Pengertian SEO Adalah : Cara Kerja, Manfaat dan Indikatornya

Jika mendengar kata SEO? Apa yang terlintas di benak anda? Tepat sekali! SEO kepanjangan dari Search Engine Optimization.

Topik ini seringkali dipebincangkan dalam bidang internet marketing. Banyak sekali manfaat yang kita akan dapatkan ketika anda sudah memahami tentang SEO.

Maka dari itu, artikel ini yang akan membahas secara lengkap “Apa itu SEO” mulai dari pengertian, cara kerja SEO, manfaat dan indikator penting dalam SEO.

Pengertian SEO

Tahukah Anda Apa itu SEO? Berdasarkan sumber yang ada, Pengertian SEO atau Search Engine Optimization adalah sekumpulan teknik dan metode optimalisasi website yang bertujuan untuk menjadikan sebuah web yang kita kelola menempati peringkat yang maksimal pada hasil pencarian mesin pencari.

Terlintas pertanyaan pada benak kita? Mengapa website tertentu mampu menempati peringkat 1 pada hasil pencarian Google.

Kemudian bagaimana cara Google menentukan website yang tampil pada halaman pertama di kolom pencarian.

Dengan penerapan SEO yang optimal, website yang anda kelola mampu menempati peringkat 1 dan masuk kedalam mesin pencarian Google, dengan catatan SEO yang kita lakukan sangat baik.

Saat website anda menempati peringkat atas pada hasil pencarian, sudah tentu website kita akan lebih mudah ditemukan orang-orang, dilihat dari pengalaman saya sebagai usser internet saya sering melakukan pencarian pada Google dan saya selalu memilih halaman pertama untuk membuka sebuah artikel atau website.

Dilihat dari pengalaman tersebut, kita dapat simpulkan bersama bahwa peringkat pertama memang sangat penting untuk insight dalam website.

Website yang anda kelola akhirnya ramai pengunjung. Dengan hal tersebut tentunya ini sangat berdampak positif pada usaha anda dalam internet.

Lalu bagaimana cara meningkatkan trafik (pengunjung) ?. Banyak sekali sumber trafik yang ada. Google merupakan salah satu contoh untuk meningkatkan trafik dalam website.

Namun, tidak hanya pada Google kita mampu memanfaatkan jejaring media social yang ada seperti facebook, twitter, instagram , blogger dan lain sebagainya.

Setiap sumber mempunyai karakter dan perbedaan. Kita tidak bisa memanfaatkan salah satu sumber, karena banyak hal yang kemungkinan bisa terjadi.

Maka dari hal tersebut anda harus persiapkan untuk membuat website yang ber-SEO dan mampu meningkatkan traffic yang ada. Berikutnya artikel ini akan menjelaskan bagaimana cara kerja dari SEO.

Cara Kerja SEO

Cara Kerja SEO
Cara Kerja SEO

Pembahasan berikutnya mengenai bagaimana cara kerja SEO dalam sebuah website yang ada. Secara sederhana anda mampu memahami cara kerja SEO. Terdapat 3 cara dalam Optimalisasi SEO diantaranya :

  • Diberlakukan riset kata kunci ( Anda bisa melakukan untuk mencari tahu konten apa yang menarik dan akan dipaparkan),
  • Melakukan optimalisasi SEO on page,
  • Melakukan optimalisasi SEO off page.

Pada dasarnya SEO on page merupakan optimalisasi SEO yang berfokus kepada konten serta hal internal yang ada pada website kita.

Jika anda memilih untuk menerapkan system on page anda perlu melakukan optimalisasi pada konten website anda.

Namun bagaimana untuk SEO off page?

SEO off page berfokusi pada kegiatan membangun backlink. Untuk anda yang sering berkecimpungan di dunia website pasti sudah tidak asing lagi dengan link.

Berdasarkan sumber yang ada link merupakan tautan yang menghubungkan halaman satu dengan halaman yang lain. Dalam pelaksanaan SEO off page kita perlu memberikan link yang mengarah ke website kita.

Dengan demikian, kegiatan SEO yang bisa dilakukan akan berfokus pada pembuatan konten + optimalisasi website serta kegiatan mendapatkan backlink dari website lain.

Disamping membuat konten, anda juga bisa melakukan riset kata kunci. Riset ini dilakukan untuk mengetahui keyword apa yang sering diketik melalui mesin pencari. Tujuan dilakukan riset ini menjadikan kegiatan SEO yang kita lakukan lebih efektif.

