Pengertian Internet Adalah : Sejarah, Fungsi, dan Perkembangan di Indonesia

Berbicara masalah peradaban di era sekarang, pastinya tak akan lepas dari adanya peran internet. Hampir seluruh lapisan masyarakat di dunia telah mengenal dan mendapatkan banyak kemudahan berkat adanya internet.

Terlepas dari segala kemudahan yang diberikan oleh internet, sudahkah kamu mengetahui pengertian, sejarah, hingga perkembangannya di Indonesia?

Internet boleh jadi begitu akrab dengan kehidupan manusia, tapi tak sedikit orang yang belum mengenal mengenai pengertian dan sejarah internet sebelumnya.

Nah, untuk itu, berikut ada penjelasan mengenai internet dari mulai pengertian hingga perkembangannya di Indonesia. Simak yuk.

Pengertian Internet

Pengertian Internet adalah sebuah jaringan yang paling luas di sistem teknologi informasi yang mana bisa menghubungkan perangkat yang ada di berbagai belahan dunia untuk saling terhubung.

Dalam jaringan internet, terdapat standard IP atau Internet Protocol yang berfungsi untuk mengirimkan data.

Umumnya, setiap informasi yang ada di internet mampu diakses dengan jaringan www atau world wide web. Informasi yang bisa didapatkan lewat internet memang sangat melimpah dengan jumlah 5 exabytes dalam sehari.

Jumlah tersebut bila diumpamakan akan setara dengan dengan 40 ribu dengan durasi 2 jam per detiknya.

Selain pengertian secara umum dari internet yang ada di atas, masih ada beberapa pengertian lain dari para ahli. Untuk selengkapnya, simak beberapa penjelasannya berikut.

1. Pengertian Internet Menurut Harjono

Internet merupakan kumpulan dari komputer yang jumlahnya bisa mencapai jutaan dan saling terhubung satu sama lain di seluruh dunia.

Untuk menghubungkan seluruh komputer tersebut, dibutuhkan media berupa kabel, satelit, maupun sambungan telepon.

2. Pengertian Internet Menurut Onno Purbo

Menurut Onno Purbo, internet adalah media yang berfungsi untuk memudahkan proses komunikasi. Beberapa komunikasi tersebut biasanya dilakukan lewat Web maupun Email.

3. Pengertian Internet Menurut Supriyanto

Internet didefinisikan sebagai hubungan antara komputer dan berbagai jaringan di dunia. Hubungan tersebut menggunakan perangkat komunikasi seperti telepon dan satelit, serta menggunakan standar protokol seperti TCP/IP.

4. Pengertian Internet Menurut Ramdhani

Ramdhani mendefinisikan internet sebagai sekumpulan jaringan komputer yang mampu menghubungkan berbagai situs seperti situs pemerintahan, komersial, akademik, organisasi, dan perorangan.

5. Pengertian Internet Menurut Sibero

Sibero menjelaskan secara ringkas bahwa internet adalah singkatan dari inter-connected network dan berupa jaringan komputer yang saling terhubung secara global.

6. Pengertian Internet Menurut Sarwono

Sarwono mendefinisikan internet mirip dengan penjelasan dari Sibero yaitu jaringan komputer skala global yang dijalankan dengan bantuan berbagai perangkat.

Dari adanya hubungan tersebut memungkinkan internet mampu menjangkau hubungan dari satu negara ke negera lain.

7. Pengertian Internet Menurut Berners Lee

Menurut Berners Lee, internet adalah jaringan yang terdiri dari beberapa jaringan lagi yang saling berhubungan.

Jaringan komputer yang dimaksudkan oleh Berners Lee adalah jaringan komputer lokal, akan tetapi tetap bisa untuk menyambungkan jaringan lain yang posisinya berjauhan.

Baca Juga : Negara Dengan Koneksi Internet Tercepat

Sejarah Internet

Sejarah Internet
Sejarah Internet

Internet yang bisa dinikmati oleh banyak masyarakat dunia sekarang ini, tak lepas dari sejarahnya yang cukup panjang. Sejarah panjang dari internet ini dimulai dari berbagai teknologi dasar.

