Anda Punya Usaha! Ini Manfaat Kritik dan Saran Dari Pelanggan

Manfaat Kritik dan Saran Dari Pelanggan – Sebagai seorang pedangan, pengusaha ataupun pebisnis pastilah tidak akan pernah lepas dari yang namanya kritik dan saran pelanggan dari aspek produk, pelayanan bahkan sampai ke pribadi daripada pemilik usaha.

Memang sudah takdirnya seseorang yang sedang berusaha tidak akan pernah bisa terlepas dari komentar – komentar orang yang ada disekitarnya, terutama para penikmat produk dan jasanya.

Pada kenyataannya tidak semua pengusaha atau pedagang bisa menerima kritikan dengan lapang dada, karena memang hal tersebut tidaklah mudah dilakukan sebab akan ada masanya dimana orang yang merasa dikritik akan terus berpikir akan kritikan yang didapatkan dan tak jarang malah menjadi down yang akan berdampak buruk pada usahanya.

Para pengusaha dan pedagang yang sulit menerima kritik dan saran dari pelanggan sebaiknya merubah sudut pandangnya dan berusaha berfikir positif.

Dalam dunia usaha tanggapan pelanggan merupakan hal yang sangat penting dan krusial untuk mendapatkan gambaran apa yang dipikirkan oleh konsumen terkait dengan bisnis yang dimiliki oleh para pengusaha atau pedagang tersebut.

Dengan mendapatkan gambaran yang utuh terkait bisnis yang dimiliki oleh pengusaha atau pedagang di benak konsumen, maka para pemilik usaha dapat dengan mudah menyiapkan rencana untuk pengembangan usaha yang mereka miliki lebih cepat lagi.

Manfaat Kritik dan Saran Dari Pelanggan

Setidaknya terdapat dua manfaat yang sudah kami ringkas terlebih dahulu terkait dengan kritik dan saran dari para pelanggan ini. Berikut adalah ulasannya;

1. Manfaat Kritik dan Saran Dari Pelanggan Bagi Mental Pengusaha

Kritik merupakan suatu tanggapan dari seseorang kepada orang lain terkait dengan suatu hasil karya, pendapat dan sebagainya.

Kritik sebenarnya bisa berbentuk positif maupun negative.

Apabila kita mendapat kritik yang berbentuk positif, maka kita akan lebih mudah menerima dan mencerna kritik tersebut, namun jika kritik yang kita dapat berbentuk negative, apa yang akan terjadi ?

Sudah pasti diri ini sebagai manusia akan berusaha untuk bersikap defensive, karena hal tersebut akan membuat perasaan kita menjadi tidak nyaman, dan dengan bersikap defensif kita berusaha untuk membuat perasaan kita nyaman kembali.

Dalam dunia bisnis, kita tidak disarankan untuk bersikap defensif karena hal tersebut akan membentuk persepsi pelanggan yang tidak baik, dan pada akhirnya akan berdampak buruk bagi bisnis yang dimiliki.

Maka dari itu perlu ada yang namanya self-control atau control diri dari seorang pengusaha atau pedagang. Bentuknya bisa dari mimic wajah yang dipancarkan ketika sedang bertemu dengan pelanggan atau klien.

Selain mimic wajah, control diri juga bisa berbentuk tindakan mendengar secara seksama terkait dengan kritik dan saran dari para pelanggan tersebut, dan juga Bahasa yang digunakan untuk menanggapi pelanggan tersebut.

Ketika kita belum mampu untuk mengkontrol diri, maka kita sebaiknya memahami bahwa bisnis kita belumlah maksimal sehingga perlu ada yang ditingkatkan kembali.

Menjadi rendah hati adalah kuncinya, karena dengan sifat rendah hati tersebut maka seorang pengusaha dapat dengan mudah tersadar jika bisnis yang dimilikinya belum optimal untuk dapat dinikmati oleh para pelanggannya.

2. Manfaat Kritik dan Saran Dari Pelanggan Bagi Pengembangan Usaha

Selain bermanfaat bagi mental para pengusaha dan pedagang, ternyata kritik dan saran dari pelanggan juga memiliki banyak dampak positif bagi pengembangan usaha yang dimiliki oleh pengusaha atau pedangan tersebut.

Pertama kali yang perlu disadari oleh para pengusaha dan pedagang tersebut adalah konsumen yang mereka miliki sebenarnya adalah konsumen yang peduli, karena para konsumen tersebut berusaha untuk memberikan isi pikiran mereka tentang usaha terkait secara Cuma – Cuma.

Isi pikiran konsumen adalah hal yang sangat penting bagi seorang pengusaha karena hal tersebut dapat membantu dalam pembentukan rencana pengembangan usaha yang lebih baik.

Ketika seorang pengusaha atau pedagang sudah mengetahui isi pikiran para konsumen, maka mereka dapat menyadari permasalahan yang terjadi dalam bisnisnya lebih cepat lagi yan sebenarnya tidak disadari oleh pemilik usaha itu sendiri.

Apabila sudah mengetahui permasalahan apa yang sebenarnya terjadi dari bisnis yang dijalankan, maka para pengusaha dapat melakukan tindakan – tindakan yang diperlukan untuk memperbaiki bisnis yang mereka miliki.

Dengan memperbaiki kualitas dari pada produk atau jasa dan juga pelayanan dari sebuah bisnis, maka hal tersebut dapat menciptakan pengalaman pelanggan yang lebih baik dan pada akhirnya mampu meningkatkan kepercayaan bisnis melalui pelanggan serte retensinya.

Mempertahankan pelanggan adalah sebuah kegiatan yang usaha yang tidak boleh disepelekan karena hal tersebut cukup sulit dilakukan, mengingat persaingan bisnis pada saat ini sudah sangat ketat karena muncul teknologi – teknologi yang membantu para pesaing untuk dapat merebut pelanggan yang kita miliki.

Apabila sebuah bisnis dapat memberikan pengalaman yang luar biasa, maka para pelanggan pun akan dengan sukarela menolak godaan tawaran dari para competitor bisnis yang dimiliki oleh seorang pengusaha atau pedagang.

Sekian dulu artikel ini, semoga bermanfaat.

Baca Juga : Indikator Mengukur Kepuasan Pelanggan

Leave a Comment