Profesi Adalah : Pengertian, Ciri dan Karakteristik

Semua orang sudah pasti memiliki pekerjaan. Semua hal bisa dijadikan sebagai pekerjaan. Namun apakah Anda tahu bahwa pekerjaan dan profesi itu berbeda?

Tidak sedikit orang yang menyangka bahwa pekerjaan dan profesi adalah sama. Namun keduanya sangatlah berbeda. pekerjaan merupakan hal yang bisa dilakukan oleh semua orang.

Misalnya untuk mendapatkan pekerjaan sebagai staff administrasi, maka semua orang yang tidak memiliki latar belakang yang berhubungan dengan administrasi bisa melakukan pekerjaan ini.

Sedangkan untuk profesi tidak semua orang bisa melakukannya. Contohnya adalah profesi sebagai dokter.

Apa itu Profesi?

Secara umum pengertian profesi adalah suatu pekerjaan yang memerlukan ilmu pengetahuan maupun keahlian yang khusus.

Dengan begitu orang yang memiliki profesi tersebut telah melakukan pelatihan dan juga pendidikan tertentu agar pekerjaannya bisa dilakukan dengan baik. Oleh karena itu tidak semua orang bisa memiliki profesi.

Para ahli juga menafsirkan beberapa pengertian mengenai profesi. Seperti menurut Everett Hughes profesi memiliki pengertian bahwa suatu pekerjaan pada bidang tertentu dimana terdapat orang yang profesional memiliki pengetahuan yang jauh lebih baik dari kliennya mengenai sesuatu yang terjadi pada kliennya.

Sedangkan menurut Edgar Henry Schein adalah suatu pekerjaan yang dapat membangun suatu set norma khusus yang berasal dari peran khusus masyarakat.

Tidak hanya itu saja, menurut Morris L. Cogan bahwa profesi merupakan suatu keterampilan khusus yang pada saat prakteknya didasarkan suatu teoritis tertentu dari beberapa bagian ilmu pengetahuan.

Dengan beberapa pengertian dari para ahli. Dapat disimpulkan bahwa memang profesi dapat dilakukan apabila memiliki keterampilan dan keahlian tertentu yang tidak semua orang bisa melakukannya.

Hal inilah yang membedakan profesi dengan pekerjaan. Seperti namanya profesi, maka dilakukan secara profesional dalam bidang tertentu.

Memiliki profesi tentunya harus didukung dengan pelatihan khusus yang dilakukan secara mendalam. Ada banyak profesi yang bisa Anda temukan.

Mulai dari dokter, perawat, pilot, pengacara dan lain sebagainya. Profesi memang tidak bisa dilakukan oleh sembarang orang. Sehingga diperlukan orang yang sudah ahli dalam bidang tersebut.

Ciri Profesi

Tidak semua orang bisa memiliki profesi. Hal ini dikarena ada banyak pelatihan khusus yang harus dilakukan sebelum mendapatkan profesi tersebut.

Untuk mendapatkan profesi juga membutuhkan waktu yang tidak sedikit. Hal ini bisa terjadi karena profesi tertentu harus sudah profesional dalam bidangnya.

Sehingga sudah sewajarnya jika perlu melakukan pelatihan khusus dalam waktu yang tidak singkat. Dengan demikian profesi ini tidak dilakukan dengan sembarangan sehingga bisa merugikan orang lain.

Oleh karena itu, terdapat beberapa ciri-ciri dari profesi yang perlu untuk Anda ketahui. Diantaranya adalah :

Memiliki Keterampilan dan Keahlian Khusus

Seorang profesional sudah pasti sangat memahami dan mengerti semua hal yang berkaitan dengan bidangnya.

Oleh sebab itu profesi harus memiliki keterampilan dan juga keahlian khusus sebelumnya. Dengan begitu pada saat pelatihan bisa dilakukan dengan baik dan hati-hati.

Memiliki Kaidah Moral yang Tinggi

Setiap profesi tidak bisa dilakukan oleh sembarang orang. Karena setiap orang belum pasti bisa melakukan pekerjaan profesi pada bidang tertentu.

Jika tetap dilakukan bisa membahayakan orang lain karena tidak memiliki keahlian khusus. Oleh karena itu profesi memiliki kaidah moral yang tinggi.

Hal ini berkaitan pada kode etik seorang profesi. Dimana seorang profesional harus mematuhi semua kode etik yang telah diberikan.

