Press Release Adalah

Apakah kamu termasuk yang familiar dengan istilah press release? Press release adalah dalam bahasa Indonesia dikenal dengan sebutan siaran pers.

Umumnya, penggunaan press release digunakan untuk kebetuhan berbagi informasi mengenai sebuah event, kegiatan sosial, hingga kegiatan pemerintahan.

Namun, selain digunakan untuk beberapa kepentingan di atas, press release juga kerap dijadikan sebagai kebutuhan bisnis. Penasaran dengan hal tersebut? Mari simak ulasan lengkap yang akan membahas pengertian, jenis, dan contoh press release.

Pengertian Press Release Adalah

Tahukah Anda apa itu Press Release? Secara sederhana, pengertian siaran pers atau press release adalah sebuah informasi yang dibuat oleh seorang public relations dalam suatu organisasi maupun perusahaan dalam bentuk berita.

Sesuai dengan pengertian tersebut, press release biasanya akan dikirimkan dan disiarkan ke media (pers) untuk menyebarluaskan informasi kepada khalayak umum.

Selain pengertian tersebut, Effendy yang menulis buku Hubungan Mayarakat Suatu Studi Komunikologis ikut menyumbangkan pemikirannya tentang press release.

Dalam buku tersebut, press release disebutkan sebagai media yang dipakai berhubungan dengan kegiatan kehumasan yang bertujuan untuk menyebarkan berita.

Di beberapa negara lain, istilah press release terkadang disebut juga dengan news release. Penggunaan istilah tersebut berhubungan dengan jenis press release yang sebenarnya tidak hanya berupa media cetak seperti koran dan majalah saja. Akan tetapi, juga berhubungan dengen semua media massa mulai dari media elektronik seperti radio dan televisi maupun media online.

Dalam penjelasan lainnya yang dikemukakan oleh Soemirat dan Ardianto di bukunya yang berjudul Dasar-Dasar Public relations, press release adalah informasi yang dibuat dalam bentuk berita oleh bagian Humas atau public relations suatu organisasi untuk disampaikan ke pengelola media massa. Berita yang disampaikan tersebut nantinya akan dipublikasikan pula di media tersebut.

Lalu, masih ada pengertian lain yang dikemukakan oleh Kriyantono. Penjelasan tentang press release menurut Kriyantono tertulis dalam bukunya Public Relation Writing: Teknik Produksi Media Public relations dan Publisitas Korporat.

Menurut pendapatnya, press release adalah informasi atau berita yang disusun oleh bagian public relations dari sebuah perusahaan atau organisasi mengenai kegiatan-kegiatan dari perusahaan tersebut.

Berita atau informasi yang dikirimkan harus mampu meyakinkan editor dari media massa tersebut kalau mengandung nilai yang bisa untuk diinformasikan kepada khalayak umum.

Pendapat lainnya dikeluarkan oleh Frank Jeffkins yang menyebutkan kalau press release merupakan suatu usaha menyampaikan informasi atau berita ke media massa untuk memberikan pengetahuan atau pemahaman mengenai suatu perusahaan kepada para khalayak umum.

Dari beberapa pengertian yang ada, bisa dikatakan kalau pers mempunyai peran yang sangat penting dalam menyebarkan informasi.

Bahkan, kekuatan pers dalam negara-negara besar dianggap kekuatan paling kuat nomor empat setelah eksekutif, legislatif, serta yudikatif.

Selain itu, pers diketahui bisa menjadi perantara demokrasi, sehingga tidak jarang yang berpendapat kalau siapa pun yang menguasai sebuah media massa, maka dia bisa mendapat simpati dan memenangkan sebuah persaingan misalnya.

Mengingat informasi yang dikirimkan ke media massa akan dikonsumsi oleh khalayak umum yang heterogen, maka tidak salah kalau citra seseorang bisa dibentuk dengan mengarahkan opini lewat berita yang disampaikan dalam suatu berita.

Bisa saja opini yang terbentuk dari press release berbetuk opini negatif maupun positif, meski kenyataannya sebenarnya berlaku sebaliknya.

Nah, dikarenakan peran media massa yang begitu kuat dalam menyebarkan informasi, oleh karenanya tidak salah jika banyak perusahaan yang menggunakan press release berhubungan dengan keperluan pemasaran mereka.

