Pengertian Peluang Usaha Adalah : Ciri, Sumber, Analisa dan Contohnya

Di tengah perkembangan internet yang mampu memberikan kemudahan di segala aspek kehidupan, berwirausaha pun jadi semakin mudah untuk dilakukan siapapun.

Kemudahan ini bisa terlihat dari banyaknya pengusaha yang merambah ke dunia online dengan memasarkan produk mereka lewat platform-platform online.

Ditambah lagi, sosial media yang ada sekarang ini mulai memperbarui fitur-fitur yang ada dengan fitur yang memungkinkan penggunanya untuk berbelanja di sosial media tersebut.

Meskipun berwirausaha di era sekarang jauh lebih mudah, akan tetapi tidak semua orang bisa menjadi pelaku usaha yang sukses. Hanya orang-orang tertentu yang mengerti mengenai peluang usahalah yang bisa merajai pasar.

Nah, untuk itu, buat kamu yang ingin serius menjadi seorang pengusaha, ada baiknya kalau kamu juga mengenal dulu mengenai apa itu peluang usaha. Selengkapnya mengenai peluang usaha ini akan dibahas lewat penjelasan berikut.

Pengertian Peluang Usaha

Saat memulai untuk membuka bisnis, peluang usaha termasuk hal yang paling penting dan krusial. Tanpa menganalisa maupun mengetahui sebuah peluang usaha, maka kegiatan bisnis bisa jadi tak berjalan maju dan justru jalan di tempat saja.

Lalu apa itu peluang usaha? Pengertian peluang usaha adalah suatu hal yang bisa kita temukan dalam kegiatan sehari-hari. Apapun yang ada di sekitar kita bisa menjadi sebuah peluang usaha yang menjanjikan dan bentuk dari peluang pun bisa bermacam-macam bergantung dengan sudut pandang yang melihatnya.

Apabila dijabarkan lebih lanjut, peluang usaha dapat diartikan sebagai kesempatan yang dipunyai oleh seseorang untuk mendapatkan keuntungan dari mendirikan usaha dengan sumber daya yang tersedia.

Dinilai sebagai hal yang paling penting, peluang usaha setidaknya harus dipikirkan oleh setiap pelaku bisnis sebelum resmi membuka bisnis mereka.

Hanya saja, fenomena yang terjadi akhir-akhir ini, para pelaku bisnis yang baru memulai bisnis mereka cenderung lebih memilih usaha yang hits di masyarakat.

Hal ini sebenarnya tidak salah, namun justru akan semakin menyempitkan pasar dari produk tersebut.

Baca Juga : Pengertian Waralaba Adalah

Pengertian Peluang Usaha Menurut Para Ahli

Arif F. Hadiparanata

Menurut Arif, pengertian peluang usaha adalah salah satu jenis resiko yang harus diambil dan juga dihadapi oleh seseorang atau sekelompok orang untuk mengolah serta mengatur segala bentuk urusan yang berkaitan dengan finansial.

Thomas W. Zimmerer

Menurut pandangan dari Thomas W Zimmerer, Pengertian peluang usaha adalah tahapan dan terapan yang terdiri dari kreativitas serta sebuah inovasi yang berguna untuk memecahkan masalah san melihat kesempatan yang bisa diraih setiap harinya.

Robbin dan Coulter

Menurut Robbin dan Coulter menyatahkan bahwa peluang usaha adalah sebuah proses yang melibatkan individu atau juga kelompok yang selalu berusaha untuk menumbuhkan nilai yang berfungsi untuk memenuhi kebutuhan tanpa memperhatikan sumber daya yang ada dan digunakan.

