Perbedaan Emas Putih dan Emas Kuning

Perbedaan Emas Putih dan Emas Kuning – Emas adalah aset berharga yang penting dimiliki selain harta yang lain. Sebab, daya jual logam mulia ini masih sangat tinggi baik yang berupa emas putih maupun emas kuning.

Emas juga bisa dijadikan barang investasi yang sangat menguntungkan. Bahkan saat ini tabungan emas mulai populer dan disukai oleh banyak orang. Terutama emas kuning yang dianggap lebih ber-profit dibandingkan emas putih.

Atas dasar itulah, di artikel berikut akan dijelaskan tentang perbedaan emas kuning dan emas putih.

Semoga dengan uraian ini Anda bisa menilai jenis emas yang mana yang cocok dijadikan sebagai aset investasi.

Manfaat Investasi Emas

Sebelum menjelaskan tentang perbedaan emas putih dan emas kuning, berikut ini akan dijelaskan pula tentang manfaat investasi emas.

Sehingga Anda bisa mengetahui alasan mengapa investasi emas perlu dilakukan. Ini dia penjelasannya:

1. Tingkat Likuiditas Yang Sangat Tinggi

Manfaat atau keuntungan investasi emas yang pertama adalah tingkat likuiditas-nya begitu tinggi. Ini sudah diakui oleh seluruh investor dan praktisi perbankan di seluruh dunia.

Dengan likuiditas tinggi semacam ini maka si pemilik emas bisa menukarkan emasnya dengan uang tunai kapan saja.

Karena ini tidak sama dengan pertukaran aset biasa yang masih tergantung dengan fluktuasi dan selainnya.

Karena keuntungan inilah emas masih sangat direkomendasikan menjadi aset investasi. Maka dari itu, jika ingin mendapatkan manfaat yang sama, silakan tabung emas Anda sekarang juga.

2. Nilai Emas Cenderung Terus Naik

Manfaat dan keuntungan yang kedua dari investasi emas adalah nilai emas cenderung terus naik.

Bahkan dari beberapa analisis ahli, kenaikan emas bisa terjadi setiap tahun dengan persentase penurunan yang sangat kecil.

Progresifitas kenaikan harga emas didasarkan pada alasan berlepasnya logam mulia ini dari nilai tukar dolar (fluktuasi).

Artinya, sekalipun dollar mengalami penurunan drastis harga emas tetapi meningkat. Apalagi jika harga dollar dunia sedang tinggi.

Kondisi inilah yang sejatinya membuat investasi emas sangat digandrungi oleh masyarakat. Tanpa terkecuali emas batangan yang memang harga jualnya begitu tinggi.

Baca Juga : Faktor Yang Mempengaruhi Harga Emas

3. Emas Pelindung Kekayaan

Jika seluruh aset dialihkan menjadi investasi emas, tentu harta tersebut akan terlindungi dari inflasi. Karena seperti yang sudah dijelaskan di atas, harga emas tetap meroket sekalipun inflasi sedang terjadi.

Nah jika uang tunai yang anda simpan atau kendaraan harganya juga bakal anjlok.

Berbeda dengan investasi emas, harganya tidak akan turun sekalipun sedang terjadi inflasi. Bahkan pertahun nilainya tetap naik sampai beberapa persen.

Nah, jika aset dialokasikan untuk emas tentu harta terlindungi. Artinya aset tidak mengalami penurunan harga saat akan dijual.

4. Diversifikasi Investasi

Manfaat yang selanjutnya ialah untuk diversifikasi investasi. Maksudnya adalah jenis investasi yang memiliki risiko sangat rendah.

Berbeda dengan diversifikasi saham atau mata uang, yang harganya terkadang tidak stabil. (Baca : Penyebab Harga Saham Naik dan Turun)

Ini juga bisa menjadi portofolio yang menguntungkan terkait dengan investasi emas.

Sehingga untuk menarik investor lain menjadi tidak sulit karena ada dasar kepercayaan dalam berbisnis.

Baca : Cara Mendapatkan Investor Bisnis

Perbedaan Emas Putih Dan Emas Kuning

Perbedaan emas putih dan emas kuning harus diketahui baru Anda menentukan emas yang mana yang akan ditabungkan.

Nah untuk mengetahuinya silakan simak uraian berikut. Ini dia penjelasannya:

1. Harga

Harga emas putih lebih mahal dibandingkan emas yang berwarna kuning. Maka dari itu jika memiliki modal berlebih, investasi emas putih lebih direkomendasikan.

Akan tetapi pasaran untuk emas jenis ini sangat sulit. Jadi silakan diperhitungkan terlebih dahulu untuk ruginya.

Harga emas putih akan naik setiap tahun dan sulit untuk mengalami penurunan. Dari progresifitas kenaikan harga emas ini berpotensi memberikan keuntungan  investasi yang besar.

Maka dari itu, dari sisi ini menabung emas putih masih lebih menguntungkan dibandingkan emas kuning.

2. Pembuatan

Emas putih sesungguhnya emas kuning yang dicampurkan dengan logam lain supaya berwarna putih. Selain itu juga ada lapisan rhodium yang membuat emas putih lbih berkilau.

Lapisan Rhodium ini jenisnya mudah aus. maka dari itu, jika dijadikan lapisan emas kuning, biasanya tidak awet. Karena dalam beberapa tahun kadarnya akan semakin tipis.

Akhirnya lapisan tersebut akan memudar sehingga warna putih emas hilang. Yang muncul adalah warna kuningnya.

Dari analisis ini bisa dipastikan kalau emas putih adalah emas kuning yang diberikan lapisan tertentu.

3. Pemakaian

Untuk pemakaian emas kuning masih lebih bagus dibandingkan emas putih.

Bahkan emas putih mengandung nikel yang akan menimbulkan alergi kepada pemakainya jika kebetulan mengalami gangguan sensitivitas kulit.

Selain itu, keindahan emas putih saat digunakan tidak awet. Karena jika lapisan rhodium-nya sudah memudar, maka kilaunya tidak lagi muncul. Kecuali dilakukan pelapisan yang baru.

Inilah perbedaan emas putih dan emas kuning. Selanjutnya silakan tentukan aset mana yang akan anda jadikan tabungan investasi.

Baca Juga : Cara Investasi Emas Batangan

Leave a Comment