Pertama, dimulai dengan transistor yang ditemukan oleh William Shockley, John Bardeen, dan Walter Houser Brattain di tahun 1947.

Berlanjut ke tahun 1959, transistor MOS mulai ditemukan lagi dengan nama MOSFET oleh Mohamed Atalla dan Dawon Kahng.

Lalu, penelitian lain yang berhubungan dengan sambungan paket internet mulai dilakukan di tahun 1960an. Beberapa sambungan paket ini meliputi jaringan NPL, ARPANET, Merit Network, dan CYCLADES. Telenet lantas menyusul dikembangkan di akhir tahun 1960-1970an.

Dalam proyek ARPANET, dilakukan yang namanya pengembangan protokol antarjaringan. Dalam protokol ini, beberapa jaringan yang terpisah mampu bergabung dengan jaringan yang lain.

Mulanya pengembangan ARPANET dimulai dari dua node jaringan di Network Measurement Center yang ada di UCLA dan sistem NLS yang ada di SRI International. Proyek pengembangan ini dilakukan pada tahun 1969.

Berikutnya, pada tahun 1971, perkembangan sejarah internet cukup signifikan terjadi lewat adanya 15 situs yang terhubung ke ARPANET.

Meskipun perkembangannya cukup signifikan, tetapi kolaborasi secara internasional dari ARPANET cukup jarang dilakukan.

Ditengah mandeknya perkembangan ARPANET, istilah internet kemudian muncul pada akhir tahun 1974, yang mana merupakan singkatan dari internetworking.

Pada tahun 1981, penggunaan ARPANET kembali diperluas sejalan dengan standarisasi penggunaan TCP/IP di tahun 1982. Adanya standarisasi TCP/IP ini membuat adanya jaringan interkoneksi di seluruh dunia.

Di tahun 1986, jaringan TCP/IP semakin diperluas dengan adanya bantuan NSFNet yang menyediakan akses ke situs super komputer untuk para peneliti di Amerika Serikat.

Kemudian, pada tahun 1980-an hingga awal 1990-an, penyedia layanan internet komersial atau ISP mulai bermunculan dan dengan begitu ARPANET mulai dinonaktifkan.

Selanjutnya, internet mulai berkembang secara pesat di Eropa dan juga Australia di pertengahan sampai akhir 1980-an. Sementara itu, internet mulai masuk ke Asia di awal tahun 1990-an.

Fungsi Internet

Sudah bukan rahasia lagi kalau internet punya banyak sekali fungsi di kehidupan ini. Setiap kegiatan sehari-hari saat ini pun tak akan lepas dari adanya internet.

Untuk lebih lengkapnya lagi mengenal apa saja fungsi dari internet, simak ulasan selangkapnya di bawah ini.

1. Mempermudah Akses Informasi dan Pendidikan

Dengan adanya internet, setiap orang pastinya tak akan takut ketinggalan informasi dan kesusahan dalam mengakses informasi.

Apapun yang ingin dicari dapat dengan mudah ditemukan lewat adanya mesin pencari seperti Google. Bahkan, dalam satu pencarian saja, hasilnya bisa mencapai puluhan hingga ratusan ribu.

Tidak seperti masa dulu saat internet belum ditemukan, untuk mendapatkan informasi dibutuhkan usaha yang lebih besar. Misalnya, dengan mencari di sumber-sumber buku, koran, maupun majalah.

Tapi, hadirnya internet telah memudahkan banyak hal termasuk mendapatkan informasi secara cuma-cuma dengan hasil yang sangat banyak pula.

Berhubungan dengan mudahnya akses informasi berkat adanya internet, akses pendidikan pun jadi semakin mudah pula.

Jika sebelumnya untuk mendapatkan informasi mengenai materi maupun ilmu pengetahuan hanya bisa didapatkan lewat buku dan sumber-sumber tepercaya saja, namun sekarang internet juga bisa dijadikan sumber untuk mendapatkan informasi dalam hal ilmu pengetahuan.

Tentunya, setiap informasi yang ada tidak bisa dipercayai 100% begitu saja dan tetap harus dicek keakuratannya.