Dr. D.J. Schwartz

Menurut Schwartz cara terbaik untuk bisa memanfaatkan peluang bisnis/usaha adalah sebagai berikut :

  • Coba Anda pikirkan dan bertanya pada diri sendiri! Bagaimana cara melakukan usaha lebih baik setiap harinya untuk mendapatkan keuntungan yang berlebih?
  • Bila ingin benar benar terjuan dalam dunia usaha selalulah belajar dengan bertanya dan mendengarkan dari seseorang yang telah sukses.
  • Percayalah tidak ada yang mustahil bila semuanya dilakukan dengan baik pasti bisa mendapatkan hasil yang baik pula.
  • Berteman dan bergaul dengan orang orang yang bisa membuat Anda memiliki gagasan dan ide dalam memulai peluang usaha.

KBBI (Kamus Besar Bahasa Indonesia)

Pengertian peluang usaha terdiri dari 2 kata yaitu peluang dan usaha.  Peluang artinya kesempatan sedangkan usaha adalah kemampuan diri untuk mendapatkan hasil.

Ciri Peluang Usaha yang Menjanjikan

Ciri Peluang Usaha yang Menjanjikan
Ciri Peluang Usaha yang Menjanjikan

Untuk menghindari bisnis kamu mandek di tengah jalan, penting untuk kamu mulai mengenali ciri peluang usaha yang benar-benar menjanjikan.

Secara umum, peluang-peluang yang menjanjikan diantaranya akan mengandung beberapa hal berikut.

Dibutuhkan Oleh Pasar

Bisnis dan pasar adalah dua hal yang saling berhubungan, terikat, dan sulit untuk dipisahkan. Supaya suatu bisnis mampu menguasai pasar, maka seorang pelaku bisnis harus bisa melihat apa saja yang dibutuhkan oleh pasar.

Suatu produk yang mampu menjangkau pasar lebih besar tergolong ke dalam ciri peluang usaha yang menjanjikan.

Umumnya, produk-produk yang mempunyai jangkauan lebih besar ini adalah produk-produk yang dibutuhkan oleh pasar.

Memberikan Solusi untuk Permasalahan Pasar

Ketika suatu produk mampu memberikan solusi untuk permasalahan yang ada, akan sangat mungkin jika produk itu begitu dicari oleh masyarakat.

Kemudian, di saat permintaan masyarakat akan produk tersebut tinggi, ini tentu menjadi suatu peluang usaha yang menjanjikan.

Oleh karenanya, jika kamu menginginkan untuk menjual suatu produk dengan peluang pasar yang luas, maka kamu bisa memilih produk yang bisa memberikan solusi untuk permasalahan yang ada.

Mempunyai Nilai Beda

Ciri satu ini barangkali harus lebih banyak dipertimbangkan oleh pelaku bisnis. Hal ini dikarenakan banyaknya jumlah pemilik bisnis yang memulai bisnis mereka dengan menjual jenis produk yang sebenarnya sudah sangat melimpah di pasaran.

Jenis produk-produk yang sudah cukup banyak ada di pasaran akan cenderung sulit untuk membuka peluang pasar yang lebih luas, karena saingan yang cukup ketat.

Untuk itu, untuk bisa menemukan peluang usaha yang menjanjikan, cobalah untuk mengenali produk-produk apa yang mempunyai nilai beda dengan produk-produk yang ada di pasaran.

Dengan adanya nilai pembeda ini, produk yang kamu jual akan menjadi produk yang unik dan menarik perhatian pasar.

Mengandung Nilai Inovatif dan Orisinil

Selain mempunyai nilai beda dengan produk-produk yang banyak dijual di pasaran, suatu peluang usaha yang menjanjikan biasanya juga mengandung nilai yang inovatif dan orisinil.

Namun, memang dibutuhkan waktu yang tidak cepat, tetapi ketika sudah menemukan produk-produk yang seperti ini, maka sudah pasti peluang pasar yang luas akan didapatkan pula.

Mampu Memberikan Keuntungan

Meskipun suatu produk mempunyai beberapa kriteria di atas, tetapi jika tidak menguntungkan, tentu saja produk tersebut tidak bisa dikatakan mempunyai peluang usaha yang menjanjikan.

Apalagi tujuan seorang pelaku bisnis untuk membuka usaha adalah untuk mendapat keuntungan, maka penting untuk menemukan produk dengan ciri satu ini.

