Pengertian Kewirausahaan Adalah : Faktor Kegagalan Dalam Wirausaha

Jumlah masyarakat yang mulai terjun ke dunia wirausaha dari hari ke hari memang terus bertambah.

Ada banyak faktor yang membuat jumlah tersebut terus naik diantaranya karena semakin mudahnya memasarkan produk dengan bantuan internet.

Namun, memulai usaha dapat dikatakan bukan hal yang mudah dan banyak yang harus dipersiapkan bukan hanya berhubungan dengan modal saja.

Untuk bisa menjadi seorang wirausahawan yang baik, seorang wirausahawan harus mempunyai pengetahuan mengenai kewirausahaan. Supaya lebih memahami mengenai apa itu kewirausahaan buat kamu yang mau mendalami dunia usaha, mari simak berbagai ulasan berikut.

Pengertian Kewirausahaan Menurut Para Ahli

Apa yang di maksud dengan kewirausahaan? Dalam bahasa inggris, kewirausahaan disebut dengan entrepreneurship adalah rangkaian proses yang dilakukan oleh wirausahawan dalam berwirausaha atau berbisnis.

Untuk bisa menjalankan proses berwirausaha, seorang wirausahawan harus mempunyai pemikiran-pemikiran yang inovatif, unik, dan bisa memberikan keuntungan untuk wirausahawan itu sendiri dan masyarakat banyak.

Supaya kamu lebih memahami lebih dalam mengenai pengertian kewirausahaan, berikut ada penjelasan mengenai pengertian kewirausahaan dari sudut pandang para ahli.

Menurut Rusdiana

Apa itu kewirausahaan menurut Rusdiana? Ia kalau kewirausahaan berasal dari dua kata yaitu wira dan usaha. Wira mempunyai arti peluang, manusia teladan, dan manusia berwatak agung.

Namun, bila diterjemahkan lebih lanjut, kewirausahaan adalah kemampuan seorang dalam berwirausaha, terutama dalam hal mengenali produk baru, menentukan produksi baru, menyusun strategi, mengatur modal, dan memasarkan suatu produk.

Menurut Sukamdani

Menurut sudut pandang Sukamdani, wirausaha merupakan individu yang mampu mendirikan, mengelola, hingga mengembangkan suatu perusahaan.

Sesuai dengan pengertian mengenei wirausaha tersebut, kewirausahaan adalah kemampuan dari seseorang untuk melihat, mengamati, menilai peluang usaha, mengambil tindakan dalam berwirausaha, dan mendapat keuntungan dari berbagai usaha tersebut.

Menurut Thomas W. Zimmerer

Thomas W. Zimmerer bersama dengan Norman M. Scrbrough ikut memberikan pendapat mengenai wirausahawan. Dalam hematnya, wirausahawan adalah individu yang mampu menciptakan suatu bisnis dengan berbagai resiko yang akan didapat demi mendapat keuntungan dari bisnis tersebut.

Kemudian, Zimmerer juga menambahkan penjelasan mengenai kewirausahaan sebagai suatu penerapan inovasi dan kreativitas dalam memecahkan berbagai masalah serta memanfaatkan berbagai peluang yang ada di setiap waktu.

Dengan pengertian tersebut, bisa dikatakan jika kewirausahaan mencoba menggabungkan inovasi, kreativitas, dan keberanian menghadapi berbagai resiko yang akan diterima.

Menurut Peter F. Drucker

Kewirausahaan dalam sudut pandang Peter F. Drucker mempunyai beberapa konsep yang meliputi sifat dan karakteristik seseorang untuk mewujudkan ide dan gagasan mengenai suatu bisnis dan melakukan berbagai usaha untuk mendatangkan keuntungan.

Menurut Gitosardjono

Dalam salah satu pendapatnya mengenai kewirausahaan, Gitosardjono menjelaskan kalau kewirausahaan adalah proses penerapan inovasi dan kreativitas yang diharapkan bisa bermanfaat atau memberikan keuntungan.

Untuk bisa mendapatkan keuntungan tersebut, juga dibutuhkan kemampuan yang kompeten dalam mengelola sumber daya yang ada. Apabila sumber daya mampu dikelola dengan baik, maka disitulah keuntungan akan didapatkan.