Akses informasi dalam internet juga bukan hanya berhubungan dengan pendidikan saja. Akses informasi ini juga bisa berupa informasi lowongan pekerjaan hingga informasi mengenai lokasi.

2. Mempermudah Akses Komunikasi

Komunikasi adalah satu hal penting dalam kehidupan, terutama bagi orang yang saling berjauhan. Adanya internet telah memberikan kemudahan komunikasi jarak jauh sekalipun.

Pada masa dulu, untuk komunikasi hanya bisa dilakukan melalui cara tradisional seperti mengirim surat, namun sekarang berkirim pesan pun dengan mudah dilakukan. Entah itu lewat surel maupun aplikasi chatting.

Disamping itu, sebelum adanya internet pasti terasa sangat mustahil untuk bersua hanya dengan menatap layar komputer atau smartphone.

Tetapi, sekarang pun sangat mudah untuk berjumpa lewat layar dengan adanya video call dan internet. Kemudahan ini membuktikan kalau internet memang menyumbangkan kemajuan peradaban bagi masyarakat di seluruh dunia.

3. Menciptakan Peluang Berbisnis Lebih Luas

Semua pebisnis pasti setuju jika berbisnis di era sekarang lebih mudah dilakukan berkat adanya internet. Salah satunya dengan adanya marketplace yang memungkinkan setiap pebisnis untuk menjual produk mereka.

Disamping itu, sosial media pun sekarang telah dimanfaatkan oleh banyak pebisnis untuk menjual produk yang dimiliki karena mudahnya menarik perhatian pembeli.

Hal ini juga didukung oleh banyaknya jumlah pengguna sosial media sekarang ini. Setiap harinya, jumlah pengguna sosial media terus bertambah dan tentunya akan menjadi lahan bisnis yang bagus.

4. Memudahkan Transaksi

Di era internet, segala macam transaksi bisa dilakukan secara virtual, mulai dari mentransfer uang, membayar tagihan, membayar belanjaan, dan lain sebagainya.

Bagi beberapa orang kemudahan seperti ini memang sangat praktis karena tak perlu repot-repot antri di bank.

Selain itu, adanya internet telah memberikan kemudahan saat berbelanja. Belanja dapat dilakukan hanya dengan cara mengunjungi situs perbelanjaan, sehingga pembeli pun tidak perlu repot-repot untuk datang ke supermarket maupun tempat belanja lainnya.

5. Memudahkan Akses Mendapat Hiburan

Sebelum adanya internet, hiburan bisa dikatakan cukup sulit untuk dijangkau. Butuh datang ke lokasi tertentu untuk bisa menikmati suatu hiburan.

Misalnya, kita perlu datang untuk ke bioskop demi menonton film, lalu perlu datang ke stadion bola untuk menonton pertandingan sepak bola.

Namun, sekarang ini kegiatan ini juga bisa digantikan hanya dengan mencari hiburan di layar handphone.

Internet telah memberikan jalan bagi penyedia layanan hiburan untuk menayangkan aneka hiburan secara virtual. Hal ini tentu sangat memudahkan bagi beberapa orang yang mempunyai akses cukup jauh untuk tiba di suatu tempat hiburan.

Dengan segala fungsi yang dimiliki oleh internet, pastinya banyak aspek kehidupan yang dimudahkan.

Meskipun begitu, pengguna internet dituntut untuk menjadi bijak dalam menggunakan internet. Apalagi sekarang ini cukup banyak yang memanfaatkan kemudahan internet untuk hal-hal yang kurang baik.

Dampak Negatif Internet

Dampak Negatif Internet
Dampak Negatif Internet

Selain banyak fungsi untuk kehidupan sehari hari, namun ada damfak negatif yang harus di hindari, diantaranya :

  • Konten tidak baik

Segala informasi tersedia didalam itente sehingga menuntuk kita bijak dalam memilih dan memilah konten seperti apa yang harus dilihat.

Sangat disarankan untuk semua pihak apalagi anak di bawah umur tidak menggunakan layanan internet untuk kegiatan yang tidak berfaedah atau tidak bermanfaat,

  • Banyak berita palsu atau Hoax

Tentunya tidak asing lagi dengan kata Hoax alias berita palsu.

