Pengertian White Hat, Black Hat, dan Grey Hat

Pengertian White Hat, Black Hat, dan Grey Hat – Pernahkah Anda mendengar istilah white hat, black hat, dan grey hat?

Istilah tersebut bukanlah kata yang digunakan untuk menunjukkan benda, salah sekiranya jika demikian.

White hat, black hat, dan grey hat merupakan istilah yang identic dengan peretasan. Ada yang menggunakan istilah ini untuk hacker website, PC, ataupun hacker SEO.

Lantas, apakah pengertian white hat, black hat, dan grey hat yang sebenarnya? Berikut adalah ulasan mengenai pengertian white hat, black hat, dan grey hat.

Pengertian White Hat, Black Hat, dan Grey Hat

1. Pengertian White Hat

White hat merupakan istilah yang ditujukan kepada peretas yang bertujuan melakukan tindakan peretasan untuk kebaikan.

Biasanya, mereka meretas untuk keperluan memperkuat keamanan dengan melakukan pengujian atas strategi infiltrasi atau yang terkait dengannya.

Dalam penggunaan website, white hat SEO adalah teknik yang digunakan untuk mengoptimasi website secara baik dan sesuai dengan standar yang berlaku.

Sesuai dengan namanya, white hat SEO akan mengandalkan usaha yang kuat, ketangguhan dalam berproses, dan sabar terhadap progress.

Untuk mempersingkat prosedur, biasanya Google menyarankan untuk memanfaatkan Adwords.

Adakah cara lainnya untuk mempersingkat progress website?

Cara yang lebih aman adalah mengikuti seluruh aturan yang sudah diberlakukan oleh Google agar eksistensi website akan terus terjaga.

Pendekatan yang Dilakukan Oleh White Hat

White hat menggunakan pendekatan dengan cara terbaik dan mengikuti prosedur yang berlaku. Memacu perayap pada web untuk bekerja secara maksimal dalam mengindeks web.

Tujuan

Tujuannya white hat dalam melakukan hal yang demikian adalah untuk mendapatkan penghargaan dan menelusuri metode apapun untuk meningkatkan rating web.

Beberapa metode yang mereka pelajari adalah pemograman dalam melakukan penyerangan terhadap tindakan kejahatan di dunia internet.

White hat memiliki legalitas yang diakui oleh hokum di mana tindakan ini tidak tergolong sebagai kejahatan melainkan upaya dalam memberantas cybercrime.

2. Pengertian Black Hat

Terdapat dua definisi tentang black hat yaitu black hat pada software dan black hat pada hardware.

Black hat pada software seperti black hat SEO adalah teknik yang digunakan untuk mengoptimasi web secara tidak wajar atau ilegal. Beberapa user menggunakan bantuan link farm, keyword stuffing, hidden text, spamming link, scraping, dan lainnya.

Tindakan seperti ini sangat mengganggu dan merugikan para pemilik website yang lain karena terdapatnya tindakan pencurian secara membludak.

Apakah tindakan demikian tidak mengandung resiko?

Setiap tindakan baik pun akan mengandung resiko, apalagi black hat tergolong kepada sebuah kejahatan di dunia IT.

Google akan menendang website yang menggunakan teknik ini dalam mengoptimasi website yang mereka miliki meskipun mereka sudah mengantongi ribuan hingga jutaan pengunjung web.

Richard Stallman mengungkapkan bahwa istilah black hat merupakan teknik peretasan hardware yang digunakan untuk mengganggu keamanan PC karena masalah pribadi demi keuntungan diri sendiri.

Pendekatan yang Dilakukan Oleh Black Hat

Dalam sisi pendekatan yang dilakukan, black hat melakukan pendekatan yang dikategorikan sebagai pelanggaran karena merusak aturan yang diberlakukan oleh mesin pencari. Hal ini sangat tidak sah untuk dilakukan dan bersifat illegal.

Tujuan

Meskipun hal tersebut tergolong dilarang untuk dilakukan, black hat memiliki tujuan tertentu dalam mengerjakan misinya yaitu untuk menemukan apa yang dibutuhkan, namun itu dikategorikan sebagai cara yang tidak disarankan.

3. Pengertian Grey Hat

Setelah mengetahui tentang pengertian white hat dan black hat, adakah tergambar dipikiran tentang apa itu grey hat?

Dalam dunia IT, grey hat diartikan sebagai peretas yang memang melanggar prosedur hokum, namun tujuan peretasan tersebut tidak mengarah kepada tindakan criminal atau tindakan pencurian data seperti yang dilakukan oleh black hat.

Dalam dunia website, grey hat diartikan sebagai white hat SEO yang sedikit tidak sabar terhadap proses sehingga melakukan tindak kecurangan. (Baca : Cara Cek Skor SEO Blog)

Beberapa tindakan yang dikatakan sebagai grey hat adalah menggunakan domain yang sudah kadaluarsa, link transaksional, dan membangun sinyal social dengan tidak alami.

Apakah hal tersebut tergolong sebagai pelanggaran?

Google sangat melindungi privasi pengguna dengan tidak membiarkan adanya pencurian. Ya, grey hat memang melakukan kecurangan, namun tidak melakukan tindak pelanggaran hokum.

Pendekatan yang Dilakukan Oleh Grey Hat

Pendekatan yang dilakukan grey hat tergolong meragukan legalitasnya karena kemungkinan mereka melakukan perizinan terlebih dahulu atau tidak.

Meskipun demikian, mereka tidak termasuk dalam kategori yang melanggar aturan, atau lebih tepatnya berada di antara white hat dan black hat.

Tujuan

Tujuan grey hat melakukan tindakan adalah untuk menemukan pokok masalah, namun memberlakukan tarif akan hal tersebut.

Nah, itulah ulasan mengenai white hat, black hat, dan grey hat. Dari ketika pengertian tersebut dapat diketahui secara jelas tentang tujuan, pendekatan, dan legalitasnya.

Lantas, yang manakah Anda?

Baca Juga : Manfaat Deep Link

Leave a Comment