Pengertian CEO Adalah : Fungsi dan Tugas-tugasnya

Tahukah Anda tentang pengertian CEO? Dalam suatu perusahaan, terdapat satu posisi penting yang mempunyai jabatan khusus untuk memimpin perusahaan tersebut. Posisi ini dijuluki dengan CEO atau Chief Officer Excutive.

Seseorang yang menduduki posisi ini, diketahui sebagai seorang yang sangat kompeten dan mempunyai jiwa kepemimpinan.

Di dalam masyarakat, seseorang yang mempunyai jabatan CEO juga dipandang sebagai jabatan yang keren dan bergengi. Namun, dibalik jabatan yang terlihat keren ini, fungsi dan tugas seorang CEO tentu tidaklah mudah.

Bahkan, tanggung jawab yang dipikulnya sangat berat. Supaya kamu lebih mengenal dan memahami mengenai jabatan CEO dalam perusahaan, baik berhubungan dengan fungsi dan tugasnya, simak ulasan berikut yang akan membahas mulai dari pengertian CEO hingga tugas-tugasnya.

Pengertian CEO Menurut Para Ahli

Pastinya kamu sudah tak lagi asing dengan nama Mark Zuckerberg, Steve Jobs, Bill Gates, hingga Elon Musk ‘kan?

Nama-nama tersebut adalah contoh dari CEO dan mantan CEO top yang ada di dunia. Mark Zuckerberg merupakan CEO Facebook dan Elon Musk adalah CEO dari SpaceX.

Sementara itu, Bill Gates dan Steve Jobs adalah mantan CEO yang saat ini menjadi orang yang sangat berpengaruh.

Dari contoh-contoh nama tersebut, mungkin kamu mulai penasaran seperti apa pengertian dari CEO itu. Secara umum, seorang CEO adalah seseorang yang menduduki jabatan paling tinggi di perusahaan.

Menjadi seorang CEO berarti seseorang tersebut akan bertindak mengelola perusahaan dan memikul tugas-tugas penting lainnya.

Dengan banyaknya tugas yang akan diemban oleh seorang CEO, maka butuh seseorang yang mempunyai integritas kuat dan jiwa kepemimpinan yang bisa mengayomi para karyawan perusahaan.

Kemudian, mengenai pengertian CEO, beberapa cendikiawan juga telah mengusulkan pendapatnya. Beberapa pengertian berikut tentu akan mempermudah kamu dalam memahami bagaimana pengertian sebenarnya  dari CEO. Simak yuk selengkapnya.

Menurut Mahbubi

Pengertian yang pertama berasal dari Mahbubi yang menyebutkan jika CEO atau direktur utama merupakan pemimpin dengan jabatan tertinggi di suatu perusahaan.

CEO ini akan bertanggung jawab secara penuh dalam hal manajerial dan hal-hal lainnya menyangkut perkembangan dari perusahaan.

Menurut Sudana dan Aristina

Sudana dan Aristina dalam menyatakan pendapatnya mengenai CEO juga tidak berbeda jauh dengan pendapat dari Mahbubi. Menurut Sudana dan Aristina, CEO atau Chief Executive Officer sama seperti direktur utama, mempunyai tugas memimpin kegiatan operasional perusahaan.

Disamping itu, CEO juga mempunyai tanggung jawab dalam segala perencanaan yang dibuat, keputusan-keputusan strategis, dan berperan sebagai perantara antara pihak internal juga eksternal perusahaan.

Sudana dan Aristina menambahkan pula, jika keberhasilan suatu perusahaan dapat ditentutkan oleh kompeten atau tidaknya seorang CEO.

Oleh karenanya, butuh orang yang benar-benar mempunyai karakter pemimpin untuk bisa menjadi seorang CEO.

Menurut Hasna

Pengertian berikutnya disampaikan oleh Hasna yang menyebut jika CEO adalah bagian eksekutif perusahaan yang posisinya berada di paling puncak.

Tanggung jawab CEO berkaitan dengan kelangsungan berjalannya suatu perusahaan.

Hasna juga menambahkan kalau posisi CEO ini telah diatur dalam Undang-Undang Nomor 40 Tahun 2007 tentang Perseroan Terbatas.

Menurut Nugraheny

Mirip dengan apa yang dikatakan oleh Hasna, Nugraheny juga mengatakan kalau suatu perusahaan tidak akan mampu berjalan tanpa adanya jajaran direksi yang memimpin.

Dalam jajaran direksi ada seseorang yang bertugas untuk memimpin seluruh jajaran lainnya dan inilah yang disebut sebagai CEO. Tanpa adanya CEO, suatu perusahaan akan kesulitan dalam mengatur jalannya perusahaan.

