Pengertian Pasar Modern Adalah : Contoh, Ciri, Kelebihan, dan Kekurangannya

Berbelanja kebutuhan sehari-hari bisa dilakukan di mana saja, entah itu di pasar, minimarket, supermarket, ataupun memesan secara online.

Berbicara masalah pasar, sebenarnya pasar ini bisa dibedakan menjadi dua macam, yaitu pasar tradisional dan pasar modern.

Keberadaan pasar tradisional sekarang ini bisa dibilang hanya sedikit peminat, mengingat pasar modern sendiri sudah banyak beredar di seluruh daerah di Indonesia.

Bahkan, di pedesaan pun tak jarang sudah mulai didirikan pasar modern. Di satu sisi, berbelanja di pasar modern memang lebih bersih serta barang yang dijual pun tertata  rapi.

Disamping itu, semakin berkembangnya zaman juga membuat banyak orang yang beralih untuk lebih sering berbelanja ke pasar modern.

Meskipun telah diminati oleh banyak orang untuk berbelanja, namun adanya pasar modern ini ternyata juga memiliki kelebihan dan kekurangannya tersendiri.

Selain itu, pasar modern juga memiliki ciri-ciri yang membedakannya dari pasar tradisional.

Dengan banyaknya informasi dan fakta mengenai pasar modern yang perlu diketahui, mari simak penjelasan mengenai pengertian, contoh, ciri, kelebihan, dan kekurangan pasar modern berikut ini.

Pengertian Pasar Modern

Bila didefinisikan secara umum, Pengertian pasar modern adalah tempat transaksi jual beli barang yang mana transaksi tersebut tidak terjadi secara langsung.

Hal ini dikarenakan harga barang-barang yang dijual di pasar modern sudah tidak dapat ditawar dan barang tersebut sudah diberi label harga.

Kemudian, untuk proses pembelian biasanya akan diproses dan dilayani oleh pramuniaga.

Macam-macam dari pasar modern ini umumnya lumrah ditemukan di perkotaan, akan tetapi saat ini di pedesaan pun pasar modern juga bisa ditemukan.

Contoh Pasar Modern

Keberadaan pasar modern di Indonesia tidaklah sulit untuk ditemukan. Secara umum, contoh dari pasar modern ini berupa minimarket, supermarket, atau swalayan. Namun, bila mengambil contoh yang lebih spesifik lagi, berikut adalah diantaranya:

  1. Hypermart
  2. Carrefour
  3. Matahari Departement Store
  4. Giant
  5. Ramayana
  6. Circle-K
  7. Alfamidi
  8. Alfamart
  9. Indomaret
  10. Transmart

Selain sepuluh contoh yang disebutkan di atas, sebenarnya masih banyak lagi contoh pasar modern yang ada di daerah sekitar lingkungan yang kita tinggali.

Ciri Pasar Modern

Setelah mengenal contoh-contoh dari pasar modern, selanjutnya untuk lebih mengenal pasar modern juga diperlukan mengenali melalui ciri-cirinya. Apa saja sebenarnya ciri-ciri pasar modern? Mari simak penjelasannya berikut.

  1. Barang yang dijual di pasar modern sudah memiliki label harga.
  2. Tidak ada aktivitas tawar menawar seperti di pasar tradisional.
  3. Pelayanan di pasar modern dibantu oleh pramuniaga.
  4. Apabila ingin melakukan pembayaran, maka pembeli harus melakukan pembayaran ke kasir.
  5. Barang yang dijual umumnya sangat beragam untuk kebutuhan sehari-hari dengan kualitas yang baik.
  6. Setiap barang yang dijual terstruktur dan tertata rapi sesuai dengan kelompok barang tersebut.
  7. Pasar modern mempunyai kondisi yang bersih, rapi, dan dilengkapi dengan air conditioner.

Kelebihan Pasar Modern

Terdapat beberapa kelebihan yang dimiliki oleh pasar modern yang mana kelebihan ini menjadikannya lebih unggul dibandingkan pasar tradisional. Kelebihan tersebut meliputi:

1. Barang yang Dijual Memiliki Kualitas Baik

Tidak semua barang dapat dijual di pasar modern. Barang-barang yang bisa memasuki pasar modern diharuskan memenuhi standar kualitas tertentu.

Dengan standar kualitas ini, diharapkan pembeli yang datang ke pasar modern bisa lebih yakin untuk berbelanja.

2. Kondisi Pasar Modern Bersih dan Nyaman

Kelebihan selanjutnya yang banyak disukai oleh para pembeli adalah nyamannya saat berbelanja ke pasar modern. Kenyamanan ini didukung oleh kebersihan, tidak bau, serta barang-barang yang tertata rapi dan terstruktur.

Dengan kenyamanan ini, pasar modern menjadi salah satu tempat perbelanjaan yang diidolakan oleh masyarakat banyak.

3. Menjual Banyak Jenis Barang

Bukan hanya kebutuhans sehari-hari seperti buah-buahan dan sayur-sayuran, pasar modern juga menjual barang-barang kebutuhan primer seperti pakaian, baik berupa baju, celana, rok, hingga sepatu.

Bisa dikatakan jika pasar modern ini adalah paket lengkap untuk berbelanja.

4. Memperbanyak Lapangan Kerja

Adanya pasar modern, tidak dipungkiri memang menyumbangkan banyaknya lapangan kerja.

Dengan banyaknya lapangan kerja ini tentunya bisa mengurangi masalah pengangguran yang ada di Indonesia. (Baca Juga : Pengertian Pengangguran konjungtural)

Banyak sekali jenis pekerjaan yang bisa ditemukan di pasar modern, mulai dari petugas kebersihan, bagian keamanan, bagian pemasaran, pramuniaga serta bagian lain yang melayani konsumen.

Kekurangan Pasar Modern

Segala sesuatu pasti mempunyai dua sisi yang berlawanan. Sama halnya dengan pasar modern, disamping mempunyai kelebihan, pasar modern juga mempunyai kekurangan. Adapun kekurangan dari pasar modern adalah:

1. Menurunnya Konsumen Pasar Tradisional

Keberadaan pasar modern di satu sisi memang menarik minat banyak orang, namun di sisi yang lain, kehadiran pasar ini justru mengurangi konsumen yang biasanya datang ke pasar tradisional.

Banyak pembeli yang merasakan keunggulan pasar modern dibandingkan pasar tradisional, sehingga lebih nyaman untuk berbelanja di pasar modern.

Hal ini berimbas pada menurunnya jumlah konsumen pasar tradisional tiap harinya.

2. Memberikan Dampak Kesenjangan Ekonomi

Imbas lain dari adanya pasar modern adalah berkurangnya penghasilan para pedagang di pasar tradisional.

Hal ini juga diakibatkan karena para pembeli lebih menyukai berbelanja di pasar modern.

Disamping itu, mengingat pedagang di pasar tradisional adalah masyarakat ekonomi kelas bawah, maka sudah pasti akan terjadi kesenjangan ekonomi.

Apalagi, banyak pemasok di pasar modern merupakan masyarakat ekonomi menengah hingga atas.

Nah, demikianlah sekilas penjelasan tentang pasar modern mulai dari pengertian, contoh, ciri, kelebihan, dan kekurangannya.

Dengan mengetahui serba-serbi penjelasan di atas, pastinya akan lebih mudah mengenali pasar modern yang ada di sekitar kita.

Selain itu, sama dengan jenis perbelanjaan lainnya, pasar modern juga memiliki kelebihan dan kekurangannya.

Baca Juga : Pengertian Peluang Pasar

Leave a Comment