Pengertian Manajemen Strategi Adalah : Manfaat, Cara Dan Tahapan 

Kali ini kami akan menjelaskan seputar managemen strategi. Pasti anda akan bertanya apa itu managemen strategi?

Disinilah tempat terbaik untuk anda yang mencari jawabannya. Dalam hal ini, kami akan menjelaskan mulai dari pengertian, manfaat cara hingga pada tahapan dari managemen strategi.

Tanpa basa-basi lagi, mari kita simak bersama ulasan yang sudah disediakan oleh kami untuk anda, seperti berikut ini.

Pengertian Manajemen Strategi

Pengertian managemen strategi adalah suatu rangkaian atau proses dari kegiatan untuk mengambil keputusan yang disertai dengan sifat mendasar dalam membangun dan menetapkan cara pelaksanaannya agar sebuah organisasi bisa mencapai tujuannya sendiri.

Adapun pengertian dari para ahli dibidang managemen, berikut dibawah inilah yang menjadi pembahasannya.

  • David Hunger, mengatakan bahwa managemen strategi menjadi salah satu rangkaian keputusan ataupun tindakan sehingga bisa menentukan kinerja dari perusahaan itu sendiri dengan jangka waktu yang cukup lama.
  • Thomas Wheelen and Co, managemen strategi merupakan rangkaian keputusan manajerial dalam berbagai kegiatan yang akan menentukan keberhasilan organisasi di masa yang akan datang.
  • Bambang Haryadi, dimana pengertian dari managemen strategi adalah suatu proses yang akan disusun secara sistematis dari perusahaan itu sendiri sehingga semua misinya bisa berjalan dengan baik.
  • Mulyadi, menurutnya managemen strategi menjadi sebuah proses yang akan dilakukan oleh seorang manajer serta pegawai sehingga bisa melaksanakan dan merumuskan serta mewujudkan apa yang menjadi visi dari organisasi.
  • Nawawi, managemen strategi merupakan suatu perencanaan yang berskala besar dan berorientasi sehingga bisa mencapai tujuan yang sudah direncanakan sebelumnya.

Manfaat Manajemen Strategi

Manfaat managemen strategi ini sangat bermanfaat untuk keperluan dunia bisnis anda saat ini.

Dengan adanya managemen strategi, maka anda bisa melihat bagaimana keadaan yang akan datang di masa depan dari bisnis anda.

Disini akan dijelaskan beberapa manfaat saja yang perlu diketahui oleh anda. Dibawah inilah yang merupakan manfaat-manfaat dari managemen strategi, berikut ulasannya.

  • Melalui managemen strategi, anda bisa menghasilkan sebuah keputusan yang terbaik untuk perusahaan atau organisasi anda.
  • Perusahaan/organisasi bisa menjadi lebih kuat dalam menghadapi berbagai tantangan.
  • Secara umum, managemen strategi ini dapat membuat suatu perusahaan atau organisasi bisa menjadi lebih baik dalam beradaptasi untuk sebuah perubahan.
  • Pegawai yang terlibat dalam managemen strategi bisa mendapatkan motivasi dalam bekerja.
  • Dan masih banyak lagi manfaat dari managemen strategi ini, salah satunya adalah dapat mengatasi berbagai macam masalah, baik itu masalah yang datang dari luar maupun dari dalam.

Cara Manajemen Strategi

Jika anda sudah meliha pembahasan mengenai pengertian dan manfaatnya diatas, maka selanjutnya anda akan mengetahui tentang cara untuk managemen strategi.

Ada tiga hal utama yang harus diperhatikan oleh anda dalam menjalankan strategi dari manajemen. Berikut dibawah inilah yang menjadi cara-cara tersebut.

1. Berpikir Secara Matang

Berpikir secara matang menjadi salah satu hal yang harus diperhatikan oleh anda sehingga bisa mendapatkan hasil yang lebih baik untuk perusahaan anda di masa yang akan datang.

Anda dapat memikir secara kristis, kreatif dan memiliki pemikiran yang terbuka serta oprtunis. Dengan begitu, tujuan yang sudah direncanakan bisa digapai oleh anda sendiri.

2. Berani Untuk Mengambil Resiko

Dalam memulai bisnis, maka pastikan anda memiliki keberanian dalam mengambil resiko.

Apabila anda ragu, tentunya ini akan menjadi kecil kemungkinanan jika anda ingin sukses di dunia bisnis.

Sebenarnya, berani mengambil resiko harus memiliki kerja keras yang tinggi sehingga anda bisa mendapatkan hasil yang terbaik dalam berbisnis.

3. Menjadi Orsinil

Cara yang terakhir anda dapat menciptakan sebuah produk yang menarik dan yang pastinya sangat berbeda dengan beberapa produk saingan anda.

Dikarenakan ini biasanya akan membuktikan dan bisa membuat para konsumen menjadi lebih tertarik dengan produk baru yang diciptakan oleh anda sendiri. Itulah sebabnya kenapa anda harus menjadi seorang yang orsinil.

Tahapan Manajemen Strategi

Dalam sebuah organisasi ataupun perusahaan, khususnya untuk bisnis komersial tentu saja yang akan menjadi salah satu hal yang harus diperhatikan adalah proses serta tahapan yang dibutuhkan oleh anda.

Pada umumnya, tahapan managemen strategi ini dibagi menjadi 3 tahapan utama.

Nah, berikut dibawah ini sudah disediakan tahapan-tahapan tersebut untuk anda, simak pembahasannya.

1. Menerapkan Strategi

Untuk tahap yang pertama anda dapat menerapkan strategi yang akan ditetapkan dan kemudian untuk diimplementasikan.

Sebagai contoh adalah anda dapat merancang struktur perusahaan, membuat kebijakan, pengembangan dari proses pengambilan serta pengolahan sumber daya manusia dan usaha pemasaran.

2. Merumuskan Strategi

Ditahap yang kedua dimaksudkan anda dapat melakukan pengembangan terhadap visi maupun misi serta menganalisa SWOT, menentukan dan menetapkan untuk tujuan yang akan dating di masa depan organisasi, bahkan masih banyak lagi beberapa strategi yang alternatif lainnya.

3. Mengevaluasi Strategi

Mengevaluasi anda dapat mengkaji ulang beberapa faktor internal maupn eksternal yang akan menjadi landasan terhadap perumusan strategi yang sudah ditetapkan sebelumnya.

Selain itu, anda juga dapat mengukur kinerja pada saat ini, dan dapat memperbaiki kekurangan yang ada sebelumnya sehingga bisa menjadi lebih berhasil di masa depan.

Leave a Comment