Pengertian Cloud Hosting Adalah : Topologi, Contoh dan Manfaatnya

Pengembangan di era digital kini sudah semakin maju. Adapun yang kita sebagai pengguna internet terlebih mereka yang mendalami website tentu pernah mendengar mengenai cloud hosting.

Nah, untuk kalian yang masih baru mungkin saja masih awam dan bertanya-tanya apa sih cloud hosting itu?

Kegunaannya buat apa?

Di artikel ini, kalian akan menemukan jawabannya.

Yuk simak!

Pengertian Cloud Hosting

Apa itu cloud hosting?

Pengertian Cloud hosting adalah hosting yang bersumber dari beberapa server di beberapa data center yang dihimpun ke dalam satu system komputasi awan untuk distribusi melalui jaringan internet.

Topologi Cloud Hosting

Masih bingung?

Supaya lebih jelas, perhatikan topologi cloud hosting berikut keterangannya :

  1. Data Center merupakan tempat dimana server-server berada, baik milik penyedia data center (sebagai jasa untuk me-manage cloud service) maupun miliki perusahaan hosting yang hanya menempatkan servernya di data center atau melakukan colocation server di data center.
  2. Server Distribusi, bertidak sebagai pengatur sumber daya yang diminta, baik sumber daya server dan bandwidth pada server di fasilitas data center maupun server di perusahaan hosting tersebut.
  3. Internet sebagai jaringan pengantat data ke seluruh pihak, secara uplink (data request) maupun downlink (data packet delivery).
  4. Pengguna atau user merupakan para pengakses website melalui browser atau aplikasi lain.

Contoh Aplikasi yang Menggukan Cloud Hosting

Adapun contoh-contoh aplikasi sudah tidak asing didengar yang menggunakan cloud hosting yaitu

  1. Spotify, menggunakan cloud hosting Google
  2. Google Document
  3. Perpustakaan Digital (Digital Library)
  4. E-Learning
  5. E-Collaboration
  6. Gojek, dan berbagai aplikasi usaha lainnya

Dengan multi sumber daya, multi bandwidth, multi storage, multi network, multi lokasi data center, dan kendalinya yang bersistem virtual dapat mengoptimalkan akses pengguna serta mudah untuk disesuaikna kapasitasnya tergantung dengan kebutuhan sehingga dapat menjadi lebih efisien.

Manfaat Cloud Hosting

Dari penjelasan-penjelasan di atas tentu dapat dilihat keuntungan yang bisa teman-teman dapatkan dengan menggunakan cloud hosting. Manfaat cloud hosting adalah sebagai berikut :

Dapat berbagi data bersama

Pengguna internet terutama bagi mereka yang bekerja di perkantoran dapat memanfaaat cloud hosting untuk berkolaborasi dalam  data sharing, project procurement, work progress, dan lain-lain.

Penggunaan cloud hosting tersebut akan lebih memudahkan para manajer untuk mengontrol pekerjaan yang dilakukan, bahkan jika dikembangkan dapat mmebentuk system manajemen kerja yang baru yaitu boundary less organization, sehingga para karyawan tidak harus selalu stay di kantor untuk melakukan pekerjaannya.

Baca Juga : Pengertian Manajemen Strategi

Mereka dapat bekerja dimana saja namun tetap terkontrol oleh manajer.

Pendidikan yang lebih murah dan luas

Dengan adanya aplikasi-aplikasi e-learning tentunya akan mempermudah proses belajar siswa.

Selain itu, digital library pun bisa dikembangkan agar kita dapat memperoleh pengetahuan dimana saja dan kapan saja, tidak terbatas oleh ruangan.

Layanan dapat terus tersedia dan berkembang

Cloud hosting memiliki siste infrastruktur terkonvergensi (converged infrastructure), yaitu system virtual yang dapat mengelola beberapa sumber daya dan didukung dari fasilitas data center dapat lebih menjamin suatu layanan berbasis layanan yang berbasis cloud hosting dapat diakses banyak orang dalam waktu bersamaan, dan apabila terdapat satu sumber daya yang tidak dapat berfungsi maka system virtual tersebut secara otomatis akan beralih ke sumber daya yang lainnya (system back up resource).

Sehingga dengan system converged infrastructure ini dapat melayani kebutuhan dengan cepat dan tepat.

Biaya lebih murah

Dengan sumber daya yang dikelola secara optimal sesuai kebutuhan, maka dapat mengurangi pemborosan yang ada.

Adapun anggaran pemerintah dapat ikut berhemat karena dalam system pemerintahan Indonesia cukup menkominfo saja yang mengelola rekanan data center dan system cloud.

Arsitektur Cloud Hosting

Proses setting dengan artitektur cloud hosting memiliki prinsif sangat berbeda yang secara umum dijalankan diweb hosting yang reguler, berikut ulasannya :

  • Hampir seluruh share hosting menggunakan pendekatan terpusat, artinya satu server akan dibagi menjadi banyak rumah/website. Bila terjadi kendala dan masalah misalkan Down maka seleuruh akun yang berada di bawahnya akan mengalami hal yang sama yakni Down.
  • Cloud hosting memiliki pendekatan yang sangat berbeda. Hal ini dikarenakan setiap website didistribusikan ke banyak lokasi, sehingga tidak akan ada masalah seperti Down jika ada masalah pada server diatasnya.

