7 Plugin Untuk Membuat Gallery Foto Terbaik (Gratis)

Kamu memiliki website? Bingung memilih Plugin Untuk Membuat Gallery Foto Terbaik di website kamu? Tenang! Tak perlu panik!

Plugin Untuk Membuat Gallery Foto Terbaik

Sebenarnya, banyak kok plugin oke yang bisa kamu gunakan untuk membuat galeri foto di website yang kamu kelola! Ingin tau plugin tersebut?

Simak terus artikel ini yuk! Selamat menyimak!

1. NextGEN Gallery

Bila kamu bertanya tentang apa plugin yang bagus untuk membuat gallery foto, mungkin NextGEN Gallery ini dapat kamu pertimbangkan.

Dikalangan blogger, plugin ini sudah digunakan oleh lebih dari 1 juta pengguna, berkat fiturnya yang cukup lengkap dan mudahnya penggunaan plugin.

Dibagian front end, kamu dapat menemukan jenis tampilan slideshow dan thumbnail.

Untuk yang bagian back end, kamu akan menjumpai fitur lengkap semisal upoad foto, tambah foto, hapus foto, edit thumbnail, import meta data, dan sebagainya.

2. Jetpack

Mencaricari plugin gallery foto yang mudah untuk digunakan? Pasang saja plugin yang satu ini!

Dengan plugin ini kamu dapat menambahkan isi galeri dengan hanya menekan tombol Add Media, dan kamu bisa memilih mode tampilan rectangular mosaic, circular grid, dan square mosaic.

3. Envira Gallery

Ingin membuat gallery dengan drag and drop saja? Pasang saja plugin Envira Gallery! Tidak percaya?

Sudah banyak kok yang membuktikan nya! Iya, tanpa bantuan programmer! Meskipun mudah untuk dibangun, kamu tak perlu khawatir dengan output dari plugin ini kok!

Selain itu, pengunjung juga dapat menshare gambar gallery mu, yang sudah kamu berikan watermark secara otomatis. Keren kan?

4. FooGallery

Memerlukan gallery yang menampilkan thumbnail berkualitas tinggi? Plugin ini dapat kamu jadikan solusi! Ingin menampilkan video?

Tambahkan saja ekstensi FooVideo! Tapi fitur ini tidak bisa kamu dapatkan secara gratisan ya!

Meskipun begitu, FooGalery cukup powerfull kok! Buktinya, kamu dapat mengatur tampilan sesuai dengan kebutuhan, dan dapat mengkostumisasi galerinya dengan menggunakan CSS.

5. Unite Gallery Lite

Ingin membuat website Gallery dengan plugin Unite Gallery Lite?

Gunakan saja plugin yang satu ini! Dengan plugin ini, kamu cukup drag and drop, dan memilih jenis tampilan galeri yang kamu inginkan.

Setidaknya terdapat 9 jenis gallery yang bisa kamu pilih. Yakni tiles justified, tiles column, default theme, tiles grid, compact theme, slider, grid theme, video gallery dan juga carousel. Banyak kan?

Baca Juga : Dampak Sering Mengganti Theme atau Template

6. Huge-IT Gallery

Plugin ini memungkinkan kamu untuk membuat sebuah website gallery yang reponsive.

Untuk pengelola, plugin ini memiliki beberapa pilihan style untuk menampilkan gambar yakni content slider, gallery popup, slideshow, lightbox gallery, justified, thumbnails, dan blog style gallery.

Dalam pengaturan gambar, pengelola dapat mengatur posisi gambar terebut. Sedangkan pengguna, dapat menampilkan gambar dengan menggunakan opsi Show All, Pagination, dan Load More.

Selain itu, pengguna juga dapat memberikan rating terhadap gambar yang ia sukai. Tertarik untuk mencoba plugin ini?

7. Justified Gallery

Konsep plugin gallery yang satu ini termasuk yang paling simple dibandingkan dengan plugin lain. Kamu hanya perlu melakukan instalasi plugin, melakukan sedikit pengaturan, dan gallery pun siap untuk ditampilkan.

Selain mudah untuk dikelola, gallery nya juga terbilang responsive. Ingin menambahkan deskripsi di gambar tersebut? Tambahkan saja! Ada fiturnya kok!

Kesimpulan

7 pluqin diatas adalah yang terbaik dan bisa di manfaatkan secara gratis. Mana yang terbaik? Tentunya jawabannya disesuaikan dengan kebutuhkan web yang anda miliki.

Setiap pluqin tersebut memiliki keunggulan dan kekurangan masing masih silahkan dicoba satu persatu mana yang menurut Anda terbaik silahkan digunakan.

Oke, itulah tadi artikel singkat kami tentang plugin terbaik untuk membuat gallery foto. Terimakasih telah menyimak artikel singkat ini, bila bermanfaat jangan lupa untuk share ke teman-teman kamu ya! Terimakasih, sampai jumpa lagi!

Leave a Comment