Pengertian Pagerank Blog Adalah : Faktor Yang Mempengaruhinya

Pengertian Pagerank Blog Adalah : Faktor Yang Mempengaruhinya – Bagi para blogger, pagerank menjadi salah satu hal yang menentukan nasib kesuksesan blog mereka.

Apakah pagerank blog kita berada pada posisi atas atau bawah, bertambah naik atau malah turun, merupakan perkara yang dihadapi setiap harinya oleh para blogger.

Tentu saja kita akan kegirangan tujuh keliling bila hasil menunjukkan bahwa posisi pagerank kita naik.

Namun sebaliknya juga, kita akan pusing tujuh keliling jika hasil menyatakan sebaliknya. Begitulah liku-liku dari dunia blogger.

Tapi, jujur saja, seringkali kita dibingungkan dengan hasil pagerank sendiri.

Kita sudah merasa melakukan semua aturan main yang telah kita ketahui namun hasilnya malah menyatakan pagerank website kita menurun.

Perputaran pada pagerank sendiri diatur oleh sang mesin pencarian, dalam hal ini mayoritas penduduk di dunia menjadikan Google sebagai mesin pencarian nomor satu di Internet.

Lalu, sebenarnya, faktor apa sajakah yang menentukan perputaran pagerank pada Google?

Sebentar lagi, kita akan memperlajari bersama faktor yang memperngaruhi pegerank blog; bagi para pembaca sekalian yang belum memahami benar apa itu pagerank, kami juga memberikan penjelasan singkat mengenai pagerank.

Tanpa perlu berlama-lama, mari kita simak bersama!

Pengertian Pagerank Blog

Jadi, apa itu pagerank?

Google pagerank merupakan wadah yang diberikan oleh mesin pencari (dalam hal ini Google) sebagai alat untuk mengukur seberapa pentingnya sebuah website atau blog di dalam internet atau yang biasa kita sebut dunia maya menurut ranking yang diberikan oleh mesin pencari itu sendiri.

Dapat kita katakan, bahwa Google memiliki penilaian khusus pada setiap website dan blog yang bertebaran di dunia maya untuk menilai penting atau tidaknya website maupun blog tersebut (prioritas atau tidak).

Jadi, semakin tinggi ranking sobat dalam pagerank mesin pencari, maka semakin besar pula kemungkinan popularitas situs kalian bertambah.

Karena semakin tinggi ranking, maka semakin mudah para netizen untuk menemukan situs yang sobat miliki.

Tapi ingat, bagi kalian para pemula janganlah langsung berharap bahwa situs kalian akan menapakkan kaki dalam pagerank dengan mudah.

Umumnya, untuk situs newbie atau yang baru dibuat, sangatlah wajar untuk bila belum mendapatkan tempat dalam pagerank Google.

Jadi, janganlah kecewa, karena memang untuk bisa masuk ke dalam pagerank membutuhkan proses yang cukup panjang.

Tetaplah bersabar dan tingkatkan mutu serta kualitas dari setiap konten yang sobat unggah. Karena perlu kalian tahu, bahwa Google juga memperhatikan situs-situs yang berkualitas maupun tidak, begitu pula netizen.

Tidak hanya kualitas, berikut ini kita akan membahas beberapa faktor yang perlu seluruh blogger pahami mengenai pagerank. Faktor-faktor tersebut akan menentukan kenaikkan maupun penurunan dari situs milik sobat.

Karena seperti halnya buku petunjuk yang berisi berbagai hal yang harus ditaati, begitu pula faktor-faktor ini di mata Google.

Kalian tidak mau menaati, maka jangan harapkan situs kalian akan berkembang!

Faktor Yang Mempengaruhi Pagerank Blog

1. Inbound dan Outbound Link

Pernah-kah sobat mendengar mengenai inbound dan outbound link sebelumnya?

Semisal sobat belum pernah mendengar kedua istilah ini, maka kami akan menerangkan sedikit mengenai keduanya: yang dimaksudkan dengan inbound link adalah semua link yang nantinya akan masuk menuju ke situs milik kita.

Sedangkan untuk outbound link bisa berupa link yang keluar mengarah kepada halaman di dalam blog atau juga disebut internal link maupun link tersebut dapat keluar menuju ke situs yang lain atau yang disebut external link.

Dalam kaitannya dengan pagerank, sobat harus selalu memastikan bahwa inbound link yang kita dapatkan lebih besar dari pada outbound link.

Baca Juga : Pengertian Outbound Link

2. Backlink

Untuk para blogger, istilah backlink sudah menjadi bagian dari pekerjaan mereka sehari-hari.

Namun, kami tetap akan menjelaskan sedikit untuk berjaga-jaga jika ada dari para pembaca sekalian yang belum memahami apa itu backlink.

Backlink merupakan sebutan untuk semua link yang mengarah dan masuk ke situs yang kita miliki.

Lalu, bagaimana cara kita agar mendapatkan backlink ini?

Para pembaca dapat memperolehnya melalui banyak cara seperti halnya dengan meng-submit blog kalian melalui social media, mungkin kalian bisa menggunakan relasi sebagai sarana untuk bertukar link, dan juga berkomentar pada situs-situs yang lain.

Informasi mengenai backlink :

Ada satu hal penting mengenai backlink perlu para pembaca ketahui, jika kalian mendapatkan backlink dari situs-situs yang memiliki peringkat lebih tinggi di dalam pagerank Google, maka kemungkinan besar situs yang sobat miliki terangkat di pagerank mesin pencarian akan semakin besar.

Jadi, sangatlah membantu jika sobat benar-benar mengevaluasi terlebih dahulu situs yang akan kalian building backlink, karena semakin tinggi rankingnya akan semakin baik.

Terlebih lagi, kalian juga dapat menghindari situs-situs yang telah di banned oleh Google dan juga situs-situs spam. Singkat kata, tak semua situs itu aman.

3. Halaman Index Blog

Faktor terakhir yang perlu diperhatikan adalah jumlah dari halaman index blog atau situs milik kalian.

Alasannya cukup sederhana, jika kita memiliki halaman index yang cukup banyak, maka halaman-halaman sebelumnya yang telah terindex dan telah masuk dalam pagerank di Google akan menyumbang nilai kepada halaman-halaman lain (yang baru) yang belum terindex.

Alasan yang lain adalah semakian banyak halaman akan semakin memperkuat building dari internal link karena pada umumnya kita bisa saling mengaitkan halaman satu dengan yang lain.

Leave a Comment