4 Panduan Link Building SEO Untuk Meningkatkan Traffic

Panduan Link Building SEO – Di zaman seperti saat ini, web blog diibaratkan seperti bacaan berjalan.

Ya, setidaknya pengguna internet mengakses web blog untuk mendapatkan informasi terkait hal yang ingin mereka ketahui.

Itulah kenapa para blogger menggencarkan optimasi SEO itu sendiri melalui link dan sejenisnya. Beberapa di antaranya adalah backlink, inbound link, dan link building.

Lantas, apa hubungan ketiga link tersebut khususnya link building dengan web blog?

Untuk mengetahuinya secara pasti, marilah menyimak pengertian link building SEO terlebih dahulu.

Dalam dunia website atau blog, link diidentikkan dengan relasi antara web satu dan lainnya atau lebih akrab disebut dengan tautan.

Tautan tersebut dipasang berdasarkan tujuan-tujuan yang ditetapkan oleh pemilik web itu sendiri.

Link building merupakan sebuah teknik yang mengarahkan tautan ke website milik sendiri. Hal tersebut bertujuan untuk mendapatkan partner bisnis atau keperluan bisnis lainnya.

Apakah Link Building SEO itu Penting?

Link building menjadi salah satu faktor yang dapat meningkatkan traffic website atau blog.

Oleh karenanya, terdapat beberapa cara yang harus diperhatikan agar website yang dimiliki dilirik untuk ditautkan pada website lainnya.

Sebelumnya, terdapat beberapa hal-hal yang mesti diperhatikan terlebih dahulu, beberapa di antaranya adalah sebagai berikut.

1. Natural

Link building diharapkan dibuat secara natural. Seperti apa yang dituturkan oleh Matt Cutts.

Beliau menuturkan bahwa link building yang baik adalah link building yang terlihat natural tanpa terindikasi sebagai link building itu sendiri.

Disarankan untuk tidak memasang tautan dalam jumlah yang banyak sekaligus dan tidak berasal dari website sejenis sehingga terlihat monoton.

Ini karena link building yang terkesan buatan akan terlihat memanipulasi peringkat pada laman pencarian.

2. Relevan

Perlu diingat bahwa Google memiliki konsep tentang keterkaitan. Ini terlihat jelas dari halama pencarian Google itu sendiri.

Di bagian paling bawah, Anda pasti akan menemukan kolom “pencarian terkait”.

Itulah kenapa relevansi harus dijaga ketika mencoba untuk membangun link atau building link.

Misalnya saja, jika Anda memiliki website yang bertemakan ilmu pengetahuan, Anda harus menemukan atau membangun link-link yang terkait dengannya.

3. Berkualitas

Perlu diketahui bahwa link building harus diupayakan berasal dari website yang berkualitas. Ini karena website yang berkualitas juga memengaruhi rating website Anda di laman pencarian. Percuma saja jika Anda memiliki pasokan link building, namun berasal dari website spam.

Ingatlah bahwa Google sangat membenci spammer!

Indikator website yang berkualitas dapat dilihat dari poin-poin berikut ini.

  • Memiliki lalu lintas web yang tinggi.
  • Terdaftar sebagai website yang aktif “beraktivitas”.
  • Jauh dari kategori spam.
  • Memiliki konten-konten yang bersifat informatif dan berkualitas.

Panduan Link Building SEO

Terdapat beberapa cara untuk membangun link terhadap website yang Anda miliki. Panduan tersebut adalah sebagai berikut.

1. Membangun Link Terhadap Website-website yang Dimiliki

Setiap pemilik website yang fokus menjalani website-nya, dapat dipastikan bahwa mereka memiliki website lainnya namun dengan spesifikasi yang berbeda.

Dari sinilah para website user dapat membangun link antar website yang dimiliki.

Hal yang harus diperhatikan adalah pastikan website tersebut memiliki hosting yang tidak sama dan menghindari pemasangan link timbal balik.

2. Memanfaatkan Agensi SEO

Adakalanya Anda memerlukan bantuan agensi SEO untuk memudahkan Anda dalam membuat link building.

Ini terbilang instan karena memang Anda cukup mengeluarkan biaya dan setelah itu Anda dengan mudahnya mendapatkan link yang berkualitas.

Akan tetapi, teliti terlebih dahulu ketika memilih agensi SEO tersebut.

Jangan terlena dengan penawaran murah dan menawarkan banyak program-program yang tidak masuk akal karena tidak menutup kemungkinan Anda akan memdapatkan link yang abal-abal.

3. Negosiasi

Lanjutan dari memanfaatkan keberadaan agensi SEO, Anda dapat melakukan negosiasi demi mendapatkan link yang bersifat “private”.

Untuk mendapatkan link tersebut, Anda dapat menghubungi market place khusus yang melayani building link.

Setelah melalui proses negosiasi, Anda dapat langsung menghubungi kontak yang tertera dan meminta sejumlah artikel terbaru.

Jangan lupa mempelajari artikel tersebut dan pastikan bahwa seluruh artikel yang telah dinegosiasikan adalah benar-benar blog terbaru dan memang belum diketahui netizen.

4. Backlinks Mata-mata

Bagi Anda yang sudah memiliki sepak terjang tinggi di jagat internet, Anda dapat memanfaatkan kesempatan ini untuk mengetahui backlinks para kompetitor.

Caranya adalah dengan mengontak para pemberi backlinks kompetitor agar dapat memberikan link yang serupa kepada Anda. Cara ini bisa dilakukan secara berbayar atau gratis, tergantung seberapa berpengaruhnya Anda.

Singkatnya, building link dapat dilakukan sendiri dengan mengandalkan penulisan konten-konten yang jelas kualitasnya, berisi tentang tulisan yang informatif seputar tips dan gaya hidup, menjalin hubungan dengan sesama pengguna website atau blog, dan turut berkontribusi dengan menyumbangkan artikel-artikel terbaik yang Anda miliki.

Baca Juga : Ciri dan Kriteria Backlink Berkualitas

Leave a Comment