Pengertian Slip Gaji Adalah : Manfaatnya

Pengertian Slip Gaji Adalah : Manfaatnya – Bagi semua karyawan gajian merupakan sesuatu hal yang di tunggu-tunggu.

Akan tetapi jika kalian sudah menikmati dan senang dengan pekerjaan kalian maka menunggu waktu gajian tidaklah lama, pasti akan terasa cepat.

Gaji yaitu merupakan suatu kewajiban dalam bentuk tunai yang dibayarkan oleh sebuah perusahaan kepada karyawannya karena telah menggunakan waktu, tenaga, dan pikiran karyawannya selama jangka waktu tertentu untuk mencapai tujuan perusahaan.

Ada sebagian perusahaan metode dalam membayarkan gaji kepada karyawan kadangkala memberikan selembaran slip gaji sebagai tanda bukti bahwa perusahaan tersebut sudah melaksanakan kewajibannya dalam membayar gaji kepada karyawannya.

Biasanya lembaran slip gaji tersebut berbentuk dokumen yang nantinya akan dicetak oleh perusahaan untuk diberikan kepada karyawan karena banyak dari para karyawan yang memerlukan slip gaji untuk menunjang kebutuhan hidupnya sendiri.

Lalu apa sih yang dimaksud dengan slip gaji tersebut?

Pengertian Slip Gaji

Slip Gaji (payslip) yaitu suatu bukti resmi penerimaan gaji kepada para karyawan yang diberikan oleh perusahaan tempat mereka bekerja atau diberikan oleh si pemberi gaji.

Selembaran slip gaji pada umumnya memuat tentang gaji bersih yang mereka terima misalnya seperti gaji pokok, penambahan gaji (bisa diperoleh dari uang lembur dan lain sebagainya), potongan gaji, dan kadang kala berisi nilai pinjaman yang dipinjam oleh karyawan terhadap perusahaan atau si pemberi gaji.

Manfaat Slip Gaji

Slip gaji yang diterima nantinya akan memiliki beberapa manfaat, inilah beberapa manfaat slip gaji :

1. Sebagai rujukan saat akan melamar pekerjaan baru

Jika sebelumnya saat kalian kerja di perusahaan lain dan memiliki slip gaji maka pada saat kalian akan melamar pekerjaan baru kalian dapat melampirkannya ke dalam surat lamaran pekerjaan maka dengan demikian perusahaan yang akan kalian lamar tersebut akan mengetahui bahwa kalian dulunya pernah bekerja di perusahaan apa dengan nominal gaji berapa.

Hal tersebut yang nantinya akan memberikan referensi bagi perusahaan dalam memperkirakan berapa nominal gaji yang layak diberikan oleh si pelamar pekerjaan berdasarkan keahlian yang dimiliki.

2. Sebagai pengajuan kredit kendaraan bermotor

Pada saat kalian ingin memebeli sebuah kendaraan bermotor akan tetapi dana yang kalian miliki belum cukup untuk membelinya dengan tunai, kalian bisa mengajukan kredit.

Baca Juga : Pengertian Over Kredit Adalah

Ada beberapa tempat kredit motor yang memiliki berbagai persyaratan dokumen yang harus dipenuhi agar bisa membeli motor dengan kredit angsuran seperti fotokopi KTP, kartu keluarga, buku tabungan, surat nikah, bahkan ada pula yang menyertakan slip gaji kerja.

Nah biasanya slip gaji digunakan sebagai bukti bahwa si pembeli memiliki pekerjaan tetap dan mampu membayar cicilan motor setiap bulannya.

Maka dengan demikian, besar kemungkinan jika kalian dianggap memenuhi kriteria akan dengan mudah kalian mendapatkan kendaraan bermotor yang kalian inginkan.

3. Sebagai cicilan alat elektronik

Selain dapat digunakan dalam cicilan kendaraan bermotor slip gaji tersebut juga dapat kalian gunakan dalam cicilan alat elektronik, kalian dapat menunjukkan slip gaji yang kalian miliki.

Slip gaji akan dijadikan bahan pertimbangan dalam kemampuan membayar cicilan setiap bulannya dan menjadi pertimbangan atas jangka waktu cicilan yang akan diambi nanti.

4. Sebagai pengajuan KPR untuk membeli rumah

Bagi kalian yang ingin membeli sebuah rumah dengan bantuan KPR (Kredit Pemilikan Rumah), maka slip gaji merupakan salah satu syarat dokumen dari bank yang harus tersedia.

Pada umumnya bank akan meminta slip gaji selama tiga sampai enam bulan berturut-turut dengan masa waktu kerja yaitu lebih dari setahun.

Baca Juga : Syarat Dan Ketentuan Dalam Mengajukan KPR

5. Sebagai pengajuan KTA (Kredit Tanpa Agunan)

Jika kalian ingin mengajukan kredit tanpa agunan. Slip gaji merupakan salah satu syaratnya.

Kredit ini dapat digunakan dalam berbagai kebutuhan hidup misalnya seperti pendidikan, kesehatan, renovasi rumah, pernikahan, dan kebutuhan lainnya.

Denagan demikian pihak bank akan menilai slip gaji para kreditur apakah sudah layak untuk mendapatkan fasilitas KTA tersebut atau tidak.

Maka dengan adanya slip gaji maka pihak bank dapat mengetahui kemampuan para kreditur dalam membayar tagihan cicilan setiap bulannya.

Dan nominal gaji yang diterima setiap bulannya dalam slip gaji akan menentukan besar kecilnya nominal cicilan yang dapat diambil oleh para kreditur.

Demikianlah penjelasan tentang pengertian dan beberapa manfaat dari slip gaji. Semoga bermanfaat bagi semua.

Leave a Comment