Jenis Press Release

Jenis Press Release
Jenis Press Release

Dalam penulisannya, press release mempunyai bentuk, susunan, dan pedoman yang berbeda-beda.

Dengan bentuk dan susunan yang berbeda, maka jenis dari press release tidak hanya terbatas dalam satu jenis saja, melainkan terdapat 8 jenis yang mempunyai tujuan dan kegunaan yang berbeda-beda.

Kedelepan press release tersebut akan dijelaskan secara lengkap sebagai berikut.

Basic Press release

Jenis yang pertama disebut dengan basic press release yang mana tergolong sebagai press release yang paling umum atau paling mendasar.

Topik dalam basic press release biasanya mengandung berita atau informasi umum mengenai suatu perusahaan atau organisasi.

Berita atau informasi tersebut diharuskan mempunyai nilai yang pantas untuk dimuat dalam media massa mana saja, baik itu media lokal maupun nasional.

Product Release

Untuk jenis press release yang satu ini difungsikan untuk memberikan informasi maupun berita mengenai suatu produk perusahaan.

Umumnya, perusahaan yang mengeluarkan press release ini sedang mengeluarkan produk baru, perubahan produk, perubahan nama produk, dan lain sebagainya.

Tidak seperti basic press release yang akan memberikan informasi ke berbagai media tujuan, product release biasanya hanya terpusat pada media-media massa dalam bidang ekonomi dan bisnis saja.

Financial Release

Sesuai dengan namanya, financial release merupakan informasi yang dikeluarkan berhubungan dengan keuangan suatu perusahaan atau organisasi. Sama seperti product release, media massa yang menjadi target dari financial release adalah media bisnis atau ekonomi.

Namun, public relations juga bisa mengirimkan financial release ke media yang punya banyak sajian informasi. Hal ini dikarenakan beberapa media sekarang juga memuat informasi yang tak terbatas pada satu bidang saja.

Tetapi, jangan lupa untuk tetap memperhatikan target audience atau konsumen karena bisa saja justru informasi tersebut tidak sampai ke target pasar yang sebenarnya.

Relational Release

Relational release diartikan sebagai informasi yang dikirimkan ke media massa untuk disampaikan ke publik dalam rangka menjaga hubungan yang baik dengan publik.

Contoh dari relational release ini adalah bentuk ucapan terima kasih kepada publik.

Response Release

Jenis press release selanjutnya dikenal dengan response release. Response release merupakan jenis press release yang digunakan untuk menanggapi atau merespon berbagai komplain yang dialamatkan ke perusahaan.

Contoh dari press release satu ini biasanya ditemukan di media cetak seperti koran, yang mana ada sebuah rubrik yang dipakai untuk menjawab berbagai komplain konsumen ke suatu perusahaan.

Bad News Release

Jenis press release yang ini juga masih berhubungan dengan suatu perusahaan atau organisasi. Dalam suatu bisnis biasanya akan ada suatu kejadian yang tidak diduga dan menjadi kejadian buruk bagi sebuah perusahaan misalnya saja kejadian kebakaran pabrik.

Nah, adanya kejadian seperti ini, sebuah perusahaan akan mengeluarkan press release untuk mengklarifikasi informasi atau berita negatif yang muncul akibat kejadian tersebut.

Executive, Staff, dan Employee Press release

Suatu perusahaan bisa saja membutuhkan karyawan maupun staf baru untuk memenuhi posisi kosong dalam suatu perusahaan.

Bagi beberapa perusahaan dengan skala yang besar, biasanya akan memanfaatkan press release untuk mengumumkan perekrutan staff yang baru.

Namun, biasanya press release ini akan diumumkan jika posisi yang dicari tergolong sebagai posisi penting dalam perusahaan.

Expert Position Press release

Untuk press release yang satu ini umumnya dipakai untuk menggambarkan seseorang terutama mengenai kemampuan dari orang tersebut.

Dalam memasang press release jenis ini, dibutuhkan sokongan pihak ketiga. Suatu perusahaan akan menjadikan press release tersebut sebagai rujukan apabila perusahaan tersebut tertarik dengan kemampuan dari orang tersebut.

Contoh Press Release

Selepas mengetahui beberapa pengertian dan jenis dari press release, berikutnya akan ada beberapa contoh press release yang bisa kamu jadikan referensi.