Namun, jika kamu mampu analisa peluang usaha dan menemukan semua ciri-ciri yang telah disebutkan di atas, itu justru akan menjadi langkah yang baik.

Dikarenakan semakin kamu bisa menemukan semua ciri-ciri di atas, maka semakin besar peluang usaha yang bisa kamu dapatkan pula.

Baca Juga : Perkembangan Perusahaan Startup di Indonesia

Sumber Peluang Usaha

Sumber Peluang Usaha
Sumber Peluang Usaha

Peluang usaha sebenarnya bisa didapatkan dari mana saja, entah itu dari diri sendiri, orang lain, maupun dari lingkungan sekitar.

Akan tetapi, sumber peluang usaha sebenarnya bisa dibedakan ke dalam dua sumber besar yaitu berdasarkan faktor internal dan eksternal. Faktor internal di sini merupakan faktor dari diri sendiri, sedangkan faktor eksternal merupakan faktor yang berasal dari luar diri seseorang.

Faktor internal yang mempengaruhi seseorang untuk menemukan peluang usaha adalah berasal dari pengetahuan, pengalaman yang telah didapatkan, dan intuisi.

Sementara itu, untuk faktor eksternal biasanya berupa permasalahan atau kesulitan yang ditemukan di lingkungan sekitar maupun di kehidupan sehari-hari,

Sehingga membawa pada kebutuhan untuk memecahkan masalah dengan suatu terobosan yang baru.

Namun, dalam pendapat lain, ada yang menyebutkan jika sumber peluang usaha bisa didapatkan dari 4 hal berikut.

Diri Sendiri

Diri sendiri menjadi sumber peluang usaha yang paling penting, ini dikarenakan pengetahuan hingga intuisi yang kamu punya bisa menjadi sumber untuk membuka peluang usaha tersebut.

Lingkungan

Lingkungan juga tergolong ke dalam sumber peluang usaha yang lebih luas. Cobalah untuk memperhatikan kira-kira adakah hal yang paling krusial yang saat ini dibutuhkan oleh lingkunganmu.

Apalagi nantinya pasar yang ingin kamu raih biasanya tidak akan jauh-jauh dari lingkungan sekitar.

Informasi

Mendapatkan informasi di era sekarang tergolong sangat mudah. Mudahnya mendapatkan segala macam informasi bisa kamu jadikan ladang sumber peluang usaha.

Misalnya, lewat sosial media, kamu bisa mencari informasi mengenai apa kira-kira produk-produk yang banyak dicari oleh masyarakat.

Kemudian, dari informasi tersebut kamu bisa mengolahnya kembali hingga menemukan produk yang benar-benar mengandung ciri peluang usaha yang menjanjikan.

Perubahan

Setiap perubahan yang terjadi di masyarakat sebenarnya bisa kamu jadikan sebagai salah satu contoh sumber peluang usaha.

Misalnya, saat dulu berbelanja mengharuskan seseorang untuk datang ke pusat perbelanjaan, sekarang proses belanja bisa dilakukan dengan online saja.

Ini tentu harus dimanfaatkan oleh para pelaku bisnis dan salah satunya dengan mengubah metode jualan mereka dari offline ke online. Dengan begitu, peluang pasar yang didapat akan semakin luas lagi.

Analisa Peluang Usaha

Analisa Peluang Usaha
Analisa Peluang Usaha

Selepas megetahui berbagai ciri hingga sumber peluang usaha, dapat dikatakan kalau peluang usaha bisa jadi mudah untuk ditemukan, tetapi bisa jadi sangat sulit pula.

Dibutuhkan setidaknya skill untuk menganalisa hal-hal yang ada di sekitar untuk menciptakan peluang tersebut.

Untuk bisa menganalisa adanya peluang usaha, ada dua cara yang bisa dilakukan dengan menerapkan format yang diusulkan oleh Jackie Ambadar dkk. Dua format tersebut diantaranya adalah:

See -> Do -> Get

Dalam format satu ini, analisa peluang usaha dimulai dengan melihat dan mengamati hal-hal yang terjadi di sekitar.