Selain beberapa pengertian yang telah disampaikan oleh para ahli di atas, pengertian entrepreneurship atau kewirausahaan juga dimuat dalam Instruksi Presiden Republik Indonesia (INPRES) No. 4 Tahun 1995 mengenai Gerakan Nasional Memasyaratkan dan Membudayakan Entrepreneur.

Dalam INPRES tersebut, kewirausahaan diartikan sebagai sikap, semangat, dan kemampuan individu untuk menciptakan usaha, menerapkan cara kerja yang efektif, dan memperoleh banyak keuntungan dari berbagai proses yang dijalani.

Karakteristik Kewirausahaan

Beralih ke pembahasan selanjutnya, kewirausahan mempunyai karakteristiknya sendiri. Secara umum, terdapat 4 macam karakteristik dari kewirausahaan yaitu aktivitas ekonomi, kreativitas dan inovasi, profit atau keuntungan, serta mampu menanggung resiko. Keempat karakteristik ini akan dibahas lebih lanjut berikut.

Aktivitas Ekonomi

Aktivitas ekonomi termasuk hal yang tidak bisa dipisahkan dalam kewirausahaan. Mengingat kewirausahaan sendiri adalah bagian dari bidang ekonomi, sehingga tidak mungkin kewirausahaan berjalan tanpa adanya aktivitas ekonomi.

Dalam proses berwirausaha, dibutuhkan beberapa berbagai upaya seperti perancangan hingga menjalankan bisnis itu sendiri. Dalam upaya ini, dibutuhkan sumber daya yang bisa dimanfaatkan secara optimal.

Kreativitas & Inovasi

Kreativitas & Inovasi
Kreativitas & Inovasi

Dalam menjalankan prinsip kewirausahaan, dibutuhkan sebuah ide yang berbeda dan baru. Oleh karenanya, dibutuhkan seorang individu yang penuh kreativitas dan inovasi supaya kewirausahaan bisa berjalan dengan baik.

Untuk bisa mendapatkan ide atau inovasi yang berbeda ini dibutuhkan kejelian dan insting yang kuat dalam mengamati hal-hal yang ada di sekitar.

Selain pencarian ide, kewiruasahaan juga membutuhkan evaluasi yang dilakukan secara berkali, sehingga ide yang didapat akan penuh dengan inovasi yang baru.

Profit atau Keuntungan

Karakteristik berikutnya dari kewirausahaan adalah mendapatkan keuntungan. Setiap individu yang ingin membangun bisnis sudah tentu akan mempunyai mindset satu ini.

Namun, perlu diketahui jika profit atau keuntungan ini termasuk bagian dari reward atas usaha yang dilakukan selama ini.

Jadi, profit atau keuntungan tentu boleh dijadikan sebagai suatu tujuan utama, namun tak boleh untuk melupakan berbagai upaya yang harus dilakukan terlebih dahulu.

Keberanian Menanggung Resiko

Dalam melakukan wirausaha, kemampuan memperhitungkan resiko yang akan didapat adalah sebuah kemampuan yang setidaknya harus dimiliki.

Resiko ini akan berhubungan dengan ide atau inovasi yang memang masih baru dicoba untuk dilaksanakan.

Dikarenakan tidak semua ide mampu memberikan hasil yang bagus, maka seorang wirausahawan harus punya karakteristik yang berani menanggung resiko dalam prinsip kewirausahaan.

Tujuan Kewirausahaan

Setiap pelaku wirausaha boleh jadi mempunyai tujuan yang berbeda dalam menjalankan usahanya. Tujuan ini bisa berhubungan dengan dirinya sendiri maupun berhubungan dengan lingkungan sekitarnya.

Tujuan Kewirausahaan
Tujuan Kewirausahaan

Untuk mempermudah pemahaman mengenai tujuan kewirausahaan, berikut akan dirangkum mengenai tujuan-tujuan kewirausahaan secara umum.

Mensejahterakan Masyarakat

Jika suatu usaha atau bisnis bisa berkembang pesat, maka akan dibutuhkan lebih banyak sumber daya manusia. Semakin banyaknya sumber daya manusia yang terlibat dalam suatu bisnis, maka akan semakin banyak pula masyarakat yang bisa disejahterakan.

