Pengertian VPS Hosting Adalah : Cara Kerja, Kelebihan, dan Kekurangannya

Pengertian VPS Hosting Adalah : Cara Kerja, Kelebihan dan Kekurangan –  Sudahkah kalian tahu mengenai VPS? Kalau belum teman-teman bisa temukan disini.

Kami akan membahas mengenai VPS beserta manfaatnya. Buat apa sih?

Yuk, baca lebih lanjut.

Pengertian VPS Hosting?

Kepanjangan dari VPS adalah Virtual Private Server. VPS Hosting merupakan salah satu layanan hosting yang paling banyak digunakan untuk meng-online-kan website.

VPS Hosting memiliki keunggulan yaitu lebih aman dan stabil apabila dibandingkan dengan Shared Hosting, yang mana tidak perlu menggunakan ruang server yang dedicated.

Meskipun demikian, memang VPS Hosting lebih mahal dibandingkan dengan Shared Hosting karena harus menyewa atau membeli seluruh server.

Pada umumnya, VPS Hosting disewa oleh mereka yang memiliki situs yang traffic websitenya tinggi bahkan melebihi batas penggunaan yang disarankan oleh paket shared hosting.

Baca Juga : Pengertian Cloud Hosting

Namun, pemilik situs tersebut belum membutuhkan resource dari server dedicated.

Bagaimana Cara Kerja VPS Hosting?

Server adalah computer, tempat web hosting teman-teman menyimpan file dan database untuk website teman-teman.

Ketika visitor mengakses website, browser mereka mengirimkan request ke server, lalu server mentransfer file yang diperlukan melalui internet.

Biasanya perusahaan hosting menggunakan teknologi virtualisasi, dengan melakukan proses menginstall layer virtual di atas sistem operasi (OS) dari server yang ada.

Layer ini nantinya membagi server ke partisi dan dipastikan  user untuk melakukan proses install OS dan software.

VPS bersifat virtual dan private karena teman-teman memiliki kendali penuh. Server ini terpisah dari server user lainnya di level OS.

Bahkan teknologi VPS mirip proses pembuatan partisi pada computer ketika teman-teman akan menjalankan lebih dari satu OS (misal : Windows dan Linux) tanpa melakukan reboot.

Jika teman-teman memilih VPS, kalian memiliki keuntungan mendapat keamanan lebih dengan jaminan resource (memori, disk space, CPU core, dll) yang tidak mengharuskan teman-teman berbagi dengan user yang lain.

Dengan VPS Hosting, teman-teman memiliki akses root-level yang sama seperti jika teman-teman menyewa dedicated server namun dengan harga yang lebih murah.

Apa saja Kelebihan dan Kekurangan VPS?

Segala macam produk tentu memiliki kelebihan dan kekurangan masing-masing, di bawah ini kami menjabarkan beberapa kelebihan dan kekurang dari VPS yang bisa teman-teman perhatikan

Kelebihan :

  1. Lebih cepat dan andal daripada server shared hosting.
  2. Memiliki jaminan resource server yang tangguh, contohnya pada processing power, sehingga fluktuasi pada resource yang tersedia berkurang, hal ini menyebabkan web akan selalu normal.
  3. Masalah terkait website dan traffic yang terjadi di user lain tidak memengaruhi situs teman-teman.
  4. Teman-teman  memperoleh akses superuser (root) ke server.
  5. Privasi pengguna lebih terjamin keamanannya seperti file dan database tersimpan dan tersembunyi dari user yang berada di server lain.
  6. Layanan yang mudah di-scale. Seiring dengan bertumbuh dan berkembangnya website, teman-teman bisa dengan mudah mengupgrade resource server (RAM, CPU, disk space, bandwidth, dan lain-lain).

Kekurangan :

  1. Lebih mahal daripada shared hosting.
  2. Mengharuskan teman-teman untuk memiliki pemahaman teknis yang lebih agar dapat mengelola server.
  3. Pada saat melakukan proses pengaturan server apabila salah maka akan berisiko tinggi terhadap keamanan.

Apa saja manfaat dari VPS?

Dibawah ini merupakan beberapa fungsi dari VPS Hosting :

  • SSH Tunneling,
  • VPN atau Virtual Private Network,
  • Proxy Server,
  • Web Hosting (Berupa Database, email, dan web server), File Hosting, dan DNS Server,
  • Leecher, Forex, Trader,
  • Backup Server,
  • Development/Test Environments,
  • Membuat Game Private Server . Sebagai contoh : Ragnarok, RF Online, Minecraft, dan game lainnya. (Baca : Cara Menghasilkan Uang Dari Game)
  • Bisa dibuat menjadi Radio Online sendiri menggunakan VPS Hosting.

Selain beberapa fungsi yang telah dijelaskan diatas, VPS sebenarnya masih memiliki banyak kegunaan dikarenakan VPS lebih handal dibandingkan dengan share hosting yang selalu online secara 24 jam penuh dan realtime.

VPS sangat cocok digunakan untuk situs web perusahaan atau blog pribadi yang memiliki level menengah hingga tinggi yang memiliki kunjungan yang melimpah.

Dari ulasan di atas, teman-teman sudah bisa mendapat cukup informasi mengenai VPS sehingga dapat menentukan akan menggunakan VPS untuk website atau tidak. Selamat mencoba!

Leave a Comment