Pengertian Digital Marketing Adalah : Kelebihan dan Kekurangannya

Pengertian Digital Marketing Adalah : Kelebihan dan Kekurangan – Digital marketing adalah teknik berjualan yang paling digemari.

Kabarnya sistem berdagang di internet ini lebih menguntungkan karena pelanggannya lebih banyak.

Namun tidak sedikit yang mengaku, bisnis semacam ini justru bisa mendatangkan kerugian yang besar.

Nah di bawah ini akan dijelaskan tentang kelebihan dan kekurangan digital marketing.

Diharapkan karenanya Anda bisa memikirkan untuk menggunakan sistem ini atau sebaliknya.

Namun sebelum mengulas dua unsur tersebut, silakan simak terlebih dahulu pengertian digital marketing.

Pengertian Digital Marketing

Digital marketing adalah bagian dari teknik pemasaran produk/barang dan jasa. Yaitu kegiatan memasarkan produk/barang dan jasa melalui perangkat jaringan internet yang berbasis digital.

Singkatnya digital marketing adalah cara menawarkan produk secara online.

Ada banyak sarana internet yang digunakan untuk digital marketing. Salah satunya adalah melalui media sosial FB, Twitter dan Instagram.

Ada juga perusahaan atau individu yang menjajakan produknya via You Tube, website dan toko online. (Baca : Platform CMS Untuk Toko Online)

Jika melihat produk dijajakan di konten-konten daring di atas, berarti pihak pemiliknya sedang menerapkan strategi internet marketing.

Tujuannya tidak lain untuk mencari pelanggan sebanyak-banyaknya agar produknya laris terjual.

Sudah dijelaskan di atas kalau strategi digital marketing memiliki kelebihan dan kekurangan.

Nah, di bawah ini akan dijelaskan apa saja kelebihan dan kekurangan tersebut. Silakan disimak semoga bisa menjadi wawasan untuk Anda. Ini dia penjelasannya:

Kelebihan Digital Marketing

Strategi digital marketing telah menjamur. Hal ini dibuktikan dengan munculnya berbagai situs maupun grup media sosial yang di dalamnya berisi penawaran produk.

Ini tak lepas dari kelebihan strategi ini. Nah berikut ini list kelebihan-kelebihan yang dimaksud:

1. Jangkauan Pemasaran Produk Lebih Luas

Kelebihan yang pertama adalah dengan diterapkan strategi digital marketing jangkauan pemasaran produk lebih luas. Bahkan produk bisa dikenal hingga ke luar negeri.

Baca Juga : Cara Pemasaran Blog Marketing

Hal ini disebabkan oleh pengakses internet tidak datang dari Indonesia saja. Tetapi ratusan juta lainnya juga datang dari mancanegara.

Nah, jika memasarkan produk di internet, tentu orang-orang ini berpeluang melihat dan menjadi pelanggan.

Karena asumsi inilah strategi digital marketing lebih istimewa dibandingkan yang lain. Karena yang kenal produk lebih banyak yang otomatis peluang mendapatkan pelanggan juga lebih besar.

2. Biaya Pemasaran Lebih Kecil

Kelebihan yang selanjutnya adalah biaya pemasaran lebih kecil dibandingkan strategi marketing konvensional. Karena yang dibutuhkan hanya kuota internet atau biaya wifi bulanan saja.

Memang Anda harus membeli perangkat online yang salah satunya adalah komputer, smartphone dan laptop. Tetapi itu hanya sekali bayar dan sudah bisa digunakan untuk promosi produk dengan puas.

Coba bandingkan dengan promosi dari pintu ke pintu. Biaya bensin saja pasti membengkak. Belum lagi biaya makan dan selainnya.

Tetapi dengan strategi digital marketing, Anda cukup berdiam diri di rumah saja, jaringan yang akan melakukan promosi secara otomatis.

3. Cara Memasarkan Produk Lebih Mudah

Kelebihan yang ketiga adalah cara memasarkan produk lebih mudah dan simpel. Anda pun tidak perlu keluar rumah. Karena tinggal menawarkan produk via smartphone dan komputer saja.

Selain itu, Anda bisa melakukan pemasaran kapanpun yang Anda mau. Tengah malam juga bisa dilakukan jika target pelanggannya adalah orang di luar negeri yang memiliki perbedaan waktu dengan Indonesia.

Ini merupakan kelebihan strategi marketing yang tidak bisa dibantah. Bahkan ini menjadi alasan mengapa strategi ini disukai oleh masyarakat.

Kekurangan Digital Marketing

Selain ada kelebihan-kelebihan, strategi digital marketing juga memiliki beberapa

kekurangan. Ironinya kekurangan-kekurangan ini bisa membuat pengusaha atau pebisnis mendapatkan kerugian yang besar. Ini dia kekurangan yang dimaksud:

1. Hilang Keakraban Komunikasi

Promosi produk via internet bisa menghilangkan keakraban komunikasi. Karena proses tawar menawar dilakukan via mesin teknologi yaitu smartphone dan komputer. Artinya antara penjual dan pembeli tidak bertemu secara langsung.

Hal ini yang juga memicu terjadinya kehidupan egosentris di dalam lingkungan masyarakat. Karena untuk berkomunikasi dengan orang tidak perlu saling bertatap muka.

Jadi wajar dengan adanya sistem semacam ini, penjual tahu nama pembeli tetapi tidak tahu orangnya apalagi rumahnya.

2. Rawan Scam atau Penipuan

Kekurangan selanjutnya adalah strategi digital marketing rawan scam atau penipuan. Karena komunikasinya via akun dunia maya yang tidak jelas kebenarannya.

Apalagi di internet banyak akun kloningan yang tujuannya memang untuk menipu.

Baca Juga : Ciri Penipuan Pinjaman Online

Ciri-ciri dari pelanggan semacam ini adalah terlalu banyak menawar. Juntrungannya adalah gagal melakukan pembelian.

Bisa dipastikan Anda marah jika mengalami hal semacam ini. Apalagi jika produk sudah kadung dipersiapkan.

Terkait poin ini, tentu masih lebih aman promosi via teknik konvensional. Karena penjual mengetahui secara pasti siapa orang yang telah melakukan pemesanan produk.

Demikian beberapa kelebihan dan kekurangan strategi digital marketing. Silakan disimak lalu tentukan apakah strategi ini layak digunakan atau tidak.

Leave a Comment