Untuk website besar misalkan media online, mesin pencari dan media sosial dipastikan menggunakan pendekatan distribusi hal ini dikarenakan tidak akan ada yang sanggup menampung beban yang tinggi sehingga perlu banyak server.

Kaitan IaaS, PaaS, dan SaaS dengan Cloud Hosting

Cloud hosting memiliki kaitan dengan IaaS, PaaS, dan SaaS hal ini dikarenakan sama-sama menggunakan infrastruktur untuk melakukan pengiriman layanan atau data.

Berikut ini adalah beberapa penjelasan mengenai IaaS, PaaS, dan SaaS :

  • Iaas (infrastructure as a service) memiliki proses yang melibatkan dari penawaran mesin virtual dan memproses power dengan menggunakan arsitek cloud, sehingga pengguna bisa membeli resourse yang diperlukan tanpa harus menyewa secara fisik.
  • PaaS (platform as a service) yaitu digunakan untuk penyediaan framework untuk developer. kalu kita ambil dari sudut pengembangan tentunya PaaS sangat populer. Hal ini karena memiliki fleksibilitas yang sangat besar dan juga bisa mengurangi waktu ke market.
  • SaaS (software as a service), biasnaya digunakan perusahaan dalam memanfaatkan sistem cloud yang digunakan untuk mengirimsofware ke user secara antarmuka. Salah satu contoh produk yang saat ini ada adalah Google Docs.

Website Seperti Apa Yang Cocok Menggunakan Cloud Hosting?

Perlu diingat bahwa dalam menggunakan cloud hosting sama ragamnya seperti menggunakan hosting reguler (share hosting). Namun untuk website tertentu cloud hosting jauh lebih banyak digunakan dibandingkan dengan share hosting.

Bila website adalah hal yang sangat penting dan tidak ada waktu sedikitpun yang boleh web tersebut mati maka penggunaan cloud hosting adalah hal yang wajib.

Layanan ini banyak digunakan oleh :

  • Website dengan traffic yang tinggi
  • Toko Ecommerce
  • Situs Lead Generation
  • Website Keuangan dan perusahaan

Cloud hosting juga memberikan kemudahan dalam hal scaling bila website telah kehabisan sumber daya sehingga perlu tambahan resourse.

Hal ini tentunya bisa saja dimanfaatkan oleh media online di indonesia ataupun luar negeri bila ada tambahan traffic secara tiba tiba secara besar dalam postingan yang baru saja di posting.

Fenomena terjadi Di indonesia, bukan hanya perusahaan besar, namun saat ini blog pribadi banyak juga menggunakan cloud hosting karena dianggap sebagai salah satu hosting yang handal dan memiliki resourse yang tinggi.

Di indonesia sendiri banyak sekali penyedia Cloud hosting yang bisa dimanfaatkan untuk kebutuhan website, baik web personal, toko online ataupun untuk keperluan lainnya. Salah satunya adalah Niagahoster.

Apakah NiagaHoster Menyediakan Cloud Hosting?

Tentunya saja niagahoster menyadiakan layanan berbasis cloud hosting. Ada beberapa 4 paket pilihan yang ditawarkan, yaitu :

  • Basic
  • Standard
  • Premium
  • Corporate

Untuk Spesifikasinya Anda bisa melihat gambar dibawah ini :

Apakah NiagaHoster Menyediakan Cloud Hosting
Apakah NiagaHoster Menyediakan Cloud Hosting

Tentunya siapaun yang mencari Cloud hosting tidak perlu bingung bisa dengan mudah mendapatkannya di niagahoster.

Menurut saya niagahoster merupakan salah satu perusahaan yang menyediakan cloud hosting terbaik di indonesia dimana memiliki harga yang sangat terjangkau.

Dengan harga terjangkau tersebut Anda bisa juga mendapatkan infrastruktur yang telah menggunakan teknologi terbaru yang telah dikenal dengan kehandalan dan perpormanya yang baik.

Didalam paket Cloud hosting yang ditawarkan Niagahoster telah tersedia fitur unggulan yang bisa digunakan secara langsung. Fitur tersebut mencangkup :

  • Free SSL
  • Dedicated Resourse
  • Backup Otomatis
  • Panel menggunakan Cpanel
  • Gratis Domain
  • LiteSpeed dan WP Accelerator
  • Network 10Gig/s dan Redundant
  • Auto Installer
  • Proteksi Malware
  • Full Managed Services

Yang paling mengesankan adalah selama Anda berlangganan dipastikan akan mendapatkan Domain Gratis Niagahoster. Jadi tidak perlu lagi perpanjang domain selama berlangganan cloud hosting. Enak bukan?

Lalu Bagaimana Masa Depan Cloud Hosting?

Seperti yang sudah saya jelaskan diatas bahwa tipe hosting seperti ini sangat penting untuk memenuhi kebutuhan beberapa jenis web.

Secara umum semakin kesininya terlihat semakin dibutuhkan oleh masyarakan bukan untuk web tertentu saja melainkan hampir semua tipe web ataupun kebutuhan lainnya seperti kebutuhan email dan lain lain.

Jadi jangan hewan bila nanti kita melihat cloud hosting menjadi salah satu layanan tulang punggung bagi semua produk digital hingga database properti dan perjanjian hukum.

Bagaimana Apakah Anda sudah tahu mengenain info Pengertian Cloud Hosting Adalah : Contoh, Topologi, dan Manfaat Cloud Hosting. Saya pikir sudah. Semoga bermanfaat.

Leave a Comment