Apabila kode etik tidak dipenuhi, maka orang tersebut bisa mendapatkan sanksi. Selain itu seorang profesi harus lebih mengutamakan kepentingan masyarakat dibandingkan dengan kepentingannya sendiri.

Memiliki Izin Khusus

Meskipun seorang profesional, namun semua hal tidak boleh dilakukan dengan sembarangan. Hal ini berlaku saat akan menjalankan profesinya.

Seorang profesional memang harus membutuhkan surat izin tertentu. Dengan adanya surat izin ini bisa menjadikan bukti kepada masyarakat bahwa orang tersebut telah memenuhi semua standar seorang profesional.

Hal ini dilakukan agar tidak semua orang bisa dengan mudah mendapatkan profesi yang diinginkan. Padahal tidak memiliki dasar keterampilan dalam bidang tersebut.

Untuk itu kegunaan surat izin khusus bisa mengurangi oknum yang melakukan penipuan pada profesi tertentu. Jika dibiarkan maka masyarakat akan mendapatkan kerugian.

Karakteristik Profesi adalah

Pekerjaan dengan profesi merupakan hal yang sangat berbeda. Perbedaan ini tentunya tidak bisa dilakukan oleh sembarang orang.

Karena orang yang memiliki profesi memungkinkan bisa melakukan pekerjaan lainnya.

Namun orang yang memiliki pekerjaan belum tentu bisa memiliki profesi dalam bidang tertentu.

Oleh sebab itu profesi memiliki beragam pelatihan dan pendidikan yang tidak bisa dilakukan dalam waktu singkat.

Untuk itu di bawah ini terdapat beberapa karakteristik dari profesi yang bisa Anda ketahui.

Memiliki Pengetahuan Secara Teoritis

Untuk menjadi seorang profesional sudah pasti harus memiliki pengetahuan yang sesuai dengan bidangnya.

Pengetahuan yang didapatkan harus sudah paham mengenai teori yang yang sesuai dengan bidangnya. Teori ini sangatlah dibutuhkan agar bisa menjadi seorang profesional.

Karena pengetahuan secara teori merupakan pengetahuan yang paling mendasar.

Mendapatkan Pendidikan yang Sesuai

Agar menjadi seorang profesional sudah pasti harus ditunjang dengan pendidikan yang cukup lama dan jenjang yang tinggi.

Hal ini perlu dilakukan karena semua hal bisa dipelajari secara mendalam melalui dunia pendidikan.

Untuk itu pendidikan merupakan hal yang sangatlah penting bagi semua orang.

Bahkan untuk seorang profesional jenjang pendidikan yang ditempuh memiliki waktu yang cukup lama.

Hal ini memang dilakukan agar semua pengetahuan mengenai bidangnya dapat digunakan saat sudah mendapatkan profesi.

Mendapatkan Pelatihan Khusus

Tidak hanya perlu adanya pengetahuan secara teoritis. Namun juga perlu diimbangi dengan pelatihan khusus.

Hal ini berguna untuk mengasah keterampilan. Selain itu teori yang dipelajari bisa lasung dipraktekkan melalui pelatihan khusus ini.

Sehingga seorang profesional tidak hanya mengetahui dasar teori saja. Melainkan juga telah mempraktekkannya.

Dalam pelatihan khusus sudah seharusnya dilakukan sesuai dengan bidang masing-masing.

Dengan begitu pelatihan bisa berjalan dengan lancar dan bisa mengasah kemampuan dan keterampilan yang sebelumnya telah dimiliki.

Melakukan Uji Kompetensi

Setelah mengetahui dasar teoritis dan juga telah melaksanakan pelatihan yang khusus. Maka diperlukan adanya uji kompetensi.

Hal ini berguna untuk menguji apakah layak untuk mendapatkan profesi yang telah ditentukan sesuai bidangnya tersebut.

Jika dalam uji kompetensi berhasil. Maka bisa memiliki profesi tersebut dengan tetap mematuhi kode etiknya.

Penutup

Sudah pasti profesi adalah suatu pekerjaan yang harus dilakukan secara profesional. Dengan begitu tidak semua orang bisa menggunakannya secara sembarangan.

Oleh karena itu profesi hanya bisa dilakukan oleh orang tertentu yang memiliki pengalaman dan keterampilan yang sesuai dengan bidangnya.

Dengan adanya profesi tentu bisa membantu masyarakat yang membutuhkannya. Karena memiliki profesi tidak semua orang bisa mendapatkannya. Semoga ulasan ini bisa bermanfaat.

Leave a Comment