Pengertian Cloud Hosting Adalah : Topologi, Contoh dan Manfaatnya

Pengertian Cloud Hosting Adalah : Contoh, Topologi, dan Manfaat Cloud Hosting – Pengembangan di era digital kini sudah semakin maju.

Adapun yang kita sebagai pengguna internet terlebih mereka yang mendalami website tentu pernah mendengar mengenai cloud hosting.

Nah, untuk kalian yang masih baru mungkin saja masih awam dan bertanya-tanya apa sih cloud hosting itu?

Kegunaannya buat apa?

Di artikel ini, kalian akan menemukan jawabannya.

Yuk simak!

Pengertian Cloud Hosting

Apa itu cloud hosting?

Cloud hosting adalah hosting yang bersumber dari beberapa server di beberapa data center yang dihimpun ke dalam satu system komputasi awan untuk distribusi melalui jaringan internet.

Topologi Cloud Hosting

Masih bingung?

Supaya lebih jelas, perhatikan topologi cloud hosting berikut keterangannya :

  1. Data Center merupakan tempat dimana server-server berada, baik milik penyedia data center (sebagai jasa untuk me-manage cloud service) maupun miliki perusahaan hosting yang hanya menempatkan servernya di data center atau melakukan colocation server di data center.
  2. Server Distribusi, bertidak sebagai pengatur sumber daya yang diminta, baik sumber daya server dan bandwidth pada server di fasilitas data center maupun server di perusahaan hosting tersebut.
  3. Internet sebagai jaringan pengantat data ke seluruh pihak, secara uplink (data request) maupun downlink (data packet delivery).
  4. Pengguna atau user merupakan para pengakses website melalui browser atau aplikasi lain.

Contoh Aplikasi yang Menggukan Cloud Hosting

Adapun contoh-contoh aplikasi sudah tidak asing didengar yang menggunakan cloud hosting yaitu

  1. Spotify, menggunakan cloud hosting Google
  2. Google Document
  3. Perpustakaan Digital (Digital Library)
  4. E-Learning
  5. E-Collaboration
  6. Gojek, dan berbagai aplikasi usaha lainnya

Dengan multi sumber daya, multi bandwidth, multi storage, multi network, multi lokasi data center, dan kendalinya yang bersistem virtual dapat mengoptimalkan akses pengguna serta mudah untuk disesuaikna kapasitasnya tergantung dengan kebutuhan sehingga dapat menjadi lebih efisien.

Manfaat Cloud Hosting

Dari penjelasan-penjelasan di atas tentu dapat dilihat keuntungan yang bisa teman-teman dapatkan dengan menggunakan cloud hosting. Di antaranya adalah sebagai berikut :

1. Dapat berbagi data bersama

Pengguna internet terutama bagi mereka yang bekerja di perkantoran dapat memanfaaat cloud hosting untuk berkolaborasi dalam  data sharing, project procurement, work progress, dan lain-lain.

Penggunaan cloud hosting tersebut akan lebih memudahkan para manajer untuk mengontrol pekerjaan yang dilakukan, bahkan jika dikembangkan dapat mmebentuk system manajemen kerja yang baru yaitu boundary less organization, sehingga para karyawan tidak harus selalu stay di kantor untuk melakukan pekerjaannya.

Mereka dapat bekerja dimana saja namun tetap terkontrol oleh manajer.

2. Pendidikan yang lebih murah dan luas

Dengan adanya aplikasi-aplikasi e-learning tentunya akan mempermudah proses belajar siswa.

Selain itu, digital library pun bisa dikembangkan agar kita dapat memperoleh pengetahuan dimana saja dan kapan saja, tidak terbatas oleh ruangan.

3. Layanan dapat terus tersedia dan berkembang

Cloud hosting memiliki siste infrastruktur terkonvergensi (converged infrastructure), yaitu system virtual yang dapat mengelola beberapa sumber daya dan didukung dari fasilitas data center dapat lebih menjamin suatu layanan berbasis layanan yang berbasis cloud hosting dapat diakses banyak orang dalam waktu bersamaan, dan apabila terdapat satu sumber daya yang tidak dapat berfungsi maka system virtual tersebut secara otomatis akan beralih ke sumber daya yang lainnya (system back up resource).

Sehingga dengan system converged infrastructure ini dapat melayani kebutuhan dengan cepat dan tepat.

4. Biaya lebih murah

Dengan sumber daya yang dikelola secara optimal sesuai kebutuhan, maka dapat mengurangi pemborosan yang ada.

Adapun anggaran pemerintah dapat ikut berhemat karena dalam system pemerintahan Indonesia cukup menkominfo saja yang mengelola rekanan data center dan system cloud.

Leave a Comment