Pengertian SEO Lokal? Panduan dan Cara Optimasi SEO Lokal

Pengertian SEO Lokal? Panduan dan Cara Optimasi SEO Lokal – SEO menjadi panduan pembuatan konten yang wajib sobat sekalian perhatikan, khususnya untuk kalian yang masih dalam tahap pengembangan serta pemilik baru sebuah situs atau website.

SEO merupakan sarana yang memudahkan konten kalian untuk masuk dalam pagerank dalam mesin pencarian (Google maupun mesin pencarian lainnya).

Apakah sebuah konten dapat berhasil tanpa menggunakan metode SEO?

Tentu saja sangat bisa.

Namun, kebanyakan para miliki situs dan website yang memilih tidak menggunakan metode SEO pada umumnya sudahlah memiliki rating yang cukup stabil dan tinggi dalam mesin pencarian, karenanya mereka tidak terlalu mengkhawatirkan pagerank itu sendiri.

Tapi, bagi kalian yang baru saja membuat dan mengembangkan suatu website, menggunakan SEO pada setiap konten merupakan hal yang diwajibkan.

Semuanya demi membuka jalan untuk konten kalian masuk dalam pagerank mesin pencarian itu sendiri.

Tapi mungkin dari antara pembaca sekalian masih ada yang belum mengetahui apakah SEO itu, maka dalam artikel kali ini kita akan menerangkan pengertian, tips, dan panduan SEO lokal untuk kalian semua.

Maka, tanpa membuang waktu terlalu banyak, ini dia pengertian mengenai SEO serta beberapa tips dan panduan dalam penggunaannya!

Pengertian SEO Lokal

Nama SEO tidaklah asing lagi terutama bagi para pembaca yang telah berkecimpung di dalam dunia maya.

Bagi kalian yang memiliki sebuah website atau situs kata SEO pastilah selalu hadir menemani sehari-hari.

SEO merupakan akronim atau singkatan dari Search Engine Optimization (Optimasi Mesin Pencarian).

Dalam pengertiannya, SEO merupakan sebuah proses mekanisme sistematis guna meningkatkan kualitas dan volume trafik dari website dalam sebuah mesin pencarian dengan memanfaatkan alogaritme dari sang mesin pencari.

SEO sangatlah berguna untuk meningkatkan atau menaikkan pageranking website sobat sekalian dalam mesin pencarian.

Peningkatan dari pagerank bisa mencapai hingga halaman pertama dan teratas di sang mesin pencari.

Jadi, semakin tinggi pagerank dari konten milik kalian, maka akan semakin besar pula peluang kalian mendapatkan banyak pengunjung pada website. (Baca : Cara Mengetahui Jumlah Pengunjung Blog Orang Lain)

Jika kita melihat perkembangan jaman saat ini, internet tidak hanya sebagai sarana pencarian informasi, namun juga menjadi salah satu sarana yang mumpuni untuk mengembangkan bisnis.

Karenanya, ketimbang pada tahun-tahun lampau, penggunaan SEO jauh lebih meningkat dan berkembang dikalangan blogger di waktu ini.

Jika teman-teman sekalian penasaran mengenai orang-orang dibalik layar yang telah menciptakan inovasi luar biasa ini.

Saya akan sedikit memperkenalkan tokoh-tokoh SEO terkemuka ini:

  • Vanessa Fox: merupakan mantan webmaster pada perusahaan raksasa Google yang menjadi programmer serta konseptor yang mengepalai bagian proyek Google Webmaster Central.
  • Matt Cutts: kalian mungkin tidak asing lagi dengan nama ini. Ya, Matt Cutts merupakan seorang programmer yang mengepalai tim penanggulangan spam di perusahaan raksasa Google. Tidak hanya berhenti disana, Matt juga memiliki situs terkemuka yang menjadi rujukan bagi teman-teman untuk mempelajari SEO. Sekedar info, rupanya Matt merupakan mantan pegawai di NSA, loh!

Nah, lalu apa SEO lokal itu?

SEO lokal merupakan salah satu jenis SEO – namun, penggunaannya adalah untuk mengoptimasikan sang mesin pencari pada bisnis-bisnis lokal.

Jadi, ketika menggunakan SEo lokal, bisnis kalian bisa langsung masuk dalam hasil pencarian dari Google (terletak pada Map Pack dan Organic listings).

Ketika sobat kebetulan mengelola sebuah bisnis lokal, patutlah sobat mencoba SEO yang satu ini.

Panduan dan Cara Optimasi SEO Lokal

1. Buatlah akun Google My Business

Pertama-tama Saya anjurkan untuk membuat akun baru do Google My Business (sobat juga bisa menggunakan akun yang telah ada, jika sobat sudah memiliki akun).

Kenapa kalian harus memiliki akun ini?

Karena tanpanya, bisnis kalian tidak mungkin akan masuk dalam local map listing.

Sobat cukup mengikuti langkah-langkah yang nanti akan disediakan oleh Google My Business, dan setelah akun baru kalian telah siap, maka barulah sobat bisa mengoptimasi halamana dari Google my Business.

2. Gunakan Keyword pada SEO Local

Seperti halnya SEO pada umumnya, pengunaan keyword memerankan peran yang sangat penting di dalam pengunaan SEO.

Pemilihan keyword akan menentukan rating dari halaman pada mesin pencarian.

Nah, jadi, bagaimana cara memilih keyword yang cocok dengan bisnis kalian?

Kalian tak perlu bingung, cukup gunakan alat riset keyword yang dikenal dengan nama Google Keyword Planner, maka kalian semua akan dengan mudahnya menemukan berbagai keyword yang relevan dengan bisnis yang kalian miliki.

3. Optimasi Local SEO dengan On-Page SEO

Maksud dari mengoptimasi on-page SEO kalian adalah untuk memastikan bahwa landing page atau yang lebih akrab kita sebut homepage sudah terindex oleh mesin pencari (Google).

Untuk memeriksa apakah homepage website kalian telah terindex, cukup ketik alamat homepage kalian pada search engine Google. Jika muncul, berarti homepage kamu telah terindex oleh Google.

Perlu kalian ketahui, bahwa terkadang homepage kamu bisa terindex dengan cara yang kurang benar.

Karenanya, periksalah index kalian menggunakan Google Webmaster tools untuk menghindari yang namanya penalty. Namun untuk menggunakan alat ini, pastikan sobat sekalian terdaftar pada Google Analytics

4. Citation Building

Citation adalah penyebutan alamat bisnis kalian di dalam webpage yang lain; guna mengembangkan lokal SEO, citation merupakan salah satu poin yang sangatlah penting pada alogaritma mesin pencarian (khususnya Google dan Bing).

Semakin banyak citations yang kalian buat, semakin tinggi pula peringkat dari website sobat di mesin pencarian tersebut.

Jadi, ketika citation kalian tempatkan pada website-website yang memiliki peringkat yang lebih tinggi dari kalian serta terindex dengan baik melalui Google, maka data-data yang kalian (website) yang kalian miliki akan semakin kuat karena hal itu merupakan salah satu bentuk dari verifikasi website milik kalian.

Leave a Comment