Pengertian Tren Marketing Adalah : Fungsi dan Manfaatnya

Pengertian Tren Marketing Adalah : Fungsi dan Manfaat Tren Marketing – Dalam sebuah perusahaan, marketing berperan sangat penting didalamnya.

Karena para konsumen tidak perlu memenuhi kebutuhannya sendiri dengan adanya marketing.

Dengan melakukan pertukaran dengan para pelaku marketing, konsumen dapat memenuhi kebutuhan maupun kepuasannya dengan mendapatkan produk ataupun jasa yang mereka inginkan.

Pengertian Tren Marketing

Sebenarnya apa sih marketing itu?

Marketing merupakan suatu rangkaian kegiatan dalam memenuhi kebutuhan dan kepuasan konsumen.

Misalnya dengan cara membuat produk, menentukan harganya, tempat penjualannya, dan mempromosikan produk kepada para konsumen.

Baca Juga : Cara Pemasaran Blog Marketing

Fungsi Marketing

Marketing tersebut memiliki beberapa fungsi diantaranya yaitu :

1. Sebagai pertukaran

Dengan adanya marketing, maka konsumen akan dapat membeli produk yang berasal dari produsen, baik itu dengan cara menukar uang dengan produk maupun melakukan pertukaran produk dengan produk untuk digunakan sendiri ataupun untuk dijual kembali.

2. Distribusi fisik

Produk dilakukan dengan cara mengangkut dan menyimpan produk melalui distribusi fisik. Produk yang diperoleh dari produsen akan memenuhi kebutuhan para konsumen dan disalurkan melalui darat, air, atau udara.

Lalu kemudian penyimpanan produk akan dilakukan dengan cara mengendapkan dan menjaga pasokan produk supaya tidak terjadi kekurangan pada saat diperlukan.

3. Sebagai perantara

Untuk bisa menyampaikan produk dari produsen kepada konsumen, maka perlu dilakukan lewat perantara pemasaran atau marketing yang menghubungkan aktivitas pertukaran dengan distribusi fisik.

Aktivitas fungsi perantara tersebut misalnya seperti pembiayaan, pencarian informasi, pengelompokan produk, dan lainnya.

4. Berperan sebagai sales

Tugas yang paling utama dari marketing adalah menghasilkan pemasukan bagi perusahaan dengan cara melakukan penjualan terhadap produk yang dihasilkan oleh suatu perusahaan.

5. Berperan sebagai promosi

Marketing juga berfungsi sebagai perkenalan sebuah perusahaan dan produk yang dihasilkannya kepada masyarakat luas, sehingga perusahaan dan produknya akan dapat dikenal oleh masyarakat.

6. Riset dan pengembangan

Marketing memiliki fungsi sebagai penyerap berbagai macam informasi dan menyampaikannya pada perusahaan yang berhubungan dengan apa saja yang bermanfaat untuk mendukung dalam peningkatan kualitas maupun penjualan produk yang dihasilkan oleh perusahaan.

7. Berperan sebagai marketing comunication

Marketing juga dapat berperan untuk membuat hubungan yang baik antara perusahaan dan masyarakat, atau perusahaan dan lingkungan di sekitarnya.

Baca Juga : Pengertian Digital Marketing

Manfaat Marketing

Lalu apa manfaat marketing? Berikut manfaat dari marketing :

  • Bisa menambahkan rasa puas bagi konsumen
  • Dapat memberikan banyak pilihan
  • Dapat meningkatkan kualitas hidup

Jadi dapat disimpulkan bahwa marekting bertugas bagaimana dalam menyalurkan barang dan jasa kepada konsumen secara lancar.

Jika barang dan jasa dapat tersalurkan dengan lancar maka dengan demikian akan memiliki dampak positif pada berbagai sektor riil.

Misalnya sebagai contoh produk Kulkas dari Jepang dipasarkan sampai kepada pemakai akhir di Yogyakarta, Malang, dan Jawa timur.

Dalam penyampaian dan distribusinya telah banyak memberikan arti dan manfaat kepada beberapa pihak antara lain yaitu :

  • Dapat memberikan pekerjaan dan penghasilan bagi perusahaan yang pengangkutannya di luar negeri maupun dalam negeri
  • Dapat memberikan pekerjaan dan penghasilan bagi mereka yang berbisnis bidang perbankan dan asuransi
  • Dapat memberikan peluang pekerjaan bagi perusahaan periklanan
  • Dapat memenuhi kebutuhan konsumen dengan lebih baik

Dan tentunya masih banyak pihak-pihak yang mendapatkan manfaat dari satu kegiatan marketing tersebut, misalnya seperti usaha jasa perbaikan, dan perusahaan elektronik lainnya. Atau dapat dikatakan bahwa kegiatan marketing sangat menyentuh setiap kehidupan manusia.

Dengan melalui sarana marekting produk dan jasa yang menciptakan standar hidup dikembangkan dan disuguhkan kepada masyarakat.

Leave a Comment

×

Ikuti Kami di Facebook