Pengertian Google Duo Adalah : Arti Dan Fungsinya

Pengertian Google Duo Adalah : Arti Dan Fungsi Google Duo – Google Duo merupakan Aplikasi Video call yang dirilis oleh google.

Setelah sebelumnya google kalah dalam persaingan #media sosial dengan produknya google plus yang kalah dengan facebook dan juga aplikasi chat hangout yang kalah dengan whatsapp.

Aplikasi video call buatan google ini sepertinya berambisi untuk mengalahkan pesaingnya yang sudah lebih lama terjun di aplikasi video call seperti Skype dan FaceTime.

Aplikasi google duo ini dikatakan sebagai aplikasi video call mandiri karena tidak adanya fungsi messaging seperti yang kalian dapatkan ketika menggunakan Skype, ini benar-benar hanya bertujuan untuk video chat.

Salah satu hal yang menarik dari Google Duo yaitu aplikasi ini tidak membutuhkan akun Google seperti aplikasi Google lainnya.

Google Duo lebih membutuhkan nomor telepon kalian sebagai penggunanya daripada akun Google.

Google duo memiliki sebuah fitur UI yang sederhana dan hanya mempunyai ukuran sangat kecil yaitu 5MB saja, sehingga hal ini bisa menjadi pilihan yang menarik bagi pengguna yang suka menelepon dengan video.

Lalu yang paling membuat aplikasi video call ini istimewa adalah pada kecepatannya, meskipun juga mempunyai fitur-fitur menarik lainnya.

Fitur menarik yang terdapat pada Duo yaitu Knock Knock. Fitur ini begitu mirip dengan preview video satu arah yang dapat dilihat oleh penerima telepon.

Para pengguna dapat melihat video penelepon sebelum akhirnya memutuskan untuk menerima panggilan atau tidak. Knock knock akan terlihat jika penelepon terdapat dalam daftar kontak.

Dengan adanya fitur tersebut, penerima panggilan diharapkan mengetahui apa yang sedang dilakukan oleh penelepon dan ingin berbicara tentang apa. Knock Knock yang berada di Android bekerja di Lock Screen.

Akan tetapi jika di iPhone, fitur ini hanya muncul pada tampilan aplikasi Allo yang dirancang oleh Google untuk bersaing dengan aplikasi pesan instan Whatsapp yang begitu populer.

Akan tetapi tentu saja Google ingin menghadirkan sesuatu yang berbeda dan lebih ‘fresh’ bagi publik dan memastikan memberikan aplikasi yang berbeda dengan yang sudah ada sebelumnya.

Bagi kalian yang hobi menggunakan pesan instan, maka Google Duo ini wajib diunduh ke smartphone Android atau iPhone kalian.

Akan tetapi jika kalian tidak menyukai fitur ini karena tidak ingin aktifitas kalian terlihat, fitur Knock Knock bisa dimatikan.

Caranya yaitu dengan tap ikon menu yang ada di kanan atas layar, lalu kemudian Settings > ganti Knock Knock menjadi Off.

Google Duo juga membuat shortcut yang memudahkan penggunanya untuk menelpon seseorang di waktu yang akan datang.

Kalian nantinya bisa menekan dan menahan thumbnail untuk mengakses beberapa opsi tambahan seperti Remove from listBlock numberAdd to contacts dan Start a video call.

Fungsi dari Google Duo ini yaitu memberikan kemudahan saat digunakan.

Hanya dengan menggunakan nomor telepon, kalian bisa langsung menghubungi orang-orang di daftar kontak kalian, serta memberikan pengalaman berkomunikasi dengan cepat dan tidak merepotkan.

Jadi di video call bisa terhubung dengan cepat dan tetap bekerja meski kalian berada pada koneksi yang lambat, kalian bisa selalu berbagi momen penting dengan orang terdekat, di manapun kalian berada, Google duo juga bisa secara otomatis beralih dari Wi-Fi ke jaringan ponsel tanpa memutus panggilan, jadi saat kalian memulai telepon dari rumah dengan koneksi Wi-Fi, kalian akan tetap bisa berbicara tanpa putus begitu kalianmelangkah keluar dan mulai menggunakan jaringan ponsel.

Leave a Comment