Perlu anda ketahui bahwa tugas search engine antara lain :

Crawling

Apa itu Crawling ?

pada tugas Crawling bertugas untuk mengumpulkan informasi dari semua website dari halaman satu ke halaman lainnya, serta link satu ke link yang lainnya.

Bisa dikatakan bahwa proses ini merupakan tahap awal dari proses kerja search engine untuk optimasi.

Indexing

Pada proses ini berkaitan dengan Crawling ketika sudah pengumpulan informasi pada sistem Crawling dan sudah disimpan pada web crawler, kegiatan tersebut masuk pada entry list. Inilah yang namanya index.

Rangking

Sempat disinggung di awal, bahwa rangking adalah penentu untuk website yang anda kelola.

System pencari akan menampilkan konten yang sesuai dengan hasil pencarian yang sesuai dengan peringkat secara berurutan.

Kualitas pencarian bisa terjamin. Pada kegiatan ini akan bersinggungan dengan algoritma system. Algoritma system pencari mampu memastikan pengguna internet bahwa informasi yang didapatkan bisa relevan dari berbagai sumber yang terpercaya.

Ketahuilah pada pencarian populer seperti Google, itu selalu memperbaharui algoritmanya untuk memberikan hasil pencarian yang lebih relevan serta solutif bagi penggunanya.

Pada tahun  2011 hingga sekarang, setidaknya sudah ada delapan major update berdasarkan survei untuk algoritma Google. Pada kesempatan ini anda bisa selalu update.

Manfaat SEO

Berbicara soal marketing bisnis. Setiap orang yang terjun dalam dunia bisnis pasti mempunyai tujuan dengan mengambil keuntungan banyak. Hal tersebut biasa dilakukan dengan berbagai cara.

Trik dalam dunia marketing dan pengusaha bisa melakukan pemasaran untuk mendapatkan hasil yang maksimal dalam bisnisnya, baik secara offline maupun melalui kegiatan internet marketing.

Optimasi SEO pada artikel ini merupakan salah satu cara dalam peningkatan keuntungan pada bisnis yang sedang dilakukan.

Dengan anda mengerti Manfaat SEO, bisnis anda juga bisa berjalan baik. Artikel ini akan mengupas apa saja manfaat SEO :

Mendatangkan Traffic Potensial

Mendatangkan Traffic Potensial
Mendatangkan Traffic Potensial

Maksudnya bagaimana?

Ya SEO merupakan sebuah cara agar bisnis kita bisa berjalan baik secara offline maupun online. Salah satu manfaat dari hal tersebut itu adalah mendatangkan trafik yang potensial.

Salah satu kasus seperti ini, pengusaha mempunyai sebuah website bisnis yang memiliki peringkat atau rangking 1 dalam mesin pencari pada Google.

Dari situ dapat kita tarik kesimpulan bahwa website bisnis tersebut memiliki peluang pengunjung lebih besar dan berpotensi mendapatkan keuntungan lebih besar.

Tentunya bisnis anda bisa berkembang dengan baik.

Target Tepat dan Jelas

Berikut manfaat yang kedua, dengan optimasi SEO anda bisa mendapatkan target yang lebih jelas.

Pastinya diperlukan riset terlebih dahulu untuk mendapatkan konten yang maksimal, bisa dilakukan dengan riset keyword, apa saja yang sering dicari oleh pengguna internet pada mesin pencari.

Jika nantinya halaman yang kita buat berada pada halaman pertama atau rangking 1 maka orang-orang atau user akan mengeklik pada halaman pertama dan tertarik oleh konten yang anda buat.

Dari situ bisa anda lihat pengunjung yang seperti apa yang ada pada website anda.

Dari sinilah target anda bisa tepat dan jelas.

Peningkatan Brand Awarness

Manfaat berikutnya adalah peningkatan brand awareness. Maksudnya adalah jika pengusaha memiliki 100 kata kunci untuk halaman website dia dan berada pada halaman 1 maka kesempatan pencarian tersebut tinggi. Tentu ini dapat memberikan promosi yang bisa membantu perusahaan yang sudah dikelola.

Dimana tadinya seseorang tidak mengenal brand yang sedang dijual, dengan penerapan SEO yang tetap , akhirnya brand tersebut bisa dikenal oleh orang banyak.

Sangat menguntungkan bukan ?

Promosi 24 Jam (Every Hour Up Coming)

Pernahkah anda melihat iklan pada sebuah website? Pernahkah berfikir bagaimana iklan itu bisa berada pada website tersebut?

