Pengertian Endorse Adalah : Arti, Kelebihan dan Kekurangan di Media Sosial

Mendengar kalimat endorse tentunya sudah tidak asing lagi bagi pengguna teknologi saat ini khususnya jika Anda pengguna media sosial seperti Instagram, Facebook, Twitter dan media sosial lainnya.

Kata endorse erat kaitannya dengan dunia pemasaran. Pengaruh endorsement tidak boleh Anda pandang sebelah mata.

Sudah terbukti bahwa promosi produk dengan cara endorse ke seorang entertainer atau public figure dapat memberikan dampak positif bagi perkembangan produk yang dipromosikan.

Pasalnya pengguna media sosial saat ini sangatlah banyak yang kemudian mengubah dunia bisnis khususnya dalam bidang pemasaran.

Melalui promosi online, Anda dapat berinteraksi langsung dengan pelanggan dan informasi mengenai produk Anda pun akan tersebar dengan cepat.

Meskipun persaingan bisnis online saat ini sangat ketat, Anda dapat menawarkan inovasi sehingga produk Anda dapat diterima oleh pelanggan.

Pada artikel ini, kita akan membahas tuntas mengenai Pengertian Endorse Adalah : Arti, Kelebihan dan Kekurangan di Media Sosial.

Baca Juga : Indikator Mengukur Kepuasan Pelanggan

Pengertian Endorse Adalah

Apa itu endorse? Sebetulnya ada banyak sekali pengertian endorse, tergantung topik dan bidang yang sedang dibahas. Pengertian endorse sebenarnya sering digunakan dalam bidang asuransi, bisnis dan pemasaran.

Namun endorse yang akan kita bahas adalah pemasaran secara online di sosial media.

Di Indonesia, endorsement bukanlah hal yang baru. Sudah banyak sekali pemilik bisnis menggunakan jasa endorse pada public figure untuk mempromosikan produk atau jasanya.

Jika Anda aktif mengamati media sosial seperti Instagram, Facebook dan Twitter pasti Anda akan menemukan seorang public figure yang mempromosikan suatu produk atau jasa.

Itulah arti endorse. Jika orang yang cenderung terkenal dan memiliki banyak penggemar memberikan dukungan positif dan mempromosikan suatu produk, seringkali membuat lebih banyak orang untuk membeli produk yang dipromosikan karena mereka mempercayai selebriti tersebut atau setidaknya brand dari produk tersebut menjadi lebih terkenal dari sebelumnya.

Kelebihan Endorse di Media Sosial

Sebagai Media untuk Pengenalan Produk dalam Waktu Singkat

Endorsement merupakan cara paling efektif untuk memasarkan produk atau jasa Anda.

Produk Anda akan dikenal lebih luas oleh pengguna media sosial. Karena, followers atau pengikut dari akun selebriti tersebut akan memperhatikan produk atau jasa yang diposting melalui akun media sosialnya.

Dari sinilah, Anda akan mendapatkan tambahan followers, like, komentar dan bahkan orderan.

Hemat Biaya Pemasaran

Anda akan menghemat biaya pemasaran bisnis Anda. Mengapa?

Karena Anda hanya perlu mencari selebriti dengan tarif endorsement yang sesuai dengan budget Anda yang berpotensi dan cocok untuk memasarkan produk atau jasa Anda.

Cari ini dinilai lebih efektif daripada Anda harus menggunakan media iklan lainnya seperti televisi, radio maupun media cetak seperti koran dan majalah.

Tidak setiap orang menonton televisi, mendengarkan radio dan bahkan membaca koran atau majalah. Sebaliknya, pada era digitalisasi ini hampir semua orang menggunakan media sosial.

Peningkatan Penjualan

Followers dari selebriti yang Anda endorse tentunya akan melihat produk yang diposting.

Kesempatan ini akan menarik perhatian dan minat calon pembeli terhadap produk atau jasa yang ditawarkan. Karena public figure akan menjadi trendsetter bagi para penggemarnya.

