Pengertian SALES FUNNEL Adalah : Contoh dan Kegunaannya

Apa itu pengertian Sales Funnel?

Jika anda ingin mencari tahu lebih dalam lagi tentang hal ini, maka disinilah akan diperjelaskan.

Karena, pada saat ini kami akan menjelaskan tentang apa itu sales funnel, mulai dari pengertian, contoh hingga kegunaannya akan dijleaskan oleh kami disini.

Secara umum, teori sales funnel adalah sebuah teori yang akan berfungsi untuk meningkatkan penjualan bagi para pembisnis di dunia online.

Jadi, apa itu sales funnel? Jika anda ingin melihat penjelasan yang lengkap, maka anda dapat menyimak pada ulasan yang berikut ini.

Pengertian SALES FUNNEL

Pengertian Sales Funnel adalah sebuah pola kunci yang akan mengukur, meramalkan mengelolah hingga memperbaiki sebuah proses penjualan yang dimiliki oleh anda sendiri.

Melalui sales funnel, kemungkinan besar ini akan membuat seseorang bisa menutup berbagai macam transaksi dengan customer yang dimiliki oleh seseorang pembisnis.

Sales funnel ini bisa digunakan untuk mevisualisasi perjalanan pelanggan atau customer journey yang melaui sebuah proses penjualan dari anda sendiri.

Proses dari customer journey biasanya akan terjadi apabila para customers telah menyadari kalau produk yang dimiliki oleh anda sangat dibutuhkan oleh mereka sendiri sehingga pada akhirnya mereka akan membeli produk tersebut.

Sales funnel ini dapat digambarkan tentang bagaimana proses penjualan mulai dari banyak pelanggan hingga menjadi sedikit orang untuk membeli produk yang berasal dari anda.

Pada intinya, proses dari sales funnel ini adalah sebuah usaha dari anda untuk pengunjung yang bisa menjadi bagian customers anda serta dijadikan sebagai prospek usaha anda hingga pelanggan-pelanggan anda dapat membeli produk yang telah ditawarkan oleh anda.

Sales funnel sangat terkenal di dunia marketing, apalagi marketing yang berbasis online.

Jika kita melihat secara sederhana, sales funnel ini akan berfungsi untuk mengarahkan dan mengedukasi bagi para pelanggan potensial agar bisa melakukan action.

Walaupun sales funnel ini bisa berbeda bentuknya, namun adapun pola didalam sales funnel online modern yang biasanya digunakan untuk internet marketer seperti saat ini.

Contoh SALES FUNNEL

Masih kurang jelas dengan penjelasan mengenai sales funnel ini?

Oke, untuk memudahkan anda agar bisa memperjelas tentang apa itu sales funnel, maka anda dapat menyimak contohnya. Kita bisa ambil contoh dari layanan yang melalui web kirim.email.

Dari visitor yang datang, mereka akan memasuki pada halaman awal, yakni landing page yang terbaik digunakannya.

Menurut informasi yang didapatkan, mereka akan menyediakan sebuah video yang akan memberikan sebuah penjelasan dan letaknya ada disebelah kanan.

Lalu, formulir yang untuk mendapatkan data dari sebuah email visitor berada di sebelah kiri.

Jika kita scroll kebawah, dimana ini akan memperlihatkan lanjutan copywritingnya.

Namun, pada saat kita akan memutuskan untuk memasukkan sebuah email, maka kita bisa diarahkan hingga menuju pada halaman benefit dan harga.

Disini, anda bisa menerima re marketing. Maksudnya, setiap pelanggan yang belum membayar atau berlangganan, maka proses pengiriman email akan di follow up, baik itu dengan email ataupun dengan iklan online yang menggunakan data-data.

Apabila calon pelanggan telah siap, maka layanan ini akan melanjutkan untuk memberikan formulir pembelian. Layanan tersebut akan melakukannya dengan cara yang singkat dan sederhana.

Jika proses tersebut sudah selesai, biasannya calon pelanggan akan diberikan informasi selanjutnya dan edukasi (keep customer).

Dimana ini akan berfungsi untuk meningkatkan level dari sebuah produk yang dimiliki oleh mereka atau biasanya disebut sebagai Up Selling.

Atau mungkin inilah yang disebut sebagai next selling atau perpanjangan layanan.

Sedangkan pelanggan yang telah terdaftar, maka biasanya pelanggan tersebut akan mengirim sebuah email dan akan diubahkan hingga menjadi affiliater dalam menawarkan layanan tersebut.

Kegunaan SALES FUNNEL

Jika anda sudah mengetahui tentang pengertian dan contoh dari sales funnel, maka selanjutnya anda dapat mencari tahu tentang kegunaan dari sales funnel.

Sebenarnya, sales funnel ini sangat berguna untuk dunia bisnis online yang dimiliki oleh anda.

Nah, pada pembahasan ini akan terurai 3 kegunaan sales funnel yang harus diketahui oleh anda. Berikut ini pembahasannya.

1. Bisa Memantau Perjalanan Customer dari Produk Anda

Tahukah anda kalau sales funnel ini sangat berguna untuk bisnis anda?

Dimana anda dapat menentukan tahapan dari sebuah proses sales funnel yang konsisten dan jelas hingga mencerminkan perjalanan dari konsumen anda dan dapat mendukung para konsumen itu disetiap tahapannya.

2. Bisa Meninjau Kinerja Tim serta Strategi Penjualan yang telah Diterapkan Oleh Anda

Melakukan komunikasi yang sangat jelas diberbagai dapartemen penjulan dan pemasaran serta manajemen lainnya yang menuju pada satu visi dari penjualan bersama.

Pada umumnya, sebagian besar dari tim sales funnel tersedia panggilan mingguan ataupun harian agar bisa meninjau seberapa besar atau pesat kemajuan mereka.

3. Bisa Mengamati Pendapatan dari Penjualan Dimasa yang akan Datang

Meramalkan kalau pendapatan penjualan di masa yang akan dan disertai dengan akurasi yang bisa lebih tinggi apabila dibandingkan dengan apa yang dilakukan tanpa menggunakan tahapan sales funnel yang lebih jelas.

Demikianlah yang bisa saya jelaskan dalam kesempatan kali ini mengenai Pengertian SALES FUNNEL Adalah : Contoh dan Kegunaannya. Semoga bermanfaat.

Leave a Comment

×

Ikuti Kami di Facebook