Pengertian Autoblog Adalah: Keuntungan Dan Kerugian Membuatnya

Pengertian Autoblog Adalah : Keuntungan Dan Kerugian Membuat Autoblog – Di dalam dunia blogging terdapat banyak sekali istilah yang mungkin awam terdengar di telinga blogger pemua, salah satunya yang sempat menjadi trend adalah autoblog.

Beberapa tahun lalu bahkan hingga saat ini, autoblog memang ramai diperbincangkan oleh sebagian orang, khususnya mereka yang menggandrungi dunia internet, blogging dan website.

Bagaimana tidak, penulis tidak perlu lelah memikirkan ide konten, mengetikannya di blog, dan mengupdate secara berkala agar traffic dari visitor blog bisa meningkat dengan tajam.

Autoblog ini tentu menuai pro dan kontra di antara kalangan blogger atau penggiat blogging.

Di satu sisi, autoblog ini memberikan keuntungan untuk pihak yang memiliki blog.

Ada yang beranggapan autoblog ini tidak menyalahi aturan selama pemilik autoblog menyisipkan beberapa kalimat yang membuat postingan konten tersebut tidak lagi terlihat seperti konten yang sengaja diambil dari pihak lain.

Akan tetapi di sisi yang lain, banyak pula yang beranggapan bahawa autoblog sangat merugikan orang yang dicatut kontennya.

Tidak hanya itu, para visitor atau pengunjung blog juga akan merasa dibohongi dengan manipulasi konten.

Pada saat hasil pencarian kata kunci diarahkan ke blog yang menerapkan sistem autobog, ternyata tidak ada konten atau artikel yang bisa dibaca.

Apa pengertian autoblog?     

Autoblog atau blog otomatis adalah sebuah blog yang memiliki konten atau artikel yang terupdate secara otomatis tanpa diketik secara manual oleh pemilik blog dengan memanfaatkan umpan RSS.

Konten atau artikel yang diupdate secara otomatis di autoblog tesebut berasal dari feed milik blog atau website milik orang lain.

Autoblog sangat cocok bagi pemilik blog yang tidak memiliki banyak waktu untuk mengupdate artikel atau konten di blog karena kesibukan atau tidak memiliki ide untuk menulis artikel sendiri.

Meskipun demikian, pemilik blog harus mengetahui bahwa autoblog itu seringkali dikaitkan dengan pemecah konten dan spam blog.

Autoblog pun sangat menjengkelkan dan dibenci oleh Google karena biasanya digunakan untuk menambah backlink atau memasukkan iklan ke dalam blog padahal semua artikel adalah hasil copy paste blog milik orang lain.

Autoblog juga sebetulnya sangat tidak dianjurkan karena sangat merugikan blog atau website lain yang memuat konten original.

Suatu blog atau website yang telah menjadi target autoblog bisa mendapatkan imbas buruk karena selain konten atau artikelnya dicuri, blog dan website original yang memuat konten tersebut akan terindeks sebagai duplikat konten sehingga berpengaruh negative dalam perkembangan ranking blog.

Apakah kelebihan autoblog ?

Seperti yang telah dibahas sebelumnya, autoblog memiliki kelebihan dalam hal waktu dan tenaga.

Penulis blog tidak perlu membuang banyak waktu dan tenaga untuk menulis artikel atau konten agar blog miliknya terupdate dikarenakan konten atau artikel yang ada di autoblog terupdate secara otomatis tanpa diketik oleh pemilik autoblog.

Autoblog memang sangat cocok untuk pemilik blog yang ingin isi dari blog miliknya selalu terus terupdate dan blog tetap berada di bagian page one, namun tidak memiliki waktu untuk menulis artikel sendiri.

Apakah kerugian autoblog ?

Kekurangan dari autoblog adalah tidak disukai oleh mesin pencari atau search engine seperti google.

Hal tersebut disebabkan artikel atau konten yang ada pada autoblog itu berasal dari feed blog lain atau dengan kata lain autoblog meng-“copy dan paste” artikel atau konten dari blog lain secara otomatis.

Bagi Google, artikel atau konten yang berasal dari feed blog milik orang lain tersebut akan dianggap spamming atau dihitung sebagai duplicate content.

Apabila sebuah blog terus-menerus mengupdate konten atau artikel milik blog lain, Google akan memberlakukan sanksi kepada blog yang menggunakan system autoblog tersebut.

Selain rentan terhadap banned dari Google, banyak pula pemilik blog bukan penganut paham copy paste yang tidak mendukung aksi dari pemilik blog yang menerapkan sistem autoblog.

Mengambil konten atau artikel dengan metode autoblog dapat menimbulkan kerugian dan kemarahan bagi para penulis blog origina karena tidak mencantumkan backlink atau sumber konten atau artikel tersebut diambil.

Secara etika, blog atau website yang mengambil artikel atau konten dari pihak lain harus mencantumkan link darimana sumber tulisan itu berasal.

Mengabaikan itu semua akan menciptakan konflik antara pemilik blog yang mencatut konten dengan pemilik blog penentang sistem autoblog yang dicatut kontennya.

Bukan hanya itu saja, pengunjung atau visitor juga akan merasa dibohongi karena pemilik blog melakukan manipulasi konten atau artikel.

Jadi, pada saat hasil pencarian kata kunci diarahkan ke autoblog, saat dibuka oleh pengunjung blog ternyata tidak ada artikel atau konten yang bisa dibaca.

Demikianlah pembahasan mengenai autoblog, baik itu pengertian, keuntungan dan juga kerugian membuat autoblog.

Semoga artikel ini dapat menambah wawasan bagi pembaca yang baru ingin terjun di dunia blogging.

Leave a Comment