4 Hal Penting yang Harus Dilakukan Setelah Posting Artikel

Perubahan dunia jurnalistik dapat kita rasakan di era teknologi serba maju seperti saat ini.

Jika pada jaman dahulu sobat hanya bisa membaca berita melalui koran atau-pun media cetak lainnya, saat ini, mungkin harus kita akui, bahwa saat ini, sangat jarang kita jumpai orang membaca Koran seperti tahun-tahun sebelumnya.

Pola pikir kita saat ini sudahlah terpengaruh dengan kemudahan yang ditawarkan oleh teknologi canggih dan maju.

Kenapa harus repot-repot membeli koran jika kita sanggup membaca apa-pun yang kita inginnyaa hanya dengan perantaraan ponsel atau-pun laptop milik kita?

Ya, saat ini, sobat disuguhkan dengan berbagai media jurnalistik online yang dapat sobat akses dimana-pun dan kapan-pun – sebuah poin yang tidak bisa didapatkan dari media cetak.

Tidak hanya berita formal seperti politik, ekonomi, dan lain-lain, sobat juga disuguhkan dengan berbagai berita ringan dari berbagai bidang seperti bisnis, olahraga, selebritis tidak hanya dari dalam negeri bahkan hingga mancanegara.

Poin plus juga terlihat dari si penulis; jika dahulu hanya orang-orang tertentu saja yang diperbolehkan untuk menulis berita mau-pun kolom, saat ini, siapa-pun boleh mencoba terjun dalam dunia tulis menulis tanpa ada batasan.

Karena itulah, sudah berjuta-juta website mau-pun blog tercipta untuk menampung bakat-bakat muda nan kreatif untuk mengekspresikan perasaan dan opini mereka melalui tulisan-tulisan artikel di website atau blog mereka masing-masing.

Bukan hanya sebagai bentuk mengekspresikan opini dan bakat, dengan menjadi seorang blogger, sobat juga akan mendapatkan penghasilan yang lumayan menggiurkan.

Baca Juga : Cara Mendapatkan Uang dari Blog Pribadi Anda

Nah, kali ini sobat, kami akan membagikan kepada sobat sekalian apa yang harus sobat lakukan setelah memposting suatu artikel ke dalam blog atau website.

Hal Penting yang Harus Dilakukan Setelah Posting Artikel

Jika sobat berpikir memposting suatu artikel akan menjadi akhir dari tugas sobat, maka sobat salah.

Ternyata masih ada beberapa hal yang harus sobat lakukan, loh.

Penasaran?

Yuk, kita simak bersama!

1. Mengevaluasi Artikel Sekali Lagi

Hal pertama yang bisa sobat lakukan adalah mengevaluasi atau-pun mencermati kembali hasil tulisaan yang sudah sobat buat.

Apakah ada kesalahan pengetikan, mungkin sobat belum memasukkan keyword, dan yang lainnya.

Ingat, hal yang terlihat kecil bisa menjadi sebuah kesalahan yang fatal.

Sangat disayangkan jika artikel bagus sobat terlihat kurang sempurna hanya karena kesalahan kecil yang sobat tidak sadari.

Karena itu sobat sekalian, memastikan hasil artikel sekali lagi menjadi salah satu hal yang fatal yang perlu dilakukan.

2. Gunakan Webmaster untuk Submit URL Artikel

Artikel-artikel yang baru saja diunggah tentu saja tidak bisa langsung masuk atau-pun terbaca oleh sistem operasional Google atau mesin pencari (kecuali situs sobat sudah cukup populer).

Maka hal kedua ini sangatlah fital, demi memastikan bahwa artikel sobat telah terbaca atau ter-index oleh mesin pencari (Google).

Yang harus sobat lakukan adalah meng-submit URL artikel yang baru saja sobat unggah ke dalam webmaster.

Baca Juga : Cara Mendaftarkan Website Di Google Webmaster Tools

Langsung saja masuk ke dalam websmaster, lalu submit URL dari artikel, maka berikutnya sobat akan langsung diarahkan dengan berbagai step atau langkah yang harus sobat ikuti.

Jurus ini termasuk cukup ampuh ketimbang sobat tidak mencoba menggunakan webmaster sama sekali.

Bahkan, beberapa orang beranggapan bahwa langkah ini merupakan langkah yang wajib siapa-pun lakukan setelah memposting sebuah artikel.

Semuanya ini demi terbacanya artikel baru sobat ke mesin pencarian; maka dari itu, jangan lewatkan langkah yang satu ini ya, sobat!

3. PING Artikel Sobat!

Langkah ketiga yang bisa coba praktekkan adalah meng-PING artikel baru yang sobat unggah.

Biasanya, proses PING dilakukan oleh banyak blogger untuk meningkatkan status artikel milik mereka di halaman atau page mesin pencari (Google).

Perlu sobat ketahui, hampir semua blogger (rata-rata) menggunakan metode ini.

PING juga merupakan langkah untuk memberitahukan Google kita tercinta bahwa artikel baru telah diunggah di situs milik sobat.

Banyak sekali situs bertebaran di Google yang dapat mengbantu sobat sekalian dalam upaya meng-PING artikel terbaru sobat, mulai dari: pingler.com, google ping, pingoat, ping o matic, dan sebagainya.

Sobat bisa mengunjungi situs-situs tersebut; yang perlu sobat lakukan hanyalah menyalin alamat URL dari artikel terbaru dan situs sobat ke dalam situs-situs tersebut.

4. Sebarkan Artikel melalui Media Sosial

Hal terakhir yang harus sobat lakukan adalah membagikan artikel sobat melalui media sosial.

Jangan pernah lupa, sobat harus mencari sebanyak mungkin pembaca yang bisa menaikkan kepopuleran dari artikel dan situs milik sobat.

Maka dari itu, jangan perlu malu dan ragu untuk membagikan artikel sobat melalui berbagai media sosial yang sobat miliki, seperti halnya Facebook, Twitter, Instagram, WA, dan lain-lainnya.

Semua ini dilakukan demi satu tujuan: menaikan ranking situs sobat dalam mesin pencarian Google.

Dengan begitu, orang banyak akan lebih mengenal situs sobat dan pastinya, penghasilan sobat-pun akan bertambah!

Leave a Comment

×

Ikuti Kami di Facebook