Pengertian Dan Perbedaan Utang Usaha Dengan Utang Wasel

Pengertian Dan Perbedaan Utang Usaha Dengan Utang Wasel – Utang Usaha atau account payable merupakan hutang kepada seseorang atas barang atau jasa yang sudah diterima akan tetapi belum dibayar.

Hutang ini berhubungan dengan pembelian barang dan jasa secara kredit. Utang usaha juga bisa disebut sebagai utang dagang. (Baca : Cara Mengelolah Hutang)

Ciri Utang Usaha

Utang usaha memiliki beberapa ciri yaitu :

1. Tidak disertai surat perjanjian formal

Hutang usaha memang tidak menggunakan surat perjanjian tertulis. Hanya mengandalkan rasa saling percaya antara penjual dan pembelinya.

Pada umumnya orang akan dipercaya jika sudah kenal. Misalnya jika sudah menjadi langganan tetap.

Dan bukti utang piutang usaha tersebut hanya mengandalkan faktur penjualan saja. Maka dari itu tidak menggunakan surat tertulis. Lalu Bagaimana jika ada surat tertulis?

Jika terdapat pernyataan tertulis, maka tidak disebut dan tidak dicatat sebagai utang usaha. Akan tetapi menjadi hutang wesel atau wesel bayar.

Walaupun wesel bayar dan utang usaha adalah sama sama merupakan utang lancar. Akan tetapi keduanya meiliki perbedaan.

2. Terjadi berulang-ulang

Utang usaha kebanyakan terjadi terus menerus atau berulang ulang. Mungkin ini yang menjadi alasan mengapa surat perjanjian utang piutang resmi tidak dibutuhkan.

Pembelian kredit tersebut hanya bermodalkan faktur atau nota penjualan saja sudah dirasa cukup.

Hanya dengan transaksi yang berulang ulang kedua belah pihak akan sering ketemu dan akan sering kontak dengan demikian akan lebih kenal dan lebih dekat satu sama lain. Dengan demikian mereka akan saling percaya.

3. Jatuh tempo yang singkat

Karena utang usaha merupakan salah satu jenis utang lancar maka dari itu jatuh tempo juga harus cepat dan singkat. Itu berdasarkan aturan akuntansi.

4. Ada potongan harga

Tetapi tidak semua pemasok akan memberikan potongan harta bagi pembeli, ada bebera yang memberikan potongan harga mungkin karena pembeli membeli barang dalam jumlah yang banyak.

Berbeda dengan hutang wesel, Apa sih yang dimaksud dengan utang wesel ? Mari kita bahas mengenai utang wesel agar kalian tahu perbedannya.

Utang wesel yaitu utang dalam bentuk bukti tertulis formal, yang isinya tertulis kesanggupan untuk membayar pada tanggal tertentu.

Biasanya orang atau perusahaan yang mempunyai tagihan lebih menyukai jenis hutang wesel ini karena ada bukti yang kuat untuk menagih, apalagi jika berurusan dengan pengadilan.

Baca Juga : Ciri Penipuan Pinjaman Online

Jenis Utang Wesel

Utang wesel digolongkan menjadi 2 yaitu :

1. Wesel berbunga

Wesel berbunga merupakan wesel yang pada saat pembayaran utang si pembeli selain membayar pokok utangnya juga harus membayar bunga yang telah disepakati.

2. Wesel tidak berbunga

Wesel tidak berbunga merupakan wesel yang tidak menyebutkan tingkat bunga tertentu dalam surat wesel yang bersangkutan.

Wesel tersebut sebenranya tetap ada bunganya karena peminjam wajib membayar lebih besar dari pada pinjaman yang dia terima.

Selisih antara pinjaman yang dia terima dengan yang harus dia bayar inilah yang disebut bunga. Atau bisa juga peminjam menerima kas sebesar nilai tunai atau nilai wesel saat ini.

Nilai tunai yaitu sama dengan nilai nominal wesel pada tanggal jatuh tempo dikurangi bunga yang dibebankan.

Kesimpulannya perbedaan antara utang usaha dan utang wesel yaitu :

  • Jangka waktu yang dimiliki berbeda jika utang dagang jangka waktunya kurang dari 1 tahun, sedngkan utang wesel jangka waktunya paling sedikit 60 hari atau 2 bulan.
  • Aset utang usaha merupakan aset lancar, sedangkan utang wesel tergantung dengan jatuh tempo dari hutang tersebut.
  • Jenis utang dagang ada 2 yaitu utang dagan metode bruto dan netto, sedangkan jenis utang wesel yaitu wesel berbunga dan wesel tidak berbunga.
  • Utang dagang tidak disertai dengan surat perjanjian formal, sedangkan utang wesel menggunakan perjanjian resmi yang mengikat antara si pemberi hutang dan si penerima hutang.

Baca Juga : Jenis Aset Yang Bisa Dijadikan Jaminan

Leave a Comment

×

Ikuti Kami di Facebook