Dari beberapa pengertian dari para ahli di atas, CEO dan direktur kerap disamakan. Akan tetapi, dalam kenyataannya, ada beberapa perusahaan yang membedakan posisi CEO dan direktur. Mungkin kamu juga penasaran ‘kan seperti apa perbedaannya, mengingat dua jabatan tadi memang sama-sama penting dalam suatu perusahaan.

Nah, CEO dalam suatu perusahaan mempunyai peranan yang bertindak sebagai otak dari perusahaan. Sementara itu, direktur justru masih berada di bawah CEO dan harus melaporkan berbagai kegiatannya kepada CEO.

Disamping itu, CEO juga mempunyai peran untuk bertemu langsung dengan para investor. Berbeda dengan direktur yang tugas-tugasnya kebanyakan sesuai dengan perintah dari CEO.

Jadi, lebih sederhananya, seorang CEO adalah pemimpin yang bertugas menyusun strategi dan lainnya, sedangkan direktur lebih cenderung bertindak sebagai orang yang melakukan eksekusi segala macam perintah dari CEO.

Fungsi CEO

Fungsi CEO
Fungsi CEO

Meskipun CEO diketahui sebagai seorang pemimpin, namun bukan berarti fungsi atau perannya hanya sekadar sebagai pengawas saja. Justru, CEO juga harus turut serta berperan aktif dalam melihat jalannya perusahaan.

Nah, berikut ada 4 fungsi CEO dalam suatu perusahaan yang barangkali bisa semakin membuatmu mengenal lebih jauh tentang jabatan CEO.

Berperan dalam Memimpin Perusahaan

Fungsi yang satu ini sudah pasti diketahui oleh hampir semua orang. Disamping itu, kebanyakan orang juga pasti akan merujuk ke fungsi ini ketika ditanya mengenai fungsi utama dari seorang CEO.

Dalam jabatannya sebagai seorang pemimpin, CEO akan bertindak memimpin semua karyawan. Untuk bisa menjadi pemimpin yang baik, seorang CEO haruslah punya karakter yang kuat seperti berkomitmen penuh, konsisten dalam pekerjaan, dan mempunyai pandangan visioner.

Selain itu, seorang CEO akan lebih dihormati oleh para karyawannya jika CEO tersebut mampu mengayomi mereka. Bukan bertindak sebagai pemimpin yang memaksakan segala pendapatnya.

Namun, sebaliknya juga harus bisa mendengarkan pendapat dan saran dari para karyawannya.

Berperan dalam Mengelola Perusahaan

Selain berperan menjadi pemimpin yang baik bagi perusahaan, terutama bagi karyawannya, CEO juga mempunyai fungsi sebagai pengelola perusahaan.

Dalam mengelola perusahaan, seorang CEO harus bisa melihat dan memaksimalkan sumber daya yang ada untuk mencapai tujuan perusahaan.

Sumber daya yang dimaksud di sini antara lain sumber daya manusia, dana perusahaan, alat-alat produksi, dan lain sebagainya.

Lalu, dalam upaya pengelolaan juga penting bagi CEO untuk bisa meningkatkan kinerja dari karyawan.

Hal ini ditujukan supaya pekerjaan yang dikerjakan oleh para karyawan akan lebih efektif dan berjalan sesuai ekspektasi.

Bekerja Sebagai Eksekutor

Tidak hanya berperan dalam menentuka strategi perusahaan, seorang CEO harus bertindak pula sebagai eksekutor.

Eksekusi yang dimaksud di sini adalah keikutsertaan CEO dalam mengambil berbagai keputusan yang berhubungan dengan rencana atau strategi yang telah disusun.

Sehingga, meskipun CEO mempunyai jajaran direksi lain yang akan membantunya, akan tetapi dia juga harus ikut serta dalam eksekusi tersebut.

Bahkan, di setiap detil eksekusi juga harus benar-benar dipikirkan dan tidak dilakukan secara gegabah.

Hal ini untuk memastikan apakah startegi yang dirancang benar-benar bekerja sesuai ekspektasi dan benar-benar mempunyai dampak dalam berkelanjutannya suatu perusahaan.

Bekerja Sebagai Komunikator

Fungsi CEO sebagai komunikator dalam hal ini adalah bertindak sebagai orang yang akan mengirimkan pesan kepada seluruh karyawan dan jajaran direksi.

Dalam hal ini, CEO berhak dan berkeharusan menjadi komunikator karena perannya sebagai pemimpin.