Kemudian, apabila suatu peluang itu sudah bisa ditemukan, maka berikutnya adalah mencoba untuk mengeksekusi peluang tersebut dan jika peluang tersebut benar-benar berhasil, maka keuntungan akan segera didapatkan.

Do -> See -> Get

Dalam format satu ini berlaku bagi pelaku bisnis yang telah membuka bisnisnya, kemudian melakukan pengamatan sembari terus menjalankan bisnis tersebut.

Dari hasil pengamatan itu, pelaku bisnis akan mendapatkan suatu peluang baru yang lebih menjanjikan dan nantinya akan mendapatkan keuntungan yang lebih.

Dalam proses menganalisa peluang, memang seringkali pelaku bisnis akan menemukan banyak rintangan. Tidak semua peluang usaha yang ditemukan pun bisa berhasil dengan untung yang banyak.

Dalam hal ini, Jackie Ambadar dkk. juga ikut menambahkan mengenai beberapa tips bagaimana agar peluang tersebut bisa dikelola dengan baik, yaitu:

  • Memulai peluang yang menurut analisa kita adalah peluang yang paling bagus. Dalam hal memulai ini memang dibutuhkan keberanian dari seorang pelaku bisnis untuk menghadapi resiko gagal secara tiba-tiba.
  • Mengembangkan peluang yang telah ditemukan untuk menjadi lebih besar dan menghasilkan hasil yang lebih menguntungkan lagi.
  • Menjaga diri untuk tetap bisa bekerja secara maksimal dalam melihat peluang pasar dan mengembangkan peluang pasar tersebut.

Contoh Peluang Usaha

Selepas membahas banyak hal teoritis mengenai peluang usaha, kamu pastinya juga bertanya-tanya mengenai apa saja contoh dari peluang usaha.

Untuk itu, supaya kamu bisa mempunyai gambaran yang lebih jelas lagi mengenai peluang usaha, berikut ada beberapa contoh peluang dari berbagai bidang.

Industri Kreatif

Industri kreatif dapat dikatakan sebagai bidang yang sangat luas cakupannya mulai dari bidang periklanan, kerajinan, fashion, film, dan lain-lain.

Dengan banyaknya bidang yang mencakup industri kreatif, maka akan sangat mudah juga untuk menemukan contoh-contoh peluang usaha dari tiap bidang.

Beberapa diantaranya adalh kerajinan yang berasal dari rotan, videografer maupun fotografer, desainer pakaian, hijab instan, dan lain sebagainya

Kuliner

Bidang kuliner termasuk ke dalam salah satu bidang yang banyak mengundang pasar yang luas di pasaran.

Beberapa jenis usaha kuliner yang bisa kamu coba adalah frozen food, camilan dengan ukuran mini, jus yang berguna untuk detox, sari lemon, hingga aneka macam sambal yang dikreasikan dengan cita rasa khas Indonesia.

Dekorasi Rumah

Dekorasi rumah yang estetik akhir-akhir ini cukup banyak digemari oleh banyak masyarakat. Dengan tingginya minat masyarakat ini, kamu bisa ambil beberapa contoh usaha yang bisa kamu bangun.

Diantaranya adalah perabotan vintage yang bisa memberikan kesan klasik, wall décor dengan bentuk dan hiasan kekinian, lampu kamar dengan hiasan estetik, dan lain sebagainya.

Disamping tiga segmen usaha yang telah disebutkan, masih ada banyak lagi segmen usaha yang bisa kamu gali untuk menciptakan peluang usaha yang luas.

Nah, setelah menyimak penjelasan tentang peluang usaha, sudah siapkah kamu untuk mulai memikirkan jenis usaha yang mempunyai peluang yang bagus?

Dalam mengenali peluang usaha yang bagus memang tidak mudah, tetapi jika peluang sudah kamu temukan, maka akan memudahkan langkahmu dalam berbisnis.