Contoh Press Release (Product Release)

Contoh press release yang pertama ini tergolong product release mengenai produk baru yang akan dikeluarkan oleh suatu perusahaan.

Teh Kita Luncurkan Produk Terbaru dengan Varian Rasa yang Lebih Fresh

Surabaya, 29 November 2020

Teh Kita sebagai salah satu brand minuman nomor 1 di Indonesia kembali mengeluarkan produk baru. Kali ini Teh Kita mengusung konsep cita rasa buah-buahan, sehingga akan memberikan kesan minuman yang segar dan menyehatkan.

Diketahui buah-buahan memang memberikan suntikan vitamin lebih kepada tubuh dan mampu memberikan manfaat yang lainnya untuk keperluan kesehatan.

Rasa buah-buahan pun akan memberikan kesan yang menyegarkan bila dipadukan dengan teh. Pastinya akan membuat rasa teh menjadi lebih berbeda dibanding dengan teh original pada umumnya.

Selain itu, konsep kemasan untuk 3 varian baru ini juga dibuat berbeda dari konsep sebelumnya. Bahkan, pihak Teh Kita kali ini mencoba bekerja sama dengan seniman graffiti di berbagai kota untuk membuat kemasan produk yang unik.

Tidak tanggung-tanggung, ada 3 jenis varian rasa yang diluncurkan oleh Teh Kita yaitu Orange Tea, Apple Tea, dan Lemon Tea. Ketiga varian rasa terbaru dari Teh Kita akan diluncurkan pada 2 Desember 2020 di Hotel Suka Cita Surabaya.

Dalam peluncuran ini, akan hadir founder perusahaan yaitu Bapak Mahardika dan didampingi oleh Direktur Utama Teh Kita yaitu Bapak Tomi Setiawan.

Berbeda dengan produk-produk yang sebelumnya yang hanya bisa didapatkan di beberapa kota besar saja, varian Orange Tea, Apple Tea, dan Lemon Tea ini bisa didapatkan di berbagai mini market dan super market yang tersebar di seluruh Indonesia. Pastinya akan memudahkan konsumen Teh Kita untuk lebih dekat dengan produk-produk dari Teh Kita.

Contact Person: Anjani

Jabatan: Manager Public Relation

Telepon: 087788889999

Email: anjani@tehkita.com

Contoh Press Release (Basic Press Release)

Contoh press release yang kedua ini tergolong sebagai basic press release yang akan mengabarkan mengenai event yang diadakan oleh suatu perusahaan dan bekerja sama dengan pihak pemerintah.

Teh Kita dan Dinas Pariwisata Jawa Timur

Press release

Lomba Mewarnai Se-Jawa Timur di Kebun Binatang Surabaya

Dalam rangka mendekatkan anak-anak untuk lebih mengenal satwa yang ada di sekitarnya, Teh Kita bekerja sama dengan Dinas Pariwisata Jawa Timur mengadakan lomba mewarnai se-Jawa Timur. Lomba ini akan diadakan pada tanggal 20 Desember 2019 dan mengundang anak-anak usia 5-10 tahun untuk mengikuti lomba ini.

Tema lomba yang diusung adalah satwa-satwa yang ada di Kebun Binatang Surabaya serta ajakan untuk membuang sampah pada tempatnya. Mengingat Teh Kita sebagai salah satu penyelenggara acara ini, maka pemenang lomba mewarnai nantinya akan mendapat hadiah bingkisan menarik dari Teh Kita. Untuk informasi lebih lanjut dan berhubungan dengan langkah pendaftaran, bisa menghubungi panitia lewat nomor berikut:

Septi (0856-7777-1111)

Ardi (0856-5555-3333)

Jadi, itulah rangkaian penjelasan mengenai Press Release Adalah sebagai salah hal yang sangat penting bagi perusahaan.

Press release dinilai penting untuk menaikkan citra suatu perusahaan hingga bisa digunakan untuk mengabarkan produk yang baru saja diluncurkan. Jenis dari press release pun tidak sedikit dan punya kegunaan yang berbeda.

Leave a Comment


Notice: Undefined index: popup_cookie_glcbi in /home/jokowari/public_html/wp-content/plugins/cardoza-facebook-like-box/cardoza_facebook_like_box.php on line 924