Dengan demikian, Anda akan mendapatkan kesempatan dalam peningkatan penjualan dari sebelumnya.

Kekurangan Endorse di Sosial Media

Pengaruh Image Selebriti pada Bisnis

Image yang dimiliki oleh selebriti juga akan mempengaruhi citra bisnis Anda. Anda harus selektif dalam memilih artis yang akan Anda endorse.

Misalnya jika sang artis pernah melakukan tindak kriminal atau bertentangan dengan SARA yang membuat reputasinya negatif dalam bermasyarakat, maka produk atau jasa yang akan Anda endorse akan terpengaruhi citra buruk si artis.

Tingkatan Rate Artis

Setiap selebriti mematok tarif yang bermacam-macam untuk satu kali promosi di akun sosial medianya.

Ada yang memasang tarif tinggi hingga puluhan juta dan terjangkau dari kisaran belasan juta hingga jutaan.

Semakin terkenal dan besar pengaruh artis dalam dunia entertainment, maka akan semakin tinggi juga tarif yang ditawarkan.

Jangka Waktu Iklan

Selebriti menerapkan strategi endorsement yang hampir sama, yaitu kebijakan durasi promosi.

Artinya, promosi terkait produk dan jasa Anda akan dihapus oleh selebriti tersebut jika sudah habis masa berlakunya. Untuk durasinya, tergantung kebijakan sang selebriti.

Demikian pembahasan mengenai endorsement dalam dunia bisnis online. Secara umum, endorsement memang bisa menaikkan penjualan secara instant, apalagi untuk bisnis berbasis online.

Dengan mengetahui pengertian, kelebihan serta kekurangan dari endorse, pemilik bisnis dapat memanfaatkan pengetahuannya dalam mengembangkan usahanya.

Pemilik bisnis harus cermat dan selektif dalam memilih artis untuk endorsement produk dan jasanya.

Mengingat ada juga beberapa selebriti yang ternyata kurang menguntungkan dalam bidang endorsement.

Akan sangat beresiko ketika Anda memilih artis yang kemudian terkena permasalahan. Hal ini akan menimbulkan image negatif pada bisnis Anda.

Baca Juga : Dampak Negatif Membeli Followers Media Sosial

Siapa Yang Bisa Di Endorse?

Pihak perusahaan, online shop ataupun pembisnis berhak menentukan siapa saja yang mau dan layak untuk di endorse, namun mereka juga mempertimbangkan beberapa hal agar produk atau jasa yang diiklankan mendapatkan dampak dari proses ini.

Beberapa hal yang harus diperhatikan sebelum menentukan siapa yang akan di endorse, adalah :

Jumlah Follower

Hal terpenting pertama yang harus menjadi pertimbangan adalah jumlah follower. Semakin banyak jumlah follower maka akan semakin bagus.

Hal ini dikarenakan akan semakin banyak pula yang akan melihat iklan Anda. Sebagai contoh : Sebuah perusahaan meng-endorse artis yang memiliki follower hingga 3 juga. Artinya postingan atau iklan Anda berpotensi dilihat oleh orang sebanyak 3 juta tersebut.

Siapa Dia?

Sebelum memiliki siapa yang layak untuk di Endorse, Anda harus tahu siapa dia?

Artis atau Selegram yang akan dipilih harus memiliki follower yang sesuai dengan pasar produk atau jasa yang Anda tawarkan.

Untuk bisa mengetahui pasar dari yang ingin di Endorse Anda bisa melihat postingan mereka apakah sesuai dengan produk dan jasa yang Anda ingin tawarkan atau tidak, bisa sesuai maka sangat baik.

Sebagai contoh, Bila produk yang ditwarkan berupa makeup. Jika ingin iklan berjalan dengan baik dan efektif maka yang dipilih adalah selegram atau artis yang mempunyai ketertarikan mengenai kecantikan dan makeup.

