Pengertian Sitelink Adalah : Fungsi Untuk Blog

Semenjak penemuan sitelink oleh google, para blogger berlomba-lomba untuk mendapatkan sitelink pada blog miliknya.

Jika Anda masih awam mengenai sitelink, maka sebaiknya Anda segera mempelajarinya jika ingin bersaing dengan para blogger profesional yang telah meraih kesuksesan.

Pengertian Sitelink

Ketika Anda mengetikan kata kunci di mesin pencari web, maka akan tampil sejumlah web yang mengandung kata kunci tersebut.

Sebagai contoh, ketika saya mencoba mengetik youtube di mesin pencari web, maka demikian keluar hasilnya.

Pengertian Sitelink dan Manfaat Sitelink
Pengertian Sitelink dan Manfaat Sitelink

Pada gambar diatas, bisa dilihat bahwa terdapat link utama bertuliskan Youtube, yang mana apabila diklik akan membawa Anda langsung ke halaman utama Youtube. (Baca : Cara Youtuber Menghasilkan Uang)

Link ini disebut dengan Main Page. Sementara itu, terdapat juga beberapa link lain dibawah link Main Page tersebut. Link inilah yang disebut dengan Sub Page atau lebih dikenal dengan Sitelink.

Pada contoh tersebut, maka bisa dilihat bahwa Youtube memperoleh empat sitelink dari Google, yaitu Youtube Videos, Youtube Dashboard, Music, dan Youtube Studio. (Baca : Cara Membuat Channel Youtube)

Jika Anda menyadari, dari tadi saya membahas mengenai “mendapatkan sitelink”. Mengapa demikian?

Sayangnya, Anda tidak bisa membuat sitelink secara manual di bawah link utama blog Anda. Mesin pencari web yang akan memberikan sitelink tersebut kepada blog Anda berdasarkan berbagai faktor yang tidak mutlak.

Beberapa pakar web mayakini bahwa jumlah pengunjung sebuah blog, kualitas konten, dan navigasi halaman yang tersusun secara rapi pada homepage merupakan beberapa hal yang harus Anda perhatikan apabila ingin memperoleh sitelink.

Baca Juga : 11 Cara Membuat Konten Viral Untuk Meningkatkan Traffic Blog

Lalu, Kenapa Anda Harus Mendapatkan Sitelink?

Dengan segala penjelasan tadi, Anda mungkin bertanya-tanya. Lalu, apa kegunaan dari sitelink dan kenapa banyak blogger yang ingin memperoleh sitelink untuk blog mereka? Kenyataannya, sitelink memiliki banyak manfaat.

1. Membangun reputasi dan kepercayaan audiens

Saya memberi contoh Youtube sebagai salah satu platform video yang telah dipercaya oleh ratusan juta orang di dunia.

Ketika Anda memperoleh sitelink, maka bisa dipastikan bahwa blog Anda tersebut terpercaya dan telah memperoleh banyak pengunjung.

Meskipun pengguna internet awam tidak mengetahui secara mendalam mengenai sitelink, mereka akan menyadari ketika mereka mengetik sebuah kata kunci, lalu menemukan satu blog yang memiliki banyak sitelink di bawahnya, sementara blog lain tidak.

Hal ini akan memicu mereka untuk mengunjungi blog yang memiliki banyak sitelink.

2. Peningkatan trafik blog

Dengan timbulnya kepercayaan terhadap blog Anda, maka jumlah pengunjung tetap maupun baru blog Anda juga akan semakin meningkat.

Hal ini juga dapat disebabkan karena blog yang telah mendapatkan sitelink cenderung akan memperoleh peringkat di halaman pertama mesin pencari web.

Jika begitu, maka kemungkinan pengguna internet untuk mengunjungi blog Anda akan semakin besar.

Tentu saja hal ini tidaklah mutlak karena Anda tetap harus menjaga kualitas konten yang Anda posting agar kepercayaan para pengunjung blog Anda tidak lenyap.

3. Memberikan kesan yang baik bagi pengunjung blog Anda

Selain memberikan manfaat bagi pemilik blog, sitelink juga bermanfaat bagi para pengguna internet.

Dengan adanya sitelink, pengunjung blog Anda tidak perlu menghabiskan banyak waktu untuk mencari informasi yang memang mereka butuhkan.

Sebagai contoh, ketika pengguna internet ingin mencari jasa penulis di internet. Mereka mungkin tidak memiliki cukup waktu untuk mengunjungi homepage sebuah web jasa penulis, lalu mencari harga jasa dan kemudian melakukan pemesanan.

Jika web tersebut memiliki sitelink yang langsung menuju ke halaman pemesanan jasa, maka pengguna internet juga bisa menghemat waktu mereka.

Hal ini tidak hanya memberikan keuntungan bagi pengguna internet, melainkan juga pemilik blog.

Apabila pengunjung Anda merasa dimudahkan ketika mencari sebuah informasi atau melakukan pembelian di blog Anda, maka blog Anda akan memiliki nilai plus dibandingkan blog lain yang tidak memiliki sitelink.

4. Meningkatkan jumlah Click Through Rate (CTR)

CTR adalah perbandingan antara jumlah iklan yang diklik oleh pengunjung dan jumlah iklan yang dilihat oleh pengunjung.

Sebagai contoh, apabila Anda menggunakan Google Adword untuk blog Anda, maka blog Anda akan muncul di halaman pertama Google.

Apabila halaman Anda muncul 100 kali ketika pengguna internet mengetik sebuah kata kunci, namun hanya dua pengunjung yang mengeklik situs Anda, maka nilai CTR blog Anda adalah 2%.

Dengan adanya sitelink, maka pengguna internet bisa langsung diarahkan ke halaman web yang mereka cari, sehingga kemungkinan mereka mengeklik situs Anda dibandingkan situs lain yang tidak memiliki sitelink juga semakin besar.

Itu dia pengertian dan beberapa fungsi dari sitelink bagi blog Anda. Bagaimana, apakah blog Anda sudah layak untuk memperoleh sitelink dari Google?

Jika belum, Anda harus rajin memposting konten berkualitas sekaligus memantau kondisi blog Anda secara teratur menggunakan google snippets untuk memastikan tidak ada konten yang error.

Demikianlah artikel ini saya sampaikan yang membahas mengenai Pengertian Sitelink Adalah : Fungsi Untuk Blog. Semoga Bermanfaat.

Baca Juga : 11 Dampak Blog Bila Artikel Hasil Copy Paste

Leave a Comment