Pengertian HTTPS Adalah : Kelebihan Dan Kekurangannya

Di dalam internet banyak sekali istilah asing yang harus diterjemahkan. Karena jika tidak, kita hanya mengenal namanya tetap tidak mengetahui apa pengertian istilah tersebut serta apa saja kelebihan dan kekurangannya.

Pada artikel berikut ini akan dijelaskan tentang pengertian HTTPS. Sedangkan di uraian terakhir akan dijabarkan terkait kelebihan dan kekurangannya. Ini dia penjelasan lengkapnya:

Pengertian HTTPS

Pengertian HTTPS adalah singkatan dari bahasa asing yaitu hypertext transfer protocol secure. Maksudnya adalah HTTPS merupakan satu protokol atau prosedur lalu lintas komunikasi.

Sedangkan komunikasi yang dimaksud adalah komunikasi daring atau dalam jaringan (internet).

HTTPS adalah protokol komunikasi di internet yang dianggap paling valid.

Sehingga sistem keamanan data dan informasi di dalam komunikasi lebih aman. Ini yang menjadikan HTTPS lebih sering digunakan dibandingkan yang lain.

Tidak ada sesuatu yang sempurna di bumi ini. Pasti jika ada kelebihan juga bakal ada kekurangannya. Begitu juga dengan HTTPS.

Nah di bawah ini akan dijelaskan tentang kelebihan dan kekurangan HTTPS. Selanjutnya silahkan ditentukan, opsi mana yang Anda pilih. Memilih HTTPS atau malah meninggalkannya. Ini dia penjelasannya:

Kelebihan-Kelebihan HTTPS

HTTPS memiliki beberapa kelebihan dibandingkan yang lainnya. Ini dia kelebihan-kelebihan tersebut:

1. Informasi Yang Dibaca Lebih Valid

Jika situs menggunakan HTTPS biasanya informasi yang disediakan valid dan legal. Karena blogger pemiliknya harus melalui seleksi ketat untuk mendapatkan akses sistem ini.

Biasanya situs berlabel HTTPS menjadi rujukan para ahli dan profesional untuk mendapatkan informasi melalui situs. Karena dianggapnya informasi tersebut memiliki validasi data yang lebih kuat dibandingkan yang lainnya.

Konsep ini hampir tidak dikenal oleh masyarakat awam. Maka dari itu, mereka seenaknya saja memilih situs lalu membaca informasi di sana. Padahal validasi dan kebenarannya masih belum jelas.

2. Website Lebih Ber-integritas

Jika menggunakan HTTPS maka situs terlihat lebih ber-integritas. Karena ini menunjukkan keseriusan blogger dalam melindungi komunikasi yang terjadi di dalamnya.

Karena seperti yang sudah disebutkan di atas bahwa situs dengan HTTPS memiliki standar keamanan lebih tinggi dibandingkan yang lainnya. Oleh sebab itu, situs dengan HTTPS membuat pengunjung lebih nyaman ketika melakukan interaksi di sana.

Ini pula yang menjadi alasan mengapa para blogger seharusnya beralih pada HTTPS dibandingkan HTTP. Ini juga demi perkembangan situs tersebut yang tentunya lebih banyak menyedot pengunjung.

3. Traffic Pengunjung Situs Meningkat

Kelebihan dari HTTPS yang selanjutnya adalah traffic pengunjung akan meningkat. Karena di situs semacam ini, jumlah pengunjungnya sangat banyak. Hal ini disebabkan oleh informasi yang valid serta sistem keamanan yang mumpuni.

Oleh sebab itu, salah satu cara untuk meningkatkan traffic pengunjung situs ialah mengubah nama depan situs Menjadi HTTPS. Silakan dicoba pasti hasilnya berbeda.

Memang untuk mendapatkan kode tersebut dibutuhkan registrasi. Namun jika sekiranya situs akan memberikan keuntungan, maka tidak mengapa untuk dicoba. Terutama bagi situs yang dibuat dalam rangka bisnis dan selainnya.

4. Mudah Mendapatkan Komisi Adsense

Seperti sudah dijelaskan di atas kalau situs menggunakan HTTPS traffik-nya akan meningkat. Maka dari itu, pengiklan tentu tertarik untuk memasang iklannya di dalam situs.

Nah, itu artinya peluang blogger mendapatkan komisi dari iklan sangat terbuka lebar. Karena semakin banyak yang mengunjungi situs, peluang iklan di-klik juga semakin besar.

Karena alasan itulah mari beralih dari yang biasa menjadi HTTPS. Dijamin memuaskan dan Anda tidak akan kecewa telah membesarkan situs dengan susah payah.

Baca Juga : Cara Meningkatkan Pendapatan Adsense

Kekurangan Menggunakan HTTPS

Sekalipun menggunakan HTTPS banyak kelebihannya, tetapi penggunaan kode ini ternyata juga ada kekurangannya. Ini dia kekurangan-kekurangan yang dimaksud:

1. Kode yang Tidak Penting untuk Digunakan

Kekurangan yang pertama adalah sejatinya HTTPS adalah kode yang tidak penting untuk digunakan. Karena sangat sedikit sekali terjadi kasus pencurian data komunikasi di dalam jaringan.

Kecuali untuk situs-situs tertentu yang Berkaitan dengan finansial, bisnis, informasi rahasia dan selainnya.

Dengan adanya alasan di atas, memang tidak dianjurkan untuk menggunakan HTTPS. Apalagi untuk situs pemula yang esensi dari konten-nya juga ringan dan bukan informasi yang berat apalagi yang membutuhkan data akurat.

Karena situs semacam ini tentu tidak sebanding dengan keruwetan ketika ingin mengubah kode biasa menjadi HTTPS. Maka dari itu, silakan pertimbangkan kembali untuk menggunakannya.

2. Semua Pengaturan Situs Akan Hilang

Kekurangan yang kedua adalah semua pengaturan situs akan hilang. Salah satunya adalah sitelink. (Baca : Cara Mendapatkan Sitelink Google)

Padahal ini sangat dibutuhkan apalagi bagi Anda yang sudah mengelola situs tersebut selama bertahun-tahun.

3. Traffic Menurun Sementara

Kekurangan HTTPS yang terakhir adalah traffic akan menurun sementara. Biasanya penurunan ini terjadi selama satu minggu saja. Maka dari itu, jika sudah mengubah kode ke HTTPS tingkatkan durasi membuat artikel.

Karena hanya dengan memperbanyak publish artikel, peluang traffic kembali meningkat sangat besar.

Nah Ini dia kelebihan dan kekurangan dari HTTPS dibandingkan HTTP. Silakan tentukan pilihan Anda sekarang juga.

Leave a Comment