Pengertian Google Adwords Adalah : Keuntungan dan Kerugiannya

Pengertian Google Adwords Adalah : Keuntungan dan Kerugiannya – Google tidak hanya berfungsi sebagai search engine saja.

Tetapi ada fungsi lain dengan nama-nama fitur yang berbeda. Di antaranya adalah Google Translate, Google Adsense dan Google Image.

Namun ada satu fitur yang dirilis Google yang juga sering digunakan oleh blogger.

Namanya adalah Google Adword. Tentu blogger berpengalaman pasti pernah mendengar istilah ini bahkan banyak pula yang mahir menjalankannya.

Nah di artikel berikut akan dijelaskan tentang Google Adword.

Ulasannya seputar Pengertian dan keuntungan ketika menggunakannya.

Tidak lupa di akhir nanti akan diulas tentang beberapa kerugian menggunakan Adword. Ini dia penjelasannya:

Pengertian Google Adwords

Pengertian Google adword adalah produk periklanan yang dirilis oleh perusahaan Google.

Tujuannya adalah supaya perusahaan mendapatkan profit dari pengiklan yang memasang iklannya di situs-situs yang bisa diakses melalui Google Search Engine.

Pihak Google sendiri mengakui kalau penghasilan terbesarnya datang dari produk periklanan ini.

Maka dari itu Google Adword dijadikan bisnis utama yang dijalankan oleh perusahaan besar ini.

Pengertian Google Adword yang lebih khusus adalah strategi marketing iklan yang menggunakan search engine sebagai alat untuk beriklan. Bisa di artikan pula Google Adword adalah strategi marketing berbasis mesin pencari.

Jika melihat dari pengertian ini, sudah jelas kalau Google Adword adalah sarana periklanan yang terbesar saat ini.

Sedangkan keuntungan darinya tidak hanya masuk ke Google dan pengiklan, tetapi situs yang menampung iklan tersebut juga mendapatkan beberapa persen profit.

Setelah mengetahui tentang pengertian Google Adword, maka Anda juga perlu mengetahui keuntungan dan kerugian jika menggunakannya. Paling tidak, ini bisa dijadikan sebagai pedoman Anda sebelum menentukan pilihan.

Atas dasar itu, di bawah ini akan dijelaskan apa saja keuntungan dan mungkin kekurangan dari Google Adword. Silakan disimak semoga ada manfaatnya. Ini dia penjelasan yang dimaksud:

Keuntungan Google Adwords

Google Adword memang harus dimanfaatkan oleh pengiklan dan blogger. Karena ada beberapa keuntungan yang bisa didapatkan darinya. Ini dia keuntungan yang dimaksud:

1. Traffic Website Cepat Naik

Keuntungan yang pertama adalah Traffic website cepat naik. Perlu diketahui, jika Anda memasang iklan adword di situs, secara otomatis iklan tersebut akan dilihat oleh pengunjung.

Nah, pihak Google akan menilai jumlah viewer dengan melihat berapa kali iklan tersebut di klik.

Sistem ini berjalan otomatis. Karena jika iklan sudah terpasang, maka secara otomatis Google bisa mendeteksinya dengan cepat.

2. Pengunjung Yang Datang Sesuai Dengan Target Bisnis

Jika mendaftar di Google Adword, maka bisa dipastikan orang yang melihat situs Anda benar-benar viewer yang tertarik dengan iklan yang Anda pajang.

Karena di dalam fitur ini, seleksi keyword yang dilakukan Google benar-benar tepat dan tertarget.

Maka dari itu, sekali Anda membuat kata kunci pencarian, maka Google akan mengarahkan viewer sesuai dengan keyword yang dibuat.

Efeknya adalah produk yang Anda iklankan akan dikenal oleh orang yang memang ingin tahu tentang produk tersebut.

Kerugian Google Adwords

Sekalipun banyak keuntungan, kerugian menggunakan fitur ini juga bukan tanpa kerugian.

Bahkan, jika Anda tidak paham cara memasarkan iklan, maka Anda tidak akan mendapatkan profit apapun darinya.

Nah, di artikel berikut akan dijelaskan tentang kerugian-kerugian tersebut. Silakan disimak ini dia kerugian-kerugiannya:

1. Mengeluarkan Biaya Mahal Untuk Iklan Premium

Kekurangan yang pertama adalah Anda harus mengeluarkan biaya mahal untuk beriklan. Memang ada beberapa fitur yang bisa Anda gunakan secara gratis. Tetapi hasilnya tidak akan memuaskan. Karena pengunjungnya akan sedikit.

Lain soal kalau anda upgrade adword yang premium, tentu viewer yang datang lebih banyak. Bahkan pihak Google akan membantu memasarkan iklan dari perusahaan Anda.

2. Sistem Pembayaran Rumit

Kekurangan yang selanjutnya adalah sistem pembayaran rumit. Karena pihak Google Adword tidak menggunakan sistem pembayaran transfer Bank, melainkan menggunakan paypal dan Kartu kredit.

Maka dari itu, untuk beriklan via Google Adword, Anda harus membuat dulu akun Paypal atau mengajukan permohonan kartu kredit ke Bank. Cukup rumit dan sulit bukan!

Baca Juga : Cara Penggunaan Kartu Kredit

3. Strategi Marketing Iklan Bisa Gagal Karena Biaya

Jangan senang dulu jika iklan sudah terdaftar di Goggle Adword. Apalagi yang gratisan atau biayanya murah. Karena semakin hari harganya akan semakin meroket, disebabkan oleh persaingan usaha periklanan yang semakin meroket.

Maka dari itu, Jika Anda tidak memiliki finansial yang cukup, bisa-bisa apa yang sudah Anda bangun rusak dengan cepat. Maka dari itu, perhitungkan terlebih dahulu sebelum bergabung dengan Google Adword.

Itulah pengertian, kelebihan dan kekurangan beriklan di Google Adwords. Silakan Anda tentukan pilihan apakah tetap mencobanya atau sebaliknya. Sekadar saran, perhitungkan terlebih dahulu untung ruginya yang sebagian sudah dijelaskan di atas.

Baca Juga : Pengertian Digital Marketing

Leave a Comment

×

Ikuti Kami di Facebook