Banyak sekali saat ini beredar berita palsu yang tentunya bisa saja membuat para pembaca percaya dan berakibat buruk.

Jadi bila membaca sesuatu di internet langkah pertama yang harus dilakukan adalah dengan memastikan Hoax atau tidak.

  • Marak terjadi cyber bulliying

Hal ini tentunya sangat membahayakan apalagi jika menimpa pada anak anak dan remaja.

Di internet siapapun akan sulit menyembunyikan privasi sehingga cyber bulliying akan terjadi pada siapapun yang dianggap layak. Jadi harus waspada selalu.

  • Adanya kejahatan internet atau cyber crime

Dampak negatif yang bisa diterima oleh pengguna internet adalah kemungkinan terkena tipu apalagi seseorang suka berbelanja online.

Jadi bila ingin berbelanja ataupun melakukan transaksi secara online pastikan tempat yang kita tuju aman dan sudah terpercaya.

  • Budaya asli mulai ditinggalkan

Dengan adanya internet, semua orang sibuk dengan komputer dan smartphone masing masing sehingga meninggalkan kebiasaan yang sedari dulu telah menjadi budaya kita seperti bertemu dan saling sapa.

Perkembangan Internet di Indonesia

Perkembangan Internet di Indonesia
Perkembangan Internet di Indonesia

Indonesia tergolong sebagai negara yang pertumbuhan pengguna internetnya cukup pesat. Bahkan, Indonesia masuk sebagai jajaran negara dengan pengguna internet terbanyak dibandingkan dengan negara yang lain.

Jumlah ini terlihat dari adanya peningkatan yang semula hanya 29% di tahun 2013 dan kemudian terus tumbuh hingga 56% di tahun 2017. Sedangkan pada tahun 2020 peningkatan terjadi hingga 200% dari tahun 2017.

Begitu juga dengan penggunaan internet harian yang dulunya hanya sekitar 49%, sekarang telah meningkat menjadi 79%. Pengguna internet di Indonesia didominasi oleh pengguna sosial media popular seperti Instagram, Facebook, Twitter, YouTube, WhatsApp, dan Line.

Dengan jumlah yang begitu besar ini, Indonesia menjadi lahan ekonomi digital terbesar di wilayah Asia Tenggara.

Setidaknya, total nilai ekonomi Indonesia pada tahun 2018, telah mencapai angka 27 triliyun dalam mata uang USD. Jumlah tersebut didasarkan pada banyaknya transaksi online, ojek online, hingga pelayanan keuangan.

Tentunya perkembangan internet di Indonesia yang begitu pesat ini memberikan banyak dampak positif pada ekonomi Indonesia misalnya mampu menambah penghasilan negara, membuka lapangan pekerjaan lebih luas, dan membuka peluang bisnis untuk usaha kecil dan menengah.

Perkembangan internet yang cukup baik di Indonesia ini diharapkan terus memberikan dampak positif, bukan hanya pada aspek ekonomi saja, tetapi juga di aspek-aspek lainnya.

Perbedaan Antara Internet dan Intranet

Internet :

  • Memiliki jaringan yang sangat luar dan mencapai hampir seluruh negara di dunia
  • Mempunyai Jaringan yang Kuat
  • Saat ini memiliki perkembangan yang terbilang cukup Pesat
  • Bisa diakses dimanapun kita berada dan kapanpun

Intranet :

  • Jaringan hanya mencangkup wilayah yang sangat sempit dan bersifat lokal
  • Memiliki perkembangan yang cukup lambat
  • Ketahuilah bahwa jenis jaringan ini biasanya digunakan untuk perkantoran, sekolah, universitas, rumah sakit, dan lain lain.

Itulah tadi penjelasan mengenai Pengertian Internet Adalah : Sejarah, Fungsi, dan Perkembangan di Indonesia yang saat ini menjadi teman akrab masyarakat di seluruh dunia.

Dari sejarah awalnya hingga perkembangannya yang sekarang, internet memang menunjukkan banyak kemudahan dan kedepannya pun diharapkan kemudahan ini tetap bermakna positif bagi seluruh penggunanya.

Leave a Comment