Memiliki tujuan seperti ini termasuk ke dalam tujuan yang sangat mulia, dan realitanya juga tidak sedikit pelaku wirausaha yang menggunakan tujuan ini dalam menjalankan bisnis.

Membudayakan Semangat Berwirausaha

Tidak sedikit pemilik usaha yang mempunyai tujuan seperti ini dikarenakan ingin jumlah wirausaha semakin banyak, sehingga bisa memberikan banyak manfaat pula pada masyarakat lain.

Selama ini, semangat berwirausaha masyarakat bisa dikatakan tidak terlalu tinggi. Hal ini dikarenakan banyak masyarakat yang merasa kalau berwirausaha hanya untuk orang-orang yang mempunyai jiwa wirausaha itu sendiri.

Padahal, setiap orang yang memulai usaha bisa jadi adalah para pemula dalam bidang ini, sehingga masih terus belajar sembari berproses.

Meningkatkan Inovasi dalam Masyarakat

Tujuan lain dari kewirausahaan yang masih berhubungan dengan masyarakat adalah mampu meningkatkan inovasi yang ada di masyarakat.

Beberapa pelaku usaha yang cenderung jeli melihat hal-hal yang ada di sekitar biasanya merasakan kalau perlu adanya inovasi yang baru yang diciptakan di masyarakat.

Oleh karenanya, pelaku usaha yang memiliki tujuan seperti ini biasanya mempunyai panggilan hati untuk memajukan masyarakat dengan inovasi-inovasi yang digagasnya.

Menyebarkan Ilmu Kewirausahaan

Tidak sedikit pula wirausahawan yang ingin menularkan ilmu wirausahanya dengan masyarakat lain. Wirausahawan yang punya tujuan seperti ini biasanya tidak akan pelit dalam membagikan ilmunya kepada siapapun.

Contohnya bisa dilihat pada pebisnis-pebisnis yang telah sukses, biasanya akan dengan senang hati membagikan banyak ilmu lewat seminar-seminar kewirausahaan. Dengan begitu, mereka percaya kalau nantinya di masa depan akan semakin banyak wirausahawan yang berkualitas.

Meningkatkan Kesadaran Berwirausaha

Kesadaran akan berwirausaha di masyarakat diketahui memang tidak terlalu tinggi dibandingkan dengan minat mereka untuk bekerja di suatu perusahaan. Hal seperti ini seolah terjadi secara turun menurun di mana masyarakat cenderung terkonstruksi dalam pemikiran mencari ilmu, kemudian lulus akan mencari kerja.

Disamping itu, rendahnya kesadaran berwirausaha juga terjadi karena masyarakat yang cenderung takut untuk memulai sebuah bisnis.

Oleh karena hal ini, sekarang sudah cukup banyak pebisnis yang mulai menata ulang tujuannya untuk sekaligus bisa meningkatkan kesadaran dalam berwirausaha di masyarakat. Dengan begitu, akan semakin banyak masyarakat yang mulai terjun ke dunia wirausaha.

Manfaat Kewirausahaan

Banyak manfaat yang bisa dirasakan ketika seorang mulai berwirausaha dengan menerapkan prinsip kewirausahaan. Manfaat tersebut bisa dirasakan bukan hanya pada diri sendiri saja, tetapi juga pada lingkugan sekitar.

Nah, untuk lebih lanjut mengetahui manfaat kewirausahaan, simak ulasannya berikut.

Membuka Lapangan Pekerjaan

Salah satu keuntungan dari adanya kewirausahan tidak lain adalah mampu membuka peluang lapangan pekerjaan yang lebih banyak.

Terutama jika bisnis tersebut tergolong bisnis yang sukses, maka akan semakin banyak pula kebutuhan akan sumber daya manusianya.

Dengan begitu, secara tidak langsung lapangan pekerjaan akan terbuka semakin lebar untuk masyarakat di luar sana.

Melatih Diri untuk Memanfaatkan Peluang

Manfaat berikutnya yang akan didapatkan dari kewirausahaan adalah bisa melatih individu untuk memanfaatkan berbagai peluang yang ada.

