Pengertian Pegadaian Digital Adalah : Kelebihan dan Kekurangannya

Pengertian Pegadaian Digital Adalah : Kelebihan dan Kekurangannya – Nama Pegadaian sepertinya sudah bukan hal baru di masyarakat.

Pegadaian ini merupakan sebuah lembaga pembiayaan yang memberikan penawaran berbagai macam produk serta pembiayaan gadai bagi masyarakat yang sedang membutuhkan pendanaan.

Sebagai salah satu lembaga pembiayaan yang dimiliki pemerintah, Pegadaian memiliki banyak keunggulan dan sudah dipercaya oleh banyak masyarakat yang menggunakan layanan Pegadaian.

Untuk menjadi salah satu lembaga yang tetap memberikan pelayanan terbaiknya, Pegadaian juga berupaya untuk mengembangkan layanannya.

Salah satu upaya tersebut dilakukan dengan memunculkan layanan terbarunya yaitu Pegadaian Digital (Pegadaian Digital Services).

Adanya layanan baru yang berbasis online ini, ditujukan karena Pegadaian ingin merambah ke ranah yang lebih luas termasuk menjangkau para millenial.

Apalagi, saat ini millenial sudah sangat familiar dengan penggunaan teknologi berbasis online.

Nah, untuk mengetahui serta mengenal mengenai Pegadaian Digital, berikut akan dikupas berkaitan dengan pengertian, kelebihan, dan kekurangan Pegadaian Digital.

Pengertian Pegadaian Digital

Secara ringkas, Pengertian Pegadaian Digital adalah sebuah layanan digital yang dikeluarkan oleh layanan pembiayaan Pegadaian berupa aplikasi, serta dapat pula diakses melalui websitenya yaitu https://digital.pegadaian.co.id.

Layanan ini memiliki banyak fitur yang berfungsi untuk memberikan layanan baik kepada nasabah atau calon nasabah mengenai produk-produk dari Pegadaian.

Munculnya Pegadaian Digital merupakan salah satu upaya dari PT Pegadaian (Persero) dalam upaya untuk mengembangkan perusahaan ini menjadi perusahaan keuangan berstrategi G-5Star Generation.

Disamping itu, adanya Pegadaian Digital ini diharapkan oleh perusahaan tersebut untuk memperluas pasar ke generasi millenial.

Kelebihan Pegadaian Digital

Layanan Pegadaian Digital ini memang tergolong layanan baru yang baru diluncurkan pada tanggal 1 April 2018.

Namun, layanan ini ternyata telah memberikan kemudahan serta masih sangat relevan dengan arus perkembangan zaman.

Namun, kelebihan dari Pegadaian Digital bukan hanya sebatas itu, berikut akan dijelaskan lebih lanjut mengenai kelebihan-kelebihan lainnya dari Pegadaian Digital.

1. Tidak Perlu Datang Ke Cabang Pegadaian

Mengingat akhir-akhir ini terjadi wabah COVID-19, kehadiran Pegadaian Digital ini mampu memberikan solusi tersendiri untuk tidak keluar rumah bagi nasabah atau calon nasabah Pegadaian yang ingin melakukan suatu transaksi di Pegadaian.

Apabila sebelum adanya Pegadaian Digital para nasabah harus mendatangi cabang terlebih dulu untuk melakukan suatu transaksi, maka dengan adanya Pegadaian Digital, beberapa proses transaksinya bisa dilakukan di rumah.

Disamping itu, untuk para nasabah yang tidak mau direpotkan dengan mengunduh aplikasi, mengakses Pegadaian Digital pun bisa dilakukan melalui website resmi Pegadaian Digital.

Bahkan, terdapat pula kontak untuk customer service bagi nasabah yang mempunyai pertanyaan atau keluhan yang berhubungan dengan Pegadaian Digital.

2. Kecepatan Layanan Setara dengan Pegadaian Konvensional

Dibandingkan dengan Pegadaian yang konvensional, Pegadaian Digital ini juga mempunyai kecepatan layanan yang setara atau sama dengan Pegadaian konvensional.

Para nasabah atau calon nasabah hanya perlu mengisikan beberapa informasi yang ada di Pegadaian Digital, dengan begitu bisa langsung melakukan pengajuan gadai ataupun kredit mikro lainnya.

Mengenai barang yang bisa digadaikan di Pegadaian Digital pun hampir sama dengan Pegadaian konvensional yaitu emas, barang elektronik, alat pertanian atau perikanan, sertifikat (tanah atau rumah), serta kendaraan.

3. Layanan yang Diberikan Sangat Lengkap

Tidak jauh berbeda dengan layanan yang ada di outlet Pegadaian konvensional, layanan yang ada di Pegadaian Digital pun bisa dikatakan sangat lengkap.

Layanan tersebut berupa transaksi gadai (memperpanjang, mencicil, menebus), pembayaran cicilan pinjaman, menabung dan mencicil emas, membayar tagihan BPJS, air, listrik, membeli pulsa dan paket data, serta pelayanan untuk menjadi agen Pegadaian.

Dengan layanan yang begitu lengkap tersebut, maka Pegadaian Digital ini pun sudah bisa digunakan sebagai alternatif yang memudahkan urusan.

Kekurangan Pegadaian Digital

Selain mempunyai kelebihan yang telah disebutkan di atas, Pegadaian Digital ini juga mempunyai beberapa kekurangan, yaitu:

1. Tetap Diminta Ke Kantor Cabang

Salah satu layanan yang diberikan oleh Pegadaian Digital adalah adanya layanan membuka tabungan emas.

Adanya layanan ini memang memudahkan bagi nasabah yang ingin membuka tabungan emas tanpa mendatangi kantor cabang Pegadaian.

Hanya saja, apabila tabungan emas sudah selesai dibuat, maka nasabah pun tetap harus datang ke kantor cabang untuk mengambil buku tabungan tersebut.

Selain itu, nasabah juga diminta untuk mentransfer dana sebesar Rp. 100.000 yang mana digunakan sebagai biaya admin, biaya titip, dan pembelian saldo awal.

Selanjutnya, setelah mendapatkan buku tabungan emas, nasabah baru bisa mengintegrasikan data pada Pegadaian Digital dengan cara memasukkan nomor CIF yang ada di buku rekening. Apabila nomor CIF sudah dimasukkan, maka data akan otomatis terhubung.

2. Belum Banyak Dikenal Masyarakat Luas

Kekurangan lainnya dari Pegadaian Digital ini adalah belum banyaknya masyarakat yang mengenal layanan Pegadaian Digital.

Di beberapa daerah di Indonesia, banyak dari nasabah Pegadaian yang masih awam dengan kehadiran Pegadaian Digital.

Oleh karena itu, pemasaran Pegadaian Digital ini harus lebih ditingkatkan. Mengingat layanan ini juga memiliki layanan yang sama lengkapnya dengan Pegadaian konvensional. Sehingga, pastinya bisa memudahkan para nasabah dalam mengakses layanan Pegadaian Digital.

Itulah serba-serbi mengenai Pegadaian Digital yang meliputi pengertian, kelebihan, dan kekurangan Pegadaian Digital.

Sebagai salah satu layanan terbaru yang dikeluarkan oleh Pegadaian, Pegadaian Digital telah menjadi sebuah terobosan baru untuk memperluas pasar pada generasi millenial.

Dengan segala kelebihan yang dipunyai, layanan ini rasanya patut untuk dicoba terutama bagi nasabah ataupun calon nasabah Pegadaian.

Baca Juga : Syarat dan Jenis Pinjaman di Pegadaian

Leave a Comment