Pengertian Dedicated Server Adalah : Kelebihan, Kekurangan dan Manfaatnya

Pengertian Dedicated Server Adalah : Kelebihan, Kekurangan dan Manfaat – Bagi teman-teman yang sedang menekuni dunia website mungkin akan sering mendengar mengenai Dedicated Server.

Nah, apa sih maksudnya dedicated server itu?

Terus manfaatnya apa saja dalam website? Baca terus artikel ini untuk menemukan jawaban pertanyaan-pertanyaan di atas.

Pengertian Dedicated Server

Dedicated server adalah penyewaan satu server secara utuh tanpa dibagi dengan user lain sehingga hanya kalian seorang yang menggunakan dedicated server tersebut.

Kalian memiliki hak penuh untuk mengelola dedicated server tersebut sesuka hati termasuk dalam pemilihan system operasi yang digunakan, hardware, dan lain sebagainya.

Ketika pembeliannya pun biasanya kalian akan disuguhi dengan spesifikasi server fisik, seperti jenis merk processor yang digunakan dan lain-lain.

Kelebihan dan Kekurangan Dedicated Server

Kelebihan utama dari dedicated server yaitu akses penuh. Pengaturan-pengaturan yang biasanya di hosting lain dibatasi, apabila kalian menggunakan dedicated server, kalian akan dapat menentukan segala sesuatunya.

Jangan khawatir apabila teman-teman bukan seorang yang advance dalam bidang ini, perusahaan web hosting penyedia akan memberikan dukungan untuk hal-hal terkait seperti penginstallan dan lain-lain.

Baca Juga : Web Hosting Gratis Terbaik

Dari segi kekurangan dedicated server hamper tidak ada, selain harganya memang relative mahal.

Namun harga mahal tersebut sepadan dengan keseluruhan akses yang teman-teman dapatkan.

Adapun teman-teman harus memiliki skill dalam pengelolaan dan manajemen website, juga hardware, OS, keamanan, jaringan sampai database.

Teman-teman pun harus siap menangani beberapa hal sendiri karena data-data yang bersifat rahasia atau sensitive jika orang lain yang menangani.

Manfaat Dedicated Server

1. Alamat IP Dedicated

Apabila teman-teman menggunakan dedicated server, teman-teman dapat memilih alamat IP Dedicated suntuk server teman-teman.

Hal itu memberi teman-teman kontrol pada server dan identitas yang unik.

2. SEO

Salah satu keuntungan menggunakan Dedicated Server ialah dapat membuat server teman-teman menjadi lebih cepat diakses, yang dapat membantu meningkatkan pengalaman pelanggan dan menjaga lingkungan teman-teman tetap baik.

Jika dibandingkan dengan berbagi server dengan orang lain, teman-teman harus mengandalkan mereka untuk berada dalam aturan yang ada.

Jika situs lain dalam satu server dihukum oleh Google, bisa saja ada dampak yang mempengaruhi website teman-teman.

3. Keandalan

Penggunaan dedicated server dapat membuat website teman-teman mencapai maksimum uptime dan waktu loading yang lebih cepat sehingga mengurangi kemungkinan downtime atau kinerja website yang buruk.

Sumber daya yang diperlukan dapat selalu tersedia karena tidak berbagi bandwidth dengan situs lain.

Beban pemeliharaan server harus dikelola penyedia hosting agar dapat dipastikan website teman-teman selalu beroperasi dengan optimal sehingga teman-teman dapat lebih berfokus terhadap bisnis yang dijalankan.

4. Keamanan

Jika dibandingkan dengan shared hosting tentu hosting dedicated server juaranya.

Untuk usaha yag masih kecil, pilihan sementara shared hosting memberikan perusahaan dan webmaster akses ke semua sumber daya pada server, yang dapat menimbulkan ancaman keamanan yang signifikan untuk bisnis yang menyimpan data sensitif.

Sedangkan dedicated server dalam keamanannya memberikan update regular untuk melindungi file.

5. Fleksibilitas dan Peningkatan Control

Kontrol yang lebih dan kemudahan akses dalam berbagai aspek tentu menjadi hal yang sangat diunggulkan dedicated server.

Lingkungan untuk situs web yang dikelola lebih optimal serta apabila tiba-tiba ada lonjakan pengunjung, website pun tetap aman.

Itulah kira-kira yang dapat teman-teman dapatkan dari dedicated server.

Bagaimana?

Sudah terjawab bukan?

Kini teman-teman bisa menentukan pilihan untuk server sesui dengan yang kalian butuhkan.

Leave a Comment