Tidak semua orang mempunyai kepekaan terhadap hal ini.  Sehingga, saat seorang individu terjun ke dunia wirausaha, secara tidak langsung wirausahawan ini akan sedikit demi sedikit mulai melatih diri mereka memanfaatkn peluang yang ada demi mendapat keuntungan bisnis.

Melatih Keberanian Diri

Berwirausaha memang membutuhkan keberanian mengingat resiko-resiko yang mungkin akan dihadapi. Tentu saja dengan terjun ke dunia kewirausahaan, seorang individu akan lebih terlatih untuk menjadi berani dalam mengambil keputusan-keputusan penting sekaligus menghadapi resikonya.

Ini juga bisa menjadi sebuah hal yang bagus untuk pengembangan diri, karena melatih keberanian juga berarti mencoba keluar dari zona nyaman.

Mendapatkan Keuntungan Secara Maksimal

Manfaat satu ini sudah pasti menjadi manfaat yang disukai oleh semua pelaku wirausaha. Keuntungan yang didapat dari berwirausaha juga terkadang dijadikan sebagai motivasi oleh para wirausahawan itu sendiri.

Mendapat keuntungan menunjukkan jika usahanya selama ini membuahkan hasil dan oleh karenanya harus bekerja lebih keras lagi untuk mendapatkan hasil yang lebih besar.

Mengembangkan Potensi Diri

Cara yang tepat untuk mengembangkan potensi diri bisa dilakukan dengan berwirausaha. Ini juga termasuk ke dalam keuntungan yang kamu dapatkan ketika kamu benar-benar terjun ke bidang satu ini.

Akan ada banyak hambatan maupun kesulitan yang dihadapi pada awalnya, namun inilah yang akan menjadikan potensi diri kamu berkembang.

Sifat Seorang Wirausahawan

Beberapa sifat seorang wirausahawan adalah :

  • Mempunyai kemandirian, keyakinan, optimisme dan juga individualisme.
  • Berani mengambil resiko yang tinggi dan sangat gemar menerima tantangan.
  • Selalu berusaha membekali diri dengan sebaik mungkin agar bisa berprestasi dan selalu berorientasi pada laba. (Baca : Pengertian Laba Adalah)
  • Memiliki keyakinan yang kuat bahwa hidup yang sukses adalah hasil dari kerja keras
  • Mudah bergaul dengan siapa saja dan menerima bila ada kritik dan saran guna untuk membangun.
  • Mempunyai ide dan inovasi yang tinggi, fleksibel dan memiliki jaringan yang banyak dan kuat dalam bisnis.

Hal-hal diatas tentunya harus dimiliki oleh semua pihak yang ingin memulai dalam dunia usaha.

Faktor Kegagalan Dalam Wirausaha

Faktor Kegagalan Dalam Wirausaha
Faktor Kegagalan Dalam Wirausaha

Tidak semua yang berwirausaha akan mendapatkan kesuksesan, bahkan banyak yang mengalami kegagalan. Berikut ini adalah faktor seseorang gagal dalam wirausaha :

  • Kurang matangnya proses perencanaan.
  • Tidak memiliki sikap yang sungguh sungguh dalam berusaha.
  • Minimnya pengalaman baik dalam keterampilan dalam mengelolah sumber daya manusia maupun dalam hal kordinasi tim.
  • Kurangnya dalam pengawasan pekerja dan peralatan.
  • Tidak memiliki kemampuan yang baik dalan transisi kewirausahaan.
  • Lokasi usaha yang tidak tepat.
  • Manajemen keuangan yang tidak tertata dengan baik.

Itulah berbagai penjelasan mengenai pengertian kewirausahaan yang disampaikan oleh para ahli hingga manfaat yang akan didapatkan. Seorang wirausahawan yang mampu menerapkan prinsip kewirausahaan dengan baik, pastinya akan mendapatkan keuntungan dan manfaat yang lain.

Leave a Comment


Notice: Undefined index: popup_cookie_glcbi in /home/jokowari/public_html/wp-content/plugins/cardoza-facebook-like-box/cardoza_facebook_like_box.php on line 924