Pengertian LSI Adalah : Keuntungan dan Cara Menggunakannya

Pengertian LSI

Pengertian LSI Keywords adalah singkatan dari Latent Semantic Indexing yang dikonfirmasi oleh algoritma google sebagai faktor yang penting dari sistem ranking yang ada di SERP.

Sedangkan LSI Keywords adalah keyword yang berhubungan dengan keyword utama.

Atau sering disebut sebagai sinonim dari keyword utama, LSI Keyword juga mencakup hal – hal lain, baik yang berhubungan langsung maupun yang tidak langsung dari keyword utama.

LSI Juga memetakan sekaligus menemukan hubungan antar keyword berdasarkan pola pencarian dan tabiat para pengguna.

Cara Menemukan LSI Keyword

Cara menemukan LSI keyword menggunakan cara yang cukup mudah yaitu dengan menggunakan google search. Begini cara mencarinya

  1. Masukan kata kunci utama pada kolom halaman pencarian.
  2. Lalu lihat pada bagian paling bawah (searches related) ,
  3. Pilih salah satu keyword yang berhubungan dengan isi artikel Anda

Keuntungan Menggunakan LSI Keyword

Menggunakan LSI Keyword memiliki pengaruh yang besar. Ada beberapa keuntungan yang Anda dapat kan jika Anda menggunakan LSI Keyword ini.

1. Meningkatkan Ranking Search Engine

LSI Keyword membuat konten menjadi lebih jelas dan saling berkaitan atau lebih relevan.

Akibat dari saling keterkaitan itu, search engine akan lebih mudah mendeteksi konten yang Anda miliki. Maka dari itu akan terjadi peningkatan ranking pada website Anda.

Baca Juga : Cara Kerja Mesin Pencari Google dalam Merangking Keyword

2. Meningkatkan kredibilitas konten

Setelah meningkatkan ranking search engine, Anda tinggal menunggu waktu untuk konten Anda banyak diakses, dibaca, disebarkan, dan lain lain. Hal itu meningkatkan kredibilitas konten anda.

3. Mengurangi bounce rates

Bouce rate dapat diartikan presentase pengunjung yang keluar dari website setelah hanya melihat satu halaman atau sekilas konten Anda.

Konten yang dioptimasi oleh LSI Keyword akan menjadi lebih spesifik dan tersasar ke pencari yang juga spesifik.

Akibatnya, tingkat bounce rates akan berkurang karena pengunjung menemukan yang mereka cari.

4. Meningkatkan waktu browsing di website Anda

Penggunaan LSI Keyword yang tepat dan bervariasi dapat berkontribusi pada konten yang kreatif, enak dibaca, dan terasa natural.

Dan akan berpengaruh terhadap pengunjung website Anda, mereka akan menghabiskan waktu lebih lama di website Anda.

Cara Menggunakan LSI Keyword

Untuk mendapat hasil yang maksimal anda harus menggunakan LSI Keyword dengan benar dan tepat.

Penempatan yang tidak tepat akan berdampak buruk pada konten Anda. Begini lah cara menggunakan LSI Keyword untuk hasil yang maksimal

1. Menggunakan dan memilih keyword yang benar dan tepat

ketika melakukan riset dengan menggunakan salah satu tools yang ada di atas, lakukan eliminasi keywords yang tidak relevan.

Berhati-hati lah terhadap keyword duplikat. Cara Menggunakan LSI keywords yang tidak relevan akan berdampak negatif pada konten SEO yang Anda buat.

2. Gunakan secara natural

Jangan memaksakan penggunaan LSI Keyword berulang ulang, apalagi menempatkannya dengan asal.

Memang terkadang keyword yang digunakan menjadi sedikit aneh, namun selalu usahakan menempatkan keyword tersebut secara natural.

Dianjurkan untuk menggunakan keyword yang memiliki arti atau makna.

Namun kualitas konten anda ditentukan dari kualitas dan isi konten yang Anda buat bukan hanya mengandalkan keyword yang digunakan.

3. Tempatkan di posisi strategis

Kami menyarankan anda unuk menempatkan LSI Keyword di tempat – tempat berikut ini.

  • Nama postingan
  • Judul konten yang Anda buat
  • Di halaman awal dan akhir konten
  • Dapat juga di gunakan di Permalink dan anchor text .

Cara kerja LSI Keyword adalah dia akan memetakan sekaligus menemukan hubungan antar keyword berdasarkan pola pencarian dan tabiat para pengguna.

Dan dapat menjadikan konten yang Anda buat mendapatkan peringkat atas di jendela pencarian, itu akan membuat konten atau website yang anda buat menjadi lebih mudah untuk dilihat atau dicari oleh pengguna.

Penggunaan LSI berguna untuk memberitahukan mesin pencari tentang apa yang sedang dibahas pada suatu halaman website.

Misalnya ketika Anda menulis artikel yang membahas tentang “Kesehatan jiwa”, dan ketika orang lain melakukan pencarian hanya dengan mengetikkan kata kunci “kesehatan jiwa”, maka mesin pencari akan menampilkan berbagai informasi berhubungan dengan kesehatan jiwa .

Bisa saja informasi yang ada tersebut tidak sesuai dengan informasi yang Anda butuhkan, karena kesehatan jiwa memiliki cakupan yang sangat luas.

Maka dari itu, ketika menulis artikel yang membahas tentang kesehatan jiwa, alangkah lebih baik jika kamu menggunakan keyword yang berhubungan dengan kesehatan jiwa menjadi lebih spesifik.

Seperti “strategi kesehatan jiwa Anda”, “pengertian kesehatan jiwa”, “manfaat kesehatan jiwa” atau kata lain yang berhubungan dengan isi artikel yang Anda buat.

Begitulah tips tips yang dapat kami berikan kepada anda semoga dengan adanya artikel ini membuat Anda menjadi lebih mudah untuk membuat artikel anda menjadi lebih mudah di akses oleh banyak orang dan jangan lupa buat artikel yang menarik dan mudah dibaca agar orang lebih menyukai artikel yang Anda buat.

Leave a Comment