Pengertian dan Manfaat Asuransi Kesehatan

Joko Warino

Pengertian dan Manfaat Asuransi Kesehatan

Pengertian dan Manfaat Asuransi Kesehatan – Kesehatan bisa dikatakan sebagai salah satu hal yang sangat berharga.

Dengan badan yang sehat, tiap orang bisa melakukan banyak hal mulai dari bekerja, bersekolah, maupun aktivitas lainnya yang bermanfaat.

Alasan inilah yang membuat banyak orang menyebut kesehatan sebagai salah satu keberkahan dan sumber rejeki.

Di satu sisi, masalah kesehatan seringkali datang tanpa mengucapkan permisi, sehingga orang yang berada dalam kondisi tersebut tak dapat melakukan antisipasi.

Kondisi kesehatan yang tidak baik misalkan sakit parah atau terjadi kecelakaan pastinya mengharuskan untuk mengeluarkan biaya yang tidak sedikit.

Banyaknya jumlah pengeluaran saat kondisi kesehatan yang tidak baik-baik saja bisa menimbulkan stress yang berlebihan. Hal ini tentu akan menambahkan beban tersendiri dan beban berlebih juga.

Oleh karena itu, banyak orang yang kini memanfaatkan adanya asuransi kesehatan untuk melindungi diri mereka ataupun keluarga jika saja terjadi sesuatu yang buruk pada kesehatan mereka.

Menggunakan asuransi kesehatan juga dirasa memiliki banyak keuntungan atau manfaat.

Mengingat akan hal tersebut, pada tulisan kali ini, akan dibahas mengenai pengertian dan manfaat asuransi kesehatan. Simak penjelasannya berikut.

Pengertian Asuransi Kesehatan

Istilah asuransi kesehatan saat ini bukanlah sesuatu yang dianggap baru. Asuransi kesehatan ini telah banyak digunakan oleh banyak orang dengan tujuan yang berhubungan dengan kesehatan mereka.

Namun, tidak sedikit juga orang yang masih awam dengan apa itu asuransi kesehatan.

Secara umum, asuransi kesehatan bisa diartikan sebagai sebuah perlindungan yang diberikan oleh suatu perusahaan asuransi pada nasabahnya berkaitan dengan masalah kesehatan yang terjadi di masa depan.

Perlindungan atau jaminan yang diberikan berupa penggantian biaya saat seseorang mengalami sakit dan kecelakaan yang memerlukan biaya yang tidak sedikit.

Disamping untuk berjaga-jaga pada kondisi yang tidak inginkan di masa mendatang, biaya medis yang saat ini tergolong mahal juga menjadi salah satu alasan beberapa orang untuk menggunakan asuransi.

Saat ini macam asuransi kesehatan juga bermacam-macam mulai dari asuransi kesehatan oleh pemerintah, asuransi kesehatan oleh perusahaan swasta, asuransi untuk rawat inap dan rawat jalan, serta asuransi yang diberikan untuk perseorangan atau kelompok.

Manfaat Asuransi Kesehatan

Tidak sedikit orang yang merasakan keuntungan dari menggunakan asuransi kesehatan. Manfaat atau keuntungan yang didapat ini pun memang berbeda-beda pada tiap orang bergantung pada polis asuransi yang dipilih.

Akan tetapi, secara garis besar, manfaat yang didapatkan oleh adanya asuransi kesehatan adalah sebagai berikut.

1. Memberikan Rasa Aman Tanpa Khawatir

Manfaat pertama yang bisa dirasakan dari adanya asuransi kesehatan ini adalah memunculkan rasa aman tanpa rasa khawatir akan biaya pengobatan yang harus ditanggung bilamana terjadi sakit.

Disamping itu, dengan adanya biaya asuransi yang didapatkan, akan mengurangi tingkat stress yang dirasakan saat mengalami sakit.

2. Membantu Mengelola Keuangan

Meskipun sebagian penghasilan akan sedikit tersisih untuk membayar asuransi kesehatan pada tiap bulan, namun tidak dipungkiri jika asuransi kesehatan ini akan membantu mengelola keuangan yang dimiliki.

Dibandingkan uang tabungan yang akan terkuras banyak saat melakukan suatu pengobatan, menggunakan asuransi akan lebih membantu mengelola tabungan agar tetap aman di masa-masa sulit tersebut.

Oleh karena itu, keuangan akan bisa terkelola dengan baik dan pastinya tidak akan mengganggu tabungan yang lainnya.

Baca Juga : Pengertian Laporan keuangan Adalah

3. Mengurangi Kerugian

Dengan adanya perlindungan yang diberikan oleh perusahaan asuransi saat mengalami masalah kesehatan, hal ini akan melindungi pengguna asuransi dari kerugian keuangan.

Kerugian ini bisa mengakibatkan menipisnya keuangan saat terjadi sakit, apalagi saat dalam kondisi sakit pemasukan akan cenderung berkurang.

4. Memberikan Akses Kesehatan yang Layak

Salah satu manfaat yang banyak dirasakan dengan menggunakan asuransi kesehatan adalah adanya layanan untuk mendapatkan fasilitas yang layak.

Saat mengidap suatu penyakit tertentu atau mengalami kecelakaan, biaya yang dikeluarkan tidaklah sedikit apalagi jika fasilitas yang digunakan juga bukan fasilitas yang biasa.

Dengan begitu, menggunakan asuransi kesehatan akan memberikan layanan atau akses kesehatan yang layak selama masa pengobatan dilakukan.

5. Mencegah Terjadinya Penyakit

Manfaat asuransi yang satu ini bisa dikatakan tidak tersedia pada semua polis asuransi.

Sehingga, manfaatnya memang hanya akan dirasakan oleh pengguna asuransi yang memiliki fasilitas untuk mencegah terjadinya penyakit.

Fasilitas yang diberikan biasanya berupa imunisasi serta deteksi dini terhadap penyakit kanker.

Dengan adanya fasilitas ini sudah pasti akan menguntungkan bagi pengguna asuransi kesehatan yang ingin mendapatkan perlindungan penuh dari terjadinya suatu penyakit.

Banyaknya manfaat yang didapatkan dengan menggunakan asuransi kesehatan yang telah disebutkan di atas, tentunya ini bisa menjadi salah satu pertimbangan untuk memulai menggunakan asuransi kesehatan.

Selain itu, sebelum benar-benar memutuskan untuk menggunakan asuransi kesehatan, ada beberapa hal yang harus diperhatikan dan dipertimbangkan.

Misalnya, dengan mencari tahu perusahaan yang akan dituju untuk membeli asuransi, mempelajari produk asuransi dan polis asuransi.

Baca Juga : Pengertian Asuransi Aset Pribadi dan Bisnis

Also Read

Leave a Comment