Bila ada ketertarikan mengenai kecantikan tentunya di media sosial mereka selalu membahas mengenai hal kecantikan dan juga makeup, dengan demikian followers mereka pastinya memiliki kesamaan ketertarikan.

Dengan demikian iklan yang Anda pasang tentunya akan menarik konsumen baru. Selain itu yang harus menjadi pertimbangan adalah masalah usia followers, hal ini akan mempengaruhi efektif atau tidaknya promosi yang Anda lakukan.

Engagement Rate

Sebenarnya, kita tidak bisa menjamin 100% bahwa produk atau jasa yang telah kita iklankan di media sosial para artis atau telegram dilihat sepenuhnya oleh followers mereka.

Hal ini disebabkan alogaritma sebuah post media sosial tidaklah ditentukan oelh jumlah followers namun berkaitan dengan engagement rate.

Pengertian engagement rate adalah persentase perbandingan jumlah follower dengan orang yang berinteraksi dipost. Semakin tinggi nilai engagement rate maka semakin baik, artinya produk yang ditawarkan akan mendapatkan efek yang positif.

Sekedar saran, bila ingin endorse alangkah baiknya diskusi terlebih dahulu dan menanyakan engagement rate.

Perhatikan Harga

Masalah yang serius yang harus diperhatikan adalah harga. Setiap artis atau selegram memiliki rate harga yang berbeda-beda, hal ini tergantung dari jumlah followers dan nila engagement rate.

Semakin tinggi follower dan nilai engagement rate maka harga yang ditawarkan juga akan semakin tinggi. Anda harus memastikan dengan mengendorse produk dan jasa yang ditawarkan akan mendapatkan timbal balik yang menguntungkan bukan malah merugikan.

Bagaimana Cara Memulai Endorse?

Ketahuilah bahwa endorses adalah salah satu kegiatan yang telah lama dilakukan oleh pembisnis untuk mendapatkan penjualan yang tinggi dari produk yang ditawarkan.

Endorse adalah startegi marketing terbaik saat ini untuk mengembangkan bisnis. lalu bagaimana cara melakukan dan memulai endorse. Berikut adalah penjelasannya :

Siapkan Dana

hal terpenting yang harus disiapkan adalah dana atau budget.

Pastikan dana yang dikeluarkan atau disiapkan sesuai dengan pendapatan yang akan diterima dari hasil endorse. Jangan sampai dana terlalu besar sementara pendapatan kecil sehingga bisa membuat bisnis yang Anda jalani terganggu.

Pilih Target Yang Sesuai

Selain menyiakan pendanaan, hal lainnya saat ingin melakukan endorse adalah pilih target audien yang sesuai dengan produk atau jasa yang Anda pasarkan.

tarher maksunya disini adalah selegram, artis ataupun tokoh yang memiliki pengikut diakun mediannya banyak.

Pastikan target endorse sesuai dengan produk yang ditawarkan, hal ini tentunya akan jauh lebih mudah dalam menyakinkan para konsumen untuk membeli produk Anda.

Stok Produk Harus Mencukupi

Bila Anda melakukan Endorse artis atau selegram yang memiliki pengikut atau follower yang tinggi, kemungkinan produk yang Anda tawarkan akan mengalami peningkatan penjualan.

Hal ini disebabkan dalam hitungan menit atau jam produk bisa dikenal oleh banyak orangyang mungkin saja tertarik dengan yang Anda tawarkan.

Untuk itu sediakan stok produk yang banyak sebelum melakukan endorse sehingga tidak mengecewakan pelanggan.

Demikianlah artikel kali ini mengenai Pengertian Endorse Adalah : Arti, Kelebihan dan Kekurangan di Media Sosial. Semoga bermanfaat.

Baca Juga : Artis Endorse Instagram Paling Mahal di Indonesia

Leave a Comment


Notice: Undefined index: popup_cookie_glcbi in /home/jokowari/public_html/wp-content/plugins/cardoza-facebook-like-box/cardoza_facebook_like_box.php on line 924