah, karena inilah, blogger masih banyak yang menggunakan domain free.

3. Alexa Rank Kembali Nol

Dampak negatif selanjutnya adalah rating akan mengalami penurunan sementara. Hal ini dikarenakan, orang kesulitan mengakses web akibat alamatnya sudah berubah.

Dampaknya adalah rating alexa rank kembali ke titik 0.Tentu hal ini sangat disayangkan apalagi bagi blogger yang sudah lama dengan web tersebut.

Baca Juga : Cara Meningkatkan Alexa

4. Posisi Di Google Juga Berubah

Mengubah domain, posisi di search engine terkadang juga berubah. Jika web ada di peringkat satu pencarian, manakala domain-nya berubah, posisinya tidak di situ lagi.

Alasannya adalah Google masih mencerna alamat web serta rating sebelumnya yang tinggi kembali ke 0.

Hal ini menjadi masalah laten yang mengkhawatirkan blogger. Bahkan, ini menjadi alasan mereka enggan untuk mengubah domain ke domain yang baru.

Atas dasar itulah, aktivitas mengubah domain masih menjadi polemik yang panjang.

Nah, itulah beberapa keuntungan dan kerugian mengganti domain. Sebuah narasi penjelasan yang bisa dijadikan rujukan blogger ketika ingin mengubah domain. Sekarang tergantung Anda masih mau mengganti domain atau tidak.

Baca Juga : Pengertian PBN dan Manfaat Untuk SEO

Leave a Comment