Pengertian Top Level Domain (TLD) : Jenis, Keuntungan dan Kerugian

Pengertian Top Level Domain (TLD) : Jenis, Keuntungan dan Kerugian – Bagi blogger pemula mungkin masih asing dengan istilah Top Level Domain atau TLD. Namun bagi yang profesional sudah banyak yang menggunakannya.

Ada beberapa keuntungan dan kerugian menggunakan Top Level Domain. Namun tidak semua blogger mengetahuinya. Atas dasar itu, di artikel berikut akan dijelaskan hal tersebut.

Namun sebelumnya akan dijabarkan pengertian Top Level Domain. Setelah itu baru dilanjutkan kerugian dan keuntungannya. Ini dia penjelasan lengkapnya:

Pengertian Top Level Domain (TLD)

TLD atau Top Level Domain adalah Top Level Domain adalah Segmentasi paling akhir dari domain situs. Sedangkan ciri-cirinya adalah terletak di belakang (.) atau “Dot” pada URL.

Fungsi dari Top Level Domain atau TDL ialah untuk mempermudah identifikasi fitur dan unsur lainnya dari situs. Bahkan negara asal website bisa terlihat hanya dengan mencermati kode TDL yang digunakan.

Jika melihat definisi di atas, memang layak kalau Top Level Domain digunakan oleh blogger. Terutama yang profesional dan bergerak dalam bidang usaha. Karena situs bisnis dianggap serius jika TDL yang digunakan bagus.

Jenis-Jenis Top Level Domain

Top Level Domain atau TDL sangat banyak. Namun yang umum digunakan hanya ada tiga. Ini dia penjelasan tentang ketiganya:

1. General Top Level Domain

General top level domain biasanya digunakan oleh sekolah, bisnis online, organisasi non profit dan perusahaan. Sedangkan kodenya bermacam-macam di antaranya com, edu, net, org, co dan bis.

2. Creative Top Level Domain

Jenis TDL yang kedua adalah Creative Top Level Domain yang biasanya digunakan oleh stasiun TV, proyek branding dan Perusahaan teknologi. Sedangkan kode TDL yang dipergunakan adalah expert, me, tv, io dan guru.

3. Restricted Top Level Domain

Restricted Top Level Domain adalah jenis Top Domain Level yang digunakan untuk kantor pos, dinas pemerintahan, militer dan perusahaan dirgantara. Sedangkan kodenya adalah post, gov, mil dan aero.

Menggunakan TDL ternyata memiliki keuntungan dan kerugian tersendiri. Maka dari itu, blogger harus bisa memperhitungkan sebelum mulai memasangnya. Nah, sebagai rujukan, silakan baca list di bawah ini:

Keuntungan Menggunakan TLD

Banyak blogger yang menggunakan Top Level Domain. Karena dianggapnya pengkodean ini memiliki manfaat yang besar untuk website. Ini manfaat atau keuntungan yang dimaksud:

1. Meningkatkan Semangat Ngeblog

Jika blog menggunakan TDL tentu nama domainnya bagus dan simpel. Sehingga aktifitas ngeblog semakin bersemangat akibat rasa puas yang tinggi.

Sebaliknya jika blog tidak menggunakan TDL yang tepat tentu keinginan ngeblog berkurang. Karena domainnya tidak menarik sehingga keinginan untuk mengelola blog lebih serius lagi tidak dilakukan.

Hal ini yang memicu blog baru jadi tetapi langsung hilang dari peredaran. Karena lamannya tidak diurus dengan baik sehingga traffiknya tidak meningkat malah terus turun dengan drastis.

2. Blog Mudah Diingat

Keuntungan yang selanjutnya adalah blog mudah diingat. Karena ketika menggunakan TDL maka secara otomatis alamat URL lebih singkat.

Bagi viewer sendiri blog dengan TDL lebih disukai dibandingkan yang tidak menggunakannya. Karena bagi mereka URL lebih mudah di-copy sehingga tidak sulit untuk mencari informasi di dalamnya.

Blog yang menggunakan TDL juga berpeluang mendapatkan pengunjung langganan. Syaratnya konten yang diposting memang berkualitas serta kw-nya dibutuhkan oleh mereka.

3. Blog Memiliki Harga Jual

Blog yang menggunakan Top Domain Level tentu lebih berkelas dibandingkan yang tidak menggunakannya. Bahkan situs dengan kode URL semacam ini dianggap profesional dan canggih.

Jika blog ini akan dijual tentu harganya akan sangat mahal. Maka dari itu, bagi blogger yang sudah bosan tinggal menawarkannya kepada blogger yang lain. Pasti transaksi jual situs akan menguntungkan.

Jika melihat keuntungan ini, tentu memasang TDL untuk situs sangat dianjurkan. Apalagi blogger bisa menjadikannya sebagai lahan bisnis yang menguntungkan.

Kerugian Menggunakan TDL

Menggunakan Top Domain Level ternyata juga ada kerugiannya. Maka dari itu, sebelum blogger menggunakannya harus diperhitungkan terlebih dahulu hal-hal yang merugikan tersebut. Ini dia kerugian-kerugian yang dimaksud:

1. Harga Sewa Tahunan Yang Mahal

Untuk mendapatkan TDL atau Top Domain Level, blogger harus membayar sewanya setiap setahun sekali. Harganya sangat mahal sehingga harus benar-benar dikalkulasi dengan matang.

Maka dari itu, situs yang akan menggunakan TDL harus dipastikan pengelolaannya serius dan menguntungkan. Kalau perlu buat laman untuk bisnis supaya biaya tahunan yang mahal bisa tertutupi.

Jika hanya situs pribadi maka jangan gunakan domain ini. Apalagi bagi pemula yang masih ragu mau mengembangkan dengan serius atau tidak.

2. Susah Untuk Mendapatkan Nama Domain

Kerugian yang selanjutnya ialah blogger akan sulit untuk mendapatkan nama domain sesuai keinginannya. Ia harus bersaing dengan jutaan blogger yang lain yang ingin mendapatkan nama domain yang sama.

Sekalipun demikian biasanya pihak penyedia TDL akan memberikan daftar nama domain alternatif. Tidak sama persis dengan keinginan tetapi masih dalam satu kategori.

Blogger bisa menggunakan nama tersebut. Tetapi tentunya masih kalah menyenangkan dibandingkan dengan menggunakan nama domain pilihan sendiri.

3. Rank Blog Hilang

Sebagian besar blogger ragu untuk menggunakan TDL dari awal. Karena mereka takut sudah kadung membayar tetapi malah semangat ngeblog hilang. Oleh karena itu mereka menyewa TDL ketika blog sudah jadi dan memiliki Rank tertentu.

Sayang ketika blog sudah didaftarkan TDL, maka Rank tersebut akan hilang. Sehingga sia-sialah usaha membesarkan blog selama ini. Bukan tidak mungkin Anda akan menyesal telah melakukannya.

Baca Juga : Cara Meningkatkan Ranking Alexa Blog

Leave a Comment