Dengan fungsinya yang berperan sebagai komunikator, seorang CEO tentu diharuskan mempunyai kemampuan komunikasi yang baik.

Umumnya, CEO akan melakukan fungsinya sebagai komunikator saat ada rapat jajaran direksi hingga rapat tahunan. Dalam rapat tersebut, CEO akan memaparkan mengenai strategi dan rencana-rencana yang akan dijalankan dalam jangka waktu tertentu.

Untuk itu, penting bagi CEO untuk bisa mengomunikasikan pesannya dengan baik dalam rapat supaya karyawan dan direksi bisa memberikan masukan yang baik pula.

Tugas CEO

Seperti yang telah kamu ketahui dari beberapa penjelasan di atas, CEO mempunyai fungsi dan peranan yang sangat penting.

Jika CEO tidak ada, maka suatu perusahaan dipastikan tidak akan mampu berjalan dan berlanjut.

Tidak hanya cukup dengan mengetahui sekilas mengenai fungsinya secara umum, kamu juga perlu untuk mengetahui tugas-tugas dari CEO secara lebih rinci lagi.

Tugas CEO
Tugas CEO

Langsung saja simak tugas-tugasnya sebagai berikut.

  1. Merencanakan segala strategi jangka pendek maupun jangka panjang dari perusahaan
  2. Memutuskan jenis strategi apa yang akan dipakai untuk keberlanjutan perusahaan dilihat dari rekam jejak yang telah terjadi sebelumnya serta menyesuaikan dengan kebaikan lingkungan perusahaan dan diluar perusahaan
  3. Mempertimbangkan strategi yang efektif dengan pengeluaran budget yang efisien
  4. Mengeksekusi segala rencana dan strategi yang telah disusun baik dalam jangka panjang atau untuk jangka pendek semata
  5. Mengelola jalannya perusahaan berdasarkan dengan tujuan yang ingin dicapai
  6. Mengelola sumber daya yang ada termasuk sumber daya manusia (karyawan), keuangan, alat-alat produksi, dan pemasaran
  7. Menganalisis segala startegi yang telah dikerjakan apakah sudah berjalan sesuai dengan harapan atau malah sudah mencapai target yang diinginkan
  8. Merencanakan jumlah anggaran yang dibutuhkan untuk menjalankan suatu strategi bisnis
  9. Mengelola dan mengamati segala aktivitas keuangan dan penganggaran apakah sudah sesuai seperti rencana di awal
  10. Mengelola sumber daya manusia yang ada sesuai dengan kompetensinya
  11. Melakukan berbagai upaya untuk meningkatkan kinerja dan kompetensi karyawan demi meningkatnya kinerja karyawan terhadap perusahaan
  12. Memotivasi seluruh karyawan dan keseluruhan divisi supaya performa dan kinerjanya tetap stabil dan sebagai bentuk mengayomi para karyawannya
  13. Membuat prosedur, standar, serta kebijakan yang sesuai untuk perusahaan
  14. Menganalisis berbagai permasalahan yang ada di perusahaan serta melakukan koordinasi dengan berbagai jajaran direksi dan karyawan untuk menentukan jalan keluar yang terbaik bagi permasalahan yang ada
  15. Membuat keputusan yang bijak mengenai investasi, aliansi, serta beberapa hal krusial lainnya

Itulah 15 tugas yang umumnya diketahui sebagai tugas dari CEO perusahaan. Hanya saja, 15 contoh yang telah ditulis di atas merupakan tugas-tugas CEO yang dilihat dari segi konseptual.

Berbeda dengan tugas-tugas di atas, masih banyak tugas-tugas lain dari CEO yang sebenarnya menuntut lebih dari sekadar daftar tugas-tugas di atas.

Untuk menjadi seorang CEO yang mempunyai kinerja yang bagus memang tidak didapatkan begitu saja. Butuh pengalaman bertahun-tahun untuk bisa tiba di titik tersebut.

Secara umum, untuk menjadi CEO yang baik, seorang individu harus mampu mempertimbangkan keputusan yang baik bagi semua bagian perusahaan hingga meningkatkan profit dari perusahaan untuk kesejahteraan bersama.

Jadi, setelah menyimak rangkaian penjelasan mengenai pengertian CEO, sekarang semakin jelas bukan kalau posisi CEO bukanlah posisi yang mudah untuk dicapai dan dijalani?

Fungsi dan tugas yang harus diemban sangatlah sulit sehingga seorang CEO harus punya kualifikasi yang mumpuni. Terlepas dari beratnya tugas CEO, apakah kamu termasuk salah satu yang tertarik menjadi CEO?

Leave a Comment