Cara Mencari Peluang Usaha

Anda ingin memulai untuk berusaha tapi belum tahu mau ngapain! Berikut adalah beberapa cara untuk mencari peluang usaha yang menjanjikan, diantaranya :

Berawal Dari Hobi

Apa hobi Anda? Suatu kegiatan yang kita senangi dalam menjalankannya bisa dijadikan sebagai salah satu bentuk peluang usaha yang sangat menjanjikan.

Saya akan contohkan peluang usaha bisa dijadikan sebagai bisnis. Misalkan Anda hobi traveling ke gunung, tentunya dari hobi ini Anda bisa memulai memikirkan peluang usaha dengan menjual perlengkapan Travelling, Seperti :

  • Tas gunung
  • Jaket tebal
  • Tempat minum travelloing
  • Kompas
  • Perlengkapan mendaki
  • Tenda
  • Slayer anak gunung
  • dan lain sebagainya

Memenuhi Kebutuhan Teman

Mungkin salah satu cara yang bisa dipakai untuk memulai peluang usaha adalah dengan memperhatikan disekitar Anda, salah satunya yakni teman.

Anda harus tahu apa saja kebutuhan teman Anda, bisa dengan menanyakannya. Tentunya kebutuhan setiap teman akan berbeda-beda. Dari sini tentunya Anda memiliki peluang yang baik untuk menyediakan barang atau produk yang teman Anda butuhkan.

Dari Partner

Partnet disini dimaksudkan kepada supplier jasa atau produk yang anda gunakan. Tentunya peluang usaha ini bisa dijalankan hanya dengan memasarkan produk atau kegiatan branding dari produk tersebut.

Sebagai contoh, Anda memiliki teman atau kenalan yang bisa memproduksi sebuah baju dengan kualitas yang baik. Ini adalah peluang usaha yang harus dimanfaatkan, Anda mengambil produk tersebut kemudian lakukan pemasaran atau menjualnya dengan branding nama Anda sendiri.

Tentunya kesepakatan Anda dengan partnet menjadi salah satu yang penting untuk menentukan harga yang Anda peroleh agar Anda juga bisa mendapatkan keuntungan dari hasil penjualan tersebut.

Secara umum Supplier besar akan lebih memberikan diskon yang cukup tinggi dengan syarat produk dibeli dengan jumlah yang banyak.

Faktor Datangnya Inspirasi Peluang Usaha

Faktor Datangnya Inspirasi Peluang Usaha
Faktor Datangnya Inspirasi Peluang Usaha

Secara umum faktor yang mendatangkan inspirasi dalam menjalankan peluang usaha terbagi menjadi 2 yakni internal dan eksternal, berikut ulasannya :

Faktor Internal

Pengertian faktor internal adalah segala sesuai motivasi yang berasal dari dalam diri Anda sendiri, antara lain :

  • Kemampuan dalam memahami kebutuhan pada kondisi tertentu.
  • Pengalaman dan kemampuan yang baik dalam menyelesaikan masalah tertentu.
  • Memiliki pengalaman dalam menjalankan sebuah bisnis.
  • Pengetahuan yang timbul pada diri Anda.

Faktor Eksternal

Pengertian faktor eksternal adalah motivasi yang berasal dari luar, antara lain :

  • Mengalami kesulitan dalam mencari solusi dalam sebuah masalah.
  • Memiliki keperluan yang belum terpenuhi untuk diri sendiri atau orang lain.
  • Masalah yang ada dihadapan belum terselesaikan.
  • Membuat sesuatu yang baru karena kondisi tertentu dengan pemikiran yang baik.

Nah itulah informasi yang bisa saya berikan pada saat ini mengenai Pengertian Peluang Usaha Adalah : Ciri, Sumber, Analisa dan Contohnya. Semoga bermanfaat ya.

Baca Juga : Cara Mendapatkan Modal Usaha Untuk Bisnis

Leave a Comment