Tepat sekali!

Iklan yang ada merupakan jasa dari penggunaan iklan google ads dan lain-lain mungkin bisa dilakukan promosi 24 jam dengan biaya yang sangat tinggi.

Jika budget untuk pembayaran iklan tersebut habis? Ya maka website tersebut tidak diberi iklan kembali.

Berbeda dengan SEO, dalam penerapan SEO , hal ini akan mempromosikan brand atau produk anda selama 24 jam dan tidak berhenti.

Bagaimana apakah anda tertarik ? melakukan SEO ?

Mampu Bersaing Dengan Perusahaan Besar

Punya bisnis?

Tapi sulit berkembang karena competitor jauh lebih baik dan berkembang? Tidak usah khawatir dengan menggunakan SEO anda bisa bersaing dengan perusahaan biasa hingga besar.

Apalagi jika perusahaan tersebut tidak menerapkan SEO dalam praktiknya, ini akan menjadi peluang besar untuk anda yang sudah memahami SEO.

Bagaimana jika keduanya menerapkan proses SEO? Solusinya adalah anda membuat artikel lebih banyak daripada competitor yang lain dan menerapkan SEO.

Meningkatkan Penjualan Produk

Sempat disinggung pula bahwa menerapkan SEO ini mampu meningkatkan penjualan, berdasarkan riset yang ada 80% pengguna internet melakukan riset dalam pembelian produk melalui website yang ada di mesin pencari google

Semakin banyak trafik yang dihasilkan maka penjualan pun semakin lancer.

SEO = Investasi Jangka Panjang

Jika anda masih ragu dalam penerapan SEO maka manfaat terakhir ini bisa anda cermati, bayangkan bila website yang anda kelola memiliki beberapa kata kunci yang berpotensi dengan volume pencairan tinggi serta berada di ranking 1 dalam pencarian Google.

Maka ini akan berdampak pada trafik yang ada sehingga ini bisa disebut dengan iklan gratis. Mampu dikatakan bahwa SEO ini jauh menguntungkan daripada yang lain.

Bagaimana menarik bukan ?

Indikator Penting Dalam SEO

Pembahasan terakhir dalam artikel ini adalah tentang indicator penting dalam SEO. Setiap anda ingin merancang sebuah website indicator dalam SEO perlu anda perhatikan juga, dikarenakan website anda nantinya bisa menguntungkan.

Indikator Penting Dalam SEO
Indikator Penting Dalam SEO

Berikut ini beberapa indicator penting dalam penerapan SEO berdasarkan survey yang ada diantaranya adalah :

Struktur URL

Semakin sederhana sebuah URL maka semakin mudah untuk pencarian dalam Google. Struktur dalam pembuatanya bisa anda lakukan dengan sederhana cukup mengandung nama domain dan judul artikel saja.

Baca Juga : Alasan Struktur Teks Sangat Penting Untuk SEO

Salah satu contoh ideal dalam pembuatan konten :

https://www.namawebsiteanda.com/judulkonten

Topik Konten

Dalam pembuatan website topik konten harus berkaitan, agar membangun struktur website lebih baik dengan topic konten tersebut.

Misalnya seperti pembuatan website bertema pendidikan, berarti setidaknya topik yang ada bisa berkaitan.

Seperti pembahasan mengenai cara menjadi guru yang baik, pelajaran yang mudah dipelajari dan hal-hal yang berkaitan dengan pendidikan.

Semakin banyak topik yang berkaitan semakin besar kesempatan website anda menduduki peringkat pertama pada kolom pencarian.

Backlink

Sempat tadi disinggung mengenai backlink, ternyata backlink merupakan indikator penting dalam SEO, mengapa?

Karena semakin banyak backlink pada website yang anda kelola maka website anda memiliki kredabilitas yang tinggi, ini tentunya akan berdampak positif dalam website anda.

Namun perlu diperhatikan bahwa backlink ini berasal dari website yang berkualitas ya, bukan berasal dari website atau blogger dengan trafik yang rendah.

Baca Juga : Panduan Link Building SEO Untuk Meningkatkan Traffic

Demikian pembahasan Pengertian SEO Adalah : Cara Kerja, Manfaat dan Indikatornya yang kami paparkan dalam artikel ini. Semoga ilmu ini bisa bermanfaat dan mimpi menjadi pengusaha besar pun bisa terwujud. Bagaiamana apakah anda siap menjalankan SEO?

Leave a Comment