Keuntungan dan Kerugian Menggunakan Aplikasi OVO

Keuntungan dan Kerugian Menggunakan Aplikasi OVO – Di era modern semua orang menginginkan sesuatu yang mudah dan efektif untuk melakukan kegiatan sehari-hari. Kemudahan itu sudah ada dalam segala bidang, tak terkecuali bidang keuangan.

Di bidang keuangan ini manusia dimudahkan dengan pembayaran online atau e-wallet yang memudahkan kita sehingga kita tidak perlu pergi ke bank untuk mentrasfer uang ke merchant atau jika membeli sesuatu tidak perlu membawa uang cash.

Munculah aplikasi-aplikasi yang memudahkan pembayaran tersebut, salah satunya adalah OVO.

OVO adalah layanan keuangan asal indonesia yang mempermudah pengguna untuk bertransaksi di merchant.

OVO dapat digunakan untuk membayar di toko online maupun offline, contoh anda bisa membayar menggunakan OVO di tokopedia, alfamart, grab bahkan anda bisa membayar tagihan listrik, tv kabel, dan bpjs menggunakan aplikasi ini.

Keuntungan Menggunakan Aplikasi OVO

Sekarang pun sudah banyak toko yang menyediakan pembayaran menggunakan OVO.

Oleh karena itu ada banyak keuntungan yang diberikan di aplikasi ovo ini, kelebihan yang didapat adalah sebagai berikut.

1. Pembayaran lebih mudah, cepat, dan praktis

Dengan menggunakan OVO ini anda dapat membayar ke merchant dengan mudah, anda tidak harus pergi transfer ke bank atau mengeluarkan uang cash untuk membayar pembelian, oleh karena itu kita bisa santai tanpa harus memikirkan uang kembalian yang kurang.

2. Aman

Selain mudah menggunakan OVO ini juga sangat aman, karena hanya ada kemungkinan kecil jika uang kita dicuri karena kita bisa mengamankannya dengan sistem keamanan di smartphone kita.

Jika akun kita di sadap kita bisa memblokir akun kita melalui akun yang terhubung.

3. Menawarkan banyak promo

Menggunakan OVO ini kita banyak mendapatkan promo atau voucher yang bisa kita gunakan untuk membeli sesuatu.

Contohnya voucher makan dan voucher belanja dengan bayar menggunakan OVO, lumayankan jika kita mau makan pas tanggal tua atau mau belanja terus dapat dengan harga miring.

4. Memudahkan pencatatan keuangan

Menggunakan OVO memudahkan kita untuk mencatat pengeluaran keuangan kita, karena di aplikasi OVO ini terdapat riwayat transaksi sehingga kita kita bisa melihat apa yang sudah kita beli, dan juga informasi transaksi yang tercatat juga lebih detail dan diatur sedemikian rupa sehingga menjadi lebih rapi dan jelas.

5. Tidak ada potongan

Jika kita menggunakan aplikasi OVO ini kita tidak perlu memikirkan potongan yang ditarik bulanan dan OVO tidak juga membebani biaya administrasi ketika membuka akun OVO, jadi uang didalam akun OVO kita tidak akan berkurang.

Kekurangan Menggunakan Aplikasi OVO

Di balik kemudahan-kemudahan yang kita dapatkan dalam aplikasi ini, ternyata masih ada kekurangan yang kita dapatkan seperti berikut ini.

1. Bergantung pada jaringan internet

Jika kita ingin menggunakan OVO kita harus memiliki jaringan internet untuk mengakses aplikasi tersebut dan melakukan pembayaran, sehingga kita menjadi sulit mengakses ketika kita berada di tempat terpencil yang sulit untuk mendapatkan sinyal.

Baca Juga : Cara Mempercepat Koneksi Internet

2. Merchant yang terbatas

Tidak semua merchant bisa melakukan pembayaran dengan OVO, bayangkan jika andi ingin membeli gorengan di pinggir jalan atau anda pergi ke tempat yang masih terpencil dan anda ingin membeli sesuatu, karena tidak semua penjual bisa di bayar melalui e-wallet ini, mau tidak mau kita tetap harus membawa uang cash untuk berjaga-jaga jika tidak ada yang bisa bayar menggunakan OVO ini

3. Tidak menjangkau semua kalangan

Penggunaan OVO masih belum menjangkau semua kalangan, untuk mentransfer uang ke rekening OVO lain kita tidak bisa sembarang transfer, kita harus meregistrasi ulang dan harus menyertai foto KTP sehingga orang orang yang masih berumur dibawah 17 tahun masih belum bisa menggunakan aplikasi ini secara sepenuhnya

4. Tidak ada timbal balik

Tidak sama dengan rekening bank jika semakin banyak uang yang kita depositkan maka tidak ada bunga sama sekali.

Tapi OVO tidak membebani biaya administrasi pembukaan akun. Ini berarti uang di e-wallet kita tidak akan berkembang, tapi juga tidak akan berkurang

5. Dukungan Teknologi

Dalam menggunakan OVO kita dimudahkan membayar jika menggunakan fitur yang ada di smartphone yaitu fitur NFC, tetapi tidak semua smartphone yang memiliki fitur tersebut sehingga kemampuannya masih terbatas oleh teknologi.

Seperti itulah kekurangan dan kelebihan yang kita dapatkan dengan menggunakan aplikasi OVO.

Jadi tidak semua yang mudah dan menggunakan teknologi canggih itu hanya memiliki kelebihan saja tetapi memiliki kekurangan juga, apakah anda berminat untuk menggunakan aplikasi OVO atau anda sudah memiliki akun OVO, jangan jadikan kelebihan itu membuat anda menjadi malas dan tidak kreatif dalam segala hal, dan ¬†jangan juga jadikan kekurangan itu menjadikan anda menganggap aplikasi ini masih tidak layak, kekurangan yang ada tidak membuat kelebihannya menjadi jelek loh ya…..

Leave a Comment